ngelanjutin #curcol di trit electric door cars di subforum MPV, kayaknya lebih enak bikin trit sendiri aja disini

Sekarang gw pake captiva diesel untuk sehari2, untuk antar jemput anak sekolah ada Grand Livina Ultimate A/T yg umurnya udah 2 taon lebih.
Berhubung anak 4

Saat ini sih basically GL masih mencukupi untuk aktifitas antar jemput itu, walaupun udah agak sempit yah.
Kalo weekends biasanya paling dipaksa2in naik ke captiva gw untuk jalan ke mall etc, so basically keinginan nyari mobil baru untuk ganti/upgrade GL masih 80% "wants" & cuman 20% "needs"

Dengan jarak tempuh tiap hari seperti itu, yang kebayang sekarang adalah nyari mobil diesel, kalo mpv baru seperti Biante (atau Serena C26 / Toyota Noah yg katanya udah mo masuk Indo), kayaknya bakalan berat di konsumsi BBM sehari2, apalagi mesinnya kudu tenggak Pertamax. Gw tinggal di Makassar btw, untuk diesel disini cuman ada solar pertamina, ga ada biosolar-pertadex, untuk bensin cuman ada premium & pertamax aja.
Waktu ngobrol ama bini, versi ideal bini adalah mpv dengan model captain seat di 2nd row, dan udah ada built in monitor/dvd player untuk anak2 seperti yg ada di GL sekarang.
Kalo dikerucutkan, nyari mpv diesel + captain seat + ICE yg udah lumayan, berarti ga ada pilihan laen selain Hyundai H1 ya ?

Taon 2001-2007an gw pernah pake Hyundai Trajet, mobil sih not bad untuk kondisi saat itu, dimana innova lom rilis. Masalahnya cuman di konsumsi bbm yang mahal (kudu kelas pertamax, dipakein premium jelek banget jadinya) dan maintenance yang berat. Dealer Hyundai saat itu ga banyak ready spareparts etc, jadinya gw terpaksa hunting sendiri ke Jakarta & Surabaya. Pengalaman ini yang membuat nyonya jadi males pake Hyundai lagi (well, selain saat itu resale value emang terjun bebas banget

Dealer Hyundai disini sekarang udah ganti perusahaan lagi, tempat yg dulu gw beli udah tutup, ganti perusahaan baru yg jadi dealer, lom tau juga sih gimana kondisi dealer/beres yang sekarang, udah mulai keliatan ada Grand Avega etc di jalan disini, tapi masih ga banyak.
Segi + kalo ngambil H1, yah berarti kondisi ideal yang sesuai keinginan gw + nyonya bisa diakomodir, mudah2an H1 CRDi bisa tenggak solar biasa
Segi - kalo ngambil H1, harga yang tinggi lompatnya dari kelas GL (Pricelist H1 dealer sini @488jt, beda ama pricelist H1 di Jkt yang @431jt, kondisi masih lom nego apa2 yah, baru harga pricelist doang). Selain itu ada sedikit unsur "gambling" untuk memberikan kepercayaan lagi ke dealer/Hyundai untuk segi after sales service.
Lom check juga apakah dealer Hyundai sini juga menawarkan opsi 3 years guaranteed fixed price untuk buyback. Kalo misalnya ada, sempet kepikiran untuk maksain diri ngambil H1 ini dan dipakai 3 taon, abis itu jual balik ke dealer. Masih dapet sekitar 70%an dari harga beli awal kan ya ?
Kalo misalnya ngambil mpv diesel non captain seat, berarti pilihannya lari ke Innova kayaknya. Dari daya muat vs GL, kayaknya beda2 tipis doang, tetep kudu ditambahin macem2 untuk ICE.
Yah itu aja sih sebenernya curcol gw, makasih udah mampir, sukur2 kalo ada rekomendasi dan/atau input dari yang baca.
Thanks for reading
