Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26
Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?
Master2.. mau tanya nih..
Rencana sih mau nambah power mobil saya skrg, baca2 di forum tertarik dengan piggyback ECU shop sih,,
dengan harga yg tidak terlalu mahal untuk piggyback, bisa nambah power mesin cukup besar.
Menurut master2 nih, untuk nambah power mobil lebih baik langsung pasang piggyback di awal baru ganti lain-lain atau lebih baik ganti2 parts yg lain dulu baru pasang piggyback terakhir?
Sama ada yg bisa jelasin kekurangan piggyback spt ECU shop ga?
Kebanyakan cuma jelasin nambah power aja, apa ada side effectnya dari mengoptimalkan mesin mobil sampai batas tertentu??
mohon bantuannya yahhh
FYI, mobilnya fortuner
Rencana sih mau nambah power mobil saya skrg, baca2 di forum tertarik dengan piggyback ECU shop sih,,
dengan harga yg tidak terlalu mahal untuk piggyback, bisa nambah power mesin cukup besar.
Menurut master2 nih, untuk nambah power mobil lebih baik langsung pasang piggyback di awal baru ganti lain-lain atau lebih baik ganti2 parts yg lain dulu baru pasang piggyback terakhir?
Sama ada yg bisa jelasin kekurangan piggyback spt ECU shop ga?
Kebanyakan cuma jelasin nambah power aja, apa ada side effectnya dari mengoptimalkan mesin mobil sampai batas tertentu??
mohon bantuannya yahhh
FYI, mobilnya fortuner
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
Piggyback idealnya dipasang setelah perbaikan mekanikal tuntas dilakukan.
Minimal sesudah :
- Downpipe
- Free flow air filter
Terpasang
Kalo ditambah lagi sudah pasang ring @baut wastegate dan Gron cable akan lebih baik lagi.
Minimal sesudah :
- Downpipe
- Free flow air filter
Terpasang
Kalo ditambah lagi sudah pasang ring @baut wastegate dan Gron cable akan lebih baik lagi.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
Piggyback memungkinkan kita utk melakukan "manipulasi" beberapa parameter yg diatur dalam ECU yaitu :
- AFR (air to fuel ratio)
- Ignition timing
- limiter putaran mesin tertinggi
oleh karna itu sebaiknya ubahan2 pada mesin dilakukan terlebih dulu, misalnya, dari urutan yg paling basic sampai yg paling advanced :
- port 'n' polishing ( terutama penghalusan permukaan lobang inlet & exhaust pada cylinder head yg aslinya bertekstur kulit jeruk).
- penggunaan open air filter
- penggunaan header dan pengaturan ulang exhaust system
- ubahan pada throttle body
- modif profil valve (back cut dll formula pengaturan ulang bentuk tepi payung klep)
- modif camshaft (utk mendapatkan durasi bukaan valve yg lebih lama dan lift lebih tinggi)
- engine blue printing & balancing (termasuk membubut komponen daleman mesin (valve/cam dsb) utk menyamakan bobot setiap engine parts (misalnya sesama inlet valves, sesama exhaust valves, sesama camshafts dll)
- penggantian crank pulley dng yg bobotnya ringan (utk keperluan drag race)
- dial cam (pengaturan peak torque di putaran mesin tertentu, utk keperluan drag race)
pemasangan Piggyback sekaligus pengesetan parameter AFR & timing ignition, paling mudah dan cepat adalah di atas mesin dyno, seperti yg selalu dilakukan oleh pak Soleh (Sigma Speed, distributor Unichip Dastek), atau Teddy (Rev Engineering) atau Khatulistiwa Surya Nusa, atau Gut Motorsport Surabaya.
Dengan dynotest, sekaligus bisa diketahui berapa besar peningkatan performa (power/torque) yg dikontribusikan oleh piggyback itu.
Pengetauan itu berdasarkan sedikit pengalaman saat membangun Jazz Vtec 2005 di Gut Motorsport, Amiauw Motor Sport (AMS), dan Soleh (Sigma Speed) dan penggunaan Unichip Piggyback sejak seri awal sampai seri Q, dengan hasil akhir 138hp dari standarnya 110hp
- AFR (air to fuel ratio)
- Ignition timing
- limiter putaran mesin tertinggi
oleh karna itu sebaiknya ubahan2 pada mesin dilakukan terlebih dulu, misalnya, dari urutan yg paling basic sampai yg paling advanced :
- port 'n' polishing ( terutama penghalusan permukaan lobang inlet & exhaust pada cylinder head yg aslinya bertekstur kulit jeruk).
- penggunaan open air filter
- penggunaan header dan pengaturan ulang exhaust system
- ubahan pada throttle body
- modif profil valve (back cut dll formula pengaturan ulang bentuk tepi payung klep)
- modif camshaft (utk mendapatkan durasi bukaan valve yg lebih lama dan lift lebih tinggi)
- engine blue printing & balancing (termasuk membubut komponen daleman mesin (valve/cam dsb) utk menyamakan bobot setiap engine parts (misalnya sesama inlet valves, sesama exhaust valves, sesama camshafts dll)
- penggantian crank pulley dng yg bobotnya ringan (utk keperluan drag race)
- dial cam (pengaturan peak torque di putaran mesin tertentu, utk keperluan drag race)
pemasangan Piggyback sekaligus pengesetan parameter AFR & timing ignition, paling mudah dan cepat adalah di atas mesin dyno, seperti yg selalu dilakukan oleh pak Soleh (Sigma Speed, distributor Unichip Dastek), atau Teddy (Rev Engineering) atau Khatulistiwa Surya Nusa, atau Gut Motorsport Surabaya.
Dengan dynotest, sekaligus bisa diketahui berapa besar peningkatan performa (power/torque) yg dikontribusikan oleh piggyback itu.
Pengetauan itu berdasarkan sedikit pengalaman saat membangun Jazz Vtec 2005 di Gut Motorsport, Amiauw Motor Sport (AMS), dan Soleh (Sigma Speed) dan penggunaan Unichip Piggyback sejak seri awal sampai seri Q, dengan hasil akhir 138hp dari standarnya 110hp
Last edited by JESKONENG on Sun Sep 23, 2012 5:37, edited 3 times in total.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
maaf, penjelasanku di atas adalah utk mesin bensin ya, kalok mesin diesel/turbo, aku blank samasekali, cuma pernah miara Panther 94, (paling2 ke ahli kalibrasi injector) ....
kalok pada Jazz, sampai membuat pengganti saringan tengah knalpot, membuang Catalytic Converter, hehehe...
kalok pada Jazz, sampai membuat pengganti saringan tengah knalpot, membuang Catalytic Converter, hehehe...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
haw.. om torry pernah di sby? pasien gut jg? ditanganin langsung koh singgih om? ato adeknya, yg tattoan itu?JESKONENG wrote:- CUT -
Pengetauan itu berdasarkan sedikit pengalaman saat membangun Jazz Vtec 2005 di Gut Motorsport, Amiauw Motor Sport (AMS), dan Soleh (Sigma Speed) dan penggunaan Unichip Piggyback sejak seri awal sampai seri Q, dengan hasil akhir 138hp dari standarnya 110hp
oya, cek pm om, tx.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1073
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
piggy back adalah pilihan modifikasi paling mudah dan gampang daripada semua yang disebutkan diatas.
mungkin juga salah satu yang murah.
open filter mungkin lebih murah, tapi servicenya agak rumit. tidak bisa pakai kompressor seperti biasa.
piggyback tinggal pasang trus lupa.
mungkin juga salah satu yang murah.
open filter mungkin lebih murah, tapi servicenya agak rumit. tidak bisa pakai kompressor seperti biasa.
piggyback tinggal pasang trus lupa.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
si Jeskoneng (Jazz VTec matic 2005 warna kuning) awalnya ditangani om Singgih akhir 2005 (Unichip seri awal termasuk dynotest, throttle body, dan Spoon N-1 exhaust).. lalu pindah ke Jkt, ditangani oleh AMS (Amiauw Motor Sport) dan Pak Soleh Sigma.Nightster Guy wrote:haw.. om torry pernah di sby? pasien gut jg? ditanganin langsung koh singgih om? ato adeknya, yg tattoan itu?JESKONENG wrote:- CUT -
Pengetauan itu berdasarkan sedikit pengalaman saat membangun Jazz Vtec 2005 di Gut Motorsport, Amiauw Motor Sport (AMS), dan Soleh (Sigma Speed) dan penggunaan Unichip Piggyback sejak seri awal sampai seri Q, dengan hasil akhir 138hp dari standarnya 110hp
oya, cek pm om, tx.
btw aku memang asli Suroboyo, sejak lahir sampai lulus kuliah lalu kawin ya di Sby, om...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
btw, memang bisa sih, langsung pasang piggyback tanpa mengubah apapun di dalam mesin (mesin bensin)... tapi hasilnya enggak akan maksimal...
kenapa ? boleh dikonfirmasi dengan para pakar mesin/mekanik berpengalaman : dalam upaya meningkatkan performa mesin, hal paling utama adalah meningkatkan "volumetric efficiency" yaitu memasukkan dan membakar dan mengeluarkan sebanyak2nya dan secepat2nya campuran udara/bbm, utk menghasilkan engine output yg maksimal, dan itu hanya bisa dilakukan dng cara :
- Port 'n' Polishing pada lobang saluran isap (inlet) dan saluran buang (exhaust) pada cylinder head
- ganti atau modif profil cam utk meningkatkan durasi dan lift (klep membuka lbh lama dan lebih tinggi)
- modif pinggiran payung klep shg meminimalkan koefisien gesek, dan membuat bobot klep lebih ringan
lalu barulah diimbangi dengan sistem intake (open air filter) dan exhaust yg lebih plong (free flow), dan penyettingan timing pengapian di seluruh rentang putaran mesin dng piggyback (bisa setiap 500 rpm, dari putaran mesin 1000 s/d 7000 rpm misalnya) utk memunculkan potensi power/torque yg semakin besar akibat dari peningkatan "volumetric efficiency" itu...
kenapa ? boleh dikonfirmasi dengan para pakar mesin/mekanik berpengalaman : dalam upaya meningkatkan performa mesin, hal paling utama adalah meningkatkan "volumetric efficiency" yaitu memasukkan dan membakar dan mengeluarkan sebanyak2nya dan secepat2nya campuran udara/bbm, utk menghasilkan engine output yg maksimal, dan itu hanya bisa dilakukan dng cara :
- Port 'n' Polishing pada lobang saluran isap (inlet) dan saluran buang (exhaust) pada cylinder head
- ganti atau modif profil cam utk meningkatkan durasi dan lift (klep membuka lbh lama dan lebih tinggi)
- modif pinggiran payung klep shg meminimalkan koefisien gesek, dan membuat bobot klep lebih ringan
lalu barulah diimbangi dengan sistem intake (open air filter) dan exhaust yg lebih plong (free flow), dan penyettingan timing pengapian di seluruh rentang putaran mesin dng piggyback (bisa setiap 500 rpm, dari putaran mesin 1000 s/d 7000 rpm misalnya) utk memunculkan potensi power/torque yg semakin besar akibat dari peningkatan "volumetric efficiency" itu...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
@JESKONENG: apakah ini berlaku untuk bensin dan diesel ato bensin aja?JESKONENG wrote:btw, memang bisa sih, langsung pasang piggyback tanpa mengubah apapun di dalam mesin (mesin bensin)... tapi hasilnya enggak akan maksimal...
kenapa ? boleh dikonfirmasi dengan para pakar mesin/mekanik berpengalaman : dalam upaya meningkatkan performa mesin, hal paling utama adalah meningkatkan "volumetric efficiency" yaitu memasukkan dan membakar dan mengeluarkan sebanyak2nya dan secepat2nya campuran udara/bbm, utk menghasilkan engine output yg maksimal, dan itu hanya bisa dilakukan dng cara :
- Port 'n' Polishing pada lobang saluran isap (inlet) dan saluran buang (exhaust) pada cylinder head
- ganti atau modif profil cam utk meningkatkan durasi dan lift (klep membuka lbh lama dan lebih tinggi)
- modif pinggiran payung klep shg meminimalkan koefisien gesek, dan membuat bobot klep lebih ringan
lalu barulah diimbangi dengan sistem intake (open air filter) dan exhaust yg lebih plong (free flow), dan penyettingan timing pengapian di seluruh rentang putaran mesin dng piggyback (bisa setiap 500 rpm, dari putaran mesin 1000 s/d 7000 rpm misalnya) utk memunculkan potensi power/torque yg semakin besar akibat dari peningkatan "volumetric efficiency" itu...
Lalu apakah berarti kalau penggantian atau pemasangan parts yg lain setelah pemasangan piggyback, harus dilakukan dynotest ulang?
@ Om Turboman, bisa mohon masukkannya jg kalau pasang piggyback langsung dengan mesin standard, terutama untuk diesel?
Seperti manfaat dr piggyback itu sendiri tidak akan maksimal?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
klo yg minimal itu belum dilakukan, apa saja yg berpeluang malah jadi rusak?Turboman wrote:Piggyback idealnya dipasang setelah perbaikan mekanikal tuntas dilakukan.
Minimal sesudah :
- Downpipe
- Free flow air filter
Terpasang
Kalo ditambah lagi sudah pasang ring @baut wastegate dan Gron cable akan lebih baik lagi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
itu yg berlaku pada mesin bensin, dan aku kurang ngeh soal mesin diesel, cuma dengar2 aja, katanya utk meningkatkan performa mesin diesel, step2nya enggak serumit mesin bensin...pichuchu wrote:@JESKONENG: apakah ini berlaku untuk bensin dan diesel ato bensin aja?JESKONENG wrote:btw, memang bisa sih, langsung pasang piggyback tanpa mengubah apapun di dalam mesin (mesin bensin)... tapi hasilnya enggak akan maksimal...
kenapa ? boleh dikonfirmasi dengan para pakar mesin/mekanik berpengalaman : dalam upaya meningkatkan performa mesin, hal paling utama adalah meningkatkan "volumetric efficiency" yaitu memasukkan dan membakar dan mengeluarkan sebanyak2nya dan secepat2nya campuran udara/bbm, utk menghasilkan engine output yg maksimal, dan itu hanya bisa dilakukan dng cara :
- Port 'n' Polishing pada lobang saluran isap (inlet) dan saluran buang (exhaust) pada cylinder head
- ganti atau modif profil cam utk meningkatkan durasi dan lift (klep membuka lbh lama dan lebih tinggi)
- modif pinggiran payung klep shg meminimalkan koefisien gesek, dan membuat bobot klep lebih ringan
lalu barulah diimbangi dengan sistem intake (open air filter) dan exhaust yg lebih plong (free flow), dan penyettingan timing pengapian di seluruh rentang putaran mesin dng piggyback (bisa setiap 500 rpm, dari putaran mesin 1000 s/d 7000 rpm misalnya) utk memunculkan potensi power/torque yg semakin besar akibat dari peningkatan "volumetric efficiency" itu...
Lalu apakah berarti kalau penggantian atau pemasangan parts yg lain setelah pemasangan piggyback, harus dilakukan dynotest ulang?
bener banget, setiap perubahan pada daleman mesin (PnP/modif cam/valve dll) ataupun peripheral yaitu I/H/E (intake/header/exhaust), idealnya dilakukan dyno ulang karna yg namanya AFR dan timing pengapian itu bisa diset utk disesuaikan dengan perubahan karakter mesin sebagai hasil dari ubahan2 yg menentukan "volumetric efficiency" itu....
volumetric efficiency sendiri bisa diitung dengan parameter :
- gas speed sejak masuk inlet port sampai keluar ke exhaust port
- rasio kompresi mesin (semakin tinggi angkanya, semakin besar engine output-nya, kecuali utk turbo, malah harus dibikin rendah kompresinya)
- engine output (peak power dan peak torque)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
Mau nanya lagih nih, setiap piggyback tentunya kan ada spesifikasi masing2 yg membuat mobil kita jadi bertambah powernya.
Saat ini mobil saya fortuner vnt, apakah semua piggyback cocok/compatible dengan semua mesin?
Contohnya ECU shop cube, apakah akan cocok dengan mesin fortuner vnt (dengan adanya tambahan turbonya)?
Atau perlu tambahan parts lain untuk mendukung piggyback agar mesin tidak "malfunction"?
Saat ini mobil saya fortuner vnt, apakah semua piggyback cocok/compatible dengan semua mesin?
Contohnya ECU shop cube, apakah akan cocok dengan mesin fortuner vnt (dengan adanya tambahan turbonya)?
Atau perlu tambahan parts lain untuk mendukung piggyback agar mesin tidak "malfunction"?
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
1. Ada Piggyback yg Universal, bisa di banyak mobil dgn ECU, ada juga yg aplikasi terbatas jenis mobilnya.pichuchu wrote: 1. apakah semua piggyback cocok/compatible dengan semua mesin?
2. Contohnya ECU shop cube, apakah akan cocok dengan mesin fortuner vnt (dengan adanya tambahan turbonya)?
Atau perlu tambahan parts lain untuk mendukung piggyback agar mesin tidak "malfunction"?
2. Buat Diesel dgn VNT / VGT idealnya perlu Piggyback yg bisa kontrol boost VGT, krn kalau hanya naekkin FRP aja si ECU akan lgs kompensasi dgn menaikkan boost-nya, kalo gak dimonitor bisa overboost dan bahaya buat si Turbo
ECU Shop Cube ada fitur utk mengontrol boost VGT / VNT, setahu ane di sini yg bisa kontrol boost VGT / VNT juga si MonsterMax dan HKS F Con ID
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Mon Jul 27, 2009 16:19
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
Om turboman
mau nanya nih..
apa racun yg bisa dipake buat Yaris..biar lebih lincah
tapi masih bisa buat daily use...
Thanks
mau nanya nih..
apa racun yg bisa dipake buat Yaris..biar lebih lincah
tapi masih bisa buat daily use...
Thanks
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
kalo di mesin bensin NA sih biasanya TB spacer dan poles TB cukup efektif, di Ipah bensin efektif, di 1NZ-FE sy belum paham, tapi sy lihat di Vios sih banyak yg poles TB.Steve Jaka wrote:Om turboman
mau nanya nih..
apa racun yg bisa dipake buat Yaris..biar lebih lincah
tapi masih bisa buat daily use...
Thanks
Trus paling Piggyback spt Dastek Q+
Kalau mau advance : Turbo kit, spt buatan Speedworks / Zage utk 1NZ-FE (Speedwork punya tuk Vios)
Sy pernah test drive Ipah TR-FE + speedworks Turbo Kit, itu mantaaapppp
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Mon Jul 27, 2009 16:19
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
Hehe sorry nubie nih
Maksudnya "TB" tuh apa om turboman?
Ada ngga yg plug en play aja
Maksudnya "TB" tuh apa om turboman?
Ada ngga yg plug en play aja
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
Throttle Body om
adlh tempat dimana terdapat pintu bukaan gas
adlh tempat dimana terdapat pintu bukaan gas
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
Trus maksud dipoles itu apa ya? Apakah pake kit lalu digosok sampe kinclong?
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
TB = Throttle BodySteve Jaka wrote:Hehe sorry nubie nih
Maksudnya "TB" tuh apa om turboman?
Ada ngga yg plug en play aja
TB spacer, google : Throttle Body spacer
TB Spacer cari yg khusus buat yaris / 1NZ-FE, kalo ada maka pemasangan Plug n Play, cuman lepas TB, pasang TBS, pasang lagi TB-nya, adjust sedikit posisi selang intake. Cari TBS bisa ke mod.com atau ke http://www.raserworkshop.com/
Kalo TB poles buat Ipah TR-FE sih ada yg jual ready, jadi tinggal Swap aja ama milik pembeli.
Turbo kit kalo Speedworks punya Plug n Play, paling pemasangan jalur balik oli dari turbo-nya aja yg mesti ngebolongin karter & re-tune Piggyback-nya.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
pakai mata bor yg modelnya kayak sikat, terbuat dari kumpulan kawat halus.Hansen wrote:Trus maksud dipoles itu apa ya? Apakah pake kit lalu digosok sampe kinclong?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
tak kira pake braso karena ini metal.... haahaaaa
jd harusnya terakhir gitu.. kalo yang harus dibenahi dulu sebelum pake pigibek total abis brapa ? menghilangkan garansi ya..
kalo menghilangkan garansi mendingan pasang pigibek langsung walopun gak optimal hasilnya.
gimana pendapat master" ?
jd harusnya terakhir gitu.. kalo yang harus dibenahi dulu sebelum pake pigibek total abis brapa ? menghilangkan garansi ya..
kalo menghilangkan garansi mendingan pasang pigibek langsung walopun gak optimal hasilnya.
gimana pendapat master" ?
- faith humanity freedom -
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
jd udah sampai kesimpulan atau belum sih ini? sbg pilihan utama atau terakhir?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
menurut om turboman..andy1800 wrote:jd udah sampai kesimpulan atau belum sih ini? sbg pilihan utama atau terakhir?
Turboman wrote:Piggyback idealnya dipasang setelah perbaikan mekanikal tuntas dilakukan.
Minimal sesudah :
- Downpipe
- Free flow air filter
Terpasang
Kalo ditambah lagi sudah pasang ring @baut wastegate dan Gron cable akan lebih baik lagi.
Jadi untuk memaksimalkan potensi piggyback CMIIW
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
ic
jd klo piggyback dipasang tanpa yg itu2... selain potensinya yg jd gak maksimal, maka adakah mengakibatkan kerusakan apa gitu?
jd klo piggyback dipasang tanpa yg itu2... selain potensinya yg jd gak maksimal, maka adakah mengakibatkan kerusakan apa gitu?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe
nggak ada yg rusak seh, cuma sayang2 potensi piggyback nya enggak maksimal ajaandy1800 wrote:ic
jd klo piggyback dipasang tanpa yg itu2... selain potensinya yg jd gak maksimal, maka adakah mengakibatkan kerusakan apa gitu?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999