Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by VanzMatic »

Deasegara wrote:
nugroho bagor wrote:
Turboman wrote:dari pengamatan ane

ITU gak perlu bejek sampe Redline juga, bisa juga dengan cara : mesin berputar 75 - 80% Redline selama 1 - 2 menit yang dilakukan berulang - ulang, misal saat kita keluar kota menghadapi jalanan nanjak.

Efeknya sama aja.
Kalo matic bgm om,thanks
Kalo maticnya sudah modern/Tiptronic macam PS, Santafe, Captiva, TB 2.8, Orlando, Mazda dll yg sejenis tinggal kickdown pake Tiptronic selesai. Sebetulnya kalo orang2 yg energic, dinamis (lengkapnya tanya pak Andy1800 he..he..) setiap hari tanpa disadari sudah melakukannya. Waktu nyalip pasti manual kickdown mendekati redline baru puas he...he...he...merasakan sensasi tiptronic yg fun he..he..he...Tapi kalo maticnya spec PURBA alias jadul macam Fortuner non/VNT, Innova dan sejenisnya tinggal di lock di 2 atau berapa trus digeber tapi ya gak sesansasional tiptronic..... :mky_07: Makanya kalo type orangnya energic dinamis dll mengemudikan matic spec PURBA alias jadul ibaratnya seperti katak dalam tempurung....he..he...he... :mky_07:
Purba ngga masalah, yang penting KUAT.
Transmisi terlalu genius tapi kalo rontok hanya karena habis dikilik kilik sedikit Dieselnya oleh formula om Turbo, yaaa ....... :ngacir:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by Deasegara »

VanzMatic wrote:
Deasegara wrote:
nugroho bagor wrote:

Purba ngga masalah, yang penting KUAT.



Transmisi terlalu genius tapi kalo rontok hanya karena habis dikilik kilik sedikit Dieselnya oleh formula om Turbo, yaaa ....... :ngacir:
Wah ya jangan pesimis gitu om Vanz, yg bener modern tapi kuat he....he....(barangkali yg cocok hanya orang-orang yg berjiwa energic, dinamis dll ..he..he..he..penyuka hi tech yg ternyata sangat memberikan kemudahan, kenyamanan, kepraktisan dll he..he..he... :big_peace: ada yg mudah nyaman praktis dan murah kenapa pilih yg jadul dan mahal ha....ha...ha... :mky_07:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by VanzMatic »

Monggo ditanya ke om Turbo kenapa yang lebih sering di kilik kilik tu Diesel nya Innova and Fortie...? :e-whistle:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by htannis »

VanzMatic wrote:Monggo ditanya ke om Turbo kenapa yang lebih sering di kilik kilik tu Diesel nya Innova and Fortie...? :e-whistle:
Soalnya boyo banget, kl gak ada yg jual piggyback diesel, dua mobil itu yg diesel pasti gak selaku skrg, toyota harus terima kasih sama d*stek, ec*shop dan merk2 lainnya. Emangnya purba sekuat apa sih? Emg transmisi eferest yg 5 speed dari tahun 2007, mitsu yg dah tiptronik suka rusak? Emg transmisi jaman skrg gak kuat? Mobil saya mitsu, transmisi pinter dah 5 speed kuat tuh nahan torsi 620NM dari mesin Di-D :wkkk:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by VanzMatic »

Uww...gitu yagh....Ya syukurlah... :mky_08:

Kalo bisa yang biasa dan sudah terbukti reliable, kenapa harus bayar lebih mahal? Toh fungsinya sama aja kan?
:mky_03:

Kalau saya melakukan ITU dengan cara menggeser tuas dari D ke 3, itu bukan karena ECU nya bodoh, atau transmisinya bego ala jadul, tapi memang saya menghendaki bisa dimanual-in tanpa harus bejek gas lebih dalam.

Transmisi pintar juga kan, bisa auto, bisa manual.... :wkkk:

Oia.. 4 speed atau 5 speed, IMHO bukan masalah.
Justru yang 5 speed, kalau teknologinya sama dengan yg 4 speed, rasio gir yg 5 speed / lebih biasanya lebih pendek daripada 4 speed yang rasio giginya lebih lebar.

.................... :ngacir:
Last edited by VanzMatic on Wed Jan 02, 2013 9:10, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by Deasegara »

htannis wrote:
VanzMatic wrote:Monggo ditanya ke om Turbo kenapa yang lebih sering di kilik kilik tu Diesel nya Innova and Fortie...? :e-whistle:
Soalnya boyo banget, kl gak ada yg jual piggyback diesel, dua mobil itu yg diesel pasti gak selaku skrg, toyota harus terima kasih sama d*stek, ec*shop dan merk2 lainnya. Emangnya purba sekuat apa sih? Emg transmisi eferest yg 5 speed dari tahun 2007, mitsu yg dah tiptronik suka rusak? Emg transmisi jaman skrg gak kuat? Mobil saya mitsu, transmisi pinter dah 5 speed kuat tuh nahan torsi 620NM dari mesin Di-D :wkkk:
Hanya orang-orang yg energic, dinamis, punya prinsip yg bisa menerima kemajuan teknologi. Semuanya pada ketakutan bro, wah yg itu nanti cepat rusak.....yg itu nanti begini.....bagaimana mau maju ha...ha....ha...padahal banyak tiptronic yg digeber ratusan ribu km juga masih ok. Padahal tiptronic uenak lho.....he...he...dan lagi smart matic......Dikasih yg enak dan smart lagi kuat lha kok malah pilih matic jadul.......aneh....!....ha..ha...ha...Teknologi begini aja pada ketakutan.....apalagi teknologinya bos Dahlan Iskan yg listrik.....tambah takut bak lihat hantu kali ye.....ha....ha....ha... :mky_07:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by VanzMatic »

Toh selama ini masih fine fine aja tuh pakai matic yang biasa.
Untuk apa yang lain?
Pamer?

Hehe.....masa lalu gue lah itu kalau hanya untuk pamer teknologi... :mky_03:

Menerima kemajuan teknologi, tidak berarti harus memilikinya kan?
Yang penting tau cara pakai, cukup lhaa..
:mky_03:

Sudah bukan jamannya saya lagi lah, buat pamer2 teknologi, macam nggada hal lain yang lebih bagus dalam diri saya untuk saya pamerkan saja.. :mky_03:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by ilhami »

kalau yang matic CVT apa bisa italian tuneup ?
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by Deasegara »

VanzMatic wrote:Toh selama ini masih fine fine aja tuh pakai matic yang biasa.
Untuk apa yang lain?
Pamer?

Hehe.....masa lalu gue lah itu kalau hanya untuk pamer teknologi... :mky_03:

Menerima kemajuan teknologi, tidak berarti harus memilikinya kan?
Yang penting tau cara pakai, cukup lhaa..
:mky_03:

Sudah bukan jamannya saya lagi lah, buat pamer2 teknologi, macam nggada hal lain yang lebih bagus dalam diri saya untuk saya pamerkan saja.. :mky_03:
Bukan pamer pak Vanz, kebetulan teknologi ada, dan bisa kita nikmati, kenapa tidak he...he...he...
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by M-90 »

htannis wrote:
VanzMatic wrote:Monggo ditanya ke om Turbo kenapa yang lebih sering di kilik kilik tu Diesel nya Innova and Fortie...? :e-whistle:
Soalnya boyo banget, kl gak ada yg jual piggyback diesel, dua mobil itu yg diesel pasti gak selaku skrg, toyota harus terima kasih sama d*stek, ec*shop dan merk2 lainnya. Emangnya purba sekuat apa sih? Emg transmisi eferest yg 5 speed dari tahun 2007, mitsu yg dah tiptronik suka rusak? Emg transmisi jaman skrg gak kuat? Mobil saya mitsu, transmisi pinter dah 5 speed kuat tuh nahan torsi 620NM dari mesin Di-D :wkkk:

Tidak semua orang beli mobil krn faktor performance spt akselerasi yahud, top speed tinggi dll. Banyak faktor2 lain spt mesin yg terbukti bandel dan reliabel, FC yg irit, after sales services yg memuaskan serta resale value menjadi faktor yg lebih dominan dlm menentukan pilihan membeli mobil.

Di kantor ane banyak yg ambil 42ner Diesel dibanding PS atau Captiva Diesel. Apakah mrk spt Katak dalam tempurung ??? Tidak juga. :e-naughty:

Mrk juga membandingkan dgn PS atau Captiva Diesel dlm menentukan pilihan. Mrk bilang ambil 42ner krn mrk gak butuh mobil berperformance tinggi utk aktifitas di Jkt, mubazir tenaga besar tp jarang terpakai. Kalopun ke luar kota, mrk merasa performance Ipah Diesel atau 42Ner Diesel sdh cukup krn buka tipe yg suka kebut2an di jalan tol.
Orang2 yg beli Ipah Diesel atau 42Ner dgn harga diatas > Rp 250 jt rata2 orang yg well educated dan memperoleh informasi yg cukup thd kenderaan yg akan dibeli sesuai dengan kegunaaannya.


Contoh kasus yg mirip adalah periode Mitsu Kuda vs Kijang Kapsul.
Dulu Kuda dianggap MPV berperformance tinggi krn menggunakan mesin yg digunakan Galant VR, teknologi SOHC dibanding mesin jadul Toyota Kijang dgn mesin 7Knya dgn teknologi OHV yg sdh purba.
Tp justru kesederhanaan Kijang dgn mesin jadulnya yg bandel dan gampang dirawat jauh lebih sukses di pasaran dibanding Mit. Kuda.

Hal yg sama sekarang berlaku antara 42Ner dan Ipah Diesel dibanding PS ataupun Captiva.

So, jadi belilah mobil sesuai kebutuhannya. :big_peace:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by htannis »

M-90 wrote:
htannis wrote:
VanzMatic wrote:Monggo ditanya ke om Turbo kenapa yang lebih sering di kilik kilik tu Diesel nya Innova and Fortie...? :e-whistle:
Soalnya boyo banget, kl gak ada yg jual piggyback diesel, dua mobil itu yg diesel pasti gak selaku skrg, toyota harus terima kasih sama d*stek, ec*shop dan merk2 lainnya. Emangnya purba sekuat apa sih? Emg transmisi eferest yg 5 speed dari tahun 2007, mitsu yg dah tiptronik suka rusak? Emg transmisi jaman skrg gak kuat? Mobil saya mitsu, transmisi pinter dah 5 speed kuat tuh nahan torsi 620NM dari mesin Di-D :wkkk:

Tidak semua orang beli mobil krn faktor performance spt akselerasi yahud, top speed tinggi dll. Banyak faktor2 lain spt mesin yg terbukti bandel dan reliabel, FC yg irit, after sales services yg memuaskan serta resale value menjadi faktor yg lebih dominan dlm menentukan pilihan membeli mobil.

Di kantor ane banyak yg ambil 42ner Diesel dibanding PS atau Captiva Diesel. Apakah mrk spt Katak dalam tempurung ??? Tidak juga. :e-naughty:

Mrk juga membandingkan dgn PS atau Captiva Diesel dlm menentukan pilihan. Mrk bilang ambil 42ner krn mrk gak butuh mobil berperformance tinggi utk aktifitas di Jkt, mubazir tenaga besar tp jarang terpakai. Kalopun ke luar kota, mrk merasa performance Ipah Diesel atau 42Ner Diesel sdh cukup krn buka tipe yg suka kebut2an di jalan tol.
Orang2 yg beli Ipah Diesel atau 42Ner dgn harga diatas > Rp 250 jt rata2 orang yg well educated dan memperoleh informasi yg cukup thd kenderaan yg akan dibeli sesuai dengan kegunaaannya.


Contoh kasus yg mirip adalah periode Mitsu Kuda vs Kijang Kapsul.
Dulu Kuda dianggap MPV berperformance tinggi krn menggunakan mesin yg digunakan Galant VR, teknologi SOHC dibanding mesin jadul Toyota Kijang dgn mesin 7Knya dgn teknologi OHV yg sdh purba.
Tp justru kesederhanaan Kijang dgn mesin jadulnya yg bandel dan gampang dirawat jauh lebih sukses di pasaran dibanding Mit. Kuda.

Hal yg sama sekarang berlaku antara 42Ner dan Ipah Diesel dibanding PS ataupun Captiva.

So, jadi belilah mobil sesuai kebutuhannya. :big_peace:
Yah ane kan bilang gak bakalan selaku sekarang, soalnya temen2 ane di bengkel R*V semua beli innova/fortuner karena sudah ada turbo kit nya, mereka rata2 tune ke 300HP, dan bisa beli innova khusus untuk di tune, sehari yg masuk ke bengkel nya ganti turbo atau sekedar pasang d*stek intercooler juga banyak. Yg kayak mereka kan gak mungkin beli kalau gak ada performance kit nya :big_peace:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by Deasegara »

M-90 wrote:
htannis wrote:
VanzMatic wrote:Monggo ditanya ke om Turbo kenapa yang lebih sering di kilik kilik tu Diesel nya Innova and Fortie...? :e-whistle:
Soalnya boyo banget, kl gak ada yg jual piggyback diesel, dua mobil itu yg diesel pasti gak selaku skrg, toyota harus terima kasih sama d*stek, ec*shop dan merk2 lainnya. Emangnya purba sekuat apa sih? Emg transmisi eferest yg 5 speed dari tahun 2007, mitsu yg dah tiptronik suka rusak? Emg transmisi jaman skrg gak kuat? Mobil saya mitsu, transmisi pinter dah 5 speed kuat tuh nahan torsi 620NM dari mesin Di-D :wkkk:

Tidak semua orang beli mobil krn faktor performance spt akselerasi yahud, top speed tinggi dll. Banyak faktor2 lain spt mesin yg terbukti bandel dan reliabel, FC yg irit, after sales services yg memuaskan serta resale value menjadi faktor yg lebih dominan dlm menentukan pilihan membeli mobil.

Di kantor ane banyak yg ambil 42ner Diesel dibanding PS atau Captiva Diesel. Apakah mrk spt Katak dalam tempurung ??? Tidak juga. :e-naughty:

Mrk juga membandingkan dgn PS atau Captiva Diesel dlm menentukan pilihan. Mrk bilang ambil 42ner krn mrk gak butuh mobil berperformance tinggi utk aktifitas di Jkt, mubazir tenaga besar tp jarang terpakai. Kalopun ke luar kota, mrk merasa performance Ipah Diesel atau 42Ner Diesel sdh cukup krn buka tipe yg suka kebut2an di jalan tol.
Orang2 yg beli Ipah Diesel atau 42Ner dgn harga diatas > Rp 250 jt rata2 orang yg well educated dan memperoleh informasi yg cukup thd kenderaan yg akan dibeli sesuai dengan kegunaaannya.


Contoh kasus yg mirip adalah periode Mitsu Kuda vs Kijang Kapsul.
Dulu Kuda dianggap MPV berperformance tinggi krn menggunakan mesin yg digunakan Galant VR, teknologi SOHC dibanding mesin jadul Toyota Kijang dgn mesin 7Knya dgn teknologi OHV yg sdh purba.
Tp justru kesederhanaan Kijang dgn mesin jadulnya yg bandel dan gampang dirawat jauh lebih sukses di pasaran dibanding Mit. Kuda.

Hal yg sama sekarang berlaku antara 42Ner dan Ipah Diesel dibanding PS ataupun Captiva.

So, jadi belilah mobil sesuai kebutuhannya. :big_peace:
Nah bener sekali, beberapa kali saya sebutin hanya orang-orang yg energic, dinamis, cocok dg teknologi yg lebih maju he..he...he.. ditempat kerja gue juga pake fortuner, ps, evie, didalam fortie hampir semuanya bilang bagai katak dalam tempurung he...he...he...gak tega denger jeritan engine waktu digeber loyo......jauh dibandingin evie & ps. Karena teknologi purba ya cocok buat dipiara sampe kakek-kakek...he...he..he... awet :mky_07: gak usah neko-neko yg penting menggelinding ha...ha...ha... :mky_07:
User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by Unta_item »

Deasegara wrote:
nugroho bagor wrote:
Turboman wrote:dari pengamatan ane

ITU gak perlu bejek sampe Redline juga, bisa juga dengan cara : mesin berputar 75 - 80% Redline selama 1 - 2 menit yang dilakukan berulang - ulang, misal saat kita keluar kota menghadapi jalanan nanjak.

Efeknya sama aja.
Kalo matic bgm om,thanks
Kalo maticnya sudah modern/Tiptronic macam PS, Santafe, Captiva, TB 2.8, Orlando, Mazda dll yg sejenis tinggal kickdown pake Tiptronic selesai. Sebetulnya kalo orang2 yg energic, dinamis (lengkapnya tanya pak Andy1800 he..he..) setiap hari tanpa disadari sudah melakukannya. Waktu nyalip pasti manual kickdown mendekati redline baru puas he...he...he...merasakan sensasi tiptronic yg fun he..he..he...Tapi kalo maticnya spec PURBA alias jadul macam Fortuner non/VNT, Innova dan sejenisnya tinggal di lock di 2 atau berapa trus digeber tapi ya gak sesansasional tiptronic..... :mky_07: Makanya kalo type orangnya energic dinamis dll mengemudikan matic spec PURBA alias jadul ibaratnya seperti katak dalam tempurung....he..he...he... :mky_07:
Tampaknya dah mulai menuju ke lembah Kurusetra nih ,,, nonton ahhh :wkkk:
Real Fighting Championsip SUV Diesel sesama pake Tehnologi VGT,
cuman yang satu pake Rem tromol diroda belakang satu pake Cakram .........
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by htannis »

Unta_item wrote:
Deasegara wrote:
nugroho bagor wrote:Kalo matic bgm om,thanks
Kalo maticnya sudah modern/Tiptronic macam PS, Santafe, Captiva, TB 2.8, Orlando, Mazda dll yg sejenis tinggal kickdown pake Tiptronic selesai. Sebetulnya kalo orang2 yg energic, dinamis (lengkapnya tanya pak Andy1800 he..he..) setiap hari tanpa disadari sudah melakukannya. Waktu nyalip pasti manual kickdown mendekati redline baru puas he...he...he...merasakan sensasi tiptronic yg fun he..he..he...Tapi kalo maticnya spec PURBA alias jadul macam Fortuner non/VNT, Innova dan sejenisnya tinggal di lock di 2 atau berapa trus digeber tapi ya gak sesansasional tiptronic..... :mky_07: Makanya kalo type orangnya energic dinamis dll mengemudikan matic spec PURBA alias jadul ibaratnya seperti katak dalam tempurung....he..he...he... :mky_07:
Tampaknya dah mulai menuju ke lembah Kurusetra nih ,,, nonton ahhh :wkkk:
Real Fighting Championsip SUV Diesel sesama pake Tehnologi VGT,
cuman yang satu pake Rem tromol diroda belakang satu pake Cakram .........
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Sama yg satu transmisi 5 speed tiptronik yg pinter bisa menyesuaikan posisi gear dengan jalanannya. Yg satu 4 speed dah transmisi bodoh, manteng di D terus harus kita yg mainin D3-2-1, itu pun ngeloyor terus, cocoknya cuman buat orang yg nyetir push and glide tuh :wkkk:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by ilhami »

sekarang sudah ada ada transmisi matic 7 kecepatan bahkan 12 kecepatan, klaim nya bisa lebih mengirit bbm. Tapi untuk dipasang di avanza / innova memang masih terlalu mahal. Lha EPS aja baru dipasang di new avanza setahun ini.

masih banyak orang yang suka dengan nokia yang keypad ABC-DEF, tapi sekarang makin banyak yang pindah qwerty atau touchscreen. Yang penting masing-masing merasa nyaman aja.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by VanzMatic »

htannis wrote: Sama yg satu transmisi 5 speed tiptronik yg pinter bisa menyesuaikan posisi gear dengan jalanannya. Yg satu 4 speed dah transmisi bodoh, manteng di D terus harus kita yg mainin D3-2-1, itu pun ngeloyor terus, cocoknya cuman buat orang yg nyetir push and glide tuh :wkkk:
Siapa bilang ngloyor terus...? :wkkk: :wkkk: :mky_07:

Jalan manurung..eh... menurun, kita injek dikit rem sekedar untuk mengaktifkan saklar lampu rem, langsung downshift tuh...
Jalan mandagi...eh...mendaki atau naik flyover, nowel gas dikit udah downshift 2 step.

Pakai 3,2 apalagi L, untuk case tertentu, misalnya turunan kecepatan tanggung, untuk membantu menghemat rem dan engine brake.. atau mendaki biar engga injek gas lebih dalam untuk downshift (hemat bensin), atau ngajak berenang di genangan air, ya mainin L

Justru ini yang aku suka. Mode matic bisa, dimanualin dengan mainin 2 dan 3 sampai redline untuk ITU, juga bisa..

Ya, semua kan memang terpulang mana yang paling familiar untuk digunakan...?
:mky_08:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by VanzMatic »

Deasegara wrote: Nah bener sekali, beberapa kali saya sebutin hanya orang-orang yg energic, dinamis, cocok dg teknologi yg lebih maju he..he...he.. ditempat kerja gue juga pake fortuner, ps, evie, didalam fortie hampir semuanya bilang bagai katak dalam tempurung he...he...he...gak tega denger jeritan engine waktu digeber loyo......jauh dibandingin evie & ps. Karena teknologi purba ya cocok buat dipiara sampe kakek-kakek...he...he..he... awet :mky_07: gak usah neko-neko yg penting menggelinding ha...ha...ha... :mky_07:
Hehe, iya yagh...energic dan dinamis, teknologi lebih maju, tapi gue ngrasanya kok kayak naek boom boom car atau motor matic alay... :mky_07: :mky_07:

BTT ah... :big_peace:

Santai bro, just kidding kok...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by VanzMatic »

Unta_item wrote: Tampaknya dah mulai menuju ke lembah Kurusetra nih ,,, nonton ahhh :wkkk:
Real Fighting Championsip SUV Diesel sesama pake Tehnologi VGT,
cuman yang satu pake Rem tromol diroda belakang satu pake Cakram .........
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Bukan ajang Kurusetra, om...

Siapa dulu yang nyulut sumbu ngatain mobil orang lain purba...? :mrgreen:

Punya mobil yang dikatain purba, bukan berarti engga pernah nyetir atau ngerti teknologi mobil yang dia puja puja setinggi langit kan...?

:mrgreen:

Kesian banget.... baru bisa punya mobil tiptronic aja sudah pongah... :mrgreen:

Berarti, yang punya APV Luxury matic, GrandLivina AT, Luxio AT, Altis AT, Camry, Sirion AT purba juga dong?
Atau, taunya matic purba hanya innova dan Fortie?
:mrgreen:
Last edited by VanzMatic on Thu Jan 03, 2013 2:56, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by M-90 »

Nah bener sekali, beberapa kali saya sebutin hanya orang-orang yg energic, dinamis, cocok dg teknologi yg lebih maju he..he...he.. ditempat kerja gue juga pake fortuner, ps, evie, didalam fortie hampir semuanya bilang bagai katak dalam tempurung he...he...he...gak tega denger jeritan engine waktu digeber loyo......jauh dibandingin evie & ps. Karena teknologi purba ya cocok buat dipiara sampe kakek-kakek...he...he..he... awet :mky_07: gak usah neko-neko yg penting menggelinding ha...ha...ha... :mky_07:[/quote]


Ha.. ha...ha. Ente bener sekali. Ente dan temen2 kantor ente memang spt Katak dalam Tempurung, persis spt kata ente sendiri. Kagak tau kalo mesin D4D Ipah/42ner bisa dibikin kencang :wkkk:


Kalo temen2 kantor ane dan temen2 ane pemilik Ipah Diesel di Innova Community (IC) termasuk Bro Turboman lho, orang2nya sangat open minded, dinamis, kreatif dan innovatif. Mrk sangat tau Ipah/42ner diesel bisa dibuat kencang. :big_weee:

FAKTA : hingga saat ini di arena Drag Race resmi, Ipah Diesel dgn matic jadulnya masih menjadi diesel terkencang di tanah air dan bbrp kali naik podium. Ipah temen ane tuh, si Moncong Merah dari Innova Community. Orangnya sih sangat open minded, dinamis, kreatif dan innovatif. :mky_02:

Udah deh, kita akhiri saja, OOT " Katak Dalam Tempurung "
Mari back to topik :big_peace:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by htannis »

VanzMatic wrote:
htannis wrote: Sama yg satu transmisi 5 speed tiptronik yg pinter bisa menyesuaikan posisi gear dengan jalanannya. Yg satu 4 speed dah transmisi bodoh, manteng di D terus harus kita yg mainin D3-2-1, itu pun ngeloyor terus, cocoknya cuman buat orang yg nyetir push and glide tuh :wkkk:
Siapa bilang ngloyor terus...? :wkkk: :wkkk: :mky_07:


Jalan manurung..eh... menurun, kita injek dikit rem sekedar untuk mengaktifkan saklar lampu rem, langsung downshift tuh...
Jalan mandagi...eh...mendaki atau naik flyover, nowel gas dikit udah downshift 2 step.

Pakai 3,2 apalagi L, untuk case tertentu, misalnya turunan kecepatan tanggung, untuk membantu menghemat rem dan engine brake.. atau mendaki biar engga injek gas lebih dalam untuk downshift (hemat bensin), atau ngajak berenang di genangan air, ya mainin L

Justru ini yang aku suka. Mode matic bisa, dimanualin dengan mainin 2 dan 3 sampai redline untuk ITU, juga bisa..

Ya, semua kan memang terpulang mana yang paling familiar untuk digunakan...?
:mky_08:
Ane yg bilang ah, kan ane punya gnki D4D a/t juga, jadi tau beda karakter transmisinya kayak gimana :big_weee:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by imsus2c »

:mky_06:

bapak-bapak semua...

harap kembalilah ke Italia...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by VanzMatic »

imsus2c wrote::mky_06:

bapak-bapak semua...

harap kembalilah ke Italia...
Sudah kok boss.... :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by kaos_oblong »

glendotan wrote:Bagusnya italian tune up matikan ac kali yak.. supaya kompresor ga cepet jebol...
betul, ac kudu di matikan dulu, dan rpm jangan kelamaan ditahan di red-line.

baru 2 bulan lalu, avanza saya italian tune-up, tanpa matikan ac, alhasil bearing kompresor rontok, habis 1 jt-an buat ganti bearing + ongkos + isi freon.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by nugroho bagor »

VanzMatic wrote:
imsus2c wrote::mky_06:

bapak-bapak semua...

harap kembalilah ke Italia...
Sudah kok boss.... :mky_01:
Kok udahan,baru mau ikut
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by andy1800 »

kaos_oblong wrote:
glendotan wrote:Bagusnya italian tune up matikan ac kali yak.. supaya kompresor ga cepet jebol...
betul, ac kudu di matikan dulu, dan rpm jangan kelamaan ditahan di red-line.

baru 2 bulan lalu, avanza saya italian tune-up, tanpa matikan ac, alhasil bearing kompresor rontok, habis 1 jt-an buat ganti bearing + ongkos + isi freon.
knp bisa gitu ya....jd sebenenrya bearing AC dll tu dirancang maximum mampu menahan putaran di brp sih? dirancang gak mampu bertahan klo kena 6000 rpm ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image