Ini thread & postingan pertama saya di SM, mudah2 an berkenan ya..
Sebetulnya CX7 sdh pernah di bahas dsini ya (saya sdh liat thread2 nya), tp saya msh ada pertanyaan dan keraguan.
Tp sebelum ke pertanyaan, saya mau sharing pengalaman saya.
Begini, cerita nya saya lg galau (klu kata anak ABG), bimbang, ragu, dsj..
Saya ada rencana meminang Mazda CX7 (baru), karena tergoda penampilan aduhai & [cencored] dari body nya.
Mulai suka sekitar tahun 2008. Hati sgt suka dan setuju sekali untuk kenalan, PDKT, sampai untuk meminang nya.
Tp sayang, sang dompet dan saldo di bank belum setuju.

Akhir nya tahun demi tahun berlalu tanpa ada tindak lanjut, bahasa halus nya mundur pelan2. Maklum, waktu itu lg berjuang untuk pengembangan usaha, jadi saya tetap mengandalkan Galant Hiu dan X-Trail sbg "angkot" saya..
Gak kerasa, sdh sekitar 4 tahun sejak pertama jumpa, sekarang si dia sdh tampil beda, lebih menggoda, lebih aduhai lg, bohay klu kata cowok2 buaya darat & mata keranjang..
Ok,, batin siap, hati setuju, dan (kali ini) sang dompet dan saldo di bank ngasih lampu hijau.
Akhirnya dgn semangat membara berangkat lah saya ke dealer Mazda di BSD ( Bekasi Sonoan Dikit ), krn rmh saya di bekasi.
Sebelum nya sdh janjian utk test drive (TD).
Unit yg saya coba warna putih dgn interior hitam. Hati bener2 deg-deg an krn ini pertama kali nya "kencan" dgn si doi setelah menunggu skitar 4 tahun. Ok lah, sesi deg-deg an sdh teratasi, dan akhirnya keliling bersama doi dgn ditemani org ketiga (pihak Mazda). Padahal ngarep bisa kencan berdua aja (manamungkin.com)
First impression: Weleh3x, tenaga nya suangarr jg, mirip2 si Hiu!! Saya lupa klu si doi ini pake curbo ncus..ncus.. (tp gak ncus2 ya krn gak pake BOV).
Konsumsi bensin tercatat skitar 1:8 dalam kota bekasi yg siang itu lg padat. Tp soal bensin gak masalah, jd pertimbangan no 28 buat saya, ( tp jd masalah besar kalau angka dimulai dari 27)..

Handling mantap, setir ringan, kualitas interior bagus (soft plastic), kabin kedap, sunroof, dan si doi ini definitely FUN TO DRIVE!! 5 thumbs up!!
Yg saya kurang suka yaitu, ruang baris kedua sempit, dan tombol headunit nya kebanyakan. Tp udah nyari di lebay.com, eh, ebay.com ternyata ada HU aftermarket USA made, only for CX7. Yg made in China jg ada dgn selisih skitar 200 USD..
Soal suspensi cukup keras, krn mesin kencang suspensi nya sip klu bgini. Tp buat ukuran jln2 sama kluarga, kurang empuk si doi ini, soal empuk kalah sama x-trail. Lainnya, x-trail liwattt.. (Lha iya, harga nya aja beda jauh tong!!).
Sesi TD beres, balik ke diler, nyantai sejenak, sambil nyalain dj* sa* so*,, ahh nikmat sekali, sambil berangan-angan tentang si doi yg bakal nangkring di garasi rmh. Warna putih, interior beige. Siiippp lah..
But, wait!! Tiba2 terlintas di benak saya soal mesin si doi. Yup, mesin DISI 2.3 L Turbocharger nya tiba2 bikin bulu kuduk berdiri, mirip kayak lg jln sendirian trus nglewatin panti pijat, eh, kuburan maksud saya..
Berarti si mesin itu minimal harus minum minyak yg RON 95 doonnkk....
Wah, klu benar bgtu, itu sama aja saya bikin langkah blunder. Soal nya saya sering pelesir ke luar kota.
Rumus atau ilmu pasti (saat ini) yaitu: Jalan keluar kota = jarang ada Pertamax Plus..
Penasaran, saya pun tanya ke si sales: "Mas, apa bisa CX7 minum pertamax"?
Sang sales pun menjawab dgn mantap: " Ya jelas bisa pak, gpp kok, malah pakai premium jg gpp, soal ny turbo, pake premium jg udah pasti kenceng kok, kebantu sama turbonya".
Pikir saya: Holly Moly.. For V6's Sake.. pale loe peyang, matane as*!!.. Jawaban yg "menenangkan" sekali....
Tp saya jg o'on ya, harus nya nanya ke mekanik yg senior yg ahli, bukan nanya ke sales..

Nahh, dsini pertanyaan saya, apakah bisa CX7 minum pertamax? Normal tanpa merubah settingan mesin, nambahin piggyback, dan device2 lain nya. Krn saya pingin ny standar aja, original pabrik. Udah capek modif2 mesin, 2 unit galant hiu udh jd korban knakalan remaja saya....
Apa mobil ini aman dikasih pertamax, atau ada cara lain? Misal kalau pas lg ada P+ ya isi, klu lg gak ada ya isi pertamax, di seling2 bgtu apa aman buat ini mobil? Takut aja sensor2 ny payah atau rewel. Maklum aja, blm pernah nyicipin produk2 mazda yg baru2, walaupun dlu pernah lama punya mazda 323 Familia.
Opsi lain saya yaitu CX5. Minggu kmrn sdh tes punya temen, wah sip bgt deh CX5. Tenaga nya diatas crv sama xtrail yg 2.0 dan jg jauhhhh lebih irit. Tenaga diadu sm CX7, bye-bye CX5. Irit nya yg diadu, bye-bye CX7. Bantingan suspensi pas, untuk meliuk2 jg sgt stabil. Tp lagi2, baris kedua ny sempit, salah satu nilai minus nya selain warna interior yg mana pilihan nya hanya ada satu warna. Tp kualitas material bagus, soft plastic, sama sperti CX7. Satu lg minus nya menurut saya, velg sama ban nya kurang lebar, jd lucu ngliat nya.. (Opini yg bersifat subjektif lho ya)..
Saya blm ada pilihan lain kcuali dua mobil ini. Pilihan no 1 yaitu CX7, no 2 CX5..
Pingin seputar Mazda aja (pingin nya). CRV, Grand Vitara, Xtrail, Captiva, Escape, Pajero, Fortuner, dan Outlander gak masuk itungan. Maaf lho ya bagi yg penggemar mobil2 yg saya sebut..

Yg bisa jd sdikit pertimbangan yaitu Harrier, baik yg 2.4 atau 3.0.
Klu memang CX7 lbh banyak mudharat nya ketimbang manfaat nya, maka CX5 yg akan saya pinang, atau mungkin Harrier klu emang sreg (sampe skrg blm sreg). Hehehe..
Buat teman2 yg punya (lg pakai atau pernah pakai), maupun gak punya tp paham, tolong di share pengalaman nya ya. Terutama soal bahan bakar nya itu, krn itu yg jd masalah utama. Ditunggu respon dan masukan dari suhu2 semua.
(Maaf curhat nya kepanjangan)

NB:
4 x 4 = 16, Sempat atau tdk sempat harap di balas..
Tengkiu..
