knp mtor shogun ane, klo d gaS full, berasap y?
mhon bntuan.na.
thx,
shogun fl125 berasap
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: shogun fl125 berasap
asapnya ditadahin kertas atau apa gitu, trus diidentifikasi
klo mmg bau oli, artinya ada oli yg masuk ke ruang bakar.
bisa dari seal klep, bisa krn ring seher nya patah.
mmg klo awam, bagaimanapun ini harus turun mesin. sebaiknya segera.
silaken cari2 bengkel/mekanik yg baik dg ongkos terjangkau di skitar sana.
klo mau belajar DIY, gak sulit siih, cm syaratnya kunci2/obeng hrs relatif lengkap dulu, termasuk trekker magnet dan obeng ketok. drpd ntarnya kegitaan bongkar pasang mlh jd mandek. stlh itu lengkap, silaken klo mau belajar dibongkar sndiri. jgn lupa perhatikan (artinya: catat) seluruh kedudukan mekanikalnya terutama gir2 kamprat/timing chain, dan baut ini dilepas dri sini baut itu dilepas dri situ. catat.
klo mmg bau oli, artinya ada oli yg masuk ke ruang bakar.
bisa dari seal klep, bisa krn ring seher nya patah.
mmg klo awam, bagaimanapun ini harus turun mesin. sebaiknya segera.
silaken cari2 bengkel/mekanik yg baik dg ongkos terjangkau di skitar sana.
klo mau belajar DIY, gak sulit siih, cm syaratnya kunci2/obeng hrs relatif lengkap dulu, termasuk trekker magnet dan obeng ketok. drpd ntarnya kegitaan bongkar pasang mlh jd mandek. stlh itu lengkap, silaken klo mau belajar dibongkar sndiri. jgn lupa perhatikan (artinya: catat) seluruh kedudukan mekanikalnya terutama gir2 kamprat/timing chain, dan baut ini dilepas dri sini baut itu dilepas dri situ. catat.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: shogun fl125 berasap
udah om , langsung aja di bawa ke bengkel , di jamin turun mesin , dari pada di bilang shogun 2 tak , hehehehehhe 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: shogun fl125 berasap
Sudah berapa ribu km sih? kalo dibawah 50 rb km saya rasa bukan dari piston dan ring ato sil klep,
kecuali bro jarang ganti oli dan memperlakukan mesin secara beringas terus2an, ato memang lagi sial ada komponen yang memang bermasalah.
pada mesin standar, bahkan 100 rb km pun jarang yang berasap, jika dilakukan perawatan rutin.
coba dicek, asapnya putih atau kehitaman?
kalo putih berarti memang ada oli yang ikut masuk, kalo kehitaman, biasanya karena filter udara yang kotor. mending diservis aja,
kalo filter sudah diganti dan masih berasap hitam, tandanya karburator minta diservis, ini kerjaan mekanik, tapi umumnya yang paling cepet aus adalah jarum skep dan pasangannya. kalau spuyer sebenarnya jarang aus, malah lebih sering tersumbat.
kalau karbu sudah berumur, bisa jadi ada perubahan angka spuyer, biasanya main jet diturunkan sedikit untuk mengkompensasi keausan needle jet atau needle jetnya sendiri yang disesuaikan (jika bisa disetel).
harga needle jet dan pasangannya (nosel) memang lumayan mahal, orang biasanya berpikir 2x buat menggantinya, namun bisa pakai non original, yang dijual komplet seharga 9 ribuan sampai 15 ribuan, umumnya cuma needle jet aja (beserta yang lain2), sedangkan noselnya tak tersedia.
kalau mesin berasap putih ya memang harus dibuka, bisa piston, ring dan liner silinder, atau cuma sil klep.
kecuali bro jarang ganti oli dan memperlakukan mesin secara beringas terus2an, ato memang lagi sial ada komponen yang memang bermasalah.
pada mesin standar, bahkan 100 rb km pun jarang yang berasap, jika dilakukan perawatan rutin.
coba dicek, asapnya putih atau kehitaman?
kalo putih berarti memang ada oli yang ikut masuk, kalo kehitaman, biasanya karena filter udara yang kotor. mending diservis aja,
kalo filter sudah diganti dan masih berasap hitam, tandanya karburator minta diservis, ini kerjaan mekanik, tapi umumnya yang paling cepet aus adalah jarum skep dan pasangannya. kalau spuyer sebenarnya jarang aus, malah lebih sering tersumbat.
kalau karbu sudah berumur, bisa jadi ada perubahan angka spuyer, biasanya main jet diturunkan sedikit untuk mengkompensasi keausan needle jet atau needle jetnya sendiri yang disesuaikan (jika bisa disetel).
harga needle jet dan pasangannya (nosel) memang lumayan mahal, orang biasanya berpikir 2x buat menggantinya, namun bisa pakai non original, yang dijual komplet seharga 9 ribuan sampai 15 ribuan, umumnya cuma needle jet aja (beserta yang lain2), sedangkan noselnya tak tersedia.
kalau mesin berasap putih ya memang harus dibuka, bisa piston, ring dan liner silinder, atau cuma sil klep.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Sun Sep 02, 2012 4:34
Re: shogun fl125 berasap
tp berasap.na cm klo d gas pol boz, klo gk y gk berasap putih,,
oea, mtor ane itu ud d bore up n pke noken as modifan,,
ane bingung, msa kmren ud brasap, truz d bore up, n skrg ud brasap lg?
:’(
oea, mtor ane itu ud d bore up n pke noken as modifan,,
ane bingung, msa kmren ud brasap, truz d bore up, n skrg ud brasap lg?
:’(
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: shogun fl125 berasap
Asalkan asapnya bukan asap putih, masih gampang ditolong,
mending disetting dulu karburatornya, kalau bore up, gak berarti spuyer dibesarkan, justru karena bore up
flow di intake bertambah, kevakuman bertambah, sehingga malah menambah hisapan bensin dari jetting.
idealnya sih mending modifikasi pada filter udara, ditambah lubang/saluran, tapi filter tetap dipasang,
atau simpelnya pake filter variasi. lebih gampang lagi, tanpa filter sama sekali, tapi tidak disarankan.
tapi tetap, setting perlu dilakukan, jadi pas digas gk berasap lagi. dan sebisa mungkin warna busi merah bata, atau abu2, jangan sampai
hitam atau putih.
kalo asap knalpot putih (meski cuma pas digas pol), berarti emang kualitas pengerjaan oversize yang kurang bagus, bisa jadi korteran tidak rata, biasanya sih oval.
ngeceknya mudah, pake cylinder bore gauge n mikrometer, ato cara mudah, masukkan piston ke silinder dengan posisi yang berbeda (diputar), kalo oval, kecepatan jatuh piston berbeda, bisa jadi pada posisi tertentu piston lancar, begitu diputar sedikit, piston jatuhnya gk lancar.
tapi kalo celahnya longgar, mau diputar ke posisi apapun jatuhnya sama aja, sama2 lancar. jadi cuma bisa dicek kalau celah piston tak begitu longgar. kalo pake alat ukur, mau longgar ato enggak, bisa dicek.
celah piston juga menentukan, tapi mudah dilihat dari celah ring piston (ring piston jangan dimodif/di potong), buat bore up celahnya 0,1 - 0,3 mm diukur pakai feeler gauge. jangan sampai celahnya kurang dari 0,1 atau lebih dari 0,3. pada celah 0,4 mm sebenarnya masih bisa, dan tidak berasap, asalkan kualitas pengerjaan korter bagus. cuma biasanya sedikit lebih berisik, dan tekanan kompresi kurang padat.
atau diukur beneran, bisa pake mikrometer n bore gauge, atau feeler gauge. buat bore up, 0,02 mm - 0,04 mm, diukur di dasar piston, kira2 1 - 1,5 cm dari dasar piston (di dekat pin, ke bawah sedikit).
mending disetting dulu karburatornya, kalau bore up, gak berarti spuyer dibesarkan, justru karena bore up
flow di intake bertambah, kevakuman bertambah, sehingga malah menambah hisapan bensin dari jetting.
idealnya sih mending modifikasi pada filter udara, ditambah lubang/saluran, tapi filter tetap dipasang,
atau simpelnya pake filter variasi. lebih gampang lagi, tanpa filter sama sekali, tapi tidak disarankan.
tapi tetap, setting perlu dilakukan, jadi pas digas gk berasap lagi. dan sebisa mungkin warna busi merah bata, atau abu2, jangan sampai
hitam atau putih.
kalo asap knalpot putih (meski cuma pas digas pol), berarti emang kualitas pengerjaan oversize yang kurang bagus, bisa jadi korteran tidak rata, biasanya sih oval.
ngeceknya mudah, pake cylinder bore gauge n mikrometer, ato cara mudah, masukkan piston ke silinder dengan posisi yang berbeda (diputar), kalo oval, kecepatan jatuh piston berbeda, bisa jadi pada posisi tertentu piston lancar, begitu diputar sedikit, piston jatuhnya gk lancar.
tapi kalo celahnya longgar, mau diputar ke posisi apapun jatuhnya sama aja, sama2 lancar. jadi cuma bisa dicek kalau celah piston tak begitu longgar. kalo pake alat ukur, mau longgar ato enggak, bisa dicek.
celah piston juga menentukan, tapi mudah dilihat dari celah ring piston (ring piston jangan dimodif/di potong), buat bore up celahnya 0,1 - 0,3 mm diukur pakai feeler gauge. jangan sampai celahnya kurang dari 0,1 atau lebih dari 0,3. pada celah 0,4 mm sebenarnya masih bisa, dan tidak berasap, asalkan kualitas pengerjaan korter bagus. cuma biasanya sedikit lebih berisik, dan tekanan kompresi kurang padat.
atau diukur beneran, bisa pake mikrometer n bore gauge, atau feeler gauge. buat bore up, 0,02 mm - 0,04 mm, diukur di dasar piston, kira2 1 - 1,5 cm dari dasar piston (di dekat pin, ke bawah sedikit).