Modif odyssey 2011
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu May 24, 2012 14:51
Modif odyssey 2011
Hey hey share info dong, gua mau modif odyssey gua taun 2011. Nah mau gua ceperin nih, velg gua make 20" depan lebar 9 belakang 10 nah menurut kalian, gua ceperin sampe seberapa ya biar aman chasisnya? Rata ban atau hampir ngena velg? Thanks
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Modif odyssey 2011
Ada kata "Aman" di atas, ini yang saya suka.. Paling nggak ada tujuan untuk modifikasi tapi bertanggung jawab terhadap mobilnya... Berdasar ilmu dangkal ane, upsize rims yang di rekomendasikan oleh pabrikan maksimal adalah naik 2" dari ukuran standar. Bawaan Oddys itu 17", berarti seharusnya maksimalnya 19". Ketika modifikasi diatas itu, berarti komponen kaki-kaki untuk supportnya potensi ausnya menjadi lebih tinggi. But, no problem, yang penting TS tau efek dari menggunakan oversized rim sehingga bisa antisipasi kedepannya.Bagus_vb wrote:Hey hey share info dong, gua mau modif odyssey gua taun 2011. Nah mau gua ceperin nih, velg gua make 20" depan lebar 9 belakang 10 nah menurut kalian, gua ceperin sampe seberapa ya biar aman chasisnya? Rata ban atau hampir ngena velg? Thanks
Mengenai masalah Keamanan, maka komponen yang paling penting adalah menggunakan Ban yang sesuai, ini merupakan Hukum nomer 1 modif kaki2.
Seinget ane Oddysey itu pakai Velg 17" lebarnya 7,5".. Berarti ban nya menggunakan 215/55/17..
Kalau mau di upsize menjadi 20" lebar 9" dan 10", maka ukuran ban yang direkomendasikan adalah 235/40/20... Inipun untuk ban belakangnya agak narik... Kalau mau kelihatan lebih narik lagi bisa pakai ban ukuran 225/40/20. Dengan menggunakan ban ukuran ini, maka akan aman untuk chassis, meskipun tetap harus melipat bibir fender, but, it's no big deal. Untuk rekomendasi ban, sesuai pengalaman saya sangat saya sarankan untuk menggunakan Yokohama SpecX untuk oversized rims (20" keatas).. Ban highway yang punya tipikal utama empuk dan silent, dengan grip yang sangat mencukupi.
Nah kalau mau nyeperin mobil, masuk ke hukum nomer 2 modif kaki-kaki : Gunakan lowering kit sesuai spesifikasi.
Dalam hal ini, banyak sekali pilihan lowering kit untuk Oddys. Mulai dari per saja, sampai kit adjustable juga ada. Saran saya untuk lowering kit untuk Oddys biar turunnya lebih dramatis adalah menggunakan per aftermarket merek Tanabe. Tipenya yang DF, turun 3 jari, masih aman untuk chassis, dan masih terhitung nyaman dibandingkan punya RSR (sepengalaman ane, pengalaman may vary). Dengan menggunakan lowering kit yang turun 2/3 jari, nantinya akan rata ban jadi masih aman untuk travel suspensi.
Perhatian: JANGAN pernah menggunakan lowering kit abal-abal, atau paling parah potong/press velg.
Ketiga, Hukum yang paling sering dilupakan orang yang upsize rims adalah menyesuaikan brake set dengan besarnya rims.. Ini selain untuk faktor keamanan juga untuk keawetan komponen mobil... Ga mahal-mahal amat kok... Brembo 4 pot palingan dibawah 8 juta seinget ane dulu..
Have fun modifying...

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Modif odyssey 2011
AD74YA wrote:Ada kata "Aman" di atas, ini yang saya suka.. Paling nggak ada tujuan untuk modifikasi tapi bertanggung jawab terhadap mobilnya... Berdasar ilmu dangkal ane, upsize rims yang di rekomendasikan oleh pabrikan maksimal adalah naik 2" dari ukuran standar. Bawaan Oddys itu 17", berarti seharusnya maksimalnya 19". Ketika modifikasi diatas itu, berarti komponen kaki-kaki untuk supportnya potensi ausnya menjadi lebih tinggi. But, no problem, yang penting TS tau efek dari menggunakan oversized rim sehingga bisa antisipasi kedepannya.Bagus_vb wrote:Hey hey share info dong, gua mau modif odyssey gua taun 2011. Nah mau gua ceperin nih, velg gua make 20" depan lebar 9 belakang 10 nah menurut kalian, gua ceperin sampe seberapa ya biar aman chasisnya? Rata ban atau hampir ngena velg? Thanks
Mengenai masalah Keamanan, maka komponen yang paling penting adalah menggunakan Ban yang sesuai, ini merupakan Hukum nomer 1 modif kaki2.
Seinget ane Oddysey itu pakai Velg 17" lebarnya 7,5".. Berarti ban nya menggunakan 215/55/17..
Kalau mau di upsize menjadi 20" lebar 9" dan 10", maka ukuran ban yang direkomendasikan adalah 235/40/20... Inipun untuk ban belakangnya agak narik... Kalau mau kelihatan lebih narik lagi bisa pakai ban ukuran 225/40/20. Dengan menggunakan ban ukuran ini, maka akan aman untuk chassis, meskipun tetap harus melipat bibir fender, but, it's no big deal. Untuk rekomendasi ban, sesuai pengalaman saya sangat saya sarankan untuk menggunakan Yokohama SpecX untuk oversized rims (20" keatas).. Ban highway yang punya tipikal utama empuk dan silent, dengan grip yang sangat mencukupi.
Nah kalau mau nyeperin mobil, masuk ke hukum nomer 2 modif kaki-kaki : Gunakan lowering kit sesuai spesifikasi.
Dalam hal ini, banyak sekali pilihan lowering kit untuk Oddys. Mulai dari per saja, sampai kit adjustable juga ada. Saran saya untuk lowering kit untuk Oddys biar turunnya lebih dramatis adalah menggunakan per aftermarket merek Tanabe. Tipenya yang DF, turun 3 jari, masih aman untuk chassis, dan masih terhitung nyaman dibandingkan punya RSR (sepengalaman ane, pengalaman may vary). Dengan menggunakan lowering kit yang turun 2/3 jari, nantinya akan rata ban jadi masih aman untuk travel suspensi.
Perhatian: JANGAN pernah menggunakan lowering kit abal-abal, atau paling parah potong/press velg.
Ketiga, Hukum yang paling sering dilupakan orang yang upsize rims adalah menyesuaikan brake set dengan besarnya rims.. Ini selain untuk faktor keamanan juga untuk keawetan komponen mobil... Ga mahal-mahal amat kok... Brembo 4 pot palingan dibawah 8 juta seinget ane dulu..
Have fun modifying...
Master yang merendah sedang membagi ilmu....
Orang kolot menyimak dengan tekun....



" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Modif odyssey 2011
kalo nurut ane, point ke 3 lebih ke masalah keamanan dan estetika. keamanan karena roda jadi lebih berat jadi butuh rem yang mumpuni.
sedangkan estetika, agak lucu aja velg segede itu pake rem cakram yang seupil...
sedangkan estetika, agak lucu aja velg segede itu pake rem cakram yang seupil...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Modif odyssey 2011
Busyeeeett..upil sapa om yg segede rem odussey??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Modif odyssey 2011
yg CX7 ceilehhhhh...vote42ner wrote:Busyeeeett..upil sapa om yg segede rem odussey??
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Modif odyssey 2011
ganti brake pad aja cukup... ga usah ganti discbrake.. lagian odc dengan velg segede gitu ujung2nya gak akan bisa enak di 140km/jam lebih... gak akan stabil, jauh dengan velg standar atau naek 2step.. masih oke.maskopat wrote:kalo nurut ane, point ke 3 lebih ke masalah keamanan dan estetika. keamanan karena roda jadi lebih berat jadi butuh rem yang mumpuni.
sedangkan estetika, agak lucu aja velg segede itu pake rem cakram yang seupil...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Modif odyssey 2011
cx7 siapa kang?ak4ng wrote:yg CX7 ceilehhhhh...vote42ner wrote:Busyeeeett..upil sapa om yg segede rem odussey??


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Modif odyssey 2011
tau tuh... siapa yaa????




-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Modif odyssey 2011
Ane pun juga menyimak-nyimak ini..VanzMatic wrote: Master yang merendah sedang membagi ilmu....
Orang kolot menyimak dengan tekun....![]()
![]()

Karena beban lebih berat dan diameter yang lebih besar, maka membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk travel dan menghentikan mobilnya, sehingga velg besar berpengaruh ke shock, disc brake, dll yang merupakan part aktif.. Tapi beban yang paling berat didapat dari disc brake buat menghentikan laju mobilnya karena momen yang lebih besar dari velg lebar.. Jadi maksudnya keawetan part itu dari disc brake nya sendiri,..maskopat wrote:kalo nurut ane, point ke 3 lebih ke masalah keamanan dan estetika. keamanan karena roda jadi lebih berat jadi butuh rem yang mumpuni.
sedangkan estetika, agak lucu aja velg segede itu pake rem cakram yang seupil...
Atau ada cara lain seperti yang dikasih oom peot
Ini cara gampang dan murah, tapi salah kaprah.. Ane rasa gak usah dijelasin lah ya..poeticmind wrote:ganti brake pad aja cukup... ga usah ganti discbrake.. lagian odc dengan velg segede gitu ujung2nya gak akan bisa enak di 140km/jam lebih... gak akan stabil, jauh dengan velg standar atau naek 2step.. masih oke.maskopat wrote:kalo nurut ane, point ke 3 lebih ke masalah keamanan dan estetika. keamanan karena roda jadi lebih berat jadi butuh rem yang mumpuni.
sedangkan estetika, agak lucu aja velg segede itu pake rem cakram yang seupil...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Modif odyssey 2011
ngomong2 berat roda (velg + ban), ternyata bobot ban itu lebih besar daripada velg ya? jadi kalo kita mau upgrade sepatu, dipertimbangkan juga bahwa total bobot roda standar dan versi upgrade gak beda jauh.. biar beban rem juga gak besar
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Modif odyssey 2011
Yup... Makanya untuk diameter besar better pilih rims yang one-piece original.. mengenai ban agak susah untuk menerka bebannya...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Modif odyssey 2011
gak usah diterka om.. ditimbang aja lah...AD74YA wrote:Yup... Makanya untuk diameter besar better pilih rims yang one-piece original.. mengenai ban agak susah untuk menerka bebannya...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Modif odyssey 2011
Nah itu ditimbang dimana?....maskopat wrote:gak usah diterka om.. ditimbang aja lah...AD74YA wrote:Yup... Makanya untuk diameter besar better pilih rims yang one-piece original.. mengenai ban agak susah untuk menerka bebannya...
Bengkel bagus sekalipun kagak punya timbangan deh kayaknya...



Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta