Review Mazda CX-5 Touring 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by AD74YA »

Ini apa to kok bahas resale doang ribet..
Dibanding Toyota Honda, resale Mazda lebih jelek.. 2008 CX-9, jual di 2009 untuk ganti yang facelift turun 100 juta..

Mazda6 FL tahun 1 turun 70 juta.. Tahun kedua 40 juta.

Tapi intinya nggak mungkin 5 tahun jadi 50 juta.. Mazda6 2008 mentok di 250 juta harganya paling rendah meskipun Km tinggi.

Kalau mobil cuman jadi alat transport.. Nganter dari titik A ke titik B, jangan pernah beli merk selain Toyota Honda, apalagi eropa.

Kalau mau mobil lebih dari alat atau tool, ya beda cerita..

Gitu aja kok repot.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by lava85 »

Masalah resale value gw mau tanya, emangnya SUV apa yang Resale valuenya bagus? KK gw punya CRV gen 3 terakhir di tawar orang 210 juta aja bulan january 2013... Padahal 2 bulan sebelomnya masih ditawar 240 juta... Kalo per bulan ini seh ga tau deh dah turun jadi berapa....

Kalo mau ngomong resale value buat gw i dont' GIve a f*ck lah, sampai saat ini CX-5 adalah mobil satu2nya yang bisa bikin gw enjoy banget nyetir.. Kalo pas Bawa CRV, OS, Escudo 2.0, Kijang Krista, xenia 1,3 sampe Kia Visto, tiap ketemu macet gw pasti mumet bin BT... Beda sama pas bawa CX-5, mau macet kaya apa juga seneng2 aja rasanya. :off_good_job:

Yang bikin bisa bilang resale value CX-5 ini bakal jeblok yak karena gw liat market leadernya sang Honda CRV aja ga bagus2 amat resale valuenya. Jadi gw pikir kenapa gw harus mempertimbangkan resale value? Mobil ini consumable goods tokh bukan sarana investasi :shrug: Kalo mau yg resalenya perkasa ya beli aja duo kaleng, cuma kalo suru nyetirin seh tidak terima kasih :mky_01:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by AD74YA »

CRV 2009 awak beli 370 sekarang ditawar 240.. 3 tahun berarti turun berapa itu ya?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by lava85 »

Buset om Stig pait amat itu turunnya... :e-doh: CRV kk gw beli 2008, pas SPK masih 290an aja....Begitu barang ready dah naek jadi 310-312an..... Sekarang kalo jual secondnya cuma beda 30 jtan aja yak? :frm_bang_head: Ya sutralah memang ga perlu mikirin resale value tokh, yang penting hati bahagi tiap nyetir :frm_tumbleft:
thomas256
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Nov 15, 2012 13:13

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by thomas256 »

hmm....masalah resale value ? oke saya jabarkan alasan kenapa saya ga perduli dengan masalah resale value ini

1. kejadian di kota saya, seorang yg sangat kaya (saudara saya..) sangat kaya, tapi pelit...dia pake mobil selalu yg resale value nya tinggi, mobil sejuta umat..
Suatu hari....dia bersama ibu nya apes di jalan tol, pecah ban akibat kayu yg jatuh dari truk...mobil selip dan hancur dan ibunda nya meninggal....worth it kah resale value ditukar dgn ibu nya ??

2. saya tidak mau kalo ada apa2 di jalan mengalami cacat atau apapun...saya punya uang utk beli mobil seharga ini, tentu saya takut kenapa2...jadi saya ingin proteksi lebih untuk diri saya
Mobil bisa di ganti ama asuransi, tapi diri kita ? kalo cacat krn kecelakaan khan apes, mendingan cari mobil yang meminimalkan faktor apes tsb....makanya saya cari mobil kriteria aman dan nyaman

3. resale value adalah senjata pamungkas dari atpm yang terusik eksistensi nya, mrk bingung hadapi saingan lalu bicara..resale value

prinsip saya soal resale value.....Cari duit lebiih banyak buat beli mobil yang lebih aman...:e-whistle:
Resale Value

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by Resale Value »

CX-9 itu barunya berapa ? Setau saya cukup mahal, 800 juta lebih. Ngak fair jika di banding ama SUV Toyota atau Honda yang barunya cuman 400 juta lebih. Tentu saja yang barunya udah sangat tinggi lebih cenderung depresiasi berapa tahun pertamanya lebih tinggi. Mau adil, coba banding ama SUV Toyota atau Honda yang barunya juga 800 juta lebih, dengan catatan di class yang sama, SUV vs SUV.


Mazda 6 FL di banding ama Toyota atau Honda apa ? Mazda 6 juga barunya mahal, hampir 500 juta. Sedan lagi, ya jangan di banding ama SUV, karena sedan depresiasinya lebih tajam, merek apapun. Coba banding ama sedan Toyota atau Honda yang barunya juga hampir 500 juta. Beda ruginya seperti apa ?


Terus jika masih yakin Mazda resale valuenya jelek, coba lihat nilai jual kembali Mazda 2 hatchback bekas, banding ama Yaris dan Jazz yang tipe saat barunya dekat ama Mazda 2. Silahkan cek sendiri betapa rendah, atau tingginya nilai pasar Mazda 2 hatchback.


Yang penting, jangan banding SUV 800 juta lebih barunya ama SUV merek lain yang barunya cuman 400 juta, ya jauh lah. Atau banding sedan mahal ama SUV lebih murah juga. Ngak valid.


Dan jika yakin asal beli Toyota atau Honda apa aja pasti akan menikmati resale value sangat kuat, silahkan cek nilai bekas Fortuner 2.7 bensin yang usianya baru 2 tahun aja. Ruginya berapa. Juga Camry sedan usia 2 tahun rugi berapa. Atau CRV 2.4 usia baru 2 tahun rugi berapa.


Nanti kapan saya coba cari SUV Toyota dan Honda yang harga barunya seperti CX-9 udah 800 juta lebih, lihat apakah mereka 2 tahun pertama mampu cuman turun 50 juta doang misalnya.


AD74YA wrote:Ini apa to kok bahas resale doang ribet..
Dibanding Toyota Honda, resale Mazda lebih jelek.. 2008 CX-9, jual di 2009 untuk ganti yang facelift turun 100 juta..

Mazda6 FL tahun 1 turun 70 juta.. Tahun kedua 40 juta.

Tapi intinya nggak mungkin 5 tahun jadi 50 juta.. Mazda6 2008 mentok di 250 juta harganya paling rendah meskipun Km tinggi.

Kalau mobil cuman jadi alat transport.. Nganter dari titik A ke titik B, jangan pernah beli merk selain Toyota Honda, apalagi eropa.

Kalau mau mobil lebih dari alat atau tool, ya beda cerita..

Gitu aja kok repot.
leybizva
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Tue May 25, 2010 12:42

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by leybizva »

Gatel pengen komen. Gwa cerita kisah nyata aja yah. Bokap mertua gwa punya Xenia 2004 dan C180 1994 yang dia beli dari baru.

Suatu hari, mertua gwa pergi nganter anaknya via jalan tol Bandung. Somehow dia memutuskan pakai C180 karena yg terparkir diluar.

Dalam kecepatan 60 km/jam tiba-tiba mobil paling depan rem mendadak & tabrakan beruntun tak terhindarkan. Depan C180 mertua adalah full size bus. Bus tersebut menabrak Avanza depannya dan pengemudinya meninggal seketika.

Mertua gwa karena pakai C180 berhasil mengerem dengan sempurna & tak menabrak belakang bus sama sekali. Namun, sebuah truk Fuso dibelakangnya tak mampu mengerem. C180 hancur depan dan belakang. Amazingly, kabin tetap utuh. Mertua & adik ipar gak terluka sedikit pun. Kita semua sujud syukur. Meskipun C180 hancur berantakan & cuma laku 30 juta rupiah.

Semenjak itu, kriteria gwa untuk cari mobil yg utama adalah AMAN! Karena menurut gwa mobil bukan investasi, tapi adalah tool untuk mencari investasi.

Pakai CX-5 itu bunuh satu problem dalam hidup gwa, yaitu saat bete karena macet. Sekarang, gwa selalu happy klo nyetir. Mungkin gwa gak akan terlalu happy saat kelak gwa jual mobil ini. Tapi at least gwa gak pernah mengeluh & selalu merasa aman saat gwa mengendarainya.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by AD74YA »

Resale Value wrote:CX-9 itu barunya berapa ? Setau saya cukup mahal, 800 juta lebih. Ngak fair jika di banding ama SUV Toyota atau Honda yang barunya cuman 400 juta lebih. Tentu saja yang barunya udah sangat tinggi lebih cenderung depresiasi berapa tahun pertamanya lebih tinggi. Mau adil, coba banding ama SUV Toyota atau Honda yang barunya juga 800 juta lebih, dengan catatan di class yang sama, SUV vs SUV.


Mazda 6 FL di banding ama Toyota atau Honda apa ? Mazda 6 juga barunya mahal, hampir 500 juta. Sedan lagi, ya jangan di banding ama SUV, karena sedan depresiasinya lebih tajam, merek apapun. Coba banding ama sedan Toyota atau Honda yang barunya juga hampir 500 juta. Beda ruginya seperti apa ?


Terus jika masih yakin Mazda resale valuenya jelek, coba lihat nilai jual kembali Mazda 2 hatchback bekas, banding ama Yaris dan Jazz yang tipe saat barunya dekat ama Mazda 2. Silahkan cek sendiri betapa rendah, atau tingginya nilai pasar Mazda 2 hatchback.


Yang penting, jangan banding SUV 800 juta lebih barunya ama SUV merek lain yang barunya cuman 400 juta, ya jauh lah. Atau banding sedan mahal ama SUV lebih murah juga. Ngak valid.


Dan jika yakin asal beli Toyota atau Honda apa aja pasti akan menikmati resale value sangat kuat, silahkan cek nilai bekas Fortuner 2.7 bensin yang usianya baru 2 tahun aja. Ruginya berapa. Juga Camry sedan usia 2 tahun rugi berapa. Atau CRV 2.4 usia baru 2 tahun rugi berapa.


Nanti kapan saya coba cari SUV Toyota dan Honda yang harga barunya seperti CX-9 udah 800 juta lebih, lihat apakah mereka 2 tahun pertama mampu cuman turun 50 juta doang misalnya.

Lah saya bahas mengenai resale value Mazda secara keseluruhan.. Bukan itu maksud pertanyaan anda? Pengen tau resale value Mazda kan?

Mazda6 FL sekelas Accord dan Camry.. Masa nggak tau sih? Harganya sama kok.. 500 juta... Dan harga pasaran tahun 2008 sama-sama Mazda6 ternyata.. Mentok paling rendah di 250 juta...

CX-9 780 juta waktu itu barunya... Sekelasnya sama Harrier.. Dihitung2 tahun pertama kedua sama-sama aja sih depresiasinya..

Kalau lihat Mazda2 tahun 2010 di web jual mobil harganya nggak terpaut jauh kok dengan pasaran Yaris.. Coba cekidot ya ane bener gak.. Cuman liat sekilas pakai mobile:

Yaris:
http://mobil.tokobagus.com/toyota/?asf= ... 6wodwU0Asw

Mazda2:
http://mobil.tokobagus.com/mazda/?asf=m ... 6wodwU0Asw

Di model yang selevel berbeda 5-10 juta mediannya.

Nah jadi pertanyaan Anda sebenernya mengarah kemana ya? CX-5 saja kah? Atau Mazda secara keseluruhan, atau gimana?

*edited = mazda2 vs yaris 2010
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
kwal
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Feb 05, 2013 3:42

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by kwal »

Wah jadinya ngebahas resale value ya.. -__-
kalo saya sih resale value ga jadi pertimbangan beli mobil, yang jadi pertimbangan utama ya apakah mobil tersebut layak dibeli seharga pricetagnya.. toh kita beli mobil buat dinikmati selama dimiliki, kalo baru mau beli aja udah mikirin mau jual lagi mobilnya menurut saya sih ga akan menikmati.. hehehe..
dan balik lagi, menurut saya CX-5 paling value for money untuk dimiliki (di kelas SUV high-light), kalau udah ada Tiguan mungkin saya akan milih Tiguan asalkan fitur yang ditawarkan sebanding dengan uang yang dikeluarkan..

Thanks,
leybizva
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Tue May 25, 2010 12:42

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by leybizva »

kwal wrote:Wah jadinya ngebahas resale value ya.. -__-
kalo saya sih resale value ga jadi pertimbangan beli mobil, yang jadi pertimbangan utama ya apakah mobil tersebut layak dibeli seharga pricetagnya.. toh kita beli mobil buat dinikmati selama dimiliki, kalo baru mau beli aja udah mikirin mau jual lagi mobilnya menurut saya sih ga akan menikmati.. hehehe..
dan balik lagi, menurut saya CX-5 paling value for money untuk dimiliki (di kelas SUV high-light), kalau udah ada Tiguan mungkin saya akan milih Tiguan asalkan fitur yang ditawarkan sebanding dengan uang yang dikeluarkan..

Thanks,
Klo gwa berharap mesin TSi + transmisi DSG tiguan dengan body + fitur CX-5 :mky_08:
Resale Value

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by Resale Value »

Saya sekarang bahas resale value Mazda secara keseluruhan, karena belum bisa bicara khusus nilai jual kembali CX-5, karena cari info bekasnya susah banget (ini adalah indikator bagus bahwa mobilnya bagus, penyakit parahnya sedikit atau tidak ada, karena mau cari bekasnya aja susah sekali) Jika banyak penyakit pasti banyak pemiliknya yang panic selling.


Cuman untuk prediksi resale value CX-5 saat ini, ya mau ngak mau saya lihat resale valuenya saudaranya seperti CX-9, CX-7, Mazda 2 dll. Jika saudaranya toh resale valuenya mirip ama merek Jepang lain, ya secara logika udah pasti resale value CX-5 bisa jadi sama bagusnya, atau bisa jadi lebih kuat lagi, karena fakta adalah saat ini penjualan CX-5 sangat bagus, bahkan lebih kuat banding CX-7 dan CX-9 (tentu saja, harganya juga lebih bersahabat).


Coba mari kita lihat resale value Mazda 6, yang ada iklannya, nih ketemu satu tahun 2011, di jual 345 jt. Barunya kan hampir 500 juta. Kelihatannya memang ruginya lumayan.


http://mobil.tokobagus.com/mazda/mazda- ... 94595.html


Namun nasip saingannya gimana ? Honda Accord yang harganya paling dekat ama Mazda 6 kan Accord 2.4 VTi-L. Juga hampir 500 juta. Yang bekas 2011 berapa ? Coba kita simak :


Di jual 350 juta juga. Beda tipis ama Mazda 6.

http://mobil.tokobagus.com/honda/honda- ... 39415.html


Yang ini di jual 355 juta, ngak beda jauh juga

http://mobil.tokobagus.com/honda/honda- ... 58856.html


Terus katanya Mazda 6 tahun 2008 cuman sisa sekitar 250 juta. Coba kita lihat Camry 2.4 tahun 2008 sisa berapa :


Yang ini di jual 235 juta

http://mobil.tokobagus.com/toyota/toyot ... 21473.html


Yang ini di lepas 220 juta

http://mobil.tokobagus.com/toyota/toyot ... 86300.html


Sama aja kan hancurnya mau Toyota atau Honda atau Mazda ? Asal sedan mahal kejam depresiasinya. Yang suka silahkan menikmati, tapi lebih baik tau dulu depresiasinya seperti apa, dari pada kaget di kemudian hari. Dan jangan jangan assumsi bahwa asal Toyota dan Honda pasti aman. silahkan simak data yang di bahas sebelumnya.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by AD74YA »

Itu Camry G oom resale... Yang setara dengan Mazda6 ya Camry V. Tapi tetep kalau di kurang2 dari harga baru pada tahun yang sama dan dijual sekarang, tetep lebih untung Mazda6 nya jatuhnya.. Harga barunya lebih murah 20 juta dibanding Camry V kalau tidak salah.

Ya syukurlah kalau sudah ada yang memperhatikan rata2 harga jual baliknya ini... Yang ternyata termasuk sangat kuat. Tapi saya rasa biar valid harus bicara per lini dulu sih.. CX-5 nggak bisa di derivatif dari sodara2 nya begitu saja.. Dan saya rasa butuh minimal 4-5 tahun untuk CX-5 biar ketauan jual baliknya.. Karena kalau jual di tahun pertama atau kedua, pasti rugi besar karena depresiasi tahun pertama kedua sangat besar
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by lava85 »

Om stig, saya sebelum SPK sempet ketemu CX-5 dijual 2nd jatonya 390jtan... Pas awal2 juga om hobo ada ketemu kan dijual di kisaran segitu? Kalo taon pertama seh resale value cx-5 ini kuat bgt euy :e-think: Lakunya cepet pulak ga ada seminggu udah ilang barangnya :e-clap:

Moga2 ga ada insiden aneh2 deh yak ke depannya. Amin :frm_tumbleft:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by andy1800 »

wkwkwk....jd geli sndiri jg nih

RV :off_good_job:
go mazda go !!
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by Hansen »

:mky_07:
Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by AD74YA »

Tapi saya rasa nggak akan seperti itu sih oom.. Karena saat itu kan pasaran belum kebentuk jadi belum ada harga pasar, penjual bebas nentuin harga seenaknya..

Tapi mudah2an juga memang bagus yah...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Resale Value

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by Resale Value »

Setuju dengan catatan, semua mobil, semua merek, jika barunya udah main di angka 400 juta atau lebih, udah pasti depresiasi tahun pertama sampai tahun ke 3 lumayan kejam. Jadi pakailah minimal 5 tahun atau lebih, supaya rata rata depresiasi per tahunnya makin menurun. Karena semua mobil, saat usianya makin bertambah, depresiasi berikutnya akan makin pelan.


Juga depresiasi tergantung juga ama demand vs supply, jika ternyata nanti stok CX-5 bekasnya sangat dikit, malah bisa jadi resale valuenya CX-5 ini bisa bikin pemiliknya, yang awalnya pada siap mental untuk di kecewakan karena isu resale value Mazda jeblok entah kenapa masih terdengar, malah bisa kaget senyum nanti, asal jangan jual terlalu dini. Pakailah 5 tahun atau lebih, saat di jual nanti, percayalah, depresiasi rata rata per tahunnya masih manusiawi kok, setidaknya mirip ama saingannya.


Berikutnya akan saya bahas resale value Mazda CX-7, yang harga barunya lebih dekat ke Mazda CX-5 banding CX-9, sama sama bensin, sama sama 5 seater. Jika CX-7 pun udah lumayan bagus resale valuenya, saya sih lumayan yakin, resale value CX-5 mau bagus, udah pasti goal, pasti lebih kuat lagi, karena advantage harga barunya aja lebih murah, dan terbukti lebih popular banding CX-7.


AD74YA wrote:Itu Camry G oom resale... Yang setara dengan Mazda6 ya Camry V. Tapi tetep kalau di kurang2 dari harga baru pada tahun yang sama dan dijual sekarang, tetep lebih untung Mazda6 nya jatuhnya.. Harga barunya lebih murah 20 juta dibanding Camry V kalau tidak salah.

Ya syukurlah kalau sudah ada yang memperhatikan rata2 harga jual baliknya ini... Yang ternyata termasuk sangat kuat. Tapi saya rasa biar valid harus bicara per lini dulu sih.. CX-5 nggak bisa di derivatif dari sodara2 nya begitu saja.. Dan saya rasa butuh minimal 4-5 tahun untuk CX-5 biar ketauan jual baliknya.. Karena kalau jual di tahun pertama atau kedua, pasti rugi besar karena depresiasi tahun pertama kedua sangat besar
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by lava85 »

AD74YA wrote:Tapi saya rasa nggak akan seperti itu sih oom.. Karena saat itu kan pasaran belum kebentuk jadi belum ada harga pasar, penjual bebas nentuin harga seenaknya..

Tapi mudah2an juga memang bagus yah...
Hooh ngerti om masih belum terbentuk harga pasarnya :frm_salut: Saat itu memang masih indent panjang yang bikin sebel... Kalo sekarang udah pada bisa nikmatin diskon gede seh gw yakin dah ga mgkn bisa jual harga segitu :upss:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by AD74YA »

Yang penting berdoa saja Mazda nggak kolaps saat lagi naik daun gini...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by Hansen »

supaya nggak kolaps berbondong-bondonglah beli mazda...
Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by AD74YA »

Ya gapapa...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Resale Value

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by Resale Value »

Tuh kan ? Udah saya bilang dari dulu, mobil jika bagus, cakep, irit, enak, nyaman, dan pabriknya bukan baru lahir kemarin, dan asal ada berapa stasiun after salesnya, meskipun ngak sebanyak Daihatsu atau Toyota misalnya (ngapain Mazda harus bangun bengkel sebanyak Toyodai ? Kan penjualan dan populasi Mazda jauh di bawah Toyodai), ngak mungkin jeblok bekasnya.


Pula saya malah duga, karena populasi Mazda masih di bawah Toyodai, bisa jadi waktu servis di beres Mazda lebih cepat banding di bengkel Toyodai yang karena di bebani populasi mobilnya yang amat banyak, lebih sering terjadi antrian yang cukup lama di beres Toyodai, meskipun jaringan beres mereka lebih banyak.


Dan jika tahun pertama aja udah bagus CX-5, ya sudah benar benar goal deh, karena tau sendiri, semua mobil, semua merek, tahun pertama paling rugi, tahun ke dua mendingan dikit, tahun ke 3 better, dan berikutnya depresiasinya transisi dari tahun ke tahun makin kecil. Ngak ada mobil yang tahun ke 4 misalnya rugi 20 juta, terus tahun ke 5 nambah rugi 40 juta.


Dan kenapa cepat laku, ya lihat sendiri, mau cari iklan Mazda CX-5 aja susahnya setengah mati. Ya hukum ekonomi, demand bagus, supply sangat terbatas, akibatnya udah pasti selain nilainya lebih terjaga, malah kecepatan transaksi jadi sangat singkat, karena calon pembeli bekasnya tau langka, mana berani dia santai santai nawar galak dan masih mau buang banyak waktu banding / cari unit bekas di tempat lain ?


Begitu ada unit bekasnya muncul, jadi rebutan, siapa cepat, siapa dapat.


Dan saya yakin mutu Mazda OK kok, coba, mana ada berita Mazda di negeri manapun yang banyak kasus ? Cuman karena line-up mereka lebih dikit banding merek lain, otomatis penjualannya lebih kecil, tapi penjualan lebih kecil kan ngak otomatis artinya masalah lebih banyak.


Itulah situasi nilai jual kembali Mazda CX-5 saat ini.


lava85 wrote:Om stig, saya sebelum SPK sempet ketemu CX-5 dijual 2nd jatonya 390jtan... Pas awal2 juga om hobo ada ketemu kan dijual di kisaran segitu? Kalo taon pertama seh resale value cx-5 ini kuat bgt euy :e-think: Lakunya cepet pulak ga ada seminggu udah ilang barangnya :e-clap:

Moga2 ga ada insiden aneh2 deh yak ke depannya. Amin :frm_tumbleft:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 754
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by Asfur »

Nubie ikutan sedikit sharing perihal mobkas ini scr temen ane pedagang mobkas jadi ane dpt2 info dikit lah dr dia. Brand tetep lbh kuat T dan H lah tentunya ketimbang M. Ambil contoh plg mudah yah spt contoh di atas, misal sama2 kelas sedan midsize di thn yg sama dgn kondisi sama2 super spt M6, Camry dan Accord. Sdh pasti jika kita jualnya ke PEDAGANG loh yah, yg pdg lbh naksir yg camry dan accord dgn posisi tawar yg lbh bagus drpd M6. Tambahin lagi misalnya ada yg nawarin Audi thn dan kondisi sama2 super, pasti ditawar lbh rendah drpd Camry dan Accord. TAPI, nanti rujukan nilai jualnya kembali kemarket leadernya, dlm hal ini misalnya Camry/Accord, jadi misalnya Camry/Accord nya laku 280 juta di pdg, dan andai angka logis dipasaran scr umum adalah 300 juta. Maka pada M6 nya mgkn hanya laku entah lah 250-260 brgkl, dan audinya mgkn kisaran segini juga (sori yah kalo salah). Tapi nanti pas posisi jual, M6 ini akan dipasang spt pada saat mobil ini berharga barunya, jika barunya sama yah anggap akan sama bukaan harganya, dan utk yg audi yah pasarannya lbh tinggi mgkn 300 sekian.
Kenapa ....... krn simple market spt itu dan jwb an umum adalah pegang T dan H tetep lbh cepet laku drpd merk lain.
Plg gampang dgn contoh warna mobil, pada saat kita beli baru semua warna berlaku sama harganya, alias ngk ada pembedaan, pada saat jual tentunya ada warna2 fave, spt saat ini adalah putih dan mgkn hitam. Nah warna2 lain pada saat jual seken nanti posisi tawarnya scr umum lbh murah drpd warna fave tadi, tapi nanti di showroom harga kembali normal alias bukaan harga adalah sama. Demikian kira2 secuil info yg ane tau perihal dunia dagang mobkas.
CMIIW.
thomas256
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Nov 15, 2012 13:13

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by thomas256 »

Wahhh asik nih, jadi seru SM....bahas dengan kepala dingin kayak gini, paling oke... :off_good_job:

Bro Resale Value...,salut dengan anda saya yang berani kemukakan pendapatnya :off_good_job:

Sudah lama debat di SM tidak disertai dengan data2 atau argumen yang kuat, yang ada hanya saling maki2 dan ngomel... :off_no:

Yuk kita perdalam lagi soal "jual kembali" :big_smoking:
Resale Value

Re: Review Mazda CX-5 Touring 2013

Post by Resale Value »

Masa lalu dan masa depan bisa berubah. Apa yang dulu terjadi, belum tentu terjadi ulang sekarang, atau di masa depan.


Dulu sangat mungkin benar, karena memang Toyota dan Honda adalah merek tua di Indonesia. Sudah puluhan tahun berjaya di sini, pedagang tua apalagi, pasti taunya cuman 2 merek ini kali.


Tapi sekarang, apalagi dimasa depan, belum tentu. Lihat penjualan Mazda begitu cepat naik belakangan di Indonesia, Lihat saja Mazda CX-5 baru lahir, tapi di jalanan udah sering lihat. Mazda Biante juga ngak murah, tapi mulai sering ketemu. CX-7 dan CX-9 apalagi, mahal gitu, kok lumayan banyak yang beli ?


Buktinya tadi ada member SM yang cerita, CX-5 bekas begitu cepat di sabet. Dan kadang pedagang pun perlu waktu untuk mulai " ngeh " bahwa situasi sudah mulai berubah. Tentu saja pedagang yang dulu sering pegang Toyota dan Honda bekas di jaman saingannya masih pada loyo, belum tentu mereka cepat atau langsung " sadar " bahwa situasi pasar bisa, dan sudah mulai berubah !


Jadi yea, tanya pedagang, memang bisa jadi mereka masih bilangnya Toyota dan Honda yang lebih ini, itu, tapi kan Mazda juga belum lama baru mulai unjuk gigi, yang penting indikator awalnya sudah bagus, nilai jual kembalinya sudah mulai kelihatannya bagus, dan buktinya CX-5 bekas cepat terjual di harga yang sangat tinggi !


Dan karena stok bekasnya CX-5 sangat dikit, berapa pedagang yang pernah stok CX-5, dan mengalami sendiri fenomena CX-5 bekas seperti ini ? Dan mulai sadar " Mazda bekas sudah beda sekarang ! "


Nanti, berapa tahun lagi, coba tanya pedagang yang sama, apakah Mazda masih kalah ama Toyota dan Honda ? Jawabannya sangat mungkin lain lagi.


Dunia bisnis memang sering berubah. Berapa tahun lalu, bicara urusan elektronik, TV gituan, orang pasti bilangnya Sony dan Sharp yang the best, ngak ada lawannya. Hari ini, lihat aja, kinerja mereka seperti apa, dan saingan barunya seperti Samsung dan LG gimana ? Masih di hanggap sebelah mata kah ?


Asfur wrote:Nubie ikutan sedikit sharing perihal mobkas ini scr temen ane pedagang mobkas jadi ane dpt2 info dikit lah dr dia. Brand tetep lbh kuat T dan H lah tentunya ketimbang M. Ambil contoh plg mudah yah spt contoh di atas, misal sama2 kelas sedan midsize di thn yg sama dgn kondisi sama2 super spt M6, Camry dan Accord. Sdh pasti jika kita jualnya ke PEDAGANG loh yah, yg pdg lbh naksir yg camry dan accord dgn posisi tawar yg lbh bagus drpd M6. Tambahin lagi misalnya ada yg nawarin Audi thn dan kondisi sama2 super, pasti ditawar lbh rendah drpd Camry dan Accord. TAPI, nanti rujukan nilai jualnya kembali kemarket leadernya, dlm hal ini misalnya Camry/Accord, jadi misalnya Camry/Accord nya laku 280 juta di pdg, dan andai angka logis dipasaran scr umum adalah 300 juta. Maka pada M6 nya mgkn hanya laku entah lah 250-260 brgkl, dan audinya mgkn kisaran segini juga (sori yah kalo salah). Tapi nanti pas posisi jual, M6 ini akan dipasang spt pada saat mobil ini berharga barunya, jika barunya sama yah anggap akan sama bukaan harganya, dan utk yg audi yah pasarannya lbh tinggi mgkn 300 sekian.
Kenapa ....... krn simple market spt itu dan jwb an umum adalah pegang T dan H tetep lbh cepet laku drpd merk lain.
Plg gampang dgn contoh warna mobil, pada saat kita beli baru semua warna berlaku sama harganya, alias ngk ada pembedaan, pada saat jual tentunya ada warna2 fave, spt saat ini adalah putih dan mgkn hitam. Nah warna2 lain pada saat jual seken nanti posisi tawarnya scr umum lbh murah drpd warna fave tadi, tapi nanti di showroom harga kembali normal alias bukaan harga adalah sama. Demikian kira2 secuil info yg ane tau perihal dunia dagang mobkas.
CMIIW.