Oli untuk kompresor udara direct driven

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1277
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Oli untuk kompresor udara direct driven

Post by singachu »

Kebetulan dah setaun-an punya kompresor udara merk multipro, pake listrik 0.75HP direct driven (ga pake belt), nah olinya blom pernah ganti dan pingin ganti olinya.

Ada yang bilang sama kek oli motor 4T 15w-40, tapi baca2 kok sepertinya ada oli2 khusus untuk kompresor udara.

Yang bener yang mana sih ? trus cari oli khusus ini kalo di surabaya kira2 di mana ya?


regards,
singachu
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Oli untuk kompresor udara direct driven

Post by imsus2c »

setau saya (yang mungkin salah...)

kalau kompresornya masih pakai sistem piston, oli-nya sih tidak terlalu pilih-pilih

bisa pakai oli mesin (mobil), atau kalau oli motor, pakai yg tipe 4tak. kekentalannya paling ideal memang 15w40, kecuali kalau masih gress, bisa coba pakai 10w40

memang ada oli khusus untuk kompressor, tapi biasanya dipakai untuk kompressor yg model screw-compressor

screw kompressor ini lazimnya hanya ditemui di sektor industri, harganya mahal (meski untuk level industri), perawatan dan perbaikannya juga mahal, makanya mereka (termasuk kami) nggak berani pakai oli sembarangan, pakainya oli khusus dengan spek untuk screw-compressor

*tolong koreksi kalo ada yg salah
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Oli untuk kompresor udara direct driven

Post by doq »

imsus2c wrote:setau saya (yang mungkin salah...)

kalau kompresornya masih pakai sistem piston, oli-nya sih tidak terlalu pilih-pilih

bisa pakai oli mesin (mobil), atau kalau oli motor, pakai yg tipe 4tak. kekentalannya paling ideal memang 15w40, kecuali kalau masih gress, bisa coba pakai 10w40

memang ada oli khusus untuk kompressor, tapi biasanya dipakai untuk kompressor yg model screw-compressor

screw kompressor ini lazimnya hanya ditemui di sektor industri, harganya mahal (meski untuk level industri), perawatan dan perbaikannya juga mahal, makanya mereka (termasuk kami) nggak berani pakai oli sembarangan, pakainya oli khusus dengan spek untuk screw-compressor

*tolong koreksi kalo ada yg salah
tidak ada yg salah, jd tidak perlu dikoreksi :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Oli untuk kompresor udara direct driven

Post by imsus2c »

doq wrote:
imsus2c wrote:setau saya (yang mungkin salah...)

kalau kompresornya masih pakai sistem piston, oli-nya sih tidak terlalu pilih-pilih

bisa pakai oli mesin (mobil), atau kalau oli motor, pakai yg tipe 4tak. kekentalannya paling ideal memang 15w40, kecuali kalau masih gress, bisa coba pakai 10w40

memang ada oli khusus untuk kompressor, tapi biasanya dipakai untuk kompressor yg model screw-compressor

screw kompressor ini lazimnya hanya ditemui di sektor industri, harganya mahal (meski untuk level industri), perawatan dan perbaikannya juga mahal, makanya mereka (termasuk kami) nggak berani pakai oli sembarangan, pakainya oli khusus dengan spek untuk screw-compressor

*tolong koreksi kalo ada yg salah
tidak ada yg salah, jd tidak perlu dikoreksi :ngacir:
maklum...belajar dari pengalaman ngerawat sullair, atlas copco dan sekarang kaeser :upss:

pernah coba oli fuchs, bp, mobil1, dan esso.... :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1277
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Oli untuk kompresor udara direct driven

Post by singachu »

imsus2c wrote:setau saya (yang mungkin salah...)

kalau kompresornya masih pakai sistem piston, oli-nya sih tidak terlalu pilih-pilih

bisa pakai oli mesin (mobil), atau kalau oli motor, pakai yg tipe 4tak. kekentalannya paling ideal memang 15w40, kecuali kalau masih gress, bisa coba pakai 10w40

memang ada oli khusus untuk kompressor, tapi biasanya dipakai untuk kompressor yg model screw-compressor

screw kompressor ini lazimnya hanya ditemui di sektor industri, harganya mahal (meski untuk level industri), perawatan dan perbaikannya juga mahal, makanya mereka (termasuk kami) nggak berani pakai oli sembarangan, pakainya oli khusus dengan spek untuk screw-compressor

*tolong koreksi kalo ada yg salah
thanks buat pencerahannya.

kalo pake oli mesin diesel seperti pertamina supreme sx 15w-40, ok juga ga ?

regards,
singachu
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Oli untuk kompresor udara direct driven

Post by doq »

imsus2c wrote:
doq wrote:
imsus2c wrote:setau saya (yang mungkin salah...)

kalau kompresornya masih pakai sistem piston, oli-nya sih tidak terlalu pilih-pilih

bisa pakai oli mesin (mobil), atau kalau oli motor, pakai yg tipe 4tak. kekentalannya paling ideal memang 15w40, kecuali kalau masih gress, bisa coba pakai 10w40

memang ada oli khusus untuk kompressor, tapi biasanya dipakai untuk kompressor yg model screw-compressor

screw kompressor ini lazimnya hanya ditemui di sektor industri, harganya mahal (meski untuk level industri), perawatan dan perbaikannya juga mahal, makanya mereka (termasuk kami) nggak berani pakai oli sembarangan, pakainya oli khusus dengan spek untuk screw-compressor

*tolong koreksi kalo ada yg salah
tidak ada yg salah, jd tidak perlu dikoreksi :ngacir:
maklum...belajar dari pengalaman ngerawat sullair, atlas copco dan sekarang kaeser :upss:

pernah coba oli fuchs, bp, mobil1, dan esso.... :ungg:
seinget saya kaesr itu yg sedikit "rewel" masalah oli, rawan penggumpalan pak......
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1277
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Oli untuk kompresor udara direct driven

Post by singachu »

doq wrote:
imsus2c wrote:
maklum...belajar dari pengalaman ngerawat sullair, atlas copco dan sekarang kaeser :upss:

pernah coba oli fuchs, bp, mobil1, dan esso.... :ungg:
seinget saya kaesr itu yg sedikit "rewel" masalah oli, rawan penggumpalan pak......

ruwet juga yah masalah oli buat kompresor udara ini.....
dari baca2 banyak yang menyarankan untuk tidak memakai oli mesin karena mengandung detergent sedangkan air compressor butuh yang non detergent.....cari olinya susah tapi
kemaren buka2 lagi buku manualnya malah ditulis SAE 20w-50 tanpa ditulis oli apa...
liat unitnya dan diagramnya ga ada buat buat drain olinya..... cek2 sepertinya bagian terbawah malah insight glassnya..... masa insight glassnya yang dicopot buat drain :shrug:
liat oli dalemnya insight glass juga hampir full, di manual juga ga ditulis batasnya seberapa, kalo baca di inet malah batasnya separo dari insight glass.... makin bingung :e-think:

Multipro sih bukan merk2 yang mahal cuman tetep aja sayang kalo sampe gara2 salah oli jadi bermasalah.... niatnya biar makin awet malah kebalikannya :off_no:

regards,
singachu
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Oli untuk kompresor udara direct driven

Post by doq »

klo menurut saya sih gpp oom pake oli mesin umum, karena kompressor yg ada khan berkapasitas kecil dan bertipe reciprocating alias piston, jd saya pikir ga ada beda nya dg mesin bakar pada umum nya cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1277
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Oli untuk kompresor udara direct driven

Post by singachu »

doq wrote:klo menurut saya sih gpp oom pake oli mesin umum, karena kompressor yg ada khan berkapasitas kecil dan bertipe reciprocating alias piston, jd saya pikir ga ada beda nya dg mesin bakar pada umum nya cmiiw
ic2....

thanks om imsus dan om doq buat pencerahan2nya :mky_02:

regards,
singachu
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Oli untuk kompresor udara direct driven

Post by imsus2c »

doq wrote:
seinget saya kaesr itu yg sedikit "rewel" masalah oli, rawan penggumpalan pak......
kebetulan yang saya pakai masih sehat...yang penting patuh ganti oli dan filter sesuai permintaanya...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Oli untuk kompresor udara direct driven

Post by imsus2c »

singachu wrote:
doq wrote:klo menurut saya sih gpp oom pake oli mesin umum, karena kompressor yg ada khan berkapasitas kecil dan bertipe reciprocating alias piston, jd saya pikir ga ada beda nya dg mesin bakar pada umum nya cmiiw
ic2....

thanks om imsus dan om doq buat pencerahan2nya :mky_02:

regards,
singachu
siap oom...semoga kompressornya tetap sehat dan optimal :mky_02:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking