Kebetulan dah setaun-an punya kompresor udara merk multipro, pake listrik 0.75HP direct driven (ga pake belt), nah olinya blom pernah ganti dan pingin ganti olinya.
Ada yang bilang sama kek oli motor 4T 15w-40, tapi baca2 kok sepertinya ada oli2 khusus untuk kompresor udara.
Yang bener yang mana sih ? trus cari oli khusus ini kalo di surabaya kira2 di mana ya?
regards,
singachu
Oli untuk kompresor udara direct driven
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1288
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Oli untuk kompresor udara direct driven
setau saya (yang mungkin salah...)
kalau kompresornya masih pakai sistem piston, oli-nya sih tidak terlalu pilih-pilih
bisa pakai oli mesin (mobil), atau kalau oli motor, pakai yg tipe 4tak. kekentalannya paling ideal memang 15w40, kecuali kalau masih gress, bisa coba pakai 10w40
memang ada oli khusus untuk kompressor, tapi biasanya dipakai untuk kompressor yg model screw-compressor
screw kompressor ini lazimnya hanya ditemui di sektor industri, harganya mahal (meski untuk level industri), perawatan dan perbaikannya juga mahal, makanya mereka (termasuk kami) nggak berani pakai oli sembarangan, pakainya oli khusus dengan spek untuk screw-compressor
*tolong koreksi kalo ada yg salah
kalau kompresornya masih pakai sistem piston, oli-nya sih tidak terlalu pilih-pilih
bisa pakai oli mesin (mobil), atau kalau oli motor, pakai yg tipe 4tak. kekentalannya paling ideal memang 15w40, kecuali kalau masih gress, bisa coba pakai 10w40
memang ada oli khusus untuk kompressor, tapi biasanya dipakai untuk kompressor yg model screw-compressor
screw kompressor ini lazimnya hanya ditemui di sektor industri, harganya mahal (meski untuk level industri), perawatan dan perbaikannya juga mahal, makanya mereka (termasuk kami) nggak berani pakai oli sembarangan, pakainya oli khusus dengan spek untuk screw-compressor
*tolong koreksi kalo ada yg salah
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Oli untuk kompresor udara direct driven
tidak ada yg salah, jd tidak perlu dikoreksiimsus2c wrote:setau saya (yang mungkin salah...)
kalau kompresornya masih pakai sistem piston, oli-nya sih tidak terlalu pilih-pilih
bisa pakai oli mesin (mobil), atau kalau oli motor, pakai yg tipe 4tak. kekentalannya paling ideal memang 15w40, kecuali kalau masih gress, bisa coba pakai 10w40
memang ada oli khusus untuk kompressor, tapi biasanya dipakai untuk kompressor yg model screw-compressor
screw kompressor ini lazimnya hanya ditemui di sektor industri, harganya mahal (meski untuk level industri), perawatan dan perbaikannya juga mahal, makanya mereka (termasuk kami) nggak berani pakai oli sembarangan, pakainya oli khusus dengan spek untuk screw-compressor
*tolong koreksi kalo ada yg salah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Oli untuk kompresor udara direct driven
maklum...belajar dari pengalaman ngerawat sullair, atlas copco dan sekarang kaeserdoq wrote:tidak ada yg salah, jd tidak perlu dikoreksiimsus2c wrote:setau saya (yang mungkin salah...)
kalau kompresornya masih pakai sistem piston, oli-nya sih tidak terlalu pilih-pilih
bisa pakai oli mesin (mobil), atau kalau oli motor, pakai yg tipe 4tak. kekentalannya paling ideal memang 15w40, kecuali kalau masih gress, bisa coba pakai 10w40
memang ada oli khusus untuk kompressor, tapi biasanya dipakai untuk kompressor yg model screw-compressor
screw kompressor ini lazimnya hanya ditemui di sektor industri, harganya mahal (meski untuk level industri), perawatan dan perbaikannya juga mahal, makanya mereka (termasuk kami) nggak berani pakai oli sembarangan, pakainya oli khusus dengan spek untuk screw-compressor
*tolong koreksi kalo ada yg salah
pernah coba oli fuchs, bp, mobil1, dan esso....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1288
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Oli untuk kompresor udara direct driven
thanks buat pencerahannya.imsus2c wrote:setau saya (yang mungkin salah...)
kalau kompresornya masih pakai sistem piston, oli-nya sih tidak terlalu pilih-pilih
bisa pakai oli mesin (mobil), atau kalau oli motor, pakai yg tipe 4tak. kekentalannya paling ideal memang 15w40, kecuali kalau masih gress, bisa coba pakai 10w40
memang ada oli khusus untuk kompressor, tapi biasanya dipakai untuk kompressor yg model screw-compressor
screw kompressor ini lazimnya hanya ditemui di sektor industri, harganya mahal (meski untuk level industri), perawatan dan perbaikannya juga mahal, makanya mereka (termasuk kami) nggak berani pakai oli sembarangan, pakainya oli khusus dengan spek untuk screw-compressor
*tolong koreksi kalo ada yg salah
kalo pake oli mesin diesel seperti pertamina supreme sx 15w-40, ok juga ga ?
regards,
singachu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Oli untuk kompresor udara direct driven
seinget saya kaesr itu yg sedikit "rewel" masalah oli, rawan penggumpalan pak......imsus2c wrote:maklum...belajar dari pengalaman ngerawat sullair, atlas copco dan sekarang kaeserdoq wrote:tidak ada yg salah, jd tidak perlu dikoreksiimsus2c wrote:setau saya (yang mungkin salah...)
kalau kompresornya masih pakai sistem piston, oli-nya sih tidak terlalu pilih-pilih
bisa pakai oli mesin (mobil), atau kalau oli motor, pakai yg tipe 4tak. kekentalannya paling ideal memang 15w40, kecuali kalau masih gress, bisa coba pakai 10w40
memang ada oli khusus untuk kompressor, tapi biasanya dipakai untuk kompressor yg model screw-compressor
screw kompressor ini lazimnya hanya ditemui di sektor industri, harganya mahal (meski untuk level industri), perawatan dan perbaikannya juga mahal, makanya mereka (termasuk kami) nggak berani pakai oli sembarangan, pakainya oli khusus dengan spek untuk screw-compressor
*tolong koreksi kalo ada yg salah
pernah coba oli fuchs, bp, mobil1, dan esso....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1288
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Oli untuk kompresor udara direct driven
doq wrote:seinget saya kaesr itu yg sedikit "rewel" masalah oli, rawan penggumpalan pak......imsus2c wrote:
maklum...belajar dari pengalaman ngerawat sullair, atlas copco dan sekarang kaeser
pernah coba oli fuchs, bp, mobil1, dan esso....
ruwet juga yah masalah oli buat kompresor udara ini.....
dari baca2 banyak yang menyarankan untuk tidak memakai oli mesin karena mengandung detergent sedangkan air compressor butuh yang non detergent.....cari olinya susah tapi
kemaren buka2 lagi buku manualnya malah ditulis SAE 20w-50 tanpa ditulis oli apa...
liat unitnya dan diagramnya ga ada buat buat drain olinya..... cek2 sepertinya bagian terbawah malah insight glassnya..... masa insight glassnya yang dicopot buat drain
liat oli dalemnya insight glass juga hampir full, di manual juga ga ditulis batasnya seberapa, kalo baca di inet malah batasnya separo dari insight glass.... makin bingung
Multipro sih bukan merk2 yang mahal cuman tetep aja sayang kalo sampe gara2 salah oli jadi bermasalah.... niatnya biar makin awet malah kebalikannya
regards,
singachu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Oli untuk kompresor udara direct driven
klo menurut saya sih gpp oom pake oli mesin umum, karena kompressor yg ada khan berkapasitas kecil dan bertipe reciprocating alias piston, jd saya pikir ga ada beda nya dg mesin bakar pada umum nya cmiiw
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1288
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Oli untuk kompresor udara direct driven
ic2....doq wrote:klo menurut saya sih gpp oom pake oli mesin umum, karena kompressor yg ada khan berkapasitas kecil dan bertipe reciprocating alias piston, jd saya pikir ga ada beda nya dg mesin bakar pada umum nya cmiiw
thanks om imsus dan om doq buat pencerahan2nya
regards,
singachu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Oli untuk kompresor udara direct driven
kebetulan yang saya pakai masih sehat...yang penting patuh ganti oli dan filter sesuai permintaanya...doq wrote:
seinget saya kaesr itu yg sedikit "rewel" masalah oli, rawan penggumpalan pak......
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Oli untuk kompresor udara direct driven
siap oom...semoga kompressornya tetap sehat dan optimalsingachu wrote:ic2....doq wrote:klo menurut saya sih gpp oom pake oli mesin umum, karena kompressor yg ada khan berkapasitas kecil dan bertipe reciprocating alias piston, jd saya pikir ga ada beda nya dg mesin bakar pada umum nya cmiiw
thanks om imsus dan om doq buat pencerahan2nya
regards,
singachu
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking