mobil nyendal waktu rpm tinggi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
mobil nyendal waktu rpm tinggi
salam
mobil saya suzuki carry 1000 cc
sistem karburator dan platina
beberapa waktu lalu di tune up dan ganti platina, busi tidak diganti , dibersihkan saja
setelah setel timing dan karbu dicopot kemudian di bersihkan.
di bawa jalan , lari dengan rpm tinggi misal pada saat tanjakan atau di tol , mesin terasa nyentak-nyentak dikit , seperti batuk 1-2 x. hanya terjadi jika rpm sudah tinggi dan gas di tekan agak dalam.
mohon advice biasanya terjadi masalah dimana ?
salam dan terima kasih
mobil saya suzuki carry 1000 cc
sistem karburator dan platina
beberapa waktu lalu di tune up dan ganti platina, busi tidak diganti , dibersihkan saja
setelah setel timing dan karbu dicopot kemudian di bersihkan.
di bawa jalan , lari dengan rpm tinggi misal pada saat tanjakan atau di tol , mesin terasa nyentak-nyentak dikit , seperti batuk 1-2 x. hanya terjadi jika rpm sudah tinggi dan gas di tekan agak dalam.
mohon advice biasanya terjadi masalah dimana ?
salam dan terima kasih
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
kayaknya lbh ke urusan pengapian ini
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
bukan nya setelan2 spuyer dalam karbu ?andy1800 wrote:kayaknya lbh ke urusan pengapian ini
atau busi dan platina yang ga pas ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
semua kemungkinan tetep ada
cm melihat kejadiannya feeling ane itu kejadian spt misfire
bisa saja cuma maslah busi yg udah tua.
bisa juga kebocoran kabel busi.
bisa juga yg agak berat: mekanisme dlm distributor, dudukan agak oblak, bandul yg gak lancar, kepala rotor aus, bisa juga kepala distributor yg aus.
sblm ditune up ada masalah itu gak?
sperti biasa, sambil kita tggu kepala mekanik disini: si juragan tunas kelapa tepuk pramuka.
cm melihat kejadiannya feeling ane itu kejadian spt misfire
bisa saja cuma maslah busi yg udah tua.
bisa juga kebocoran kabel busi.
bisa juga yg agak berat: mekanisme dlm distributor, dudukan agak oblak, bandul yg gak lancar, kepala rotor aus, bisa juga kepala distributor yg aus.
sblm ditune up ada masalah itu gak?
sperti biasa, sambil kita tggu kepala mekanik disini: si juragan tunas kelapa tepuk pramuka.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
sebelum di tune up , ngga nyentak dan ngga nahan gas nyaandy1800 wrote:semua kemungkinan tetep ada
cm melihat kejadiannya feeling ane itu kejadian spt misfire
bisa saja cuma maslah busi yg udah tua.
bisa juga kebocoran kabel busi.
bisa juga yg agak berat: mekanisme dlm distributor, dudukan agak oblak, bandul yg gak lancar, kepala rotor aus, bisa juga kepala distributor yg aus.
sblm ditune up ada masalah itu gak?
sperti biasa, sambil kita tggu kepala mekanik disini: si juragan tunas kelapa tepuk pramuka.
setelah di tune up, mesin tokcer banget , starter lgs idup suara halus , cuma kalau lagi di gas rpm tinggi, seperti tanjakan dan di jalan tol panjang , kadang kadang nyentak walaupun tidak terus2 an nyentak nya tapi mengganggu banget , busi memang tidak diganti cuma dibersihkan, busi pakai splitfire cabang 2 .
mohon advice lanjutan nya , thanks banget bro
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 592
- Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
- Location: Jalan Rusak ? ? ?
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
Tes koilnya... sudah apa belum... mungkin pengapian kurang optimal di rpm tinggi...
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
kalo boleh tau, busi splitfirenya sudah berapa lama umurnya ? sepengalaman saya dng busi ini lifetimenya gak gitu lama (dulu cm 2 thn-an dan mulai deh gejala batuk2 mungkin mirip dng yg anda alami skrg)sealteam88 wrote:sebelum di tune up , ngga nyentak dan ngga nahan gas nyaandy1800 wrote:semua kemungkinan tetep ada
cm melihat kejadiannya feeling ane itu kejadian spt misfire
bisa saja cuma maslah busi yg udah tua.
bisa juga kebocoran kabel busi.
bisa juga yg agak berat: mekanisme dlm distributor, dudukan agak oblak, bandul yg gak lancar, kepala rotor aus, bisa juga kepala distributor yg aus.
sblm ditune up ada masalah itu gak?
sperti biasa, sambil kita tggu kepala mekanik disini: si juragan tunas kelapa tepuk pramuka.
setelah di tune up, mesin tokcer banget , starter lgs idup suara halus , cuma kalau lagi di gas rpm tinggi, seperti tanjakan dan di jalan tol panjang , kadang kadang nyentak walaupun tidak terus2 an nyentak nya tapi mengganggu banget , busi memang tidak diganti cuma dibersihkan, busi pakai splitfire cabang 2 .
mohon advice lanjutan nya , thanks banget bro
hasil utak2 atik dulu, dimesin carry busi splitfire dng sistem pengapian msh std itu akan terasa enak dng gap 1 mm, tapi ini berlaku kalo busi tsb masih dalam lifetimenya, saya ada asumsi waktu busi anda dibersihkan sepertinya celahnya semakin renggang, kalo sudah lebh renggang dr 1 mm ini jg bs rawan batuk2, coba dicek lg celah businya
selama sistem pengapian msh std, untuk mesin carry 1.0, sepengalaman saya jajal2 busi itu yg paling enak dng denso W20EXU dng celah 0.8mm (busi stdnya carry itu Denso W16EXU).
kalo bisa platina juga dicek lagi, pastikan kedua bidang kontaknya (contact point) itu saling menyentuh sempurna, banyak saya temukan platina meski baru tapi kedua bidang kontaknya gak menyentuh sempurna (biasanya agak miring). Caranya cukup jepit dengan tang kuat2, dengan sendirinya bidang kontak akan saling menempel sempurna. Kalo bidang kontaknya gak menempel sempurna, ini jg bs menyebabkan percikan api di busi kurang kuat...akibatnya di rpm tinggi jadi mis-fire berakibat batuk2...
semoga membantu dan tidak membingungkan

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
Biasanya emang dari pengapian.
Tapi coba karbu ama intakenya digoyang2. Takut masang kembalinya gak kenceng. Ada angin palsu masuk.
Bisa juga filter bensin kotor.
Tapi coba karbu ama intakenya digoyang2. Takut masang kembalinya gak kenceng. Ada angin palsu masuk.
Bisa juga filter bensin kotor.
Ready to Race
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
jalu wrote:kalo boleh tau, busi splitfirenya sudah berapa lama umurnya ? sepengalaman saya dng busi ini lifetimenya gak gitu lama (dulu cm 2 thn-an dan mulai deh gejala batuk2 mungkin mirip dng yg anda alami skrg)sealteam88 wrote:sebelum di tune up , ngga nyentak dan ngga nahan gas nyaandy1800 wrote:semua kemungkinan tetep ada
cm melihat kejadiannya feeling ane itu kejadian spt misfire
bisa saja cuma maslah busi yg udah tua.
bisa juga kebocoran kabel busi.
bisa juga yg agak berat: mekanisme dlm distributor, dudukan agak oblak, bandul yg gak lancar, kepala rotor aus, bisa juga kepala distributor yg aus.
sblm ditune up ada masalah itu gak?
sperti biasa, sambil kita tggu kepala mekanik disini: si juragan tunas kelapa tepuk pramuka.
setelah di tune up, mesin tokcer banget , starter lgs idup suara halus , cuma kalau lagi di gas rpm tinggi, seperti tanjakan dan di jalan tol panjang , kadang kadang nyentak walaupun tidak terus2 an nyentak nya tapi mengganggu banget , busi memang tidak diganti cuma dibersihkan, busi pakai splitfire cabang 2 .
mohon advice lanjutan nya , thanks banget bro
hasil utak2 atik dulu, dimesin carry busi splitfire dng sistem pengapian msh std itu akan terasa enak dng gap 1 mm, tapi ini berlaku kalo busi tsb masih dalam lifetimenya, saya ada asumsi waktu busi anda dibersihkan sepertinya celahnya semakin renggang, kalo sudah lebh renggang dr 1 mm ini jg bs rawan batuk2, coba dicek lg celah businya
selama sistem pengapian msh std, untuk mesin carry 1.0, sepengalaman saya jajal2 busi itu yg paling enak dng denso W20EXU dng celah 0.8mm (busi stdnya carry itu Denso W16EXU).
kalo bisa platina juga dicek lagi, pastikan kedua bidang kontaknya (contact point) itu saling menyentuh sempurna, banyak saya temukan platina meski baru tapi kedua bidang kontaknya gak menyentuh sempurna (biasanya agak miring). Caranya cukup jepit dengan tang kuat2, dengan sendirinya bidang kontak akan saling menempel sempurna. Kalo bidang kontaknya gak menempel sempurna, ini jg bs menyebabkan percikan api di busi kurang kuat...akibatnya di rpm tinggi jadi mis-fire berakibat batuk2...
semoga membantu dan tidak membingungkan
terima kasih advice nya, sebelum tune up tidak nyentak dan tidak batuk, tapi setelah tune up di bengkel, bukan bengkel resmi, karburator dicopot dan dibersihkan dengan cairan injector cleaner , trus busi dibersihkan , lalu platina diganti baru, kemudian timing dan karbu di setel lagi.
setelah 1-2 hari dipakai, sewaktu melaju kenceng di tol, gas di injak alias di bejek , ada efek seolah tenaga nya ada yang nahan , ngga lepas gitu , sehingga saya curiga jangan jangan bensin yang masuk ke karbu , somehow , ngga lancar gitu .
karena itu muncul gejala nyentak nyentak sedikit tapi dalam kecepatan tinggi di tol sangat mengganggu , sebetulnya bukan batuk dalam arti nembak nembak, lebih ke arah nyentak karena gas nya ke tahan waktu di bejeg

udah di bawa balik dan di setel ulang delco dan karbu bensin dan angin nya, tapi masih belum ada perubahan, kalau di bejeg di rpm tinggi , seolah tenaga nya tertahan gitu.
mohon maaf merepotkan

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
waktu karbu dilepas itu apakah dibongkar isi perutnya untuk dibersihkan atau cuma disemprot2 lubangnya aja pake carb cleaner ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
nah itu saya ngga liat persis brojalu wrote:waktu karbu dilepas itu apakah dibongkar isi perutnya untuk dibersihkan atau cuma disemprot2 lubangnya aja pake carb cleaner ?

numpang nanya kalo spuyer2 pengatur pemasukan dan suply bensin ke karbu dimana yah
kalau busi trouble , apakah gas nahan juga waktu di bejek ? o yah waktu gas nahan begitu di bejek, ada bau bensin sedikit tercium.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
kalo memang karbu di bongkar jeroannya, bisa ada kemungkinan stelan pelampungnya berubah kurang pas/terlalu dicekik sm montirnya...akibatnya sewaktu rpm tinggi persediaan bensin di mangkok karbu kurang mencukupi, jadinya tersendat sendat seperti ndut2an, tapi kalo ini memang efeknya terasa langsung pada waktu selesai keluar dr bengkel, tp meliat gejala di carry anda muncul 1-2 hari setelah di servis bs ada kemungkinan lain yaitu proses pembersihan karbu yg kurang sempurna...dalam kata lain kotoran/kerak sudah terlepas dr dinding saluran2nya tetapi tidak bs keluar dr saluran tsb, akhirnya seperti menghambat aliran.
spuyer di karbu carry ada 2, yg low speed saya lupa ukurannya, yg high speed itu kalo std/ori ukurannya 93, kalo mau cek spuyer mesti buka mangkok karbunya dulu..baru keliatan deh.
saya lbh menyarankan untuk memastikan lagi kondisi karbunya...tp sebelumnya coba iseng2 ganti kondensor yg baru dng yg lama nya...lalu dicoba kira2 ada perbedaan atau nggak...kadang gejala tersendat bs muncul krn kondensor yg melemah,hehehe....
platina & kondensor denso yg dipake carry ini sama persis dng yg dipake kijang, barang laris manis sangat berpeluang muncul imitasinya...dan memang banyak beredar dipasaran kok kondensor imitasi....meski baru tapi kalo palsu ya gak akan awet kinerjanya...
spuyer di karbu carry ada 2, yg low speed saya lupa ukurannya, yg high speed itu kalo std/ori ukurannya 93, kalo mau cek spuyer mesti buka mangkok karbunya dulu..baru keliatan deh.
saya lbh menyarankan untuk memastikan lagi kondisi karbunya...tp sebelumnya coba iseng2 ganti kondensor yg baru dng yg lama nya...lalu dicoba kira2 ada perbedaan atau nggak...kadang gejala tersendat bs muncul krn kondensor yg melemah,hehehe....
platina & kondensor denso yg dipake carry ini sama persis dng yg dipake kijang, barang laris manis sangat berpeluang muncul imitasinya...dan memang banyak beredar dipasaran kok kondensor imitasi....meski baru tapi kalo palsu ya gak akan awet kinerjanya...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
ini persis katana ane dulu.
Cek api ,bensin dan api.
Api:
1.mungkin waktu pengapian terlalu mundur / maju. kalau pengapian terlalu maju biasanya mobil mudah dihidupkan di pagi hari. tapi saat berakselerasi gelitik dan kurang tenaga
2. Advancer pengapiannya sedikit tersendat/ lengket. Ini sering terjadi di katana jadul. bersihkan distributornya.
3. Setel platina dan cek kondensor. Kalau mau lebih oke ganti ama CDI. banyak tuh aftermarketnya.
Pengalaman ane setelah ganti CDI , spuyer bisa diset lebih kecil , dimana saat masih opakai platina udah mulai batuk batuk. Ini pertanda pengapiannya lebih bagus/presisi.
4.cek tahanan kabel busi. saat langsam mungkin tidak terasa. tapi saat rpm tinggi penyaluran listriknya kurang sempurna.
4. cek celah busi.
Bensin:
1. bisa setingan pelampung tidak tepat.
2.Mungkin masih ada kotoran dalam karburator. Coba aja bongkar sendiri dan bersihkan sendiri karburatornya. Mengingat carb carry sangat sederhana dan mudah di bersihkan.
3.cek filter2 bensin. Kali tersumbat / kotor. Ini biasa terjadi pada suzuki dan menyebabkan jendul2.seperti futura dan baleno.
4 Bisa jadi setelan valvenya nggak sesuai. Coba setel clearance valve sesuai standart.Biasanya pebengkel untuk membuat mesin menjadi halus menyetel valve sangat rapat. Tapi efeknya saat rpm tinggi ada sedikit kebocoran di valve( valve floating ) karena pegas kurang mampu menekan valve menutup rapat.
Angin:
1. setelan angin yang terlalu mikin.
2. cek kebocoran2 vakum. Saat rpm tinggi , terlalu banyak angin yang tersedot masuk juga membuat campuran bbm terlalu lean/miskin.
Cek api ,bensin dan api.
Api:
1.mungkin waktu pengapian terlalu mundur / maju. kalau pengapian terlalu maju biasanya mobil mudah dihidupkan di pagi hari. tapi saat berakselerasi gelitik dan kurang tenaga
2. Advancer pengapiannya sedikit tersendat/ lengket. Ini sering terjadi di katana jadul. bersihkan distributornya.
3. Setel platina dan cek kondensor. Kalau mau lebih oke ganti ama CDI. banyak tuh aftermarketnya.
Pengalaman ane setelah ganti CDI , spuyer bisa diset lebih kecil , dimana saat masih opakai platina udah mulai batuk batuk. Ini pertanda pengapiannya lebih bagus/presisi.
4.cek tahanan kabel busi. saat langsam mungkin tidak terasa. tapi saat rpm tinggi penyaluran listriknya kurang sempurna.
4. cek celah busi.
Bensin:
1. bisa setingan pelampung tidak tepat.
2.Mungkin masih ada kotoran dalam karburator. Coba aja bongkar sendiri dan bersihkan sendiri karburatornya. Mengingat carb carry sangat sederhana dan mudah di bersihkan.
3.cek filter2 bensin. Kali tersumbat / kotor. Ini biasa terjadi pada suzuki dan menyebabkan jendul2.seperti futura dan baleno.
4 Bisa jadi setelan valvenya nggak sesuai. Coba setel clearance valve sesuai standart.Biasanya pebengkel untuk membuat mesin menjadi halus menyetel valve sangat rapat. Tapi efeknya saat rpm tinggi ada sedikit kebocoran di valve( valve floating ) karena pegas kurang mampu menekan valve menutup rapat.
Angin:
1. setelan angin yang terlalu mikin.
2. cek kebocoran2 vakum. Saat rpm tinggi , terlalu banyak angin yang tersedot masuk juga membuat campuran bbm terlalu lean/miskin.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
thanks advice nya , hari ini saya balikin lagi ke bengkel nya , di daerah otista , untun di bongkar lagi karbu nya dan cek busi dan platina nya lagi.
semoga lancar

semoga lancar

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
yang low 80, high 93 atau 98. enaknya dikasih high 110.jalu wrote:kalo memang karbu di bongkar jeroannya, bisa ada kemungkinan stelan pelampungnya berubah kurang pas/terlalu dicekik sm montirnya...akibatnya sewaktu rpm tinggi persediaan bensin di mangkok karbu kurang mencukupi, jadinya tersendat sendat seperti ndut2an, tapi kalo ini memang efeknya terasa langsung pada waktu selesai keluar dr bengkel, tp meliat gejala di carry anda muncul 1-2 hari setelah di servis bs ada kemungkinan lain yaitu proses pembersihan karbu yg kurang sempurna...dalam kata lain kotoran/kerak sudah terlepas dr dinding saluran2nya tetapi tidak bs keluar dr saluran tsb, akhirnya seperti menghambat aliran.
spuyer di karbu carry ada 2, yg low speed saya lupa ukurannya, yg high speed itu kalo std/ori ukurannya 93, kalo mau cek spuyer mesti buka mangkok karbunya dulu..baru keliatan deh.
...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
Bongkar karbu di mana tuh, di otista?
Sekalian dilihat membran2nya, bos. Takutnya membran vakum akselerasi bocor.
Problem ini gak sulit, bos. Semoga berhasil.
Sekalian dilihat membran2nya, bos. Takutnya membran vakum akselerasi bocor.
Problem ini gak sulit, bos. Semoga berhasil.
Ready to Race
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
Yup bener. membran akselerasi. Kalau di honda megapro namanya TPFC. itu yang ngecrut
saat awal di tekan...
Bisa disetting juga.
Berguna saat mobil diakselerasi mendadak....

Bisa disetting juga.
Berguna saat mobil diakselerasi mendadak....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
Kalo bro ada rekomendasi bengkel khusus suzuki carry mohon berbagi dengan saya.
Thanks
Thanks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
Oo, bukan maksud saya lancang atau sok tahu, bos. Malah kepingin tahu barangkali ada bengkel yg bagus di Otista. Bengkel AC saya juga di sana, bengkel Triyono seberang hotel Fucida. Kalau karbu biasanya ke Mamat yg di lantai dua Pasar Asam Reges.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
Senada dengan kakak pembina.
Suspect pertama : Pelampung di set kerendahan, sehingga 'stok' bensin di pelampung jadi menipis saat harus meladenin rpm mesin tinggi, alias tekor. Alasan kedua, saat menanjak, pasti juga karena karbu kekurangan bensin. Menanjak, biasanya butuh rpm tinggi di persneling rendah. Bensin harus mengalir deras disedot ke mesin, sementara bensin di mangkok karbu semakin habis akibat setelan pelampung kerendahan.
Dalam posisi menanjak, bensin sebagai zat fluida, akan selalu datar posisinya, jadi akan ada suatu posisi, dimana mainjet akan mengisap udara, karena tinggi bensin lebih banyak di posisi belakang mangkok karbu.
suspect kedua: Busi dan platina.
cmiiw

Suspect pertama : Pelampung di set kerendahan, sehingga 'stok' bensin di pelampung jadi menipis saat harus meladenin rpm mesin tinggi, alias tekor. Alasan kedua, saat menanjak, pasti juga karena karbu kekurangan bensin. Menanjak, biasanya butuh rpm tinggi di persneling rendah. Bensin harus mengalir deras disedot ke mesin, sementara bensin di mangkok karbu semakin habis akibat setelan pelampung kerendahan.
Dalam posisi menanjak, bensin sebagai zat fluida, akan selalu datar posisinya, jadi akan ada suatu posisi, dimana mainjet akan mengisap udara, karena tinggi bensin lebih banyak di posisi belakang mangkok karbu.
suspect kedua: Busi dan platina.
cmiiw

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
salam lagi semua
tadi pagi udah balik lagi ke bengkel nya
akhirnya di tune up ulang semuanya
karbu : dicopot, dibersihkan ulang dan pelampung bensin di setel ulang, trus montirnya bilang, lobang angin ama bensin nya di set ulang juga , ngga balance (ga ngerti maksudnya apa)
busi : busi ternyata item , dibersihkan dan di set ulang juga, konon item karena bensin nya kebanyakan , ga balance
platina : di set ulang kerapatan nya
tutup distributor diganti karena setelah di ukur voltase nya, listrik dari koil ke distributor jadi kecil karena kontak di tutup distributor udah jelek.
tadi udah di coba lari 100-120km/jam masuk, enteng, so far ndut2 an nya ilang sih, semoga sudah selesai dan lancar.
mohon tanggapan temen temen dan terima kasih banyak semuanya

tadi pagi udah balik lagi ke bengkel nya
akhirnya di tune up ulang semuanya
karbu : dicopot, dibersihkan ulang dan pelampung bensin di setel ulang, trus montirnya bilang, lobang angin ama bensin nya di set ulang juga , ngga balance (ga ngerti maksudnya apa)
busi : busi ternyata item , dibersihkan dan di set ulang juga, konon item karena bensin nya kebanyakan , ga balance
platina : di set ulang kerapatan nya
tutup distributor diganti karena setelah di ukur voltase nya, listrik dari koil ke distributor jadi kecil karena kontak di tutup distributor udah jelek.
tadi udah di coba lari 100-120km/jam masuk, enteng, so far ndut2 an nya ilang sih, semoga sudah selesai dan lancar.
mohon tanggapan temen temen dan terima kasih banyak semuanya


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
oh maap , tepatnya di dewi sartika , ngga enak nyebut nama bengkel nya ahasudarsono wrote:Oo, bukan maksud saya lancang atau sok tahu, bos. Malah kepingin tahu barangkali ada bengkel yg bagus di Otista. Bengkel AC saya juga di sana, bengkel Triyono seberang hotel Fucida. Kalau karbu biasanya ke Mamat yg di lantai dua Pasar Asam Reges.

tapi saya tau triyono AC sebrang oli sahabat itu, emang bagus servis di situ soale kios nya seperti non permanen


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
Berarti analisis sy kebalik.. Maaf.. Berarti setelan pelampung karbunya malah kerendahan, sehingga mangkuk karbu kebanyakan bensin, plus campuran AFR nya terlalu banyak bensinnya, makanya busi jadi hitam dan cenderung mati karena kebanyakan bensin di ruang bakar, sehingga bensin tidak terbakar sempurna. Biasanya kondisi kayak gini, sepengalaman supir truk sih, deteksi awalnya adalah bau gas buang nya menyengat dan bikin mata perih, trus biasanya di ruang kabin, terasa bau bensin mentah.. Itu hanya pengalaman pribadi...sealteam88 wrote:salam lagi semua
tadi pagi udah balik lagi ke bengkel nya
akhirnya di tune up ulang semuanya
karbu : dicopot, dibersihkan ulang dan pelampung bensin di setel ulang, trus montirnya bilang, lobang angin ama bensin nya di set ulang juga , ngga balance (ga ngerti maksudnya apa)
busi : busi ternyata item , dibersihkan dan di set ulang juga, konon item karena bensin nya kebanyakan , ga balance
platina : di set ulang kerapatan nya
tutup distributor diganti karena setelah di ukur voltase nya, listrik dari koil ke distributor jadi kecil karena kontak di tutup distributor udah jelek.
tadi udah di coba lari 100-120km/jam masuk, enteng, so far ndut2 an nya ilang sih, semoga sudah selesai dan lancar.
mohon tanggapan temen temen dan terima kasih banyak semuanya
![]()

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi
betul banget bro , bau bensin terasa di kabin , awalnya bingung kenapa gitu , ternyata karena komposisi bensin dan angin yang tidak tepat , businya pakai splitfire cabang 2 , lalu tutup distributor diganti , ada efek nya juga rupa nya , yang jelas tadi lari 100-120km di tol masih mantab dan akselarasi sampai ke 100km/jam tidak butuh waktu lama , cuma saya agak kuatir nya , bensin nya apakah bakal boros yah ?VanzMatic wrote:Berarti analisis sy kebalik.. Maaf.. Berarti setelan pelampung karbunya malah kerendahan, sehingga mangkuk karbu kebanyakan bensin, plus campuran AFR nya terlalu banyak bensinnya, makanya busi jadi hitam dan cenderung mati karena kebanyakan bensin di ruang bakar, sehingga bensin tidak terbakar sempurna. Biasanya kondisi kayak gini, sepengalaman supir truk sih, deteksi awalnya adalah bau gas buang nya menyengat dan bikin mata perih, trus biasanya di ruang kabin, terasa bau bensin mentah.. Itu hanya pengalaman pribadi...sealteam88 wrote:salam lagi semua
tadi pagi udah balik lagi ke bengkel nya
akhirnya di tune up ulang semuanya
karbu : dicopot, dibersihkan ulang dan pelampung bensin di setel ulang, trus montirnya bilang, lobang angin ama bensin nya di set ulang juga , ngga balance (ga ngerti maksudnya apa)
busi : busi ternyata item , dibersihkan dan di set ulang juga, konon item karena bensin nya kebanyakan , ga balance
platina : di set ulang kerapatan nya
tutup distributor diganti karena setelah di ukur voltase nya, listrik dari koil ke distributor jadi kecil karena kontak di tutup distributor udah jelek.
tadi udah di coba lari 100-120km/jam masuk, enteng, so far ndut2 an nya ilang sih, semoga sudah selesai dan lancar.
mohon tanggapan temen temen dan terima kasih banyak semuanya
![]()


