Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Mon Feb 02, 2009 14:49
Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
kemarin Honda Freed pasang klakson hella, fog lamp, sensor mundur dan ganti tape, eh ternyata pas malem, bohlam depan kiri agak redup dan kalau nyalain lampu besar indikator sen yang kiri nyala...
ini ada masalah konslet atau salah nyambungin gitu ya? gue curiga klakson karena posisi nya deket klakson hella yang baru... gimana ngeceknya ya?
vincent
ini ada masalah konslet atau salah nyambungin gitu ya? gue curiga klakson karena posisi nya deket klakson hella yang baru... gimana ngeceknya ya?
vincent
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
Wah, kacau gitu ya. Kudu diurutin satu per satu dong.
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Aug 20, 2011 17:24
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
klo kelistrikan ya yg dicek bagian bagian yang bersangkutan om.jangan periksa tekanan angin pada ban.hahahaaa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 349
- Joined: Thu Feb 24, 2011 3:32
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
Kelihatannya ada ground yang mengambang. Cek semua ground nya deh...
Lampu depan kiri saya juga suka redup.
Rasanya perkabelan Freed ini kurang meyakinkan... harus dicek om Sjamsul nih...
Lampu depan kiri saya juga suka redup.
Rasanya perkabelan Freed ini kurang meyakinkan... harus dicek om Sjamsul nih...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
kalau gak salah jazz jg cukup srg yg komplain kelistrikan ya.
jd udah digimanain skrg?
waktu itu yg modif siapa? sendiri? kalau yg pasangin bengkel, ya balikin aja ke bengkelnya
kalau DIY, cabut lagi saja dulu semuanya, trus pasang satu demi satu dan perhatikan. utk melokalisir masalahnya dimana.
kalau gak yakin bs sendiri, ya spt yg disarankan tsb, mmg udah semestinya ke bang sjamsul
jd udah digimanain skrg?
waktu itu yg modif siapa? sendiri? kalau yg pasangin bengkel, ya balikin aja ke bengkelnya
kalau DIY, cabut lagi saja dulu semuanya, trus pasang satu demi satu dan perhatikan. utk melokalisir masalahnya dimana.
kalau gak yakin bs sendiri, ya spt yg disarankan tsb, mmg udah semestinya ke bang sjamsul
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
Setuju.. sebaiknya balik lagi saja ke bengkel audionya. Seharusnya setiap kali masuk bengkel audio minta garansi Om,. kemarin di mbl saya dvd playernya macet tdk bisa keluar/folding. Setelah beres sehari, saya minta garansi.. lumayan dikasih sebulanan.
Sebaiknya jangan di oprek2 / diurut2 sendiri..
Sebaiknya jangan di oprek2 / diurut2 sendiri..
Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
memang pasangnya di bengkel audio ya?Setuju.. sebaiknya balik lagi saja ke bengkel audionya
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
@ all : rekan2 SMers.... ipah ane lagi ada masalah nehh... scara beberapa ari ini jakarta kan ujan mulu.. nahh entah scara mendadak, salah satu sekering di kompartmen mesin ane yaitu si "dome" (7.5 amp) fuse ini putus... uda ane coba ganti, tetep aja putus mulu... bahkan stelah ane coba ganti ke 10 amp jg tetep aja putus mulu...
kerja si dome fuse ini mengatur lampu kabin, lampu switch pengapian, lampu pribadi, pengukur dan meter di speedometer, jam dan MID... nah karena ini sekring putus mulu, otomatis ,ntuh lampu kabin dan MID beserta tripmeter ke reset mulu tiap kali ane nyalain mesin...
kira2 kenapa yahh...

kerja si dome fuse ini mengatur lampu kabin, lampu switch pengapian, lampu pribadi, pengukur dan meter di speedometer, jam dan MID... nah karena ini sekring putus mulu, otomatis ,ntuh lampu kabin dan MID beserta tripmeter ke reset mulu tiap kali ane nyalain mesin...
kira2 kenapa yahh...




numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
Pm Mr Sjamsul saja Pak DOHC..
Smoga lekas beres.. trus di sharing disini ya..

Smoga lekas beres.. trus di sharing disini ya..

Lagi nginjek rem..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
mbah prop sjam kayanya uda jarang ol nehhh om... atau kira2 ada yg tau nocan nya doi...
nanti kalo masi kumat jg... kayanya ane mau sowan ke tempat mbah sjam aj dehh... dah pusing ane nyari penyakit nya nehh... mana kerjaan lg banyak numpuk lg... semprul nehh mobil bener2... ga milih2 waktu apa kluar penyakit nya...
nanti kalo masi kumat jg... kayanya ane mau sowan ke tempat mbah sjam aj dehh... dah pusing ane nyari penyakit nya nehh... mana kerjaan lg banyak numpuk lg... semprul nehh mobil bener2... ga milih2 waktu apa kluar penyakit nya...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
lampu switch pengapian tu yg mana sih?
loh, kalau putus MID nya kereset juga ya?
loh, kalau putus MID nya kereset juga ya?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
kayanya yg dimaksud ntuh lampu yg melingkar di lobang konci itu kali om....
iya om, ntuh MID smua angka nya kereset mulu tiap kali matiin mesin.. jam pun jg kereset mulu..
iya om, ntuh MID smua angka nya kereset mulu tiap kali matiin mesin.. jam pun jg kereset mulu..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
oooh, mungkin saja yg itu ya...
ooo, baru tau ternyata MID tu ngikut ke jalur dome...tengkyu2
btw klo tripmeter tu yg di odometer atau yg mana? bukan yg trip A trip B itu?
kalau yg di odometer, knp tripmeternya reset tp oometernya enggak ya....satu tempat tp beda jalur?



ooo, baru tau ternyata MID tu ngikut ke jalur dome...tengkyu2

btw klo tripmeter tu yg di odometer atau yg mana? bukan yg trip A trip B itu?
kalau yg di odometer, knp tripmeternya reset tp oometernya enggak ya....satu tempat tp beda jalur?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
tripmeter yg di odometer itu om... yg trip a dan b itu... kayanya kalo odometer itu beda kelistrikan dehh... wahh enak bgt tuh kalo cabut sekring, odo lgs balik nol lagi..




numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
haha iya tuh...
makanya itu dohc, ane jd takjub juga, trip A trip B nya kok dibedain jalur sekringnya sm odometer, pdhl tempatnya sama persis ya. canggih hahaa
makanya itu dohc, ane jd takjub juga, trip A trip B nya kok dibedain jalur sekringnya sm odometer, pdhl tempatnya sama persis ya. canggih hahaa
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
tapi bikin pusing jg nehh om kaya gini.... sekring putus... yg eror nya koq malah banyak gt... bawa ke beres, mobil disuru nginep... malah kata SA nya, blom perna tuhh ada kasus innova kaya ane... wakss...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
kalau gak merasa punya kemampuan atau gak rajin urut2 sneidiri, mmg butuh bantuan prop sjam deh...
kontak aja FB nya atau sms laaar
kalau power window gak satu jalur itu ya?
kontak aja FB nya atau sms laaar
kalau power window gak satu jalur itu ya?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
kaga om... power window ada sekering nya sendiri...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
Maap nubie gak tau hrs posting dimana, tp mo tnya2 dkit..
Baca disalah satu media ttg alat tambahan utk sistem kelistrikan yang bersumber dari aki.
ini dia,, salah satu contohnya..


klaimnya Tenaga Meningkat, BBM Hemat, menjaga kualitas suara audio, memudahkan starter mobil, serta menjadikan lampu lebih terang, aki menjadi lebih awet. dan instalasi cukup dipasang pada plus dan minus Aki.
nah ane pngen tnya,, mnkgin ada SMers yg pnglaman dg alat ginian, bisa dishare,, dr mulai instalasi dan bgmna utk pemakaian jngka panjang dan etc etc nya..

Baca disalah satu media ttg alat tambahan utk sistem kelistrikan yang bersumber dari aki.
ini dia,, salah satu contohnya..


klaimnya Tenaga Meningkat, BBM Hemat, menjaga kualitas suara audio, memudahkan starter mobil, serta menjadikan lampu lebih terang, aki menjadi lebih awet. dan instalasi cukup dipasang pada plus dan minus Aki.
nah ane pngen tnya,, mnkgin ada SMers yg pnglaman dg alat ginian, bisa dishare,, dr mulai instalasi dan bgmna utk pemakaian jngka panjang dan etc etc nya..



Etme Bulma Dünyası
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
wahhh baca ini tret, jadi inget dulu ane perna curhat soal klistrikan error di ipah ane... stelah konsul ama om turboman dan akhirnya ke beres puri, problem terselesaikan stengah... karena ternyata banyak kabel2 sambungan yg asal nyambung di ipah ane... pihak beres cuman ketemu yg wiring yg gampang kliatan... alias di enjin bay yg akhirnya ketemu ada satu kabel buat lampu yg sobek trus nempel ke body... tapi sekring masi kadang putus kadang kaga... sempet mobil ga ada masalah slama 3 minggu, tapi akhirnya kumat lagi... pihak beres minta mobil diinapkan minimal 2-3 hari buat di bongkar total, dgn ongkos yg masi ga bisa di estimasi..
solusi nya ?? ane bongkar sendiri keseluruhan interior ipah ane... dan ada beberapa kabel speaker di dalem pilar B yg emang uda putus, kabel2 buat lampu yg kejepit ampe sobek isolasi nya, sisa kabel entah bekas apa yg dibaut ke body di bagian deket evap ac blakang, ada bypass an kabel dari lampu kabin, dan kabel dari HU yg buat ke speaker yg disambung asal2an, tapi kaga di isolasi rapih...
stelah smua kabel2 yg putus tsb ane sambung, disolder, dan di isolasi rapih.... problem solved...
solusi nya ?? ane bongkar sendiri keseluruhan interior ipah ane... dan ada beberapa kabel speaker di dalem pilar B yg emang uda putus, kabel2 buat lampu yg kejepit ampe sobek isolasi nya, sisa kabel entah bekas apa yg dibaut ke body di bagian deket evap ac blakang, ada bypass an kabel dari lampu kabin, dan kabel dari HU yg buat ke speaker yg disambung asal2an, tapi kaga di isolasi rapih...
stelah smua kabel2 yg putus tsb ane sambung, disolder, dan di isolasi rapih.... problem solved...
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
Sharing dikit :
utk ngerapiin instalasi kabel di mobil yg berantakan / sambungan2 yg nggak beres bisa kontak teknisi kelistrikan mobil langganan teman2 FCI dan Innova Community :
A Chien (Hengky) 0819 056 86669
Beliau ada workshop kecil di kompleks Puri Agung - Cengkareng
Utk pengerjaan instalasi kabel2 dan relay klakson tambahan / relay lampu / lampu tambahan / instalasi Turbo Timer dan teknik kombinasi turbo Timer dgn alarm bawaan mobil / kabel2 audio / lampu2 LED interior dll.
Beliau orangnya perfeksionis, cara meng-crimp ujung kabel aja gak asal jepit, sambungan2 pake soket ber-jacket atau jika di solder sampai benar2 matang + shrinkage tubing dan gak boleh ada bagian yg nonjol / mencuat. Tools lengkap dari AVO meter, Tang AVO meter, dll.
Yg saya appreciate beliau sgt memahami instalasi perkabelan, misal spt kabel kalo saling dililit maka Resistansi akan meningkat, teknik crimping yg baik, dll., jadi kalau ke sana kita pun mendapat pencerahan.
Demikian sharing & semoga bermanfaat
*Bukan sales workshop perkabelan mobil*
utk ngerapiin instalasi kabel di mobil yg berantakan / sambungan2 yg nggak beres bisa kontak teknisi kelistrikan mobil langganan teman2 FCI dan Innova Community :
A Chien (Hengky) 0819 056 86669
Beliau ada workshop kecil di kompleks Puri Agung - Cengkareng
Utk pengerjaan instalasi kabel2 dan relay klakson tambahan / relay lampu / lampu tambahan / instalasi Turbo Timer dan teknik kombinasi turbo Timer dgn alarm bawaan mobil / kabel2 audio / lampu2 LED interior dll.
Beliau orangnya perfeksionis, cara meng-crimp ujung kabel aja gak asal jepit, sambungan2 pake soket ber-jacket atau jika di solder sampai benar2 matang + shrinkage tubing dan gak boleh ada bagian yg nonjol / mencuat. Tools lengkap dari AVO meter, Tang AVO meter, dll.
Yg saya appreciate beliau sgt memahami instalasi perkabelan, misal spt kabel kalo saling dililit maka Resistansi akan meningkat, teknik crimping yg baik, dll., jadi kalau ke sana kita pun mendapat pencerahan.
Demikian sharing & semoga bermanfaat
*Bukan sales workshop perkabelan mobil*
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
TFS...mantappp, mantap.DOHC wrote:
solusi nya ?? ane bongkar sendiri keseluruhan interior ipah ane... dan ada beberapa kabel speaker di dalem pilar B yg emang uda putus, kabel2 buat lampu yg kejepit ampe sobek isolasi nya, sisa kabel entah bekas apa yg dibaut ke body di bagian deket evap ac blakang, ada bypass an kabel dari lampu kabin, dan kabel dari HU yg buat ke speaker yg disambung asal2an, tapi kaga di isolasi rapih...
stelah smua kabel2 yg putus tsb ane sambung, disolder, dan di isolasi rapih.... problem solved...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Masalah kelistrikan, cek bagian apa ya?
wah jd inget bbrp taun lalu ane beli hurricane Voltage Stabilizer ini. msh ver 2. plus ground wire abal2grandscenic wrote:Maap nubie gak tau hrs posting dimana, tp mo tnya2 dkit..
Baca disalah satu media ttg alat tambahan utk sistem kelistrikan yang bersumber dari aki.
ini dia,, salah satu contohnya..
klaimnya Tenaga Meningkat, BBM Hemat, menjaga kualitas suara audio, memudahkan starter mobil, serta menjadikan lampu lebih terang, aki menjadi lebih awet. dan instalasi cukup dipasang pada plus dan minus Aki.
nah ane pngen tnya,, mnkgin ada SMers yg pnglaman dg alat ginian, bisa dishare,, dr mulai instalasi dan bgmna utk pemakaian jngka panjang dan etc etc nya..![]()
![]()
tp krn blm merasa perlu trus lupa2 mulu, akhornya smpai skrg blm kepasang2 juga wkwkwk
jd lsg ane cari2 dimana simpannya, ternyata ketemu wkwk
tp sygnya ane jd ga bs ikut kasih review deh. coba klo dulu lsg pasang ya

pada dasarnya itu adlh Voltage Stabilizer, spt jg Stavol dirumah2 gitu.
hubungan lansgungnya ya thdp kelistrikan yg jd lbh stabil. jd dipikirnya catuan ke audio std, lampu, ECU mesin dan ECU transmisi dll mestinya lbh baik. sdgkan hub ga lsg nya dia pikir krn catuan ke ECU dan sensor2nya lbh stabil, maka HP dan torsi jd lbh stabil jg. atau istilahnya mesin jd efisien, shg menjadikan sdkit lbh irit. gitu alur pikirnya dia.
di pembahasan2 dulu, yg ane inget org2 sini byk yg ngelepas kembali VS nya. krn ga terlalu ngaruh. atau plg gak dia jd gak worth it secara "biaya investasi" nya. tp entah jg deh klo ane yg salah inget.
sdgkan di box nya sih mmg ditulis gitu: itu yg plg bawah bilangnya better acceleration HP and torque
trus diatas2nya ttg kenapa gini kenapa gitu nya.
yg biasanya pada lbh dinotice perbedaannya tu adlh pemasangan ground wire nya. tp ini jg msh dicurigai byk jg faktor sugestif.
bbrp pembahasan lama di
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =16&t=4272
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 14445&f=44
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =10291&f=4
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... t=8392&f=2
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16