memang idealnya 14V ke atas (di terminal aki). dan bukan cuma volt tp penting juga kemampuan alt dlm menghasilkan arus (ampere). cuma ini ga semua punya alatnya, hrs pakai tang ampere DC. ada lagi ripple test tp itu bahasan lain.t105erd wrote: ↑Sat Jan 20, 2024 13:20dipakai om sekalinya dipakai pasti diatas 60km kadang seminggu sekali atau 3x akhir pekan kadang antar kota antar provinsi. nah pas baterai mati itu saya lagi posisi luar kota, pasang baterai baru dan baru tau rectifier alternator rusak karena ada suara ndenging yg saya kira dari bearing. akhirnya ganti rectifier soalnya pengisian ga sampai 13v. Alhamdulillah sekarang aman saya pantau mulu lewat obd, trauma juga mobil ga bisa starter di sawah2 tengah kampung abis dari makam orang tua
volt itu ibarat tekanan air dlm pipa.
ampere itu ibarat flow rate airnya.
utk menghindari kejadian spt itu biasakan aja cek periodik om. tiap ganti oli sekalian rutin cek. kl waktu itu ganti dgn parts ori pasti tahan lama.