memang idealnya 14V ke atas (di terminal aki). dan bukan cuma volt tp penting juga kemampuan alt dlm menghasilkan arus (ampere). cuma ini ga semua punya alatnya, hrs pakai tang ampere DC. ada lagi ripple test tp itu bahasan lain.t105erd wrote: Sat Jan 20, 2024 13:20dipakai om sekalinya dipakai pasti diatas 60km kadang seminggu sekali atau 3x akhir pekan kadang antar kota antar provinsi. nah pas baterai mati itu saya lagi posisi luar kota, pasang baterai baru dan baru tau rectifier alternator rusak karena ada suara ndenging yg saya kira dari bearing. akhirnya ganti rectifier soalnya pengisian ga sampai 13v. Alhamdulillah sekarang aman saya pantau mulu lewat obd, trauma juga mobil ga bisa starter di sawah2 tengah kampung abis dari makam orang tuaOmnibus wrote: Sat Jan 20, 2024 13:06mobil jarang dipake atau pakenya jarak dekat terus utk tipe alt yg model variable bakal bikin aki cepet tekor krn aki ga pernah sampai fully charged udah hibernasi lg. hrs dibantu charger external.t105erd wrote: Sat Jan 20, 2024 12:56
saya yaris 2008 1nz om, dulu pas rectifier alternator rusak sampai baterai tewas indikator baterai di dashboard ga nyala soalnya
pake aja tiap hari, kl ga pernah tekor berarti baik2 aja.
volt itu ibarat tekanan air dlm pipa.
ampere itu ibarat flow rate airnya.
utk menghindari kejadian spt itu biasakan aja cek periodik om. tiap ganti oli sekalian rutin cek. kl waktu itu ganti dgn parts ori pasti tahan lama.