Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
t105erd wrote: Sat Jan 20, 2024 12:56
saya yaris 2008 1nz om, dulu pas rectifier alternator rusak sampai baterai tewas indikator baterai di dashboard ga nyala soalnya
mobil jarang dipake atau pakenya jarak dekat terus utk tipe alt yg model variable bakal bikin aki cepet tekor krn aki ga pernah sampai fully charged udah hibernasi lg. hrs dibantu charger external.
pake aja tiap hari, kl ga pernah tekor berarti baik2 aja.
dipakai om sekalinya dipakai pasti diatas 60km kadang seminggu sekali atau 3x akhir pekan kadang antar kota antar provinsi. nah pas baterai mati itu saya lagi posisi luar kota, pasang baterai baru dan baru tau rectifier alternator rusak karena ada suara ndenging yg saya kira dari bearing. akhirnya ganti rectifier soalnya pengisian ga sampai 13v. Alhamdulillah sekarang aman saya pantau mulu lewat obd, trauma juga mobil ga bisa starter di sawah2 tengah kampung abis dari makam orang tua
memang idealnya 14V ke atas (di terminal aki). dan bukan cuma volt tp penting juga kemampuan alt dlm menghasilkan arus (ampere). cuma ini ga semua punya alatnya, hrs pakai tang ampere DC. ada lagi ripple test tp itu bahasan lain.
volt itu ibarat tekanan air dlm pipa.
ampere itu ibarat flow rate airnya.
utk menghindari kejadian spt itu biasakan aja cek periodik om. tiap ganti oli sekalian rutin cek. kl waktu itu ganti dgn parts ori pasti tahan lama.
Om ikut bertanya.
Saya ada mobil yg tiap hari digunakan, terakhir mobilnya 6 hari dipakai jalan 1.600km (untuk starter sangat normal). Setelah itu gak di hidupin 1 Minggu, karena gunaian mobil yg satu lagi.
Nah kemarin saya hidupin sekalian jalan cari makan malem, starter agak sedikit berat. Pagi ini saya cek melalui obd tegangan sebelum di starter 12,7. Saat saya starter turun jd 7,1 agak berat sedikit tapi mesin bisa nyala.
Saat mesin nyala saya liat tegangan di 14,5-14,7 (idle ac off)
Ini karena seminggu gak digunakan atau memang daya aki yg sudah menurun? Karena umur aki November bulan kemarin sudah 4 tahun
Rencananya 1 bulan kedepan mobil yg ini jarang digunakan, mau pakaj mobil yg satu lg.
Lebih baik terminal aki di lepas dulu atau ganti aki baru aja?
kemarin ganti aki, beli incoe premium 95D31L 1,150jt spek CCA:653 harga potong aki lama 65 MF 80D26L dihargai 150rb
awalnya aki 65 ga ada setrum (remote kunci ga respon), dicek d indikator warna putih/ kurang setrum. iseng d charge semaleman pake charger mode repair tp ampere kecil 5A masih ga ngangkat, ganti lg charger murah 10A 5jam mulai ada tanda2 kehidupan, ganti lg charger kecil mode repair 5jam, trus ganti lg charger 10A 5jam dan akhirnya indikator warna hijau dan udah ada api di kutub terminal saaat d charge. belum coba d pasang mobil krna aki baru dah terlanjur dipasang
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Supersedan wrote: Mon Jan 22, 2024 2:37
Om ikut bertanya.
Saya ada mobil yg tiap hari digunakan, terakhir mobilnya 6 hari dipakai jalan 1.600km (untuk starter sangat normal). Setelah itu gak di hidupin 1 Minggu, karena gunaian mobil yg satu lagi.
Nah kemarin saya hidupin sekalian jalan cari makan malem, starter agak sedikit berat. Pagi ini saya cek melalui obd tegangan sebelum di starter 12,7. Saat saya starter turun jd 7,1 agak berat sedikit tapi mesin bisa nyala.
Saat mesin nyala saya liat tegangan di 14,5-14,7 (idle ac off)
Ini karena seminggu gak digunakan atau memang daya aki yg sudah menurun? Karena umur aki November bulan kemarin sudah 4 tahun
Rencananya 1 bulan kedepan mobil yg ini jarang digunakan, mau pakaj mobil yg satu lg.
Lebih baik terminal aki di lepas dulu atau ganti aki baru aja?
Saya rasa aki nya Masi baik, cuma next time buat d tinggal lama, lepas aja kutub Negatif nya.
Supersedan wrote: Mon Jan 22, 2024 2:37
Om ikut bertanya.
Saya ada mobil yg tiap hari digunakan, terakhir mobilnya 6 hari dipakai jalan 1.600km (untuk starter sangat normal). Setelah itu gak di hidupin 1 Minggu, karena gunaian mobil yg satu lagi.
Nah kemarin saya hidupin sekalian jalan cari makan malem, starter agak sedikit berat. Pagi ini saya cek melalui obd tegangan sebelum di starter 12,7. Saat saya starter turun jd 7,1 agak berat sedikit tapi mesin bisa nyala.
Saat mesin nyala saya liat tegangan di 14,5-14,7 (idle ac off)
Ini karena seminggu gak digunakan atau memang daya aki yg sudah menurun? Karena umur aki November bulan kemarin sudah 4 tahun
Rencananya 1 bulan kedepan mobil yg ini jarang digunakan, mau pakaj mobil yg satu lg.
Lebih baik terminal aki di lepas dulu atau ganti aki baru aja?
Saya rasa aki nya Masi baik, cuma next time buat d tinggal lama, lepas aja kutub Negatif nya.
Baik om terima kasih sarannya.
Hari ini mobilnya saya pake jalan kurang lebih 20km. Nanti pas dirumah saya lepas aja kutub negatifnya.
saya pakai xpander CVT, kebetulan sudah tambah pasang audio & lampu biled.
akhir akhir ini speaker sering mati sebelah, terutama kalau mobil melewati jalanan tidak rata / jelek / speed trap.
saya sempet cek di obd tegangan nya sekitar 12,8.
saya kepikiran untuk coba service altenator nya, saat itu dibershikan & diganti bearing nya.
saat di test di tempat, ini hasil voltase nya:
- voltase nya sekitar 13,5 ketika mobil idle & full beban (ac, lampu nyala)
- voltase nya sekitar 14,1 ketika mobil idle & tanpa beban
selang beberapa hari saya cek lagi via OBD, voltase ketika mobil idle kadang bisa 12,8 - 13an.
ketika mobil jalan voltase kadang drop ke 12an juga, kadang naik sampai 15,1 juga.
apakah ini normal ya? mohon penceharan nya.. terima kasih