Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sardhianto
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 29, 2010 2:29

Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by sardhianto »

Halo lagi, jangan bosen dulu ya :)

Mumpung sempat nulis dan nginternet nih.

Sedikit pelajaran thermodinamika.
Tenaga akan naik apabila temperatur pembakaran kita turunkan.
Itulah sebabnya diciptakan "intercooler", supaya temperatur ruang bakar turun.
Ada juga yang menerapkan "water injection" (dikit aja lho ya), sekali lagi supaya suhu ruang bakar turun.

Pada kendaraan Hyundai Santa Fe SM, throttle body dialirkan air radiator.
Ini sangat berguna pada temperatur rendah waktu musim dingin, supaya throttle body tidak membeku.
Tapi di negara tropis seperti kita ini, rasanya malah akan merugikan kita karena suhu air radiator jelas diatas suhu udara.

Anda bisa melakukan bypass terhadap saluran air radiator yang ke throttle body.
Throttle Body heater hoses.jpg
Sebaiknya bypass dengan selang yang menghubungkan dua titik, jangan menggunakan selang "kondom" untuk menghindari jebol karena getas dan tekanan.
Selang yang di throttle body tidak apa2 kalau mau ditutup dengan selang kondom.

Sebenarnya ada satu cara lagi untuk mengurangi temperatur intake manifold yaitu dengan menambah seal intake manifold dengan bahan yang "kurang" menghantar panas.
Apabila anda perhatikan, intake manifold Avanza sudah menggunakan plastik.
Untuk kendaraan yang intake manifold nya masih cast iron/aluminum bisa ditambahkan seal dengan bahan khusus tapi kuat.
Saya belum nyoba tapi kepikiran untuk pakai karet bekas ban.

Untuk mengujinya, ingat2 apakah anda pernah kuat memegang intake manifold dengan tangan :)
Apabila anda berhasil merubah/menambah seal, seharusnya sekarang anda bisa !

Mudah2an membantu.
--
Sonnie Ardhianto
s/a/r/d/h/i/a/n/t/o/@/y/a/h/o/o/./c/o/m
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by asudarsono »

Halo om Sonnie,

Kenapa harus bosen kalau emang infonya bagus seperti ini? Ternyata Santa Fe ini gudang teknologi.

Memang sebaiknya udara masuk dibuat sedingin mungkin, bahan bakar masuk dibuat sepanas mungkin.
Ready to Race
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by jalu »

hmm....info menarik nih....di GV dan Inova itu TB-nya sama dan ada saluran air radiatornya, beda hanya di model nipple selang air radiatornya.
Nanti deh dicoba bypass saluran air radiatornya....tapi kudu nyari pipa sambungannya dulu nih.......... :e-think: :e-think:

btw ini foto TB-nya GV...keliatan ada 2 pipa tegak itu saluran air radiatornya, mudah2an saluran tsb yg dimaksud sm om soni...

Image
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
sardhianto
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 29, 2010 2:29

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by sardhianto »

jalu wrote:btw ini foto TB-nya GV...keliatan ada 2 pipa tegak itu saluran air radiatornya, mudah2an saluran tsb yg dimaksud sm om soni...
Dicek saja apakah nosel2 tersebut berhulu/bermuara dengan air radiator.
Yang di throttle body bisa ditutup dengan selang "kondom" tapi yang di saluran air radiator sebaiknya di bypass yah.
Senang juga ada yang tertarik :)

Salam,
--
Sonnie Ardhianto
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by jalu »

ya memang saluran tsb memang itu berhubungan dng radiator...saya masih nyari2 pipa sambungannya nih, pengennya yg bahan non besi supaya jgn berkarat....tapi alternatif lainnya ya beli selang meteran, jadi dari inlet dan outletnya disambung langsung... :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
sardhianto
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 29, 2010 2:29

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by sardhianto »

asudarsono wrote:... bahan bakar masuk dibuat sepanas mungkin.
Sepengetahuan saya prinsip thermodinamika tetap mengacu kepada penurunan suhu awal dan peningkatan tekanan untuk menghasilkan energi yang lebih besar.

Mungkin teorinya adalah bahan bakar yang panas lebih cepat menguap yah, sehingga terbakar lebih cepat.
Hal ini mungkin betul untuk mesin disel (makin panas makin oke :)) tapi untuk bensin mungkin kurang tepat yah.
Untuk solar memang akan "meledak" dengan tekanan, jadi kalau dibantu dengan "sedikit" panas, lebih mudah terbakar.

Malah saya terpikir untuk melilitkan selang bensin ke saluran AC supaya makin dingin :)

Wah maaf saya melantur tanpa ada teori dan bukti yang jelas!
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by jalu »

Lapor MASTER Sonnie....!! :off_good:

Eksperimen bypass di GV sudah berhasil, ternyata panjang selang2nya masih cukup jadi cuma perlu pindah2 posisi aja, gak perlu pake pipa sambungan atau slang tambahan..

BEFORE
Image

AFTER
Image

Hasil :
Pengujian br sebatas test statis, posisi jarum temp mesin diposisi 1/2. Saya coba geber2 gas terasa responsenya lbh cepet, untuk mencapai 3000rpm pedal gas gak usah diinjak lbh dalem dr biasanya. Sorry pengujiannya gak obejktif krn ngandelin perasaan. Laporan road test menyusul sekaligus monitor MID apakah ada pengaruhnya ke FC atau nggak.

DAMAGE COST...FREE :e-dance: :e-dance:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
sardhianto
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 29, 2010 2:29

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by sardhianto »

Wih hebat langsung di praktekkan.
Ya mungkin pengaruhnya sedikit, tapi di jaman bensin yang semakin mahal ini, pengaruh positip biarpun sedikit kita kejar lah, apalagi biaya relatif nol dan tidak melakukan perubahan permanen.

Salut untuk Bang Jalu!
:off_good_job:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by jalu »

laporan road test.... :off_good:

1. Ada sedikit perbaikan performa di rentang putaran bawah - menengah
2. Response throtle lbh baik
3. Rpm idle lbh stabil, sebelumnya jika di cuaca panas terik rpm idle sering ngedrop sampe 800rpm, skrg lbh stabil di 900 rpm
4. Mesin tetap bekerja normal, indikator2 kondisi mesin menunjukan semua dalam kondisi normal
5. Untuk rute dalkot, tidak ada perbedaan dalam konsumsi BBM (via MID), laporan rute lukot menyusul... :D

Special Thx to Om Sonnie, ide kreatif anda sangat berguna... :off_good_job:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by Hansen »

hmmm......jadi mobil apa aja yah yg throttle bodynya ada jalur air radiator? :e-think: :thanks:
Image
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by jalu »

yg saya tau selain GV ya Inova bensin.... :mrgreen:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by Hansen »

gimana dgn mobil ente yg lain jal? CRV gen3..? City..? :e-think:
Image
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by jalu »

sabar ya sen....nanti satu persatu dicek..... :cupss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by Hansen »

jalu wrote:sabar ya sen....nanti satu persatu dicek..... :cupss:
ditunggu reportnya jal.......... :cupss:
Image
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by jalu »

nah gini2, menurut saya ini menarik...saya blm utak atik mbl yg lain....tapi gugel foto2 TB, inilah hasilnya :

TB Grand Vitara
Image

seperti yg saya sudah ketahui sebelumnya, bahwa TB GV itu kembaran dng TB Innova 2.0, hanya beda di bentuk arah koneksi pipa jalur air radiatornya (saya sudah coba tuker kedua TB di masing2 mbl dan memang hidup & berfungsi)
ini foto TB Innova
Image

kemudian....... :upss: :upss:























dan yg mengejutkan, begitu saya dapet foto TB CRV dr gugel, ternyataaa.....ini fotonya
TB CRV
Image

dari ketiga foto tsb, ternyata TB GV/Innova 2.0 dan CRV itu.....sama........ :e-think: :e-think:

sayang gak dijelaskan apakah itu TB CRV 2.0 atau 2.4, Gak sabar nunggu besok untuk membuktikannya........ :e-pray: :e-pray:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by inoz »

weh bro jalu researcher sejati
bro sardhianto bravo for you
aku blm coba di santi ku..
apa sdh dicoba di santi bro sar??? gmn hasilnya.. tergelitik juga neh.. experimen..
:big_peace:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by jalu »

setelah ngeliat saluran air di TB jadi nganggur setelah dibypass, lantas pikiran "nakal" saya muncul gimana kalo air buangan AC dilewatkan kesitu supaya TB semakin dingin (ikut2an prinsip AIC),tapi ini jelas perlu pompa tambahan untuk mendorong air buangan dr evap menuju TB.

mohon petunjuk dr temen, kira2 air buangan AC itu bersifat korosif gak ?
amankan kalo air buangan AC tsb dimasukan ke saluran TB ?

mohon petunjuknya :e-think: :e-think:

@hansen : sory mbl yg lain blm sempet digeledah, lg sibuk urus kerjaan krn senen disuruh berangkat ke medan perang... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by singachu »

Permisi numpang tanya.....

bukannya ntuh air radiator dilewatkan ke throttle body jg merupakan salah satu inputan buat IAC valve yah.
kalo air radiator dingin IAC Valve ngebuka lebih gede dibanding air radiator panas, terutama waktu butterfly valve tertutup.

Dengan bypass selang ini apa ga membuat kerja IAC jadi terkoreksi, terutama saat idle dengan mesin sudah panas, si IAC (idle air control) valve tetep terbuka gede seakan2 mesin masih dingin ? :ungg:

Kebetulan pernah buka Throttle body

Ini bagian yang dilewati air radiator dibuka, nampak dua lubang untuk jalur udara sebelum dan sesudah butterfly valve yang dilewati udara saat pedal gas ga ditekan :
Image

Foto yang ini lebih nunjukin di lubang yang kanan itu ada valve yang dikontrol ama IAC switch yang menutup atau membuka jalur udara saat gas ga diinjak :
Image

malu sih Throttle Bodynya masih mekanis, belom Throttle By wire seperti foto2 di atas :oops:


mohon pencerahannya.... :off_good:

regards,
singachu
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by singachu »

jalu wrote:setelah ngeliat saluran air di TB jadi nganggur setelah dibypass, lantas pikiran "nakal" saya muncul gimana kalo air buangan AC dilewatkan kesitu supaya TB semakin dingin (ikut2an prinsip AIC),tapi ini jelas perlu pompa tambahan untuk mendorong air buangan dr evap menuju TB.

mohon petunjuk dr temen, kira2 air buangan AC itu bersifat korosif gak ?
amankan kalo air buangan AC tsb dimasukan ke saluran TB ?

mohon petunjuknya :e-think: :e-think:

@hansen : sory mbl yg lain blm sempet digeledah, lg sibuk urus kerjaan krn senen disuruh berangkat ke medan perang... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
air buangan ac bersifat korosif atau tidak, coba cek ini dulu :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 34#p432434

regards,
singachu
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by Hansen »

jalu wrote:@hansen : sory mbl yg lain blm sempet digeledah, lg sibuk urus kerjaan krn senen disuruh berangkat ke medan perang... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
good luck jal... :cupss:
Image
sardhianto
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 29, 2010 2:29

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by sardhianto »

Saya sendiri sudah bypass selang radiator ke TB.
Tapi saya kesulitan membuktikan keefektifannya.
Mungkin harus pakai thermometer gun, untuk mengecek temperator throttle body sebelum dan sesudah.
inoz wrote:apa sdh dicoba di santi bro sar??? gmn hasilnya.. tergelitik juga neh.. experimen..
:big_peace:
sardhianto
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 29, 2010 2:29

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by sardhianto »

singachu wrote:Permisi numpang tanya.....
bukannya ntuh air radiator dilewatkan ke throttle body jg merupakan salah satu inputan buat IAC valve yah.
regards,
singachu
Mungkin maksudnya IAC valve dikontrol oleh komputer salah satunya berdasarkan masukan suhu udara masuk, betul.

Suhu dan kecepatan udara masuk diukur oleh MAF (Mass Air Flow) sensor yang letaknya sebelum throttle body.
Sensor suhu yang lain rasanya hanya sensor suhu air radiator.

Suhu throttle body kurang lebih:
suhu air radiator > suhu throttle body > suhu udara masuk

Kalau menurut saya sih kurang pengaruh suhu throttle body terhadap kontrol IAC valve.

Satu tambahan lagi, menurut ilmu saya yang terbatas ini, kalau TB sudah full elektronik, tidak diperlukan lagi IAC valve karena langsung dikontrol menggunakan throttle valve.

Salam,
--
Sonnie Ardhianto
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by Turboman »

wah mantap ini risetnya pak Sonny :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:

nanti jika waktunya memungkinkan, saya berencana utk mencoba di R20A juga, selintas saya lihat TB-nya ada saluran air juga, tapi sy harus pastikan sekali lagi.

@om jalu :
Kayaknya memang mobil2 Jepang yang sudah TBW itu modul TB-nya banyak yg berasal dari supplier yg sama.

Salam oprek DIY
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by jalu »

Turboman wrote:wah mantap ini risetnya pak Sonny :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:

nanti jika waktunya memungkinkan, saya berencana utk mencoba di R20A juga, selintas saya lihat TB-nya ada saluran air juga, tapi sy harus pastikan sekali lagi.

@om jalu :
Kayaknya memang mobil2 Jepang yang sudah TBW itu modul TB-nya banyak yg berasal dari supplier yg sama.

Salam oprek DIY
Lapor Pak Turbo, Hansen & Om Sonnie

setelah saya cek lbh seksama ternyata TB CRV 2.4 berbeda dng yang ada difoto atas meski bentuknya mirip2.
Baik CRV 2.4 & City idsi juga ada saluran heaternya, untuk membypass kedua honda tsb perlu melepas saluran udara dari rumah filter supaya bisa terjangkau tangan karena posisi selangnya terhalang :D :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Hyundai Santa Fe SM Throttle Body Heater

Post by singachu »

sardhianto wrote:
singachu wrote:Permisi numpang tanya.....
bukannya ntuh air radiator dilewatkan ke throttle body jg merupakan salah satu inputan buat IAC valve yah.
regards,
singachu
Mungkin maksudnya IAC valve dikontrol oleh komputer salah satunya berdasarkan masukan suhu udara masuk, betul.

Suhu dan kecepatan udara masuk diukur oleh MAF (Mass Air Flow) sensor yang letaknya sebelum throttle body.
Sensor suhu yang lain rasanya hanya sensor suhu air radiator.

Suhu throttle body kurang lebih:
suhu air radiator > suhu throttle body > suhu udara masuk

Kalau menurut saya sih kurang pengaruh suhu throttle body terhadap kontrol IAC valve.

Satu tambahan lagi, menurut ilmu saya yang terbatas ini, kalau TB sudah full elektronik, tidak diperlukan lagi IAC valve karena langsung dikontrol menggunakan throttle valve.

Salam,
--
Sonnie Ardhianto
Hmmm menarik

kebetulan mobil saya ga ada MAF sensornya, cuman IAT ama MAP sensor dan masih mekanis untuk bukaan throttlenya..... :ungg:

Kebetulan punya workshop manual dan baca area IAC untuk tau cara kerja maupun diagnostic kalo ada masalahnya ternyata emang ga disebutkan soal air radiator yang dilewatkan ke Throttle Body,
Termasuk wiringnya memang ga ada yang ke arah sensor suhu di sana.

copy paste salah satu bagian :
Idle speed/idle air control (IAC) duty inspection
Before idle speed/IAC duty check, make sure of the following.
• Lead wires and hoses of Electronic Fuel Injection and engine
emission control systems are connected securely.
• Accelerator cable has some play, that is, it is not tight.
• Valve lash is checked and adjusted according to maintenance
schedule.
• Ignition timing is within specification.
• All accessories (wipers, heater, lights, A/C, etc.) are out of
service.
• Air cleaner has been properly installed and is in good condition.
• No abnormal air inhaling from air intake system.
After above items are all confirmed, check idle speed and IAC
duty as follows.
3
“a”
1
2
NOTE:
Before starting engine, place transmission gear shift
lever in “Neutral” (shift selector lever to “P” range for A/T
vehicle), and set parking brake and block drive wheels.
Sepertinya memang kebetulan aja lokasi valve ama lokasi air radiator di throttle body bersebelahan, padahal secara fungsi tidak ada kaitannya.

Berarti asumsi gua selama ini sepertinya salah, thx buat pencerahannya :off_good_job: :off_good:
Menarik nih untuk diterapkan kalo gitu, kapan2 deh diterapin soalnya lagi percobaan yang laen takut kalo diapply sekarang bikin rancu hasilnya

regards,
singachu