
Mumpung sempat nulis dan nginternet nih.
Sedikit pelajaran thermodinamika.
Tenaga akan naik apabila temperatur pembakaran kita turunkan.
Itulah sebabnya diciptakan "intercooler", supaya temperatur ruang bakar turun.
Ada juga yang menerapkan "water injection" (dikit aja lho ya), sekali lagi supaya suhu ruang bakar turun.
Pada kendaraan Hyundai Santa Fe SM, throttle body dialirkan air radiator.
Ini sangat berguna pada temperatur rendah waktu musim dingin, supaya throttle body tidak membeku.
Tapi di negara tropis seperti kita ini, rasanya malah akan merugikan kita karena suhu air radiator jelas diatas suhu udara.
Anda bisa melakukan bypass terhadap saluran air radiator yang ke throttle body. Sebaiknya bypass dengan selang yang menghubungkan dua titik, jangan menggunakan selang "kondom" untuk menghindari jebol karena getas dan tekanan.
Selang yang di throttle body tidak apa2 kalau mau ditutup dengan selang kondom.
Sebenarnya ada satu cara lagi untuk mengurangi temperatur intake manifold yaitu dengan menambah seal intake manifold dengan bahan yang "kurang" menghantar panas.
Apabila anda perhatikan, intake manifold Avanza sudah menggunakan plastik.
Untuk kendaraan yang intake manifold nya masih cast iron/aluminum bisa ditambahkan seal dengan bahan khusus tapi kuat.
Saya belum nyoba tapi kepikiran untuk pakai karet bekas ban.
Untuk mengujinya, ingat2 apakah anda pernah kuat memegang intake manifold dengan tangan

Apabila anda berhasil merubah/menambah seal, seharusnya sekarang anda bisa !
Mudah2an membantu.
--
Sonnie Ardhianto
s/a/r/d/h/i/a/n/t/o/@/y/a/h/o/o/./c/o/m