test drive f10 523i

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

test drive f10 523i

Post by bushkntl »

tadi siang gw sempet test drive f10 523i sebagai salah satu kandidat pengganti e920 320i gw yg dah mulai uzur dan yg rasanya makin sempit setiap kali gw pake tadinya gw gak mau consider bmw lagi sebagai kandidat karena harga jual laginya yg serem :mrgreen: cuma setelah ngobrol sama salesnya gw dapet info discount untuk 523i sekitar 25jt dan kalau gw trade in 320i mereka bisa kasih harga diatas pasaran karena odometernya cuma 17000 walaupun sudah 4 tahun umurnya jadinya gw tertarik untuk test drive

unit yg di testdrive 523i business harga OTR kl gak salah sekitar 880an atau sekitar segitu dah ini adalah varian yg paling rendah varian diatas ini adalah executive yang semuanya sama kecuali tambahan sunroof dan electric folding mirrors mungkin adalagi perbedaan kecil2nya tapi gw gak terlalu banyak tanya yg kecil2.

Untuk penilaian test drive gw benchmark pake e60 520 gw yg di munich tapi tidak dalam perfomance mesin karena memang secara engine output beda banget 168 hp vs 204 hp(CMIIW)

performance:
gak usah ditanya lagi tenaga selalu available di semua range RPM dengan suara mesin yg hampir tidak terdengar kecuali pas lagi ditarik ke 5000-6000+ rpm throttle responsenya sangat cepat ini mobil kalau sudah jalan tidak berasa seperti sedan besar karena accelaration dan cornering abilitynya. Tadi gw sempet jalan dibelakang truk yg jalan dengan kecepatan ngeyel(cepet nggak lambat banget juga nggak) di jalan 2 arah pas ada kesempatan lajur lawan kosong gw masukin ke manual turun 1 gigi dan injek gas secara santai lsg dapet power untuk nyusul dan ternyata didepan si truk ada grand max yg lagi jalan ngeyel juga :mrgreen: jadi gw sempet bejek gas abis karena gw liat udah ada mobil lain datang dari arah lain dan engine responsenya lebih gila lagi waktu gas dibejek abis secara overall gw puas banget sama performance mesin 523i untuk cornering ability gw gak bisa coba banyak karena gak ada jalan yg kelok2 lagipula kalau ada pun trafficnya lagi rame banget td siang.

ride comfort:
Pertama gw acungin jempol BMW buat benerin masalah ride comfort issue dengan RFT yg bener2 parah di generasi 1 sekarang RFT di f10 sama sekali tidak menggangu jalan keriting atau polisi tidur bisa dilibas tanpa berasa satu mobil di goncang habis selain ride comfort gw perhatiin insulasi f10 juga makin baik karena peredaman suara dari luar sangat terasa dibanding e60

exterior:
f10 jauh lebih menarik daripada e60 gw dari dulu gak pernah suka sama flame surfacing stylenya si bangle bagus juga tu kunyuk udah out dari bmw perasaan gw kalo liat exterior e60 gw beda banget sama perasaan liat e46 m3 gw yg masih bmw classic design yg dimana design exteriornya kelihatan mengalir, proporsional dan s3xy(asal bini gw gak baca ini aja bisa tidur di sofa lagi gw) kalo liat e60 dari segi manapun kelihatannya akward bener kayak dipaksain designnya but i digress karena penilaian exterior sangat subjective thd individual masing2 nah untuk f10 buat gw bmw udah move ke right direction dimana surfacing style yg aneh2 sudah dihilangkan atau di tonedown jadi secara keseluruhan masih memancing rasa senang untuk melihat exteriornya.
Image

interior:
yang paling menarik buat gw waktu duduk di dalam f10 adalah instrument clusternya yg bisa berubah warna sesuai dengan kondisi gelap atau terang(lampu dipakai atau tidak) ini yg gw maksud:
Tampak tanpa lampu exterior menyala
Image

Tampak dengan lampu exterior menyala
Image

selain itu interior f10 cukup konvensional, mewah tetapi tidak berasa ada keturunan BMW karena semenjak si kunyuk bangle ngacak2 design bmw center consolenya dibuat tegak lurus rata dan tidak mempunyai angle ke driver(kecuali di model2 coupe dan M) ini yg gw sayangkan masih terbawa ke f10 kalau memang bmw mau disebut driver's car kembalikanlah design tradisional bmw untuk driver oriented designed center console. Secara overall walaupun mewah/nyaman/modern interior f10 buat gw cukup mengecewakan karena unsur driver's oriented carnya masih ditinggalkan apalagi kalau mau dibanding sama design interior audi kalah jauh deh f10 dari segi bentuk, practicallity dan attention to details.

berikut photo2 fitur di f10:

idrive dan shifter gaya baru(not really sih udah exists di e60 sesudah facelift), keyless system(lihat yg di tancep dibelakang shifter)
Image

USB dan Aux input(yg ini useless most of the time) di bawah front arm rest
Image

information display(mini size) versi 523i yg 528i sudah full size
Image

Leather stitching style(this one is nice)
Image
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: test drive f10 523i

Post by jalu »

wow...nice review om bush...... good job... :frm_tumbright: :frm_tumbright:
btw...jadi inden dong.....?? :e-dance:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
everester
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: Sat May 29, 2010 2:49

Re: test drive f10 523i

Post by everester »

daripada ambil 523i mending sekalian bungkus si neng Teana juga biar makin mantap :upss:
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: test drive f10 523i

Post by bushkntl »

jalu wrote:wow...nice review om bush...... good job... :frm_tumbright: :frm_tumbright:
btw...jadi inden dong.....?? :e-dance:
523 baru masuk kandidat bro masih mau liat lexus gs300 arahnya mau kemana tahun ini soalnya udah waktunya ganti model deh btw 523i gak usah inden bro stocknya gw liat kemarin ada 6 di gudangnya :mrgreen:
everester wrote:daripada ambil 523i mending sekalian bungkus si neng Teana juga biar makin mantap :upss:
udah liat juga bro di PIM minggu lalu waktu mereka pameran cuma sizenya aja yg gak cocok gak beda jauh sama 320 waktu gw duduk di dalemnya memang untuk 400jtaan itu mobil emang lengkap banget kalo gw disuruh milih antara teanna dan accord gw sih lebih cenderung ke teanna
absolute
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Thu Jun 10, 2010 2:14

Re: test drive f10 523i

Post by absolute »

OOT dikit nih. 320 si bro tahun brp? kondisi? km? mau lepas brp? barang kali cocok bro..
pm yaa...
FortunerMan

Re: test drive f10 523i

Post by FortunerMan »

Design Chris Bangle memang controversial...tapi influential lho. Skrg "Bangle-butt" ditiru banyak merek - tapi dengan lebih refined.
Dilihat dr segi ini si Bangle cukup punya andil dalam sejarah otomotif. Skrg yg pegang juga muridnya si Bangle...si Hooydoonk kalo gak salah...tapi dia lebih kalem sepertinya...kalo dilihat dr BMW akhir2 ini.

Plus, money talks - rancangan2 Bangle rata laku keras.
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: test drive f10 523i

Post by bushkntl »

menurut gw rancangan bangle laku keras karena bmw owners yg perlu mobil baru contoh spt gw emang gak punya choice bro either stay with e39 atau pilih e60 5 begitu juga dengan yg pembeli bmw anyar waktu itu ya memang choicenya model2 bangle butt semua kalau car maker lain juga ngikutin memang bener tapi lebih conservative dalam penerapannya dan seperti yg selalu gw bilang styling is subjective jadi balik ke personal preference kalo gw sih anti ama design bangle

kalau mau dibilang bangle butt sukses di dalam bmw sendiri juga nggak coba liat perubahan pantat seri 7 generasi bangle dimana itu pantat dikit2 dikikis ke arah normal sebelum hilang sama sekali di f01

waktu pertama kali keluar
Image

sesudah di facelift
Image

seri 6 yuck
Image

dan f01 yang sama sekali tidak menunjukkan bangle butt
Image

malah kalau menurut gw seri 3 paling sedikit influencenya si bangle
e46
Image

e92
Image
FortunerMan

Re: test drive f10 523i

Post by FortunerMan »

Memang itu bokong diperhalus..tapi gak hilang kok. Ini the next 6-series

2012 6-series production
Image

Bangle butt ini bukan cuman gaya doang...ada fungsinya yg memperbaiki aerodynamics...lupa apaan tp :mrgreen:
Memang styling is subjective - ane sih gak terlalu anti sama Bangle - asal peleknya bagus, bagus juga. Cuman jeleknya BMW yg varian2 bawahnya (contohnya e60 523) pelek standarnya suka dikasi yg jelek. Mungkin ini strategi BMW supaya org beli yg varian tingginya. E39 juga begitu...varian bawah2nya jelek2 banget peleknya...varian2 atasnya beautiful. Kalo E34 merata peleknya...gitu2 aja, jadi varian bawahnya gak jelek.

Gendut gak karoan
Image

Not bad at all buat ane (dikasi gak nolak hehe)
Image
Last edited by FortunerMan on Sun Jan 23, 2011 16:32, edited 1 time in total.
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: test drive f10 523i

Post by bushkntl »

FortunerMan wrote: asal peleknya bagus, bagus juga. Cuman jeleknya BMW yg varian2 bawahnya (contohnya e60 523) pelek standarnya suka dikasi yg jelek. Mungkin ini strategi BMW supaya org beli yg varian tingginya.
ngomongin soal pelek unit 523 dan 528 yg gw liat kemarin peleknya ampun dah gak ada bagusnya sama sekali waktu gw kasih komentar soal kalo gw ambil bakal gw tuker tu pelek jawaban si sales cukup bikin concern katanya kalau pake pelek after market RFTnya gak bisa dipakai(bener gak sih?) dan masalahnya di bagasi udah gak disediain tempat buat ban serep jadi kalo mau aftermarket mesti bongkar bagasi buat kasih space untuk ban serep atau buang tempat di dalam bagasinya buat bawa ban serep.
FortunerMan

Re: test drive f10 523i

Post by FortunerMan »

Iya yg difoto bro diatas peleknya budget banget kayanya..that car deserves better shoes! Kalo yg 528 kaya gimana? Kalo ini lumayan menurut ane. Bisa pesen lah pelek ini...lengkap dgn RFTnya. Pelek/RFT standarnya simpen aja.

Image

Good value ini bro...bener2 seri-7 miniatur. Platformnya juga pake platform seri 7...dalemnya juga mirip2.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: test drive f10 523i

Post by Turboman »

Om bush dah test drive 530i nya yg GDI + Twin Scroll Turbo (istilah BMW = twin Power Turbo) ?

Kalo belom better jangan deh.......heheheh......tapi yg 530i itu Torsinya mmg uanteeppp tenan........

Kalo biasa bawa mobil 4 A/T bawa itu memang pas akselerasi agak lucu krn gigi-nya cepet upshift2-nya, tapi begitu gigi 3 ke atas RPM cukup maen antara 1600 - 1900 tarikan kerasa kuat......selap selip dengan gesit..........400 Nm since 1500 RPM bener2 kayak Diesel....muantaaappppp
* Bukan ajakan Beli *
naldo

Re: test drive f10 523i

Post by naldo »

Secara design, BMW F10 ane kurang suka, kaya 3 series di gedein. Masih suka sama E60 ane, modelnya eagle eye lebih tajem. Ini sih pribadi aja, selera orang kan beda2.

Eniway F10 ini sangat bagus apalagi safetynya.

Kejadian pas bokap di Autobahn antara perbatasan italy n German, seorang kakek ga bisa ngerem dibelakang. Wong sudah berhenti total, eh disundul pantat F10-530D pinjeman bokap. Kira2 60-80km/h.

Headrest ada Whiplash system yang langsung sigap melindungi tapi airbag ga ada yang kebuka. All good cuma chassis kena karena dicium ama Merc new eye 1998-2000an yang masih berat n besi semua.

Penumpang di mobil semua selamat, ga ada sakit apa2. Sorry picsnya lupa kemana. Ntar kalau ketemu ane posting disini

Thanks
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: test drive f10 523i

Post by bushkntl »

Turboman wrote:Om bush dah test drive 530i nya yg GDI + Twin Scroll Turbo (istilah BMW = twin Power Turbo) ?

Kalo belom better jangan deh.......heheheh......tapi yg 530i itu Torsinya mmg uanteeppp tenan........

Kalo biasa bawa mobil 4 A/T bawa itu memang pas akselerasi agak lucu krn gigi-nya cepet upshift2-nya, tapi begitu gigi 3 ke atas RPM cukup maen antara 1600 - 1900 tarikan kerasa kuat......selap selip dengan gesit..........400 Nm since 1500 RPM bener2 kayak Diesel....muantaaappppp
emang gak bisa test drive 530 kok bro soalnya udah pasti di tolak mentah2 sama menteri keuangan lokal pas ngajuin budgetnya 528aja udah 1m lebih dikit 530 bisa naik berapa persen dari 528 pasti menteri keuangan bilang "gak bisa keluarin segitu! mau dipake buat beli properti lagi aja" :mrgreen: :mrgreen:
everester
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: Sat May 29, 2010 2:49

Re: test drive f10 523i

Post by everester »

gimana kalau E-Class atau XF atau emang udah confirm ambil 5 series? Kalau aye pribadi lebih prefer kedua mobil itu.

buat aye:
1) E-Class/XF
2) 5-series
3) A6
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: test drive f10 523i

Post by bushkntl »

belom confirm bro kandidat lain GS300, prius(pilihan menteri keuangan) kalau E class gak demen model a6 gw suka cuma gw mesti liat2 lagi harga jual laginya parahan mana ama bmw

pada dasarnya sih apa pun pilihan gw mesti di approve ama menkeu lokal dulu soal apalagi investment di property baliknya 40-60% dalam 1 tahun sedangkan mobil baru berbanding terbalik depresiasinya dalam 1 tahun :mrgreen:
everester
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: Sat May 29, 2010 2:49

Re: test drive f10 523i

Post by everester »

Jaguar XF: sama2 ancur jual bekasnya tapi kereeeeeeen!!! :big_smoking:

kalau GS udah saatnya ganti model tuh...
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
FortunerMan

Re: test drive f10 523i

Post by FortunerMan »

Gimana om bush...udah test drive mobil lain belon - Audi A6 yg 735 juta itu pas juga budgetnya (baru liat iklannya di Kompas). Itu yg baru apa yg lama ya...
Ya emang menteri keuangan ente bener juga...jangan dibandingin ama properti lah....mobil level begini mah barang konsumtif kecuali dipake buat dagang ya...
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: test drive f10 523i

Post by bushkntl »

belom bro lagi sibuk ama proyek belom sempet bikin appt sama audi atau lexus, kalau a6 yg bikin penasaran ada yg 4 silinder gw sih ragu2 aja apa sebanding mesin 4 silinder sama body segede/seberat itu?

kalo sama menkeu gw udah sering disekak waktu bilang hobi susah diukur pake uang di sekak langsung "hobinya kalo pas lagi balik ke US aja mobil murah disana"
FortunerMan

Re: test drive f10 523i

Post by FortunerMan »

bushkntl wrote:kalo sama menkeu gw udah sering disekak waktu bilang hobi susah diukur pake uang di sekak langsung "hobinya kalo pas lagi balik ke US aja mobil murah disana"
Ya bener juga sih :mrgreen: Disini pajak doang harga mobil...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: test drive f10 523i

Post by maskopat »

bushkntl wrote:belom bro lagi sibuk ama proyek belom sempet bikin appt sama audi atau lexus, kalau a6 yg bikin penasaran ada yg 4 silinder gw sih ragu2 aja apa sebanding mesin 4 silinder sama body segede/seberat itu?

kalo sama menkeu gw udah sering disekak waktu bilang hobi susah diukur pake uang di sekak langsung "hobinya kalo pas lagi balik ke US aja mobil murah disana"
kayaknya istri om bener deh... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: test drive f10 523i

Post by bushkntl »

emang menkeu keuangan gw bener tapi kalo gw gak happy bisnis juga gak jalan dia gak ada amunisi buat hobi properti dia :mrgreen: :mrgreen: tapi emang properti di indo maknyuss banget di US turun kanan kiri disini naiknya cepet banget
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: test drive f10 523i

Post by maskopat »

bushkntl wrote:emang menkeu keuangan gw bener tapi kalo gw gak happy bisnis juga gak jalan dia gak ada amunisi buat hobi properti dia :mrgreen: :mrgreen: tapi emang properti di indo maknyuss banget di US turun kanan kiri disini naiknya cepet banget
nah, kalo om bush dengan 523 bisa meningkatkan kinerja usaha om, go get it.... anggap sebagai investasi.... :frm_tumbright:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: test drive f10 523i

Post by Hansen »

mantep mobilnya..... :e-pray:
Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: test drive f10 523i

Post by ak4ng »

btw om bushkntl,,, itu 523,528,sama 535 ap bedanya ya???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
kazama
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Feb 28, 2007 18:16

Re: test drive f10 523i

Post by kazama »

uhmm discnya kecil sekali.... kebetulan g baca di modcom,used car centre bmw telah terjual 523i eksekutif 820nego km 3800. pastinay brapa gk tau.


anyway 523i / 528i gk ada dynamic driving control ? unit di malay dan sing dikasi....swt.