
unit yg di testdrive 523i business harga OTR kl gak salah sekitar 880an atau sekitar segitu dah ini adalah varian yg paling rendah varian diatas ini adalah executive yang semuanya sama kecuali tambahan sunroof dan electric folding mirrors mungkin adalagi perbedaan kecil2nya tapi gw gak terlalu banyak tanya yg kecil2.
Untuk penilaian test drive gw benchmark pake e60 520 gw yg di munich tapi tidak dalam perfomance mesin karena memang secara engine output beda banget 168 hp vs 204 hp(CMIIW)
performance:
gak usah ditanya lagi tenaga selalu available di semua range RPM dengan suara mesin yg hampir tidak terdengar kecuali pas lagi ditarik ke 5000-6000+ rpm throttle responsenya sangat cepat ini mobil kalau sudah jalan tidak berasa seperti sedan besar karena accelaration dan cornering abilitynya. Tadi gw sempet jalan dibelakang truk yg jalan dengan kecepatan ngeyel(cepet nggak lambat banget juga nggak) di jalan 2 arah pas ada kesempatan lajur lawan kosong gw masukin ke manual turun 1 gigi dan injek gas secara santai lsg dapet power untuk nyusul dan ternyata didepan si truk ada grand max yg lagi jalan ngeyel juga

ride comfort:
Pertama gw acungin jempol BMW buat benerin masalah ride comfort issue dengan RFT yg bener2 parah di generasi 1 sekarang RFT di f10 sama sekali tidak menggangu jalan keriting atau polisi tidur bisa dilibas tanpa berasa satu mobil di goncang habis selain ride comfort gw perhatiin insulasi f10 juga makin baik karena peredaman suara dari luar sangat terasa dibanding e60
exterior:
f10 jauh lebih menarik daripada e60 gw dari dulu gak pernah suka sama flame surfacing stylenya si bangle bagus juga tu kunyuk udah out dari bmw perasaan gw kalo liat exterior e60 gw beda banget sama perasaan liat e46 m3 gw yg masih bmw classic design yg dimana design exteriornya kelihatan mengalir, proporsional dan s3xy(asal bini gw gak baca ini aja bisa tidur di sofa lagi gw) kalo liat e60 dari segi manapun kelihatannya akward bener kayak dipaksain designnya but i digress karena penilaian exterior sangat subjective thd individual masing2 nah untuk f10 buat gw bmw udah move ke right direction dimana surfacing style yg aneh2 sudah dihilangkan atau di tonedown jadi secara keseluruhan masih memancing rasa senang untuk melihat exteriornya.
interior:
yang paling menarik buat gw waktu duduk di dalam f10 adalah instrument clusternya yg bisa berubah warna sesuai dengan kondisi gelap atau terang(lampu dipakai atau tidak) ini yg gw maksud:
Tampak tanpa lampu exterior menyala
Tampak dengan lampu exterior menyala
selain itu interior f10 cukup konvensional, mewah tetapi tidak berasa ada keturunan BMW karena semenjak si kunyuk bangle ngacak2 design bmw center consolenya dibuat tegak lurus rata dan tidak mempunyai angle ke driver(kecuali di model2 coupe dan M) ini yg gw sayangkan masih terbawa ke f10 kalau memang bmw mau disebut driver's car kembalikanlah design tradisional bmw untuk driver oriented designed center console. Secara overall walaupun mewah/nyaman/modern interior f10 buat gw cukup mengecewakan karena unsur driver's oriented carnya masih ditinggalkan apalagi kalau mau dibanding sama design interior audi kalah jauh deh f10 dari segi bentuk, practicallity dan attention to details.
berikut photo2 fitur di f10:
idrive dan shifter gaya baru(not really sih udah exists di e60 sesudah facelift), keyless system(lihat yg di tancep dibelakang shifter)
USB dan Aux input(yg ini useless most of the time) di bawah front arm rest
information display(mini size) versi 523i yg 528i sudah full size
Leather stitching style(this one is nice)