KOPLING SLIP-GIGI SERET
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Nov 29, 2010 4:09
KOPLING SLIP-GIGI SERET
Para juragan,,,, saya punya PR nih dari FORD Laser 95. 2 hari yang lalu bawa tunggangan saya ke Bengkel, gejalanya kalow di gas knceng Ex:mao nyalip angkot, pake ada ngaungnya, trus kalow masuk gigi 2 koq seret ya,,, kadang bunyi sreeeeesetttt. Udah gitu presnelingnya oblag parah. Saya pikir mungkin plat koplingnya kali ya,,,. Pas di bongkar ternyata ada oli masuk ke ruang kopling (Sil rembes), digantilah semua sealnya. Waktu Dekrupnya di cek katanya masih bagus, de klaher juga bagus. Akhirnya saya ganti saja plat koplingnya dan semua sealnya. Buat ngatasin persneling oblag diganti rumah persnelingnya. Di pasang semuanya,,,, ngaungnya hilang, persnelingnya udah ga oblag, tapi koq kalow angkat kopling pertama (baru jalan pake gigi 1) bunyi jedug/hentakan, trus kalow ngoper gigi dari 3 ke 2 masih sereeeeet,,, sreseeeeet (bunyinya)..... Somebody help Me!!!!!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02
Re: KOPLING SLIP-GIGI SERET
om klo dana cukup sebaiknya ganti kopling min lgs 1 set : kampas, dekrup n bearing.
soalnya klo satu2 sayang di ongkos jasa bongkar psgnya.
seal diganti klo mang rembes.
flywheel/roda gila dibubut klo ga balance.
klo liat crita om apa mgkn master koplingnya.
cmmiw.
soalnya klo satu2 sayang di ongkos jasa bongkar psgnya.
seal diganti klo mang rembes.
flywheel/roda gila dibubut klo ga balance.
klo liat crita om apa mgkn master koplingnya.
cmmiw.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: KOPLING SLIP-GIGI SERET
kalau urusan kopling yakin dah oke tp msh begitu, maka:
di rangkaian dlm girboks, antara gigi 2 dan 3 biasanya ada synchromesh
ada kemungkinan itu penyebabnya.
bisa jadi perlu bongkar girboks, diobservasi dg teliti....mmg terpaksa hrs turun girboks.
kalau oblak tuasnya itu, bisa cuma link2/engsel2nya, bisa juga keausan aktuator...ini jg diobservasi di gearbox....
di rangkaian dlm girboks, antara gigi 2 dan 3 biasanya ada synchromesh
ada kemungkinan itu penyebabnya.
bisa jadi perlu bongkar girboks, diobservasi dg teliti....mmg terpaksa hrs turun girboks.
kalau oblak tuasnya itu, bisa cuma link2/engsel2nya, bisa juga keausan aktuator...ini jg diobservasi di gearbox....