dksuperman wrote:
Help me bro...
ad mslh klistrikn swift q bro,,kmarin akiny k.o trz q gnti pke aki bsah gs trz gk ad sminggu mesin pnas listrik hilang total trz q gnti kiprok ny thunder gk ad 2minggu listrik tba2 hilang eh akiny k.o kta bengkl akiny gk kuat dpt strum yg over dr kiprok,skrg q gnti aki bsah pke yuasa tp bkin q trauma n kwatr jln jauh2 tkut listrkny hilng lge,,mhon sarannya para brother2 swift 200R
bisa dijelasin KO akinya ga ada setrum lagi atau pecah meledak?.
klo pecah meledak ente kayanya pake aki MF(Maintenance Free), ya?. Aki MF (khususnya yang pakai cairan(bukan jelli))itu ga tahan panas karena ga ada ventilasi tujuannya biar air aki ga cepat habis. apalagi ditambah filter karbu pakai yang racing atau filter karbu standar dilepas, angin panas dari depan mesin di arahin semua ke tempat aki.
klo misal aki dah tekor habis karena daleman akinya(elektroda2) rusak padahal aki baru.
coba dicek pengkabelannya..
kenapa diganti kiprok thunder 125 Bro?. aki standar thunder kan lebih kecil amperenya dibandingkan aki swift. dan pengisian aki idealnya harus dengan arus sebesar 10 persen ampere aki yang dipakai. jadi klo pakai kiprok thunder, listrik yang diberikan ke aki dari kiprok < listrik yang dikeluarkan aki ke cdi, lampu ,DKK dalam waktu tertentu.
atau mungkin @dksuperman pakai aki standarnya thunder?. klo iya berarti penyebab lain kemungkinan pengkabelan.
perlu diketahui jika motor punya beban listrik lebih bisa jadi ditimbulkan oleh semikonstleting atau hampir konslet. Jika ini terjadi akan terjadi pengurasan listrik besar2an, pertama2 listrik di Aki dikuras setelah habis dikuras ambil langsung dari kiprok. nah pada saat proses itu terjadi pemanasan di aki & kiprok dengan cepat.
pada aki bisa bikin elektroda2 melengkung & konslet di dalam, timbulnya aki jatuh tegangan listriknya (tekor permanen).
pada kiprok klo panas melebihi batas maksimal panas dari komponennya bisa langsung rusak.
saran saya sebelum ganti2 piranti listrik periksa semua komponen pendukung2nya mulai dari kabel2 ada yg konslet ke bodi atau tidak, sekring dan rumahnya, kiprok yg dipakai , Aki , kunci kontak juga perlu diperiksa soalnya itu merupakan gerbang listrik utama punya saya klo kunci digoyang- goyang listrik langsung putus nyambung 2 bisa bikin motor bersuara nembak klo lagi jalan, dll.
CMIIW