Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Saya baru2x ini tertarik dengan olah raga Hang Glider setelah menonton video berikut:
http://www.youtube.com/watch?v=z1G1wxkYFa8
Problemnya,
mesin / engine yang dipakai relatif mahal ….
Setelah memperhatikan spek mesin tsb, ternyata mesin Yamaha RX King lama yang masih 2 tak (Max Power 18,5 PS pada 9000 RPM) cukup memenuhi syarat untuk dipakai pada olahraga Hang Glider tsb.
Permasalahannya sekarang adalah,
apakah kita bisa mengambil mesin yamaha saja dan memotong (dengan Brute Force tentunya) bagian transmisi dan part lain yang tidak dipergunakan?
Berapa kira2x bobot mesin saja (setelah dipotong) ?
Diharapkan beratnya tidak lebih dari 10 kg, agar bobot total dari motor dan perangkat Hang Glider menjadi ringan (tidak lebih dari 25 kg).
Atau member punya saran lain ?
Edited:
Baru dapat ilmu dari:
http://www.dirtrider.net/forums3/sho...=113355&conly=
Ts menggunakan mesin motor Kawasaki KX100 yang dimodifikasi menjadi mesin Paramotor dengan menggunakan perangkat dari Gear-nya untuk menDrive Propeler atau baling2x.
"I'm using the original 3.4:1 primary redution, with all the other gears and shafts removed from the gearcase, and running the prop drive off the gear that originally drove the clutch,..."
http://www.youtube.com/watch?v=z1G1wxkYFa8
Problemnya,
mesin / engine yang dipakai relatif mahal ….
Setelah memperhatikan spek mesin tsb, ternyata mesin Yamaha RX King lama yang masih 2 tak (Max Power 18,5 PS pada 9000 RPM) cukup memenuhi syarat untuk dipakai pada olahraga Hang Glider tsb.
Permasalahannya sekarang adalah,
apakah kita bisa mengambil mesin yamaha saja dan memotong (dengan Brute Force tentunya) bagian transmisi dan part lain yang tidak dipergunakan?
Berapa kira2x bobot mesin saja (setelah dipotong) ?
Diharapkan beratnya tidak lebih dari 10 kg, agar bobot total dari motor dan perangkat Hang Glider menjadi ringan (tidak lebih dari 25 kg).
Atau member punya saran lain ?
Edited:
Baru dapat ilmu dari:
http://www.dirtrider.net/forums3/sho...=113355&conly=
Ts menggunakan mesin motor Kawasaki KX100 yang dimodifikasi menjadi mesin Paramotor dengan menggunakan perangkat dari Gear-nya untuk menDrive Propeler atau baling2x.
"I'm using the original 3.4:1 primary redution, with all the other gears and shafts removed from the gearcase, and running the prop drive off the gear that originally drove the clutch,..."
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Saya juga berfikir bahwa reduction gear masih diperlukan, jadi masih perlu rumah transmisinya (yang berat itu). Pengurangan berat karena jeroan gear dan kopling gak terlalu signifikan, maaf.
Kalau saya sih, mungkin lebih baik bertahap, pakai aja keseluruhan motor. Nanti sambil jalan bisalah dimodifikasi / dioptimalisasi. Yang mungkin paling menarik nanti bagaimana mengganti penerus gerak berupa rantai menjadi poros baling2.
Selamat mencoba bos, hati2 kalau belok, belum tentu karburetornya berfungsi baik dalam kondisi tertidur.
Kalau saya sih, mungkin lebih baik bertahap, pakai aja keseluruhan motor. Nanti sambil jalan bisalah dimodifikasi / dioptimalisasi. Yang mungkin paling menarik nanti bagaimana mengganti penerus gerak berupa rantai menjadi poros baling2.
Selamat mencoba bos, hati2 kalau belok, belum tentu karburetornya berfungsi baik dalam kondisi tertidur.
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Ok thx.asudarsono wrote:Saya juga berfikir bahwa reduction gear masih diperlukan, jadi masih perlu rumah transmisinya (yang berat itu). Pengurangan berat karena jeroan gear dan kopling gak terlalu signifikan, maaf.
Kalau saya sih, mungkin lebih baik bertahap, pakai aja keseluruhan motor. Nanti sambil jalan bisalah dimodifikasi / dioptimalisasi. Yang mungkin paling menarik nanti bagaimana mengganti penerus gerak berupa rantai menjadi poros baling2.
Selamat mencoba bos, hati2 kalau belok, belum tentu karburetornya berfungsi baik dalam kondisi tertidur.
Kemungkinan memang harus buat rumah transmisi baru,
belum kepikiran gimana caranya .....
BTW untuk belok,
sementara kalo (bisa) terbang nanti,
sedapatnya sudut kemiringan tidak lebih besar dari kemiringan saat motor tsb belok saat dipakai race (45 derajat?).
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
di luar masalah mesin...
aerosport ...
dlm hal ini adlh yg berbasis hang gliding (gantole/layang gantung). ..* yg relatif sejenis dg ini adlah paragliding/paralayang.
yg kemudian pnya varian: bermesin... menjadi paralayang bermesin, hang gliding bermesin, sampai dg trike.
perlu dipahami bhwa sport semacam ini adlh besar potensi bahayanya.
sehingga, tentu saja krn cukup potensial cedera itulah, maka dibutuhkan latihan2 terstruktur, mulai dari teori singkat hukum bernoulli, dan pengenalan aerodinamika praktis, serta perilaku arus udara, ....sampai ke tahap praktek ground handling, dst dst...sampai yakin cukup mahir utk terbang tandem, lalu terbang solo. (kebetulan gak ada yg disebut dg terbang jogja..hehe j/k)
spt juga diving, aerosport semacam ini jg perlu lisence.
pengetahuan dan bimbingan singkat tsb, sudah akan cukup memadahi utk mendapatkan hak meraih first license.
selanjutnya, perlu rajin mengisi logbook jam terbang (spt jg logbook jam selam).
dan utk pengetahuan dasar, dilanjut dg license tsb, FASI sgt terbuka thdp para entusias.
sekedar FYI.
silakan

aerosport ...
dlm hal ini adlh yg berbasis hang gliding (gantole/layang gantung). ..* yg relatif sejenis dg ini adlah paragliding/paralayang.
yg kemudian pnya varian: bermesin... menjadi paralayang bermesin, hang gliding bermesin, sampai dg trike.
perlu dipahami bhwa sport semacam ini adlh besar potensi bahayanya.
sehingga, tentu saja krn cukup potensial cedera itulah, maka dibutuhkan latihan2 terstruktur, mulai dari teori singkat hukum bernoulli, dan pengenalan aerodinamika praktis, serta perilaku arus udara, ....sampai ke tahap praktek ground handling, dst dst...sampai yakin cukup mahir utk terbang tandem, lalu terbang solo. (kebetulan gak ada yg disebut dg terbang jogja..hehe j/k)
spt juga diving, aerosport semacam ini jg perlu lisence.
pengetahuan dan bimbingan singkat tsb, sudah akan cukup memadahi utk mendapatkan hak meraih first license.
selanjutnya, perlu rajin mengisi logbook jam terbang (spt jg logbook jam selam).
dan utk pengetahuan dasar, dilanjut dg license tsb, FASI sgt terbuka thdp para entusias.
sekedar FYI.
silakan

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Gue dulu mau ikut terjun payung .... katanya gak boleh soalnya kecepatan vertikalnya nanti terlalu tinggi.
Sama juga nggak boleh naik sepeda air bebek di Ancol, katanya nanti tenggelam.
Padahal bobot saya cuma 100 kg (lebih dikit)
Padahal kepingin juga jadi kayak Burt Rutan.
Sama juga nggak boleh naik sepeda air bebek di Ancol, katanya nanti tenggelam.
Padahal bobot saya cuma 100 kg (lebih dikit)
Padahal kepingin juga jadi kayak Burt Rutan.
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Terimakasih atas infonya.
Udah dapet mesin,
dan berhasil melepas Gear Clutch seperti gambar di bawah ini.

Rencananya dari Gear Clutch tadi langsung dihubungkan ke Propeler,
dan problemnya kini:
1. Apakah tukang bubut bisa diminta untuk membuat suatu alat atau "Adaptor" dari Gear ke tempat dudukan baling2x,
seperti gambar berikut:

2. Juga dari gambar di atas,
bagaimana cara mengakali Cover yang sudah "Dibolongin" di atas tsb agar oli tdk bocor,
perlu apa saja ?
Bushing dan Seal cukup ?
DI mana mencarinya dan apakah tukang bubut juga bisa membuatnya ?
Terimakasih atas perhatiannya.
Udah dapet mesin,
dan berhasil melepas Gear Clutch seperti gambar di bawah ini.

Rencananya dari Gear Clutch tadi langsung dihubungkan ke Propeler,
dan problemnya kini:
1. Apakah tukang bubut bisa diminta untuk membuat suatu alat atau "Adaptor" dari Gear ke tempat dudukan baling2x,
seperti gambar berikut:

2. Juga dari gambar di atas,
bagaimana cara mengakali Cover yang sudah "Dibolongin" di atas tsb agar oli tdk bocor,
perlu apa saja ?
Bushing dan Seal cukup ?
DI mana mencarinya dan apakah tukang bubut juga bisa membuatnya ?
Terimakasih atas perhatiannya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
1. Untuk hal ini, biasanya saya bubut sendiri. Kalau tukang bubut komersial blm nemu yg bisa baca gambar teknik.
2. Oli apa yg bos maksud bocor? Apa tidak cukup dust cover belaka?
3. Udah dpt propeler? Sejalan anjuran om Andy, rig anda tentu akan dites di darat dulu khan?
2. Oli apa yg bos maksud bocor? Apa tidak cukup dust cover belaka?
3. Udah dpt propeler? Sejalan anjuran om Andy, rig anda tentu akan dites di darat dulu khan?
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
asudarsono wrote:1. Untuk hal ini, biasanya saya bubut sendiri. Kalau tukang bubut komersial blm nemu yg bisa baca gambar teknik.
2. Oli apa yg bos maksud bocor? Apa tidak cukup dust cover belaka?
3. Udah dpt propeler? Sejalan anjuran om Andy, rig anda tentu akan dites di darat dulu khan?
1. Wah kalau gitu saya minta dibubut sama om sudarsono aja, bisa dan mau kan oom ?
2. Nanti saya bawakan bloknya sekalian biar oom mengerti yang saya maksud.
3. Propeler dan payung sementara sewa punya teman akrab saya yang sudah duluan jadi anggota,
tapi dia beli mesinnya aja seharga 56 juta rupiah ..... (belum baling2x, belum parasut, belum frame, belum payung cadangan).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Boleh om, hehehe. Saya pelajari gambar mesinnya dulu ya.
Kapan ya kita bisa discuss? Minggu depan?
Kapan ya kita bisa discuss? Minggu depan?
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Ok, nanti saya kabari lebih lanjut ....asudarsono wrote:Boleh om, hehehe. Saya pelajari gambar mesinnya dulu ya.
Kapan ya kita bisa discuss? Minggu depan?
BTW. Saya bukan orang teknik,
jadi semua gambar rancangan adanya cuma di kayalan saya saja,
oom yang sabar ya ....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Nanti kalau sukses, kita bisa bikin pesawat terbang kayak Habibie om. Hehehe.
BTW IMHO, menurut saya gerak pistonnya apa nggak lebih baik tetap maju mundur? Dalam rancangan om Herbid, letaknya jadi menyamping?
BTW IMHO, menurut saya gerak pistonnya apa nggak lebih baik tetap maju mundur? Dalam rancangan om Herbid, letaknya jadi menyamping?
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
ha ha haaa,
kalo pesawat terbang kertas sih udah bisa .....
Ya mesin menyamping terhadap arah terbang jadinya,
mau ngerubah bagaimana caranya ya ?
kalo pesawat terbang kertas sih udah bisa .....
Ya mesin menyamping terhadap arah terbang jadinya,
mau ngerubah bagaimana caranya ya ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
diluar masalah cara dismantle gearset dr mesin, saya mau tanya ttg mesin itu sendiri
kira2 apakah perlu setingan karburator yg khusus, mengingat nanti saat mesin ini digunakan akan berada pada ketinggian tertentu..??
(setau saya semakin tinggi maka molekul oksigen semakin renggang). cmiiw

kira2 apakah perlu setingan karburator yg khusus, mengingat nanti saat mesin ini digunakan akan berada pada ketinggian tertentu..??
(setau saya semakin tinggi maka molekul oksigen semakin renggang). cmiiw


"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Terbang dengan paralayang relatif masih rendah,jalu wrote:diluar masalah cara dismantle gearset dr mesin, saya mau tanya ttg mesin itu sendiri
kira2 apakah perlu setingan karburator yg khusus, mengingat nanti saat mesin ini digunakan akan berada pada ketinggian tertentu..??
(setau saya semakin tinggi maka molekul oksigen semakin renggang). cmiiw
![]()
selain karena keterbatasan alat/mesin juga karena izinnya.
Kalo gak salah maksimal cuma berapa ratus meter gitu ...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??

Biar mesinnya gak menyamping, perlu gigi macam ini kali om. Kalau gak seimbang khan sayang. Tahu deh di mana bisa beli ....
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
gear kayak gitu bisa dibeli di seputar glodok pak....dulu waktu saya kuliah pernah kok belanja untuk kebutuhan kampus, namanya Reducer Gear 90 degree....tersedia berbagai varian ukuran dan rasio giginya....

kalo mau murah, pake yg cungkwo ajaah.....


kalo mau murah, pake yg cungkwo ajaah.....


"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
ok thanks masukkannya semua,
kalo yg awal ini gak sukses nanti saya cobain .....
edited:
agak oot, tapi termasuk dalam proyek ini.
Pingin bikin duplikat baling2x paramotor dari punya teman.

Ada kawan2x yang tahu caranya bikin moldingnya lalu casting plastiknya ?
Ide pembuatannya terinspirasi dari pembuatan gigi palsu,
atau pembuatan masker kepala dari lateks seperti di video ini:
http://www.youtube.com/watch?v=lRN_lE7H ... re=related
Terimakasih atas bantuannya.
kalo yg awal ini gak sukses nanti saya cobain .....
edited:
agak oot, tapi termasuk dalam proyek ini.
Pingin bikin duplikat baling2x paramotor dari punya teman.

Ada kawan2x yang tahu caranya bikin moldingnya lalu casting plastiknya ?
Ide pembuatannya terinspirasi dari pembuatan gigi palsu,
atau pembuatan masker kepala dari lateks seperti di video ini:
http://www.youtube.com/watch?v=lRN_lE7H ... re=related
Terimakasih atas bantuannya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Bisa bantu masalah kenalpot sekarang ?
Karena mesin 2 tak sangat sensitif dengan urusan knalpot,
sedangkan rancangan paramotor tdk bisa menggunakan knalpot standar yang kepanjangan.

Ada info di mana orang yang jago bikin knalpot 2 tak seperti di atas ?
Karena mesin 2 tak sangat sensitif dengan urusan knalpot,
sedangkan rancangan paramotor tdk bisa menggunakan knalpot standar yang kepanjangan.

Ada info di mana orang yang jago bikin knalpot 2 tak seperti di atas ?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Ok teman2x berikut report perkembangan proyek paramotor,
proses agak lambar karena mencari rancangan yang pas dan sesuai kebutuhan Center of Gravity Engine, Center Thrust Line dll.
Ini adalah rancangan yang ke 7, setelah berpindah-pindah sisi dan tempat untuk menaruh Hub Propeller yang pas.
Gambar berikut akan menjelaskan.



Nantinya saat dipasang di rangka,
keseluruhan engine (rantai hub dll) akan dirotate sedikit sekitar 20 derajat searah jarum jam.
Any comment dan masukan diterima dengan senang hati.
proses agak lambar karena mencari rancangan yang pas dan sesuai kebutuhan Center of Gravity Engine, Center Thrust Line dll.
Ini adalah rancangan yang ke 7, setelah berpindah-pindah sisi dan tempat untuk menaruh Hub Propeller yang pas.
Gambar berikut akan menjelaskan.



Nantinya saat dipasang di rangka,
keseluruhan engine (rantai hub dll) akan dirotate sedikit sekitar 20 derajat searah jarum jam.
Any comment dan masukan diterima dengan senang hati.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Batang Alloy 6063 hanya berfungsi sebagai spacer (sehingga jarak poros baling2 dan poros motor tetap) khan bro? Untuk pengikat baling2 ke bodi masih ada lagi?
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Gak ada lagi bro,
cuma batang itu saja jadi penyangga dan tumpuan Sproket serta hub baling-balingnya.
cuma batang itu saja jadi penyangga dan tumpuan Sproket serta hub baling-balingnya.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Oct 11, 2016 11:01
Re: Memotong Transmisi Mesin Motor ??
Halo, apa kabar trit lama ini?
Gimana om Herbid, ada kemajuan perkembangan proyeknya ga?
Saya juga tertarik sekali nih om... Sama interest kita.
Om Herbid jadi ngoprek mesin apa sih ini kalau boleh tau, apakah jadi pakai mesin Kawasaki KLX?
Saya cuma mau menambahkan komentar atas penggunaan batang Alloy 6063 sebagai spacer itu, saya kira harus dipikirkan untuk memperkuat lagi karena akan ada momentum dorongan propeler disitu, dan itu sepertinya cukup kuat lho, apakah batang 6063 itu tahan?
Lalu mau tanya lagi, apakah dinamo stater dan dinamo charge masih bisa tetap dipasang juga disitu?
Terima kasih ya om, maaf nubie cerewet.
Salam,
Jerry
Oiya om, ini kok link nya ga bisa dibuka ya?
Boleh di ulang om, thanks ya
Gimana om Herbid, ada kemajuan perkembangan proyeknya ga?
Saya juga tertarik sekali nih om... Sama interest kita.
Om Herbid jadi ngoprek mesin apa sih ini kalau boleh tau, apakah jadi pakai mesin Kawasaki KLX?
Saya cuma mau menambahkan komentar atas penggunaan batang Alloy 6063 sebagai spacer itu, saya kira harus dipikirkan untuk memperkuat lagi karena akan ada momentum dorongan propeler disitu, dan itu sepertinya cukup kuat lho, apakah batang 6063 itu tahan?
Lalu mau tanya lagi, apakah dinamo stater dan dinamo charge masih bisa tetap dipasang juga disitu?
Terima kasih ya om, maaf nubie cerewet.
Salam,
Jerry
Oiya om, ini kok link nya ga bisa dibuka ya?
Boleh di ulang om, thanks ya
herbid wrote:Baru dapat ilmu dari:
http://www.dirtrider.net/forums3/sho...=113355&conly=
Ts menggunakan mesin motor Kawasaki KX100 yang dimodifikasi menjadi mesin Paramotor dengan menggunakan perangkat dari Gear-nya untuk menDrive Propeler atau baling2x.
"I'm using the original 3.4:1 primary redution, with all the other gears and shafts removed from the gearcase, and running the prop drive off the gear that originally drove the clutch,..."