kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by sx4user »

kenapa ya pabrik mobil yang memproduksi mobil dengan mesin turbo;
misalnya innova diesel, fortuner diesel, dan pajero sport tidak melengkapi mobil
produksinya dengan turbo timer ?

Padahal katanya turbo timer perlu untuk menjaga agar turbo tidak mudah rusak ?? :big_peace:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by zweifellos »

pertanyaan yang sangat bagus om. bener juga, kenapa ga dikasih turbo timer ya padahal ga mahal-mahal bgt.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by buatandi »

biar cepet rusak bro,,mayan kan kalo ganti mahal hehehhe :mrgreen:
teuku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by teuku »

masuk akal juga tuh,,, :big_slap:
User avatar
KIOS3R
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
Location: Where the sunshine on me...

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by KIOS3R »

buatandi wrote:biar cepet rusak bro,,mayan kan kalo ganti mahal hehehhe :mrgreen:
baru mo ngomong,, keduluan andi deh,,,
mungkin salahsatu faktornya biar nggak ribet, mungkin orang jadi males karena ada fitur tersebut, terutama orang yang gak mau ribet,,, isi bensin musti matiin mesin, ini itu musti matiin mesin, dengan fitur itu ditakutkan org jadi gmw beli,,,
dan kalo butuh turbotimer kasarannya bisa additional sendiri dan juga bisa ngitung sendiri, wkwkwk

just my 2cent
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by buatandi »

turbo timer bisa di set koq kres jadi di non aktifkan,,pas di off udah mati bisa juga sekian detik baru mati mesin ny...
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by sx4user »

kalau sampe rumahnya malam, kadang2 sungkan sama tetangga.
mesin mobil masih nyala terus....kerena pake turbo timer,
lalu ngakalin-nya agak jauh dari rumah, mobil saya matikan,
mesin masih nyala karena pake turbo timer, verneling masuk,
tetapi mesin gak pake di-gas

jadi kira-kira sampe rumah mesin udah mati.

boleh gak ya cara begini ?


kalau kita pasang turbo timer, garansi pabriknya gugur gak ya ?
:off_bored:







.
User avatar
KIOS3R
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
Location: Where the sunshine on me...

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by KIOS3R »

hmm,, nyerah deh gw kalo gt,, gak tau apa alesannya,,,
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by sx4user »

KIOS3R wrote:hmm,, nyerah deh gw kalo gt,, gak tau apa alesannya,,,

atau jangan-jangan TURBO TIMER gak diperlukan lagi ?
naldo

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by naldo »

Rasanya hal ini sudah sering di omongin deh.

Sekarang jangan ngomong kijang innova dsbnya. Model2 Audi TFSI, VW Golf GTI, Merc CGI, BMW 535i, mereka semua pke turbo, mobil harga ratusan ampe m-m-an harganya, tapi kenapa mereka ga kasih?

Karena itu bukan hal yang perlu. Pabrikan mobil pasti sudah menghitung semuanya, terutama dari segi keawetan mesin turbo dsbnya. Kalau mobil mereka cepet rusak n cepet ancur, nama mereka juga hancur.

Tapi nyatanya? Mobil standar turbo ga pke turbo timer awet2 aja bukan?

Hal yang tidak perlu tidak usah di pasang. Even ane punya SX4 sedan pke aftermarket turbo aja tidak pasang turbo timer, sudah 1.5 tahun baik2 saja, palingan matiin mesin tungguin aja 3 detik-5 detik setelah mati. Abis itu juga udah.

Saya rasa turbo timer dibutuhkan kalau mobil balap, yang sering terus-terusan dipke turbonya, kaya2 mobil rally, karena turbonya spool terus dan setelah mereka menyelesaikan tahapan rally, mobilnya harus stay idle dulu sampai berapa puluh detik, supaya pressure turun dan juga putaran turbonya turun.

Eniway saya sih bukan pakar turbo. Cuma urusan turbo timer, kalau emang bawaan pabrik ga pke, ngapain kita masang? Buang2 duit saya rasa. Toh mobil jaman gini ada warranty juga. Ada apa2 bawa aja ke bengkel, beres kan?

Makasih. :big_peace:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by Hansen »

Hmm... numpang nyimak aja :big_peace:
Image
User avatar
KIOS3R
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
Location: Where the sunshine on me...

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by KIOS3R »

Hansen wrote:Hmm... numpang nyimak aja :big_peace:

siong udah datang,,,
thread BUBAARRRRR :ngacir:
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by zweifellos »

naldo wrote:Rasanya hal ini sudah sering di omongin deh.
boleh tau link bahasannya om? saya lom pernah liat topik yg khusus bahas turbo timer, kecuali thread2 mobil yg menanyakan perlu turbo timer apa ga, yg disitu pada umumnya bilang butuh turbo timer.
naldo wrote:Sekarang jangan ngomong kijang innova dsbnya. Model2 Audi TFSI, VW Golf GTI, Merc CGI, BMW 535i, mereka semua pke turbo, mobil harga ratusan ampe m-m-an harganya, tapi kenapa mereka ga kasih?

Karena itu bukan hal yang perlu. Pabrikan mobil pasti sudah menghitung semuanya, terutama dari segi keawetan mesin turbo dsbnya. Kalau mobil mereka cepet rusak n cepet ancur, nama mereka juga hancur.
waduh kalo udah lari ke 'pabrikan sudah menghitung semuanya' jadi susah. apa2 ujung2nya ga perlu atau malah bikin rusak karena pabrikan ga melakukan.
naldo wrote:Tapi nyatanya? Mobil standar turbo ga pke turbo timer awet2 aja bukan?
kalo ini saya blom pernah liat faktanya khususnya keawetan mobil2 turbo dengan turbotimer dan tanpa turbotimer (alias mesin langsung dimatikan ketika mobil ga dipake lagi).

ada link data2nya om?
naldo wrote:Hal yang tidak perlu tidak usah di pasang. Even ane punya SX4 sedan pke aftermarket turbo aja tidak pasang turbo timer, sudah 1.5 tahun baik2 saja, palingan matiin mesin tungguin aja 3 detik-5 detik setelah mati. Abis itu juga udah.
alasannya apa om itu ga perlu?
kalo dilihat, ternyata om 'pake' turbo timer tapi pake manual alias maen tunggu, bukan diatur oleh suatu alat. kenapa om mesti nunggu? berarti perlu dong turbo timer atau kalo mau spesifiknya menunggu mesin idle beberapa detik sebelum mesin dimatikan (yang tak lain tujuan dari turbo timer)?
naldo wrote:Saya rasa turbo timer dibutuhkan kalau mobil balap, yang sering terus-terusan dipke turbonya, kaya2 mobil rally, karena turbonya spool terus dan setelah mereka menyelesaikan tahapan rally, mobilnya harus stay idle dulu sampai berapa puluh detik, supaya pressure turun dan juga putaran turbonya turun.
kenapa mobil balap aja yg perlu om? bukannya di mobil umum yang pake turbo, turbonya sering terpakai? mestinya kalo pake kesamaan dengan acuan mobil balap, mobil biasa pun perlu turbo timer (baca: menunggu mesin idle beberapa detik sebelum dimatikan).
naldo wrote:Eniway saya sih bukan pakar turbo. Cuma urusan turbo timer, kalau emang bawaan pabrik ga pke, ngapain kita masang? Buang2 duit saya rasa. Toh mobil jaman gini ada warranty juga. Ada apa2 bawa aja ke bengkel, beres kan?

Makasih. :big_peace:
kita pasang karena dirasa perlu kalo menurut saya, kalo ga perlu mayoritas pasti ga mau masang. kalo masalah garansi kan ada batasannya ada yg cuman 2 tahun, rata2 3 tahun sedangkan banyak pemilik mobil itu memiliki mobil jauh diangka 3 tahun. apakah setelah 5-10 tahun ga ada pengaruhnya kalo mobil dengan turbo langsung dimatiin tanpa menunggu mesin idle beberapa detik? siapa yang bisa jamin ini?

:thanks: sebelumnya.

-----------------------------------------------------

jadi kalo saya pertanyaannya, apakah perlu menunggu mesin idle beberapa detik sebelum dimatikan? larinya tentu ke turbo timer karena masalah kepraktisan (cabut kunci mobil bisa langsung ditinggal).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by Hansen »

:e-clap:
Image
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by sx4user »

jadi penasaran, banyak mana ya; mobil turbo yang dipasang atau tidak dipasang turbo timer ?

kayaknya kalau mobil rental, mobil operasional perusahaan, atau juga kebanyakan pemilik yang awam mesin mobil,
gak pasang deh.

gak rusak juga kan ? kalau rusak karena gak pasang turbo timer, pasti sudah jadi masalah nasional, ya nggak ?

saya yakin juga kalau sopir-sopir (maaf bukan bermaksud meremehkan para sopir) gak ada yang matiin mobil turbo ini
dengan cara menunggu sekian detik atau menit terlebih dahulu ?


jadi benernya bagaimana sih ? perlu nggak turbo timer ?

.
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by aldy »

Tapi kenapa panther yg teknologi mesin taun jebot aja pake turbo timer..Berarti turbo panther kualitasnya jelek ga kuat kalo lgsg dimatikan.. :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :big_peace:
Tapi setau ane kalo pengen lebih awet emang turbo timer dibutuhkan.. :off_good: Sekalipun pabrikan udah memperhitungkan ketahanan turbonya..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
g4ndr1k
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 321
Joined: Thu Jan 14, 2010 23:53
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW G80 M3

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by g4ndr1k »

Kata orang di forum sebelah yg udah terima unit Golf TSI, setelah mobil dimatikan, masih terdengar bunyi mesin sampe sekitar 10-15 detik... kayaknya Turbo Tiner-nya udah built-in... :e-think:
Enjoying life in the slow lane and driving in the sport+ mode 🤪
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by tukang sapu »

Yang punya mobil dengan turbo charger perlu baca2 lagi buku panduannya. Mobil saya dulu juga pake turbo charger, di sun shadenya ada peringatan bahwa setelah membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi perlu didinginkan sebentar (idle) sebelum dimatikan. Jadi sebenarnya pabrik maunya pemilik yg sadar dan melakukan hal itu sendiri (manual). Kalau saya ngakalinnya ya dengan jalan pelan2 kalau sudah mau tiba di tujuan, jadi begitu sampai bisa langsung mematikan mesinnya, tapi yg jelas bukan di Indonesia, udara disana sejuk-dingin jadi mendinginkan turbo chargernya tidak perlu lama2.

Kalau soal rusak itu bukan mesinnya yg rusak tapi turbo chargernya yg merupakan unit yg terpisah dari blok mesin mobil. Di rumah keongnya tuh yg perlu didinginkan karena saat bekerja panas yg ditimbulkan cukup tinggi dan turbo charger tidak punya sistem pendingin so harus dibiarkan udara lewat untuk mendinginkannya.
naldo

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by naldo »

Untuk tau apa ga tau ini dibutuhkan sih saya ga tau alesannya.

Itu ada yang jawab supaya turbonya idle dulu, jadi seperti saya bilang, biar pressure, panasnya tuh hilang.

Tapi model2 VW TSI itu memang sudah kayanya built in, karena mereka dinginin pke fan bawaan mesin.

Lain cerita dengan aftermarket turbo yang saya pke. Itu pas masang juga udah tanya sama mekaniknya(mekanik langsung dari Jepang, orang HKS, which is dia yang ngutak ngutik salah satu mobil drifter di Jepun), dia malah bilang ga perlu kalau boostnya cuma rendah. Alesannya, karena emang ga gitu perlu, boost tidak terlalu tinggi, jadi tidak perlu idle2an begitu.

Saya juga tinggalin 3-5 detik itu juga kalau inget. Kalau ga ya langsung matiin aja. Wong sampe deket rumah RPM mobil dibawah 2500RPM, jadi turbo ane belom aktif dan dengan lari pelan2 dibawah 2500RPM, otomatis turbo ga aktif, and dia akan dinginin turbonya sendiri, karena dia di idle.

Kalau emang mau cari fakta2 yang lengkap, silahkan cari di om google. Saya bukan mekanik, bukan orang pintar akan hal turbo. Tapi yang saya tau, kalau emang pabrikan mobil ga butuh, ga akan saya pasang. Buat apa mobil bagus2 bawaan pabrik, malah di utak utik kasih turbo timer? Apa ga sayang?

Makasih. :big_peace:

Nih website dimana orang2 pke Subaru WRX and turbo cars and kebetulan ada yang tanya:

http://answers.yahoo.com/question/index ... 236AAwS6e9

Jawabannya=Ga perlu. Karena turbo bawaan pabrik sudah water/oil cooled, which is sudah di design untuk dinginin turbo.

Kalau menurut saya yah IMHO(tolong jangan ada yang tersinggung karena menurut saya ini), pabrikan mobil itu sudah itung semuanya, nah sekarang kita utak utik mobil. Apakah kita(termasuk saya) lebih pinter dari pabrikan mobil yang bisa bikin mobil+design semuanya? Sampe-sampe harus nambah turbo timer? Turbo juga cuma 1 palingan, boost juga kecil(Untuk VW TSI itu turbo and super charger jadi satu, makanya dia ada fan yang jalanin karena panas mesin bisa berlebihan, dulu saya test juga yang VW Touran).

Makasih semuanya. :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by Turboman »

MYTH #7

You have to let a turbo-diesel idle for two minutes before you shut it off.


FACT

This is a current myth that has a basis of fact stemming from many years ago. It also has a kernel of truth regarding today's turbocharged gasoline engines that operate at higher peak exhaust temperatures than turbo-diesels.

In the early days of turbochargers, the turbo shaft was supported by a babbitt bearing that could seize, or even melt, if the engine was shut off immediately after sustained boost conditions where the turbocharger would "heat soak". A two minute cool down at idle allowed the turbocharger to dissipate any remaining spinning inertia, and the oil circulation cooled the bearing and prevented oil "coking" in the bearing area.

Turbochargers haven't used babbitt bearings for over 30 years, and today's oils resist coking. Synthetic oils won't coke, period. With a turbocharged gas engine, it's still good insurance to let the engine idle for 30 seconds to a minute to allow the turbo or turbos to dissipate any inertia and to cool the bearing area to prevent oil coking, especially if the engine has been worked hard just prior to shut-down. Of course, using quality synthetic oil eliminates this potential coking problem.

Today's turbo-diesels are a different story. There is really no reason to "cool down" a turbo-diesel these days, but you won't hurt anything by doing it either. You can still find people who swear you have to do it, but the myth is fading. Maybe they just like to sit and listen to the radio.

http://www.bankspower.com/techarticles/ ... -&-Fiction


Salam

*Yg nggak pake Turbo Timer*

High Quality lubricant is the First & foremost
* Bukan ajakan Beli *
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by ilhami »

jakarta macet gini rasanya gak perlu turbo timer... :big_slap:
Buat muter2 cari parkir juga mesinnya sudah idle.
Mungkin habis kecepatan 120kpj, langsung masuk spbu di rest area yang sepi..perlu idle sebentar.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by zweifellos »

tukang sapu wrote:Yang punya mobil dengan turbo charger perlu baca2 lagi buku panduannya. Mobil saya dulu juga pake turbo charger, di sun shadenya ada peringatan bahwa setelah membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi perlu didinginkan sebentar (idle) sebelum dimatikan. Jadi sebenarnya pabrik maunya pemilik yg sadar dan melakukan hal itu sendiri (manual). Kalau saya ngakalinnya ya dengan jalan pelan2 kalau sudah mau tiba di tujuan, jadi begitu sampai bisa langsung mematikan mesinnya, tapi yg jelas bukan di Indonesia, udara disana sejuk-dingin jadi mendinginkan turbo chargernya tidak perlu lama2.

Kalau soal rusak itu bukan mesinnya yg rusak tapi turbo chargernya yg merupakan unit yg terpisah dari blok mesin mobil. Di rumah keongnya tuh yg perlu didinginkan karena saat bekerja panas yg ditimbulkan cukup tinggi dan turbo charger tidak punya sistem pendingin so harus dibiarkan udara lewat untuk mendinginkannya.
Turboman wrote:MYTH #7

You have to let a turbo-diesel idle for two minutes before you shut it off.


FACT

This is a current myth that has a basis of fact stemming from many years ago. It also has a kernel of truth regarding today's turbocharged gasoline engines that operate at higher peak exhaust temperatures than turbo-diesels.

In the early days of turbochargers, the turbo shaft was supported by a babbitt bearing that could seize, or even melt, if the engine was shut off immediately after sustained boost conditions where the turbocharger would "heat soak". A two minute cool down at idle allowed the turbocharger to dissipate any remaining spinning inertia, and the oil circulation cooled the bearing and prevented oil "coking" in the bearing area.

Turbochargers haven't used babbitt bearings for over 30 years, and today's oils resist coking. Synthetic oils won't coke, period. With a turbocharged gas engine, it's still good insurance to let the engine idle for 30 seconds to a minute to allow the turbo or turbos to dissipate any inertia and to cool the bearing area to prevent oil coking, especially if the engine has been worked hard just prior to shut-down. Of course, using quality synthetic oil eliminates this potential coking problem.

Today's turbo-diesels are a different story. There is really no reason to "cool down" a turbo-diesel these days, but you won't hurt anything by doing it either. You can still find people who swear you have to do it, but the myth is fading. Maybe they just like to sit and listen to the radio.

http://www.bankspower.com/techarticles/ ... -&-Fiction


Salam

*Yg nggak pake Turbo Timer*

High Quality lubricant is the First & foremost
jadi terlihat (berdasr postingan di atas) memang diperlukan menunggu mesin idle sebelum mesin dimatikan apabila mesin (mobil) dipakai untuk kondisi tertentu (kondisi tertentu ini yang masih ga jelas batasannya, terkesan relatif dan subjektif).

mengenai postingan om turboman, bagaimana kita tau itu high quality lubricant apa ga? data apa yang bisa menjadi garansi suatu lubricant itu high quality apa ga? simplenya, gimana cara tau (liatnya)?

kalo buat saya lagi pertanyaan berikutnya, berapa uang yang kita pergunakan dalam rentang waktu tertentu buat beli turbo timer plus penggunaan BBM saat mesin idle (menunggu sebelum dimatikan) dibanding dengan pembelian high quality lubircant dalam interval waktu tertentu alias cara mana yang lebih boros. ujung2nya buat saya, faktor penghematan yang dicari kalo memang fungsi (hasilnya) serupa dari dua cara yang berbeda.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by Turboman »

IMHO:
Utk perawatan mesin TurboDiesel, baik pake Turbo Timer maupun tanpa Turbo Timer, kalo ane pribadi sih tetap utk memprioritaskan penggunaan pelumas dgn VI yang tinggi, dalam hal ini minimal kelas Semi Synthetic atau yg VI nya 149 or more (kalau viskositas makin encer maka ane pilih yg VI-nya lebih tinggi lagi). Ganti filter oli setiap X ganti oli.

Sebab kalau Turbo sampai rusak biaya reparasi-nya mahal, bisa berjut-jut en bikin kepala benjut.....heheheheheh :mrgreen:

Juga saat parkir biasanya ane maju mundur dengan mainkan rem & Transmisi aja (R-N-D), mesin idle, jadi hitung2 udah idle 30 detik lebih sebelum mesin dimatikan.

Disclaimer : sekedar pendapat en sharing pribadi ajah yach

Tambahan info artikel2 penyebab kerusakan Turbo :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa

Semoga membantu

Salam
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by zweifellos »

Turboman wrote:IMHO:
Utk perawatan mesin TurboDiesel, baik pake Turbo Timer maupun tanpa Turbo Timer, kalo ane pribadi sih tetap utk memprioritaskan penggunaan pelumas dgn VI yang tinggi, dalam hal ini minimal kelas Semi Synthetic atau yg VI nya 149 or more (kalau viskositas makin encer maka ane pilih yg VI-nya lebih tinggi lagi)

Sebab kalau Turbo sampai rusak biaya reparasi-nya mahal, bisa berjut-jut en bikin kepala benjut.....heheheheheh :mrgreen:

Juga saat parkir biasanya ane maju mundur dengan mainkan rem & Transmisi aja (R-N-D), mesin idle, jadi hitung2 udah idle 30 detik lebih sebelum mesin dimatikan.

Disclaimer : sekedar pendapat en sharing pribadi ajah yach

Tambahan info artikel2 penyebab kerusakan Turbo :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa

Semoga membantu

Salam
thanks om turbo man atas info lubricantnya.

mengenai tipsnya nih, menarik nih. jadi maksudnya pas saat parkir kita ga perlu ngingjak gas, kan? tapi apakah memang tanpa menginjak gas mesin itu idle? kalo saya liat RPM di posisi D misalnya, itu sekitar 700-800 rpm.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
naldo

Re: kenapa pabrik mobil gak kasih TURBO TIMER ?

Post by naldo »

Asik, pakar turbo akhirnya dateng(om turboman). ehehehhe... :D

Saat parkir terang injek gas om.

Tapi turbo itu kan aktif di RPM tertentu(Turbo Lag), tidak langsung dari 1000RPM apa 1500RPM. Kaya diesel2 yang ada di indo, turbo baru aktif di 1800-2000RPM.

Jadi pas parkir or cari parkir or pas di komplek rumah kan kita ga ngebut2 n oper gigi di bawah 1800-2000RPM tersebut, nah itung2 itu panas turbo sudah terlepaskan n sudah di idle.

Makasih :big_peace: