Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Apr 16, 2010 13:18
Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Salam kenal...
saya mau konsul terkait dengan kondisi mobil saya..
mobil saya honda civic lx 1989..
begini...
setahu saya, ketika mobil panas, air ryang terdapat dalam radiator akan mengalir ke tampungan radiator karena tekanan. dan ketika dingin akan kembali ke radiator dari tampungan karena kevakuman dalam radiator. sebanyak yang akan disalurkan ke tampungan, sabanyak itu pula yang akan disedot kembali ke radiator.
nah, keadaan mobil saya mengalami kejanggalan pak..
ketika mesin panas, air dalam radiator bisa mengalir ke tampungan radiator.
tetapi ketika mesin dingin, air dalam tampungan radiator tidak bisa kembali ke radiator sehingga volume air dalam radiator berkurang.
pernah saya pergi ke luar kota (+/- 160 km) sambil melakukan eksperimen terkait kondisi radiator mobil saya.. sebelum pergi, saya cek kondisi radiator dan saya isi sampai penuh dan tampungan radiator saya isi sampai garis level max.
ketika sampai rumah (keadaan mesin mobil masih panas) saya lihat ketinggian air dalam tampungan berada pada 3 cm diatas garis level max.
keesokan harinya (keadaan mesin sudah dingin) saya cek kembali..
ketinggian air dalam tampungan masih tetap berada pada ketinggian 3 cm dari garis level max.. dan air dalam radiator berkurang..
ketika kelebihan air dalam tampungan radiator saya isikan pada radiator sampai penuh kembali, sisa air dalam tampungan kembali ke posisi level garis max (seperti kondisi setelah dicek sebelum pergi ke luar kota kemarin).
kenapa hal ini terjadi...??
pernah suatu saat, air radiator saya isi dan mesin saya start dengan tutup radiator terbuka, saya lihat air tidak meloncat keluar (berarti kondisi packing head ok!).
sebagai informasi,
1. suhu mesin normal (jarum ampere menunjukkan setengah kurang dikit).
2. packing head sudah diganti baru yang tentu saya sekalian dipapas silinder headnya.
3. kondisi radiator telah diservis (dikorok)
4. selang radiator maupun by pass telah diganti baru.
5. tutup radiator sudah saya ganti 2x dengan tutup merk ND asli.
6. kondisi fan radiator masih bagus (malah motor fan ac sudah saya replace dengan motor fan baru).
7. kondisi air dalam radiator bersih, tidak terkontaminasi oli.
Mohon masukannya... biar mobil saya bisa normal kembali...
Terima kasih...
Salam....
saya mau konsul terkait dengan kondisi mobil saya..
mobil saya honda civic lx 1989..
begini...
setahu saya, ketika mobil panas, air ryang terdapat dalam radiator akan mengalir ke tampungan radiator karena tekanan. dan ketika dingin akan kembali ke radiator dari tampungan karena kevakuman dalam radiator. sebanyak yang akan disalurkan ke tampungan, sabanyak itu pula yang akan disedot kembali ke radiator.
nah, keadaan mobil saya mengalami kejanggalan pak..
ketika mesin panas, air dalam radiator bisa mengalir ke tampungan radiator.
tetapi ketika mesin dingin, air dalam tampungan radiator tidak bisa kembali ke radiator sehingga volume air dalam radiator berkurang.
pernah saya pergi ke luar kota (+/- 160 km) sambil melakukan eksperimen terkait kondisi radiator mobil saya.. sebelum pergi, saya cek kondisi radiator dan saya isi sampai penuh dan tampungan radiator saya isi sampai garis level max.
ketika sampai rumah (keadaan mesin mobil masih panas) saya lihat ketinggian air dalam tampungan berada pada 3 cm diatas garis level max.
keesokan harinya (keadaan mesin sudah dingin) saya cek kembali..
ketinggian air dalam tampungan masih tetap berada pada ketinggian 3 cm dari garis level max.. dan air dalam radiator berkurang..
ketika kelebihan air dalam tampungan radiator saya isikan pada radiator sampai penuh kembali, sisa air dalam tampungan kembali ke posisi level garis max (seperti kondisi setelah dicek sebelum pergi ke luar kota kemarin).
kenapa hal ini terjadi...??
pernah suatu saat, air radiator saya isi dan mesin saya start dengan tutup radiator terbuka, saya lihat air tidak meloncat keluar (berarti kondisi packing head ok!).
sebagai informasi,
1. suhu mesin normal (jarum ampere menunjukkan setengah kurang dikit).
2. packing head sudah diganti baru yang tentu saya sekalian dipapas silinder headnya.
3. kondisi radiator telah diservis (dikorok)
4. selang radiator maupun by pass telah diganti baru.
5. tutup radiator sudah saya ganti 2x dengan tutup merk ND asli.
6. kondisi fan radiator masih bagus (malah motor fan ac sudah saya replace dengan motor fan baru).
7. kondisi air dalam radiator bersih, tidak terkontaminasi oli.
Mohon masukannya... biar mobil saya bisa normal kembali...
Terima kasih...
Salam....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
berarti masih bersyukur bahwa mobil tidak overheat ya oom ...
tutup radiator dah baru pak ND, kalu tutup tabung tampungannya gmana, apa bagus ? karena kalau menurut saya hanya masalah kevakuman or tekanan nya aja ...
kalu tutup radiator nya ga bagus pasti ada bekas rembesan nya di sekitar bawah tutup tersebut dan mesin biasanya jadi panas ...
water pump nya gmana oom, masih ok ?

tutup radiator dah baru pak ND, kalu tutup tabung tampungannya gmana, apa bagus ? karena kalau menurut saya hanya masalah kevakuman or tekanan nya aja ...
kalu tutup radiator nya ga bagus pasti ada bekas rembesan nya di sekitar bawah tutup tersebut dan mesin biasanya jadi panas ...
water pump nya gmana oom, masih ok ?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
itu tutup radiator yg diganti apa kah sama pressure nya dgn yg bawaan mobil ?... ND itu ada 2 jenis yg umum dijual setau ane... 0.9 dan 1.1 kpa....
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Biasanya ada yg bocor tuh bagian atas radiator atau slang ke reservoir. Kalo lagi panas, air di dorong ke reservoir. Kalo dingin, udara yg dihisap. Tapi airnya sama sekali nggak berkurang ya..? ikutbingung.com
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Saya sepakat menduga ada udara yang masuk / terperangkap di dalam saluran air pendinginnya.
Baiknya dicek krn emang berpotensi besar membuat overheat.
Baiknya dicek krn emang berpotensi besar membuat overheat.
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Apr 16, 2010 13:18
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
tutup radiator bagus (baru sih), merk ND 0,9...
Tutup tampungan radiator masih bagus dan semuanya ga ada tanda2 rembesan sih...
kira2 apanya ya????
Pusing nih...
Tutup tampungan radiator masih bagus dan semuanya ga ada tanda2 rembesan sih...
kira2 apanya ya????
Pusing nih...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
iya nih, masalah yg gampang2 susah memang...
ane jg nebak spt yg dibilang om uch itu,
yg intinya -->> ada kebocoran skitar tempat-duduk-tutup-radiator, konektor selang, sampai ke selang reservoir.
misalnya, ada lobang mikro di konektor selang....pas dorong air sih, enak2 aja...air partikelnya kan cukup padat, jd gak sempet belok ke kebocoran mikro itu...shg, ngalir lah air ke reseorvoir...
tp ketika hisap, krn partikel udara itu loose, maka energi hisapnya itu lbh memilih utk menghisap udara lewat kebocoran mikro itu, drpd menghisap air reservoir.
jadi, perlu ketelitian extra di jalur yg sbenarnrya cukup pendek ini
tutup ND baru...sebelum diganti baru, sudah begitukah? ....atau pas msh tutup yg lama, ok2 aja?
troubleshhoting yg enak:
- coba pinjem tutup civic LX punya teman yg terbukti bekerja dg normal.
- kalau bukan itu masalahnya, maka: lanjut, coba pinjem radiator punya teman yg terbukti kerja normal jg.
.

ane jg nebak spt yg dibilang om uch itu,
yg intinya -->> ada kebocoran skitar tempat-duduk-tutup-radiator, konektor selang, sampai ke selang reservoir.
misalnya, ada lobang mikro di konektor selang....pas dorong air sih, enak2 aja...air partikelnya kan cukup padat, jd gak sempet belok ke kebocoran mikro itu...shg, ngalir lah air ke reseorvoir...
tp ketika hisap, krn partikel udara itu loose, maka energi hisapnya itu lbh memilih utk menghisap udara lewat kebocoran mikro itu, drpd menghisap air reservoir.
jadi, perlu ketelitian extra di jalur yg sbenarnrya cukup pendek ini
tutup ND baru...sebelum diganti baru, sudah begitukah? ....atau pas msh tutup yg lama, ok2 aja?
troubleshhoting yg enak:
- coba pinjem tutup civic LX punya teman yg terbukti bekerja dg normal.
- kalau bukan itu masalahnya, maka: lanjut, coba pinjem radiator punya teman yg terbukti kerja normal jg.
.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Apr 14, 2010 0:49
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
kemungkinan kalo gak ada masalah sama waterpompnya berarti ada kebocoran pada radiatornya seperti dijelaskan di atas jadi tingkat kevakumannya berkurang sehingga air yg di reservoir tidak bisa ditarik masuk balik ke radiator, kalo hal ini memang yg terjadi bisa dilakukan pengecekan, turunkan radiator bawa ke tukang tambal ban, tutup semua lubang air di radiator, tiup deh pake kompresor angin dalam kondisi terendam air di bak, pasti keliatan kalo ada rembesan. kalo gak, berarti masalahnya bisa di pompanya atau vakumnya. btw tutupnya emang pake yg 0.9 ya jangan salah barnya loh...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
dah ada tindakan belum ?
gimana nih feedbacknya ?
.

gimana nih feedbacknya ?
.

-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Jan 12, 2012 1:37
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
gmn pak kurniawan Lxnya udah sembuh belum ..?
kasus yang melanda jenengan sama persis dengan yang saya alami, & ampe sekarang blm terpecahkan, ane jg pake civic LX 89, ane konsultasi kebengkel langganan katanya penyebabnya adalah
1. ada kebocoran di radiator
2. packing silinder keropos/ bocor jd air masuk ke mesin ,Hikz sedih
kasus yang melanda jenengan sama persis dengan yang saya alami, & ampe sekarang blm terpecahkan, ane jg pake civic LX 89, ane konsultasi kebengkel langganan katanya penyebabnya adalah
1. ada kebocoran di radiator
2. packing silinder keropos/ bocor jd air masuk ke mesin ,Hikz sedih
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
krn gak ada yg cerita masalah ini lagi, jd smapai skrg masalah kaya ginian masih menjadi misteri.... hyiiih hyih hyih hyih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
pasti tuh mobil gak pernah pakai coolant. jadi masalahnya aneh aneh....weleh weleh,,,,,,,,,,
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri May 10, 2019 11:41
- Location: Cianjur
- Daily Vehicle: Honda Jazz
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Sebelumnya salken ya bro Himawan
Kasus ini sama dg yg saya alami 3minggu lalu, selalu ada jalan keluar disetiap masalah. Ketika sudah pusing sana sini cari solusi ternyata thermostat bermasalah bro. Ada baret di kuningan nya yg meng indikasikan thermostat tidak bekerja dg baik. Maklum mobil udah tuirr bro lagian umur thermostat itu sendiri seyogyanya cuma 5thn. Coba bro buka thermostat nya dan liat secara fisik. Kalo ada baret brarti thermostat bengkok dan wajib ganti. Trus pas pengisian air coolant, harus digass di rpm 2500 sampe fan nyala 2x. Dijamin normal.
Kasus ini sama dg yg saya alami 3minggu lalu, selalu ada jalan keluar disetiap masalah. Ketika sudah pusing sana sini cari solusi ternyata thermostat bermasalah bro. Ada baret di kuningan nya yg meng indikasikan thermostat tidak bekerja dg baik. Maklum mobil udah tuirr bro lagian umur thermostat itu sendiri seyogyanya cuma 5thn. Coba bro buka thermostat nya dan liat secara fisik. Kalo ada baret brarti thermostat bengkok dan wajib ganti. Trus pas pengisian air coolant, harus digass di rpm 2500 sampe fan nyala 2x. Dijamin normal.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Aug 10, 2019 17:01
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel 2000
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Permisi agan, saya juga mau bertanya. mobil saya kijang lgx thn 2000. awalnya saya service dan bersihin radiator. tetapi setalah itu setalah berjalan sekitar 2-5 km dalam kondisi siang hari, air radiator berkurang tetapi malah reservoir cadangan yang penuh dan sampai tumpah. saya tanya montir katanya sudah ada keretakan di bagian deksel. tolong bantuan dan sarannya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Mon Jul 03, 2017 10:48
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: B-6619-ges
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Kasus saya hampir sama, Vios 2003 a/t.
Mesin panas, air di tabung cadangan naik. Begitu udah dingin, air cadangan berkurang. Tutup radiator dibuka, airnya tekor.
Radiator diisi lagi sampe full, dipake sampe mesin panas (extra fan nyala), air di tangki cadangan nambah. Begitu udah dingin, air di tabung cadangan berkurang, yg di radiator juga berkurang. Semakin jauh jarak tempuh, semakin banyak volume air yg hilang.
Oli gak ada indikasi kecampur air, gak ada residu karbon di tabung cadangan/di air radiator, gak ada rembes di blok mesin/di selang dsb.
BTW radiator baru.
Kalo mesin idup, air radiatornya ada gelembung.
Gasket silinder head retak/pecah ya? Itu air lari kemana ya? Apa mungkin head retak, airnya lari ke intake/exhaust manifold?
Mesin panas, air di tabung cadangan naik. Begitu udah dingin, air cadangan berkurang. Tutup radiator dibuka, airnya tekor.
Radiator diisi lagi sampe full, dipake sampe mesin panas (extra fan nyala), air di tangki cadangan nambah. Begitu udah dingin, air di tabung cadangan berkurang, yg di radiator juga berkurang. Semakin jauh jarak tempuh, semakin banyak volume air yg hilang.
Oli gak ada indikasi kecampur air, gak ada residu karbon di tabung cadangan/di air radiator, gak ada rembes di blok mesin/di selang dsb.
BTW radiator baru.
Kalo mesin idup, air radiatornya ada gelembung.
Gasket silinder head retak/pecah ya? Itu air lari kemana ya? Apa mungkin head retak, airnya lari ke intake/exhaust manifold?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Bisa jadi emang head gasket udah bocor karena umurTennoheika wrote: Sun Oct 13, 2019 16:56 Kasus saya hampir sama, Vios 2003 a/t.
Mesin panas, air di tabung cadangan naik. Begitu udah dingin, air cadangan berkurang. Tutup radiator dibuka, airnya tekor.
Radiator diisi lagi sampe full, dipake sampe mesin panas (extra fan nyala), air di tangki cadangan nambah. Begitu udah dingin, air di tabung cadangan berkurang, yg di radiator juga berkurang. Semakin jauh jarak tempuh, semakin banyak volume air yg hilang.
Oli gak ada indikasi kecampur air, gak ada residu karbon di tabung cadangan/di air radiator, gak ada rembes di blok mesin/di selang dsb.
BTW radiator baru.
Kalo mesin idup, air radiatornya ada gelembung.
Gasket silinder head retak/pecah ya? Itu air lari kemana ya? Apa mungkin head retak, airnya lari ke intake/exhaust manifold?
Air bisa aja masuk ke ruang bakar walaupun dikit
Coba cek asap putih ga
Selama ini pake coolant apa air biasa om???
Kijang diesel yaagussinaga6 wrote: Sat Aug 10, 2019 17:19 Permisi agan, saya juga mau bertanya. mobil saya kijang lgx thn 2000. awalnya saya service dan bersihin radiator. tetapi setalah itu setalah berjalan sekitar 2-5 km dalam kondisi siang hari, air radiator berkurang tetapi malah reservoir cadangan yang penuh dan sampai tumpah. saya tanya montir katanya sudah ada keretakan di bagian deksel. tolong bantuan dan sarannya
Denger2 emang suka retak rambut itu kepala silinder kalo jarak tempuh udah jauh
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Pagi para suhu.
Adakah yang pernah memakai cairan prestone no leak untuk mengatasi masalah kebocoran sistem pendinginan mobil?
Atau ada yg pernah pakai cairan khusus untuk mendeteksi letak kebocoran?
Adakah yang pernah memakai cairan prestone no leak untuk mengatasi masalah kebocoran sistem pendinginan mobil?
Atau ada yg pernah pakai cairan khusus untuk mendeteksi letak kebocoran?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
saya pernah pake...cuma karena ga pede...saya ga tuang sebotol penuh ke radiatornewcity_vtec wrote: Fri Oct 18, 2019 1:57 Pagi para suhu.
Adakah yang pernah memakai cairan prestone no leak untuk mengatasi masalah kebocoran sistem pendinginan mobil?
Atau ada yg pernah pakai cairan khusus untuk mendeteksi letak kebocoran?
kalo googling..agak ga di recommend pake no leak ini ke radiator karena kl salah prosedur/radiator kotor malah bikin buntu
untuk cek bocor..saran saya isi coolant pake yg ijo..mudah2an terlihat netes dr mana
atau dulu bengkel saya pernah lakukan, cabut selang yg ke arah botol reservoir, kasi tekanan angin ke arah radiator (ati2 jangan gede2), tar kan selang2 pada ngembang..nah ketahuan dr mana netesnya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Om @MSU jadi pakai presure test ya buat mengetahui kebocoran radiatornya dimana saja.
Trims om atas infonya
Trims om atas infonya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
newcity_vtec wrote: Fri Oct 18, 2019 5:28 Om @MSU jadi pakai presure test ya buat mengetahui kebocoran radiatornya dimana saja.
Trims om atas infonya
satu-satunya alat untuk periksa kebocoran radiator adalah mata.
bocor halus pun pasti akan ada jejaknya dimanapun letak kebocorannya. tinggal mata mau teliti melihat atau tidak jejak coolant yang tertinggal.
periksa mulai dari yang termudah ;
- tutup radiator
- tutup tabung reservoir
- setiap sambungan selang
- radiator
- dst...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Trims om atas infonya.
Akan saya coba.
Akan saya coba.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Mon Jul 03, 2017 10:48
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: B-6619-ges
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Bisa jadi emang head gasket udah bocor karena umur
Air bisa aja masuk ke ruang bakar walaupun dikit
Coba cek asap putih ga
Selama ini pake coolant apa air biasa om???
Pake coolant om..
Akhirnya saya nekad tembak angin dari port selang di deket tutup radiator (posisi radiator isinya hampir penuh & tutup radiator terpasang tekanan angin max 15 psi) ternyata ada rembes di paking water pump sama tutup thermostat. Benerin sendiri, plus ternyata gak ada thermostatnya, dibeliin juga.
Dari radiator bekas saya potong bagian tutupnya, dimodifikasi dan dikasih pressure gauge buat jadi alat tes tutup radiator, pake ditembak angin. Tutup radiator baru ternyata buka di 18 psi yg ada angkanya 1.1 Saya pake lagi tutup radiator yg lama yg ada angka 0.8, klo gak salah buka di 13 psi soalnya pikir punya pikir ini mobil tua, klo 18 psi takut jebol di paking head atau dimana lah...
Sekarang klo mesin panas, air radiator di tabung penampungan bertambah, klo mesin dingin berkurang balik lagi ke radiator (sebagaimana seharusnya).
Cuma di tabung penampungan klo pake jarak jauh, nanti begitu mesin dingin keliatan berkurang airnya.
Terakhir test dari tangerang ke puncak, pulangnya lewat Cianjur-Jonggol-cileungsi yg waktu puncak macet parah itu, sampe rumah begitu mesin dingin air di tabung penampungan berkurang sekitar 1 cm. Ya sabar2 aja dah sering2 cek tabung penampungan.
Kesimpulannya kasus saya ada rembes di paking water pump sama tutup thermostat + pernah tutup karet selang buntunya sobek.
Air bisa aja masuk ke ruang bakar walaupun dikit
Coba cek asap putih ga
Selama ini pake coolant apa air biasa om???
Pake coolant om..
Akhirnya saya nekad tembak angin dari port selang di deket tutup radiator (posisi radiator isinya hampir penuh & tutup radiator terpasang tekanan angin max 15 psi) ternyata ada rembes di paking water pump sama tutup thermostat. Benerin sendiri, plus ternyata gak ada thermostatnya, dibeliin juga.
Dari radiator bekas saya potong bagian tutupnya, dimodifikasi dan dikasih pressure gauge buat jadi alat tes tutup radiator, pake ditembak angin. Tutup radiator baru ternyata buka di 18 psi yg ada angkanya 1.1 Saya pake lagi tutup radiator yg lama yg ada angka 0.8, klo gak salah buka di 13 psi soalnya pikir punya pikir ini mobil tua, klo 18 psi takut jebol di paking head atau dimana lah...
Sekarang klo mesin panas, air radiator di tabung penampungan bertambah, klo mesin dingin berkurang balik lagi ke radiator (sebagaimana seharusnya).
Cuma di tabung penampungan klo pake jarak jauh, nanti begitu mesin dingin keliatan berkurang airnya.
Terakhir test dari tangerang ke puncak, pulangnya lewat Cianjur-Jonggol-cileungsi yg waktu puncak macet parah itu, sampe rumah begitu mesin dingin air di tabung penampungan berkurang sekitar 1 cm. Ya sabar2 aja dah sering2 cek tabung penampungan.
Kesimpulannya kasus saya ada rembes di paking water pump sama tutup thermostat + pernah tutup karet selang buntunya sobek.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
- Location: cengkareng
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Setau saya YouTube di chrisfix pernah ada vid coolant yang kl kena lampu uv bs berwarna untuk cek ada leakage apa ga. Cb de gan kali aja di indo ada 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator
Oot dr topik sebelumnya, kalau cek rembes coolant sih selama pake coolant yg warnanya pekat cem prestone sih mudah terlihat jejak yg udah mengeringnya kok...Auanz wrote: Wed Dec 11, 2019 11:47 Setau saya YouTube di chrisfix pernah ada vid coolant yang kl kena lampu uv bs berwarna untuk cek ada leakage apa ga. Cb de gan kali aja di indo ada![]()
Kalau rembes komponen ac, nah mau gamau mesti pake compre oil yg ada UV sensitive dye.
