kualitas bensin premium semakin buruk
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
kalo ngutip berita di kompas.com
http://otomotif.kompas.com/read/2010/07 ... nya.Tinggi.
kalo gak salah mengartikan, berarti u/mobil yg FP diluar cenderung gak da masalah dong om?CMIIW.....
maklum masih awam nih dg mesin....
http://otomotif.kompas.com/read/2010/07 ... nya.Tinggi.
kalo gak salah mengartikan, berarti u/mobil yg FP diluar cenderung gak da masalah dong om?CMIIW.....
maklum masih awam nih dg mesin....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3455
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
jalu wrote:ada pak...mobil2 yang pake karbu posisi fuel pumpnya diluar tangki....Andrian wrote:Om...
mw nanya nih...
Fuel pump kan posisinya kerendem di tangki bahan bakar ya?
kata temen saya, ada kok mobil yg gak Fuel pumpny gak kerendem.
Nah lho....!!! saya jd bingung nih...
mangnya ada mobil yg fuel pumpny gak kerendem?
elektrik (rotak)
mekanik
Hiii... kakak pembina(sa) ke mana2 bawa pentungan.jalu wrote:meski tanpa diconfirm kt pentungin aja dulu................
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Jul 22, 2010 13:20
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Yang pake Premium atau Pertamax sebaiknya dikuras tankinya dan ganti ke Shell,
Gw pake Pertamax, dan Fuel Pump mobil Honda Freed gw yg pembelian bulan Mei 2010 (baru umur 2 bulan) pagi ini jebol, mobil mogok sama sekali.
Panggil Honda service ke rumah, tp mogoknya di pinggir jalan, jd tadi benerin di pinggir jalan.
Part tidak ada di Honda, untung (masih untung pula..).. gw masih simpan FP bekas Jazz gw dulu yg orang bengkel (bukan Beres) bilang sudah lemah, tp ternyata masih bagus, barusan di ganti ke FP nya bekas jazz dan mobil langsung hidup.
FP yg rusak di test jumper ke aki, motornya ga mau putar, 100% Fuel Pump jebol.
Ini fotonya, gw potret pake BB yg ga high resolusion, sorry.
Image
bro kesha, itu mogoknya didaerah cengkareng komp daan mogot baru yeh? soalnya jalan setapaknya familiar rasanya, tinggal daerah sekitar yah
turut prihatin atas kejadian yg menimpa, mobil ane kebetulan jazz gen 1 idsi matic. jadi was was ada kejadian gini, soalnya terakhir isi tangki full premium rasanya mobil agak bergetar
Image
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
tadi pagi, sembari berangkat ke markas kopi pondok gede, ....saya mampir ke Ace....mencari2 Red Line S-1 Complete Fuel System Cleaner... menuruti anjuran pak Turboman yg (selalu) baik.... yg ditulis di thread http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 63#p405663€lj€p€ wrote:afatchur wrote:Ada info di milis Baleno kalau kualitas bensin premium (yang tidak premium babar blas) semakin memburuk, merusak fuel pump . dua bulan lalu Baleno ane juga ganti fuel pump. kayaknya ini memang disengaja supaya pindah ke pertamax
agam
m: ajat sudrajat <[email protected]>
Date: Thu, 15 Jul 2010 08:52:45
To: <[email protected]>
Reply-To: [email protected]
Subject: [baleno] Ada apa dengan premium ..?
Di Panca Julang kata Marcel bulan ini aja ada 3 Escudo XL7 yg ganti fuel pump
padahal mobil ini termasuk yg bandel fuel pump nya.
Salam
Ajat
BCI 247
Kemarin mobil saya (XL_7) sempat mbrebet dan mesin goncang juga waktu berhenti di lampu merah. Lalu cepat-2 saya injak gas. Padahal tahun lalu saya baru saja ganti Fuel Pump. Wah harus cepat-2 isi Pertamax nih.. Untung sudah jarang pakai mobil. Kalau Honda Freed dan Toyota Camry nya sudah sejak lahir pakai Pertamax / Shell.
sangat dag dig dug, krn baru semalem isi premium 30 literan...
dag dig dug, berharap semoga belom terlambat ngasih pelumas tambahan itu ke dlm bensin.....
akhirnyaaa, terlihatlah itu Red Line di jajaran rak....!
lsg samber deh....bayar, trus lari pontang-panting ke parkiran, ...dan lansgung diisiin semuanya ke tangki !
lansgungggg berasa legaaaaa....!
nah, ntar kalau ternyata hipotesis pak Turboman itu keliru, tinggal di class action saja dia. ...heheee
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
salah satunya SL ane.... kagak ada bunyi tik tik tik... atau tek tek tek... tuk tuk tuk.... tak tak tak... ataupun tok tok tok.... ketika kontak di on...uch wrote:CMIIW, salah satu nya mobil Daihatsu espas yg model lama. Pernah saya tanya ke montirnya, koq mobil ini nggak ada bunyi tik...tik..tik.., kayak suara "rotax" kijang sesaat sebelum starter. Jawab montirnya, mobil ini nggak pake fuel pump, tapi sistem vacum. Ciri khas mobil yg nggak pake fuel pump, starternya relatif lebih panjang.. (katanya).jalu wrote:itu mobil apa pak ??uch wrote: Kalo nggak salah (CMIIW), mobil karbu ada yg nggak pake fuel pump. Tapi memanfaatkan vacum mesin untuk nyedot bbm dari tangki. Dijamin awet tuh FP nya, lha wong nggak punya....
Kalo saya salah, salahkan montirnya ya... hua...ha..ha.. (ngeles).
tapi ya itu, kalo mau greng pas starter, harus dikocok2 gasnya biar bensinnya muncrat di karbu....
abis itu langsung greng dah....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Jul 20, 2010 8:49
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
andrei arshavin wrote:Image
bro kesha, itu mogoknya didaerah cengkareng komp daan mogot baru yeh? soalnya jalan setapaknya familiar rasanya, tinggal daerah sekitar yah
turut prihatin atas kejadian yg menimpa, mobil ane kebetulan jazz gen 1 idsi matic. jadi was was ada kejadian gini, soalnya terakhir isi tangki full premium rasanya mobil agak bergetar
Image
Bro, salam kenal ya..
benar sekali, saya tinggalnya di Perumahan Daan Mogot.
Mogoknya pas baru keluar dari satpam, pagi2.
Jd paranoid ya sama premium?
Baiknya sih, sementara isi Shell aja dulu.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Jul 20, 2010 8:49
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Makin mencurigakan saja kualitas Premium, karena Premium itu bukan produksi Pertamina tapi import.
Pasti import cari yg paling murah, seperti info dari pemilik salah satu POM Bensin (kenalan), Premium import kadang dari Vietnam, kadang dari China dll..
http://oto.detik.com/read/2010/07/22/20 ... abodetabek
"Evita menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan Premium di dalam negeri, Pertamina memang masih melakukan impor dari luar negeri yang rata-rata memiliki oktan di atas 88.
"Kita kan tahu, selama ini kalau 88 tidak ada, kekurangannya kita impor. Nah impor itu kadang-kadang tidak pas 88, tapi bisa lebih tinggi. Jadi yang biasanya pakai impor, kesannya 88 lebih rendah," paparnya."
Pasti import cari yg paling murah, seperti info dari pemilik salah satu POM Bensin (kenalan), Premium import kadang dari Vietnam, kadang dari China dll..
http://oto.detik.com/read/2010/07/22/20 ... abodetabek
"Evita menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan Premium di dalam negeri, Pertamina memang masih melakukan impor dari luar negeri yang rata-rata memiliki oktan di atas 88.
"Kita kan tahu, selama ini kalau 88 tidak ada, kekurangannya kita impor. Nah impor itu kadang-kadang tidak pas 88, tapi bisa lebih tinggi. Jadi yang biasanya pakai impor, kesannya 88 lebih rendah," paparnya."
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
saya mencoba isi premium (biasanya pertamax plus), di baleno nextG saya hari ini. iseng2 karena sudah Empty. so, sejauh ini seharian saya pake belum ada tanda2 aneh... karena isi full tank, hehehe mari kita coba liat... moga2 kelakuan nekat saya ga berbuah kesialan... wkwkwkwk!
kalo besok2 mesin saya ndut2an, saya juga mau pontang panting kayak pak andy ah... wakakakakaka! kayaknya seru.
kalo besok2 mesin saya ndut2an, saya juga mau pontang panting kayak pak andy ah... wakakakakaka! kayaknya seru.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Jul 20, 2010 8:49
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
bro momod, saya sudah jd korban Pertamina kok, mobil baru berumur 2 bulan dah jebol FP nya.
Tp boleh jg kalo mau coba2, cuma saya pikir masalahnya tidak langsung terjadi saat pakai 1 tanki, di test 2 minggu atau 1 bulan, setelah berkali2 isi, baru ketauan FP nya bakal jebol.
Tp boleh jg kalo mau coba2, cuma saya pikir masalahnya tidak langsung terjadi saat pakai 1 tanki, di test 2 minggu atau 1 bulan, setelah berkali2 isi, baru ketauan FP nya bakal jebol.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 345
- Joined: Tue Sep 16, 2008 11:54
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
PERTAMAX PLUS MENGECEWAKAN
KENAIKAN BBM SEBENARNYA tak perlu terjadi jika kadar bensin yang beredar sekarang sami mawon dari tahun ke tahun. Pasalnya bikin gerah baru ketahuan, Pertamina Plus kadar murninya Cuma 75%. Selebihnya mengandung unsur kimia yang celakanya justru merusak mesin. Ini hasil analisa yang dilakukan sebuah laboratorium kimia terkemuka di Jakarta melaporkan, kualitas Pertamax Plus sangan mengecewakan.
Bayangkan angka oktan (RON) yang mestinya 94, kennyataannya hanya 93.2. Tes vapour pressure @ 100 F hasilnya 51.7 Kpa padahal spek sesungguhnya 62 Kpa. Apesnya lagi yang menjadi biang keladi timbulnya sludge oil (lendir oli) berasal dari kandungan existentgum yang amat sangat tinggi 19.4 Mg/100 ml, atau hampir 5 kali lipat dari spesifikasi batas normal 4.0 mg/100 ml.
Pantas saja bila BMW dan VM merasa dirugikan. Pasalnya, efek sisa pembakaran yang menyelinap lewat celah dinding piston dan masuk ke karter (oil pan). Material ini pula merusak unsur kimia oli. Hal itu pula menyebabkan minyak pelumas berubah menjadi ‘lumpur’ yang kental, berlendir dan lengket (sludge oil).
Efek lanjutan, terjadi engine failure, lantaran klep patah atau crankase macet. “Penyebabnya ya berasal dari lendir (gel) oli yang mengendap di oil pan,†jelas Ardiansyah Laode, technical & trainer PT. Car and Cars Indonesia.
Emisi Gas Buang
Bagi Peugeot, kadar emisi gas buang mendapat perhatian cukup serius. Makanya, ATPM ini mengimbau Peugeot hanya diberi minum Pertamax atau Pertamax Plus. Bila pakai BBM oktan rendah, proses pembakaran tak sempurna, gas buangnya tidak bersahabat dengan alam.
TIDAK MENGANJURKAN, TIDAK MELARANG
Mesin Bisa Disetting
Karena konsumen ingin pakai Premium, ATPM kadang tidak bisa berbuat banyak. Mereka hanya bisa melakukan setting ignition timing agar mesin tak knockin/ngelitik. Selama hal itu tidak terjadi, mesin tak masalah. Meski harus disadari, performa turun.
Emangnya Mobil Siapa?
Jika konsumen ngotot seperti itu, ATPM sama sekali tak berdaya. Meski telah dianjurkan, disarankan atau bahkan diwajibkan pakai BBM oktan tinggi, bila pemilik mobil ingin pakai Premium?
Belum Terbukti Merugikan
Sampai saat ini penggunaan Premium belum menunjukkan bukti signifikan merusak mesin. Baik secara empiris, maupun secara teknis. ATPM yang menjawab begini yakin asal mesin mesin tidak ngelitik, mesin tidak problem. Secara logika memang begitu, kan?
Boleh Kalau Kepepet
Namanya juga kepepet, minum Premium boleh saja. Meski begitu, ATPM yang menjawab begini tetap berharap agar pemilik mobil memberi mobilnya BBM sesuai ketentuan. Buat pemilik mobil, ya jangan keterusan mengatasnamakan kepepet, padahal sebenarnya tidak kan. Benar juga ya, masak kepepet setiap hari? Itu namany kepepet niat!
NO PROBLEM, SILAKAN MINUM PREMIUM
Yang Salah Bukan Nilai Oktan
Yang bikin rusak mesin, bukan nilai oktan. Tapi ngelitik atau detonasi yang tidak tepat waktu. Pakai Premium tak masalah, selama mesin tidak knocking.
Tidak Ada Keluhan Teknis
Hampir tak ada kelukan teknis terdengar dari pemilik yang memberi Premium pada mobilnya. Yang dikeluhkan hanya tarikan lebih lambat dan sedikit lebih boros. Pemilik sadar penurunan ini sebagai konsekuensi menggunakan BBM lebih murah dari Pertamax atau Pertamax Plus.
Bisa Lebih Murah, Kenapa Pilih Lebih Mahal
Atas nama efisiensi, masuk akal juga pendapat ATPM yang menyarankan mobilnya diberi Premium. Toh, mereka yakin tidak ada pengaruh teknis penggunaan Premium pada mesin modern.
Banyak Kiat Beralih Ke Premium
Hampir semua bengkel non-resmi, bisa mengakali perubahan dari Pertamax ke Premium. Many ways to Rome. Ada yang menyiasatinya dengan memundurkan timing pengapian, memasang piggyback, polis portning hingga tune-up blue print. Detailnya ada di halaman 52.
RESIDU MENGGEROGOTI OKTAN
BICARA KUALITAS BENSIN, mestinya bukan hanya soal nilai oktan yang jadi perhatian. Residu atau kotoran di dalam bahan bakar sebenarnya sama jahatnya terhadap mesin. Dan secara tidak langsung kotoran itu, menggerogoti angka oktan bahan bakar. Kotoran disini mohon tidak diartikan sesuatu yang besar. Residu di sini berupa partikel yang tidak tertangkap mata telanjang dan punya sifat tidak bisa bersenyawa dengan bensin.
Ini yang terjadi pada bensin kita. Banyak orang menuduh oktan Pertamax yang dibelinya buruk lantaran mesinnya ngelitik. Dakwaan itu bisa saja salah alamat, karena biang keladinya bukan oktan tapi kotoran itu tadi. “Proses pembakaran terhambat gejalanya mirip oktan rendah,†jelas Colin Lantung seorang pakar bahan bakar. “Mau pakai bensin beroktan setinggi apapun, kalu bbm-nya kotor, performa mobil tetap saja memble.â€Â
Menghadapi kasus seperti ini yang dibutuhkan bukan octane booster. Tapi fuel additif. Cairan ini akan ‘menyehatkan’ dan ‘membersihkan’ bensin hingga terbebas dari kotoran. Setelah bbm kembali pada kondisi semula dan ‘siap pakai;, silakan saja kalau mau ditambah octane booster.
Sumber Majalah : Majalah Top Gear Edisi April 2005. / Hal : 49
KENAIKAN BBM SEBENARNYA tak perlu terjadi jika kadar bensin yang beredar sekarang sami mawon dari tahun ke tahun. Pasalnya bikin gerah baru ketahuan, Pertamina Plus kadar murninya Cuma 75%. Selebihnya mengandung unsur kimia yang celakanya justru merusak mesin. Ini hasil analisa yang dilakukan sebuah laboratorium kimia terkemuka di Jakarta melaporkan, kualitas Pertamax Plus sangan mengecewakan.
Bayangkan angka oktan (RON) yang mestinya 94, kennyataannya hanya 93.2. Tes vapour pressure @ 100 F hasilnya 51.7 Kpa padahal spek sesungguhnya 62 Kpa. Apesnya lagi yang menjadi biang keladi timbulnya sludge oil (lendir oli) berasal dari kandungan existentgum yang amat sangat tinggi 19.4 Mg/100 ml, atau hampir 5 kali lipat dari spesifikasi batas normal 4.0 mg/100 ml.
Pantas saja bila BMW dan VM merasa dirugikan. Pasalnya, efek sisa pembakaran yang menyelinap lewat celah dinding piston dan masuk ke karter (oil pan). Material ini pula merusak unsur kimia oli. Hal itu pula menyebabkan minyak pelumas berubah menjadi ‘lumpur’ yang kental, berlendir dan lengket (sludge oil).
Efek lanjutan, terjadi engine failure, lantaran klep patah atau crankase macet. “Penyebabnya ya berasal dari lendir (gel) oli yang mengendap di oil pan,†jelas Ardiansyah Laode, technical & trainer PT. Car and Cars Indonesia.
Emisi Gas Buang
Bagi Peugeot, kadar emisi gas buang mendapat perhatian cukup serius. Makanya, ATPM ini mengimbau Peugeot hanya diberi minum Pertamax atau Pertamax Plus. Bila pakai BBM oktan rendah, proses pembakaran tak sempurna, gas buangnya tidak bersahabat dengan alam.
TIDAK MENGANJURKAN, TIDAK MELARANG
Mesin Bisa Disetting
Karena konsumen ingin pakai Premium, ATPM kadang tidak bisa berbuat banyak. Mereka hanya bisa melakukan setting ignition timing agar mesin tak knockin/ngelitik. Selama hal itu tidak terjadi, mesin tak masalah. Meski harus disadari, performa turun.
Emangnya Mobil Siapa?
Jika konsumen ngotot seperti itu, ATPM sama sekali tak berdaya. Meski telah dianjurkan, disarankan atau bahkan diwajibkan pakai BBM oktan tinggi, bila pemilik mobil ingin pakai Premium?
Belum Terbukti Merugikan
Sampai saat ini penggunaan Premium belum menunjukkan bukti signifikan merusak mesin. Baik secara empiris, maupun secara teknis. ATPM yang menjawab begini yakin asal mesin mesin tidak ngelitik, mesin tidak problem. Secara logika memang begitu, kan?
Boleh Kalau Kepepet
Namanya juga kepepet, minum Premium boleh saja. Meski begitu, ATPM yang menjawab begini tetap berharap agar pemilik mobil memberi mobilnya BBM sesuai ketentuan. Buat pemilik mobil, ya jangan keterusan mengatasnamakan kepepet, padahal sebenarnya tidak kan. Benar juga ya, masak kepepet setiap hari? Itu namany kepepet niat!
NO PROBLEM, SILAKAN MINUM PREMIUM
Yang Salah Bukan Nilai Oktan
Yang bikin rusak mesin, bukan nilai oktan. Tapi ngelitik atau detonasi yang tidak tepat waktu. Pakai Premium tak masalah, selama mesin tidak knocking.
Tidak Ada Keluhan Teknis
Hampir tak ada kelukan teknis terdengar dari pemilik yang memberi Premium pada mobilnya. Yang dikeluhkan hanya tarikan lebih lambat dan sedikit lebih boros. Pemilik sadar penurunan ini sebagai konsekuensi menggunakan BBM lebih murah dari Pertamax atau Pertamax Plus.
Bisa Lebih Murah, Kenapa Pilih Lebih Mahal
Atas nama efisiensi, masuk akal juga pendapat ATPM yang menyarankan mobilnya diberi Premium. Toh, mereka yakin tidak ada pengaruh teknis penggunaan Premium pada mesin modern.
Banyak Kiat Beralih Ke Premium
Hampir semua bengkel non-resmi, bisa mengakali perubahan dari Pertamax ke Premium. Many ways to Rome. Ada yang menyiasatinya dengan memundurkan timing pengapian, memasang piggyback, polis portning hingga tune-up blue print. Detailnya ada di halaman 52.
RESIDU MENGGEROGOTI OKTAN
BICARA KUALITAS BENSIN, mestinya bukan hanya soal nilai oktan yang jadi perhatian. Residu atau kotoran di dalam bahan bakar sebenarnya sama jahatnya terhadap mesin. Dan secara tidak langsung kotoran itu, menggerogoti angka oktan bahan bakar. Kotoran disini mohon tidak diartikan sesuatu yang besar. Residu di sini berupa partikel yang tidak tertangkap mata telanjang dan punya sifat tidak bisa bersenyawa dengan bensin.
Ini yang terjadi pada bensin kita. Banyak orang menuduh oktan Pertamax yang dibelinya buruk lantaran mesinnya ngelitik. Dakwaan itu bisa saja salah alamat, karena biang keladinya bukan oktan tapi kotoran itu tadi. “Proses pembakaran terhambat gejalanya mirip oktan rendah,†jelas Colin Lantung seorang pakar bahan bakar. “Mau pakai bensin beroktan setinggi apapun, kalu bbm-nya kotor, performa mobil tetap saja memble.â€Â
Menghadapi kasus seperti ini yang dibutuhkan bukan octane booster. Tapi fuel additif. Cairan ini akan ‘menyehatkan’ dan ‘membersihkan’ bensin hingga terbebas dari kotoran. Setelah bbm kembali pada kondisi semula dan ‘siap pakai;, silakan saja kalau mau ditambah octane booster.
Sumber Majalah : Majalah Top Gear Edisi April 2005. / Hal : 49
NORIVAL ENERGY FUEL ENHANCER, cukup 2 tetes per liter BBM anda mendapat IRIT, PERFORMA MANTAP SPONTAN, PERAWATAN RUANG BAKAR. www.mynorival.com.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 345
- Joined: Tue Sep 16, 2008 11:54
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
BBM beroktan tinggi gak selalu berarti aman. Kotoran2 itu perlu di perhatikan. kalo memang bensin ber oktan tinggi selalu aman...mengapa pada tangki masi ada jamur kerak ? bunker penyimpanan BBM dari oktan rendah sampe tinggi berpengaruh pada mutu BBM itu sendiri. bila bersih dan tidak ada kotoran....mutu BBM apapun bisa terjaga.
NORIVAL ENERGY FUEL ENHANCER, cukup 2 tetes per liter BBM anda mendapat IRIT, PERFORMA MANTAP SPONTAN, PERAWATAN RUANG BAKAR. www.mynorival.com.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
saya mendoakan pak poetic....poeticmind wrote:saya mencoba isi premium (biasanya pertamax plus), di baleno nextG saya hari ini. iseng2 karena sudah Empty. so, sejauh ini seharian saya pake belum ada tanda2 aneh... karena isi full tank, hehehe mari kita coba liat... moga2 kelakuan nekat saya ga berbuah kesialan... wkwkwkwk!
kalo besok2 mesin saya ndut2an, saya juga mau pontang panting kayak pak andy ah... wakakakakaka! kayaknya seru.
.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Wah, bro Poetic ini kayaknya suka ke Genting Highland nih, berjudi dg taruhan mahal hehehe Mobil ane sebenanrya hanya dipakai weekend atau kalau istri ada keperluan. Ane sehari-hari pakai kereta api. Jadi frekuensi isi bensin tidak banyak. Tapi cepat juga itu bensin Premium non premium merusak fuel pump ane.
Btw, premium itu kan artinya uang lebih yg dibayarkan krn ada keistimewaan/sesuatu yg dicari. Premium menunjukkan kelas tinggi. Tapi dalam kasus bensin Premium sbg merek dagang Pertamina, artinya kita harus keluar uang lebih buat beli fuel pump. Anjrootttttt
Btw, premium itu kan artinya uang lebih yg dibayarkan krn ada keistimewaan/sesuatu yg dicari. Premium menunjukkan kelas tinggi. Tapi dalam kasus bensin Premium sbg merek dagang Pertamina, artinya kita harus keluar uang lebih buat beli fuel pump. Anjrootttttt
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Hanya mukjizat yang bisa selamatkan dia sekarang .......
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Jul 22, 2010 10:46
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
salam kenal jg om., wah kalo rusaknya minggu lalu msh di garansi tuh, kata temen ogut honda baru keluarin memo minggu ini, n bengkelnya nakal rubah tanggal klaim lbh lambat jd masuk ke tgl berlaku memo itu
ini temen ogut lg ributin sama honda kalo gak di ganti mau msk koran katanya
payah jg toko sparepart masak blg crv dan jazz punya gak bisa pake ke freed..
ada rekomendasi toko sparepart di kemayoran atau atrium?
tks infonya yah..
ini temen ogut lg ributin sama honda kalo gak di ganti mau msk koran katanya
payah jg toko sparepart masak blg crv dan jazz punya gak bisa pake ke freed..
ada rekomendasi toko sparepart di kemayoran atau atrium?
tks infonya yah..
kesha wrote:Om Teddy, salam kenal.teddym wrote:salam kenal om, bantuin temen nich fp nya KO jg, kata toko sparepart gak bisa pake fp jazz..boleh tahu apa ada bbrp macam type jazz, ini jazz yg mana?
itu apa cocok buat darurat aja (mungkin pressure lbh kecil ,dll) atau bisa long time?
tks
teddy
Fuel Pump saya bekas Jazz IDSI thn 2004.
Dulu, 2 tahun yg lalu, FP ini main di ganti aja dengan yg baru sama bengkel umum, pdhal saringannya yg kotor, FP ga kenapa2.
Saya omel2in si bengkelnya, sambil bawa pulang part bekasnya...
Ternyata...
sangat berguna dikemudian hari, tepatnya hari ini, dosa deh sama si empunya bengkel hehe...
FP Jazz ini sama persis dengan FP nya Freed, sepertinya sama juga dengan City dll.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Jul 22, 2010 10:46
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
teddym wrote:salam kenal jg om., wah kalo rusaknya minggu lalu msh di garansi tuh, kata temen ogut honda baru keluarin memo minggu ini, n bengkelnya nakal rubah tanggal klaim lbh lambat jd masuk ke tgl berlaku memo itu
ini temen ogut lg ributin sama honda kalo gak di ganti mau msk koran katanya
payah jg toko sparepart masak blg crv dan jazz punya gak bisa pake ke freed..
ada rekomendasi toko sparepart di kemayoran atau atrium?
satu lagi om, itu harga fp jazz brp yah belinya?
foto fp yg jazz n freed yg mana yah...(ini dua pertanyaan donk)
tks infonya yah..
kesha wrote:Om Teddy, salam kenal.teddym wrote:salam kenal om, bantuin temen nich fp nya KO jg, kata toko sparepart gak bisa pake fp jazz..boleh tahu apa ada bbrp macam type jazz, ini jazz yg mana?
itu apa cocok buat darurat aja (mungkin pressure lbh kecil ,dll) atau bisa long time?
tks
teddy
Fuel Pump saya bekas Jazz IDSI thn 2004.
Dulu, 2 tahun yg lalu, FP ini main di ganti aja dengan yg baru sama bengkel umum, pdhal saringannya yg kotor, FP ga kenapa2.
Saya omel2in si bengkelnya, sambil bawa pulang part bekasnya...
Ternyata...
sangat berguna dikemudian hari, tepatnya hari ini, dosa deh sama si empunya bengkel hehe...
FP Jazz ini sama persis dengan FP nya Freed, sepertinya sama juga dengan City dll.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Jul 20, 2010 8:49
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
om Teddy, FP jazz dan FP freed itu benar2 sama, yg di foto itu ada FP copotan dari Honda Jazz IDSI 2 th lalu, sewaktu Jazz saya di vonis harus ganti FP yg ternyata masih bagus.
Dulu belinya kalo ga salah Rp.650 rb.
Dulu belinya kalo ga salah Rp.650 rb.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
om kesha, itu freed biasanya diisi di spbu apa? pake BBM apa? dishare dong.
ane pengen tahu cakupan rusaknya fuel pump ini. APV temen ane alhamdulillah gak masalah. dia tinggal di jakarta timur sekitaran rawamangun cempaka putih... dan isi bensin cuman di 2 tempat SPBU kalo di jakarta...
ane pengen tahu cakupan rusaknya fuel pump ini. APV temen ane alhamdulillah gak masalah. dia tinggal di jakarta timur sekitaran rawamangun cempaka putih... dan isi bensin cuman di 2 tempat SPBU kalo di jakarta...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova 2015
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Karena Honda Freednya baru 2 bulan, coba klaim aja ke Honda Bro...kesha wrote:bro momod, saya sudah jd korban Pertamina kok, mobil baru berumur 2 bulan dah jebol FP nya.
Tp boleh jg kalo mau coba2, cuma saya pikir masalahnya tidak langsung terjadi saat pakai 1 tanki, di test 2 minggu atau 1 bulan, setelah berkali2 isi, baru ketauan FP nya bakal jebol.
Sapa tahu kasusnya bukan karena faktor BBM.
Sapa tahu emang Factory defective....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Jul 20, 2010 8:49
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Om Maskopat, aku punya langganan SPBU di jalan Daan Mogot, deket jembatan pesing.
sudah bertahun2 kok langganan sama mereka.
sudah bertahun2 kok langganan sama mereka.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Jul 20, 2010 8:49
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Om debi, td saya sudah complaint ke bagian salesnya, mereka bilang suruh saya ke Beres Honda dan kemungkinan bisa diganti.
Bisa jadi juga karena memang defect ya..
thanks suggestionnya..
Siang ini mau ke Beres, tadi sudah janji, nanti saya update.
Bisa jadi juga karena memang defect ya..
thanks suggestionnya..
Siang ini mau ke Beres, tadi sudah janji, nanti saya update.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Berhubung om kesha pake pertamax kemungkinan besar bisa diclaim om, karena bebas dr tuduhan "bensin premium"kesha wrote:Om debi, td saya sudah complaint ke bagian salesnya, mereka bilang suruh saya ke Beres Honda dan kemungkinan bisa diganti.
Bisa jadi juga karena memang defect ya..
thanks suggestionnya..
Siang ini mau ke Beres, tadi sudah janji, nanti saya update.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
meskipun gw pake pertamax,, hmm tetep was2 jdnya..
Permisii .............................
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Sama nes.....gw juga was2, jd utk sementara pake yg diesel dulu dehh...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
ya kalau gw sementara pake sepeda dulu deh,, ga punya diesel soalnya.. hahahaha...Hansen wrote:Sama nes.....gw juga was2, jd utk sementara pake yg diesel dulu dehh...
Permisii .............................