Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel Pump

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel Pump

Post by Turboman »

Dear all

Sehubungan maraknya EFP (El. Fuel Pump) Jebol, maka ada baiknya anda lakukan prosedur kuras tangki, juga utk membersihkan & melumasi EFP

Berikut ini gambar2 petunjuk prosedur kuras tangki Ipah, walau yg jadi model adalah Ipah D4 D tetapi prosedur basic-nya sama dgn Ipah VVT-i, bedanya di D4 D nggak ada EFP-nya.

http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa

Ada baiknya juga sekring ke jalur EFP dicabut.

Juga berlaku utk mobil lainnya, intinya saat nurunin tangki usahakan tangki diganjal papan tripleks atau 2 balok.

Saat kuras tangki volume BBM usahakan jangan lebih dr 20%

EFP boleh semprot dengan cairan pelumas spt WD40

Semoga membantu
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel

Post by maskopat »

om Turbo, fuel sender itu apaan ya?

:thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel

Post by Turboman »

maskopat wrote:om Turbo, fuel sender itu apaan ya?
Unit sensor level BBM di tangki yg konek ke indikator volume BBM di panel dasbor.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
afatchur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02

Re: Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel

Post by afatchur »

Kakak gw bulan lalu Innova VVTInya ganti fuel pump. Baru ngeh kalau itu soal kualitas bensin setelah weekend ini pada ribut. Misuh2 dia.
Kamsia om Turboman, gw forward ke kaka gw
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel

Post by andy1800 »

"gosip" mutakhir yg beredar, nampaknya jebolnya FP bukan krn kotor ya...tp lebih kpada membuat FP gosong...!
krn bykan kasus, jalur fuel dari tangki sampai ke depan sih bersih2 aja, tp FP nya malfunction.

jd kalau yg bensin gmana ya, lbh baik kuras aja, lalu pensiunin dulu premiumnya, isi dg shell/pretamax ...begitu?
adakah clue, tanda2 FP yg potensial mau gosong tu gmana ya om?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel

Post by Turboman »

Kemungkinan "Lack of Lubricity agent" pada premium yg menyebabkan EFP KO

Utk pengguna premium bisa tambahkan additive2 yg mengandung zat pelumas spt :
- DCS Valve Lub
- Redline Complete Fuel System Cleaner
- additive lead substitute (merek bebas)

Atau yg paling ekonomis bisa mix oli 2T smoke less dgn ratio 50 cc utk 50 L Gasoline, atau campuran macam MyGreenOil juga bisa bantu.

Paling baik adalah gunakan additive yg mengandung Lubricity agent, juga water remover / anti corrosion / detergent.

*Bukan sales additive BBM*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel

Post by maskopat »

Turboman wrote:Kemungkinan "Lack of Lubricity agent" pada premium yg menyebabkan EFP KO

Utk pengguna premium bisa tambahkan additive2 yg mengandung zat pelumas spt :
- DCS Valve Lub
- Redline Complete Fuel System Cleaner
- additive lead substitute (merek bebas)

Atau yg paling ekonomis bisa mix oli 2T smoke less dgn ratio 50 cc utk 50 L Gasoline, atau campuran macam MyGreenOil juga bisa bantu.

Paling baik adalah gunakan additive yg mengandung Lubricity agent, juga water remover / anti corrosion / detergent.

*Bukan sales additive BBM*
demen banget dah baca tulisan om turbo...
apalagi tulisan yang paling bawah... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel

Post by andy1800 »

^^^ siiip... segera meluncur melubrikasi...
*hadoooh, dag dig dug, terlambat nggak ya...

kalao gosip ttg kandungan sulfur yg terlalu tinggi, gimana om? apakah ada logikanya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel

Post by ilhami »

kalau kijang kapsul gimana prosedur kuras tangkinya?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel

Post by imsus2c »

maskopat wrote:
Turboman wrote:Kemungkinan "Lack of Lubricity agent" pada premium yg menyebabkan EFP KO

Utk pengguna premium bisa tambahkan additive2 yg mengandung zat pelumas spt :
- DCS Valve Lub
- Redline Complete Fuel System Cleaner
- additive lead substitute (merek bebas)

Atau yg paling ekonomis bisa mix oli 2T smoke less dgn ratio 50 cc utk 50 L Gasoline, atau campuran macam MyGreenOil juga bisa bantu.

Paling baik adalah gunakan additive yg mengandung Lubricity agent, juga water remover / anti corrosion / detergent.

*Bukan sales additive BBM*
demen banget dah baca tulisan om turbo...
apalagi tulisan yang paling bawah... :big_peace:
wah...kebetulan... sesekali (tidak selalu), biasanya saya suka tuangin MyGreenOil sedikit... sekitar 40cc buat 50L BBM
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Prosedur kuras tangki Innova demi menyelamatkan El Fuel

Post by imsus2c »

Turboman wrote:Kemungkinan "Lack of Lubricity agent" pada premium yg menyebabkan EFP KO
padahal...konon dulunya kenapa timbal (lead) dicampurin ke premium, selain sebagai peningkat oktan, salah satunya juga sebaga Lubricity Agent :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking