Bagaimana cara komplain yg bener ? menurut kalian

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Bagaimana cara komplain yg bener ? menurut kalian

Post by solar_kerosen »

Terkadang kita sebagai konsumen hanya bisa mengeluh dan komplain tanpa memikirkan dan membayangkan bagaimana perusahaan besar maupun dealer resmi menghadapi permasalahan pribadi mereka .

saya contohkan sebagai berikut hal hal sepele :

PABRIK

- Pabrik mobil mengecat mobil,kemudian mereka mendapat cat yg kualitasnya telah rusak karena suatu hal ini SEPELE tapi berbahaya . apakah konsumen dituntut
- pabrik mobil berjalan normal tiba tiba ada salah satu lengan elektronis rusak , hal ini juga menghambat produksi apakah konsumen dituntut
- cacat produksi : namanya manusia gak ada yg sempurna terkadang hal sepele bisa terlewatkan sehingga mobil yg diproduksi bisa cacat massal bagaimana kalau pabrikan menuntut balik ? bagiamanakah cara membuat mobil yg BAIK. buset boooo bikin baut aja gue gak mampu apalagi disuruh bikin mobil sendiri bisa GILA.

Bengkel umum / RESMi :

Bengkel umum :

- Keterbatasan tempat ,alat dan juga pengetahuan servis ; ( jujur saja ini perlu dibahas mendalam ) banyak konsumen pergi ke Bengkel umum dengan harapan LEBIH MURAH dan tidak perlu antri seperti di BERES akan tetapi bengkel umum punya banyak sekali kelemahan .minimnya peralatan teknik terlebih SST disingkat special service tools kelihatan SEPELE tapi ini mempermudah suatu pengerjaan dan mengurangi resiko kegagalan dalam pemasangan JELAS bengkel umum tidak punya.

- kurang Terorganisasi , mekanik di bengkel umum rata rata orang yg baru belajar dan belum pernah mendapat pelatihan khusus pada merk mobil tersebut

- kemungkinan besar mobil mobil yg masuk bengkel umum menjadi KELINCI PERCOBAAN wuekekekekeke

- lemah dalam analisa dan juga informasi terbaru , mobil mobil terbaru sekarang cenderung menggunakan teknologi terbaru sehingga produsen mobil ada keterbatasan dalam pengujian . tidak mungkin setiap mobil berteknologi baru yg dijual sudah ditest 10 atau 15 tahun sebelum diproduksi nah disinilah salah satu resiko produksi mobil terbaru. hanya bengkel resmi yg punya informasi up to date tentang merk mobil yg diperbaiki

Bengkel resmi :

- HARGA MAHAL pastinya sob ... :frm_tumbleft: , dikarenakan ada banyak budget budget operasional bengkel seperti biaya pajak papan nama ,PPN 10 % listrik,air, uang keamanan dan LAIN LAIN masih banyak lagi biaya biaya tak terduga .belum lagi SPARE PART mahal sekale

- biasanya ngantri : salah satu kegiatan yg membosankan menunggu dalam mengantri

- analisis langsung main ganti . tangki rusak ganti baru, kabel korslet ganti baru ,motor starter rusak ganti baru wih serem banget cui yg paling parah ANALISIS BELUM TENTU BENAR SEHINGGA DUIT TERBUANG SIA SIA .


Komplain rata rata pemilik mobil :

- Mekaniknya kurang ramah , gak informatif dan lain sebagainya
jawab : ketahuilah sob mekanik bukan JURKAM maupun calon anggota DPRD yg pintar bercuap cuap mereka adalah tukang servis yg tiada hari tanpa lelehan maupun tumpahan OLIE yg sangat mengganggu jadi jangan berharap mekanik bisa ramah dan murah senyum . kalau mau bikin senyum mekanik SANGAT GAMPANG SALAM TEMPEL yg " MERAH ITU "

- ongkos jasa mahal, spare part mahal
jawab : uhmmm kalau merasa mahal sebaiknya anda mencoba membongkar mobil sendiri atau membuka bengkel tentu lebih mudah menentukan suatu " HARGA "

- sudah diperbaiki dan diganti spare part masih rusak juga
jawab : ketahuilah sob di Bengkel resmi bukan jaminan semua mekanikya bagus dan terlatih karena yg bagus bagus biasanya gajinya BESAR dan tidak semua BERES atau DEALER mampu menggaji mereka akhirnya yah dipakelah terkadang mekanik BODREX alias minim pengalaman tapi badgenya bengkel resmi . sama kayak mobil semakin bagus semakin mahal begitu pula penghasilan mekanik bagus.


Kesimpulan :

- Perlindungan terbaik ada pada konsumen itu sendiri ,cermatlah sebelum membeli lakukan Test drive semaksimal mungkin dan sesuaikan kebutuhan serta kemampuan ekonomi dalam membeli .
anda tidak berhak menuntut berlebihan pabrikan maupun bengkel karena apabila masalah dibalikkan kepada kita maka akan sangat sulit menjawabnya
saya merasa posisi sebagai konsumen adalah Lemah dikarenakan ketidak mampuan dalam menciptakan mobil maupun memperbaiki sendiri sangatlah sulit

Seperti Contoh ;

- Bagaimana cara membuat mobil yg baik ???
- kenapa anda tidak memperbaiki sendiri atau membuka bengkel sendiri dan memberi contoh ???

dua pertanyaan diatas saya kira SANGAT SANGAT SULIT UNTUK DIJAWAB

wassalam ..........................
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Bagaimana cara komplain yg bener ? menurut kalian

Post by Hansen »

solar_kerosen wrote: Seperti Contoh ;

- Bagaimana cara membuat mobil yg baik ???
- kenapa anda tidak memperbaiki sendiri atau membuka bengkel sendiri dan memberi contoh ???

dua pertanyaan diatas saya kira SANGAT SANGAT SULIT UNTUK DIJAWAB

wassalam ..........................
Bukan bermaksud nantang yaaa......cuma mau menjawab versi ane sajah...:big_peace:

Bagaimana cara membuat mobil yg baik ???
»» Apakah anda yg berada di pihak produsen berhak menanyakan hal seperti itu? Itu berarti menunjukkan bahwa anda tidak tahu cara membuat mobil yg baik. Dan jika saya tahu caranya maka saya tidak akan menjadi konsumen & beli mobil dari anda :e-naughty:

kenapa anda tidak memperbaiki sendiri atau membuka bengkel sendiri dan memberi contoh ???
»» Jika saya tahu cara memperbaiki sendiri maka saya tidak akan jauh2 ke beres & bayar mahal buat ongkos kerjanya. Trus buat apa dong bengkel anda dibuka? Supaya saya bisa perbaiki sendiri gitu? :e-think:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Bagaimana cara komplain yg bener ? menurut kalian

Post by DOHC »

cara complain yg bener ?? gampang koq, pertama kita complain baik2, dateng ke beres nya ngomong yg baik2... kalo mereka menolak kita beri sdikit ancaman... masi ngeyel, yah lgs aja masukin koran... cuman beres atau atpm yg isinya orang gila yg masi brani kaga mau betulin kalo uda ampe masuk koran sgala....

selama ini sehh ane kalo complain paling parah yah cuman ampe ancam si SA nya bengkel doank, dan mereka pasti nyali nya lgs ciut mo argumen ama kita... apalagi jaman skrg persaingan antar atpm sangat ketat...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
afatchur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02

Re: Bagaimana cara komplain yg bener ? menurut kalian

Post by afatchur »

Meneruskan om DOHC, setelah komplain langsung, ke manajer, ke koran, ada dua jalan lagi yg bisa ditempuh: 1) komolain ke regulator. Ini bisa pemerintah, bisa pula semacam ombudsman produsen kendaraan. Kalau konsep asli ombudsman di Eropa, tidak hanya buat maladministrasi pelayanan publik, tapi juga pelayanan jelek dari swasta. Misalnya di Inggris, persatuan bank disana mendirikan lembaga penerima pengaduan, semacam ombudsman. Tujuannya agar industri kendaraan semakin profesional, dan penyelesaian komplain cukup melalui adjudikasi atau mediasi saja, tak perlu arbritasi atau gugatan di pengadilan. 2) ya gugatan hukum. Hari ini David Tobing, ini pengacara bagus, yg suka membela probono utk advokasi hak konsumen, diberitakan menang gugatan soal parkir ke pengelola parkir & pemda DKI. Kalau sudah bebal, memang perlu digugat. Mengapa pelayanan publik dan swasta di Amerika dan negera maju lainnya bagus? Dibandingkan ukuran kita tentu. Karena jika pelayanan publik jelek, yg dirugikan bisa menggugat. Di Inggris, waktu ane sekolah disana, ada ibu2 tua yg kakinya terkilir karena trotoar yg tidak rata, menggugat pemda krn lalai menyediakan trotoar yg aman. Eh.. Menang si ibu itu. Disana hakim & aparat penegak hukum tak mempan suap, jadi jalur hukum itu ditakuti
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Bagaimana cara komplain yg bener ? menurut kalian

Post by aldy »

Yah yang penting sebisa mungkin jalan damai sampai kesabaran kita habis langsung deh tegur di media..Kalo opsi terakhir itu dijamin pasti ditanggapin soalnya ane udah baca koran 4 tahun belum pernah ada yg ga ditanggapi atau ga diselesaikan oleh pihak tergugat..he2 :big_peace:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP