saya contohkan sebagai berikut hal hal sepele :
PABRIK
- Pabrik mobil mengecat mobil,kemudian mereka mendapat cat yg kualitasnya telah rusak karena suatu hal ini SEPELE tapi berbahaya . apakah konsumen dituntut
- pabrik mobil berjalan normal tiba tiba ada salah satu lengan elektronis rusak , hal ini juga menghambat produksi apakah konsumen dituntut
- cacat produksi : namanya manusia gak ada yg sempurna terkadang hal sepele bisa terlewatkan sehingga mobil yg diproduksi bisa cacat massal bagaimana kalau pabrikan menuntut balik ? bagiamanakah cara membuat mobil yg BAIK. buset boooo bikin baut aja gue gak mampu apalagi disuruh bikin mobil sendiri bisa GILA.
Bengkel umum / RESMi :
Bengkel umum :
- Keterbatasan tempat ,alat dan juga pengetahuan servis ; ( jujur saja ini perlu dibahas mendalam ) banyak konsumen pergi ke Bengkel umum dengan harapan LEBIH MURAH dan tidak perlu antri seperti di BERES akan tetapi bengkel umum punya banyak sekali kelemahan .minimnya peralatan teknik terlebih SST disingkat special service tools kelihatan SEPELE tapi ini mempermudah suatu pengerjaan dan mengurangi resiko kegagalan dalam pemasangan JELAS bengkel umum tidak punya.
- kurang Terorganisasi , mekanik di bengkel umum rata rata orang yg baru belajar dan belum pernah mendapat pelatihan khusus pada merk mobil tersebut
- kemungkinan besar mobil mobil yg masuk bengkel umum menjadi KELINCI PERCOBAAN wuekekekekeke
- lemah dalam analisa dan juga informasi terbaru , mobil mobil terbaru sekarang cenderung menggunakan teknologi terbaru sehingga produsen mobil ada keterbatasan dalam pengujian . tidak mungkin setiap mobil berteknologi baru yg dijual sudah ditest 10 atau 15 tahun sebelum diproduksi nah disinilah salah satu resiko produksi mobil terbaru. hanya bengkel resmi yg punya informasi up to date tentang merk mobil yg diperbaiki
Bengkel resmi :
- HARGA MAHAL pastinya sob ...

- biasanya ngantri : salah satu kegiatan yg membosankan menunggu dalam mengantri
- analisis langsung main ganti . tangki rusak ganti baru, kabel korslet ganti baru ,motor starter rusak ganti baru wih serem banget cui yg paling parah ANALISIS BELUM TENTU BENAR SEHINGGA DUIT TERBUANG SIA SIA .
Komplain rata rata pemilik mobil :
- Mekaniknya kurang ramah , gak informatif dan lain sebagainya
jawab : ketahuilah sob mekanik bukan JURKAM maupun calon anggota DPRD yg pintar bercuap cuap mereka adalah tukang servis yg tiada hari tanpa lelehan maupun tumpahan OLIE yg sangat mengganggu jadi jangan berharap mekanik bisa ramah dan murah senyum . kalau mau bikin senyum mekanik SANGAT GAMPANG SALAM TEMPEL yg " MERAH ITU "
- ongkos jasa mahal, spare part mahal
jawab : uhmmm kalau merasa mahal sebaiknya anda mencoba membongkar mobil sendiri atau membuka bengkel tentu lebih mudah menentukan suatu " HARGA "
- sudah diperbaiki dan diganti spare part masih rusak juga
jawab : ketahuilah sob di Bengkel resmi bukan jaminan semua mekanikya bagus dan terlatih karena yg bagus bagus biasanya gajinya BESAR dan tidak semua BERES atau DEALER mampu menggaji mereka akhirnya yah dipakelah terkadang mekanik BODREX alias minim pengalaman tapi badgenya bengkel resmi . sama kayak mobil semakin bagus semakin mahal begitu pula penghasilan mekanik bagus.
Kesimpulan :
- Perlindungan terbaik ada pada konsumen itu sendiri ,cermatlah sebelum membeli lakukan Test drive semaksimal mungkin dan sesuaikan kebutuhan serta kemampuan ekonomi dalam membeli .
anda tidak berhak menuntut berlebihan pabrikan maupun bengkel karena apabila masalah dibalikkan kepada kita maka akan sangat sulit menjawabnya
saya merasa posisi sebagai konsumen adalah Lemah dikarenakan ketidak mampuan dalam menciptakan mobil maupun memperbaiki sendiri sangatlah sulit
Seperti Contoh ;
- Bagaimana cara membuat mobil yg baik ???
- kenapa anda tidak memperbaiki sendiri atau membuka bengkel sendiri dan memberi contoh ???
dua pertanyaan diatas saya kira SANGAT SANGAT SULIT UNTUK DIJAWAB
wassalam ..........................