Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Banyaknya bengkel busuk bin amburadul , memaksa saya sebagai pemilik mobil untuk memperbaiki mobil sendiri kalau Mampu dan Berani , tanpa disadari makin hari makin banyak mekanik yg Nakal sama kaya Pejabat indonesia mereka juga ikut ikutan . mobil sangat sulit diperbaiki karena posisi yg sempit dan terbatasnya pengetahuan serta SST disingkat Special Service Tools adalah alat khusus kepunyaan BeRes yg tidak dijual untuk umum .
-Memperbaiki mobil sendiri cukup sulit , selain terbatasnya alat alat yg digunakan saya sendiri merasa terbatas akan kemampuan analisa serta pengalaman dalam membongkar mobil itu sendiri.
-Memperbaiki mobil tidak semudah yg kita lihat karena kalau cuma melihat ,tentu semua yg indah indah kayaknya mutar baut gampang ,ngencangin baut gampang ngepasin dudukan alat juga gampang tapi kalau udah dijalanin Hmmmmmmmmmmmmm baru tahu sendiri bagaimana NIKMAT RASANYA ..........
- Memperbaiki dengan menyuruh mekanik. kalau kena yg NAKAL bisa berabe , contohnya kita suruh dia memperbaiki Rem , ditinggal bentar mobil dikutak katik yah dikendorinlah baut power steering sehingga turun dudukannya jadi pas kena hantam lobang turunlah itu posisi Bearing power steering ,dikendorin baut knalpot yg ke manifold pas ada lobang di jalan kegentak turunlah tuh pipa knalpot mengakibatkan timbul suara keras dari mesin dan tenaga mobil Menurun drastis hal itu dilakukansupaya ada Lagi kerusakannya untuk kira kira MINGGU DEPAN . jadi supaya tiap bulan kita panggil itu orang . hal seperti tidak hanya dilakukan oleh mekanik Panggilan melainkan juga bengkel2 Umum yg Kualitas pendidikan dan pengalaman serta alat bongkar pasang yg tidak lengkap sehingga terkadang memaksa dibuka dengan cara KASAR yg berakibat rusaknya plat plat atau rumah baut .
- Bengkel Resmi , kebanyakan asal asalan kerjanya salah satunya Astra Daihatsu anchur bener dah sudah banyak konsumen Mengeluh mahalnya ongkos tenaga kerja serta Spare part yg sangat tinggi sekali hal ini menyebabkan JATUHNYA harga pasaran mobil bekas tidak seperti dulu jaman jamannya kijang Grand spare partnya masih murah
contoh kasus : - Dinamo starter susah start ,kadang kena kadang ngga langsung main JUDGE aja Ganti satu set padahal yg rusak cuma gigi Bendix
- Lampu ritting gak nyala , langsung ngomong Ganti kabel body 1 Set
- Tangki bocor dan rembes , Ganti tangki yg baru
Sudah mahal , main ganti yg satu set , harus pake yg Spare part orisinil lagi yah kalau yg punya mobil, menteri atau Gubernur mah gak masalah begituan orang Uang Rakyat Dari Rakyat untuk Rakyat . yang kasihan yg pengahasilannya Pas pasan contoh karyawan swasta atau pengusaha kelas menengah
Ngomong tidak disertai bukti ibarat Sayur tanpa garam , saya sudah melakukan perbaikan cukup signifikan pada mobil sendiri
gambar lebih banyak bicara daripada tulisan2
Karter oli Bocor terpaksa dibongkar dan diganti paking yg baru cukup sulit karena posisi dibawah ,oli netes netes dan banyak bautnya pengerjaan dilakukan pada malam hari dikeranakan suhu di Siang hari sangat tidak bersahabat
Suara mesin sangat keras dan tidak bertenaga karena bocor di daerah sambungan manifold dan kenalpot pakingnya rusak terpaksa ganti yg baru . harga pakingnya murah tapi masangnya NAUJUBILE hehehhe bautnya yg dulu baut Bangunan udah gitu panjang wuuuuh bukaannya lama bener karena sudutnya yg sempit sehingga mutar kunci pas tidak bisa satu putaran hanya 1/4 putaran bayangkan kalau ada 15 spiral
Baut Cross joint kendor akibatnya body mobil bergetar padahal perbaiki transmisi belum clear tuh mekanik nakal udah gitu baut cross joint yg ukuran 14 diganti dengan ukuran 17 udah gitu bukanya mutar ke KANAN F*cklah paksa pake tang buaya buat nahan bautnya .bongkar lagi beli baut khusus cross joint pasang masuk ke kolong.
Baut dudukan power steering dikendorin jadi pas Ketemu lobang besar goncanglah itu rumah power steering sehingga terjauh mengakibatkan bunyi chieeet chiet mencicit kaya Tikus rumah manggil temen temennya buat pesta makan sampah
Temperatur mobil suka naik ke 3/4 kalau macet atau mobil dipanasin tanpa bergerak , pergi ke servis radiator nanya biaya servisnya
Rp 300.000 WTF barunya Rp 900.000 udah fresh material dan presisi itupun dia gak jamin sip paling SETENGAH SIP udah gitu ngomongnya yg baru 2 juta rupiah betul belinya pake pesawat ke jakarta hauahahhahahah . lihat cara mereka bongkar pasang , dan gue beli sendiri radiatornya pasang sendiri juga ]
Just simple ........, Mobilnya Taft pemiliknya itu loeh benar benar TOUGH
Uraian :
- paling sakit pasang Radioator tingkat kesulitan tertinggi terdapat pada pemasangan Selang radiotor karena selain menggunakan selang radiator imitasi yg mana tidak diperbolehkan sama ukuran dan bentuk dengan Orisinal karena akan mengakibatkan pelanggaran hak cipta oleh produsen .pada saat pemasangan sewaktu menarik selang radiotor lama tangan saya menghantam dudukan power steering mengakibatkan luka sompel dalam . badan langsung terasa lemas namun tugas harus DISELESAIKAN .setelah selesai dipasang dicoba air tidak ada yg keluar setetespun dan air di radiotor tidak berkurang persis seperti mobil baru .
- Masih berpikir membeli MOBIL BEKAS enak loeh pak kalau bongkar pasang sendiri , resiko kalau ketemu Mekanik nakal , udah gak ngerti masang komponen beli komponen aspal . saya kalau memperbaiki mobil tidak pernah menyuruh mekanik membelikan tapi saya sendiri yg beli dengan membawa contoh karena di toko2 banyak spare part yg bungkusnya ASLI dalamnya BUSUK
- kalau badan sehat dan kuat ,serta banyak waktu luang mending cari referensi dan bongkar pasang sendiri INTERNET GITU LOEH
- inilah yg menyebabkan di negara2 maju orang mengganti mobil sekali 5 tahun untuk menghindari kerusakan yg terus menerus
Peace and Wassalam ...............
-Memperbaiki mobil sendiri cukup sulit , selain terbatasnya alat alat yg digunakan saya sendiri merasa terbatas akan kemampuan analisa serta pengalaman dalam membongkar mobil itu sendiri.
-Memperbaiki mobil tidak semudah yg kita lihat karena kalau cuma melihat ,tentu semua yg indah indah kayaknya mutar baut gampang ,ngencangin baut gampang ngepasin dudukan alat juga gampang tapi kalau udah dijalanin Hmmmmmmmmmmmmm baru tahu sendiri bagaimana NIKMAT RASANYA ..........
- Memperbaiki dengan menyuruh mekanik. kalau kena yg NAKAL bisa berabe , contohnya kita suruh dia memperbaiki Rem , ditinggal bentar mobil dikutak katik yah dikendorinlah baut power steering sehingga turun dudukannya jadi pas kena hantam lobang turunlah itu posisi Bearing power steering ,dikendorin baut knalpot yg ke manifold pas ada lobang di jalan kegentak turunlah tuh pipa knalpot mengakibatkan timbul suara keras dari mesin dan tenaga mobil Menurun drastis hal itu dilakukansupaya ada Lagi kerusakannya untuk kira kira MINGGU DEPAN . jadi supaya tiap bulan kita panggil itu orang . hal seperti tidak hanya dilakukan oleh mekanik Panggilan melainkan juga bengkel2 Umum yg Kualitas pendidikan dan pengalaman serta alat bongkar pasang yg tidak lengkap sehingga terkadang memaksa dibuka dengan cara KASAR yg berakibat rusaknya plat plat atau rumah baut .
- Bengkel Resmi , kebanyakan asal asalan kerjanya salah satunya Astra Daihatsu anchur bener dah sudah banyak konsumen Mengeluh mahalnya ongkos tenaga kerja serta Spare part yg sangat tinggi sekali hal ini menyebabkan JATUHNYA harga pasaran mobil bekas tidak seperti dulu jaman jamannya kijang Grand spare partnya masih murah
contoh kasus : - Dinamo starter susah start ,kadang kena kadang ngga langsung main JUDGE aja Ganti satu set padahal yg rusak cuma gigi Bendix
- Lampu ritting gak nyala , langsung ngomong Ganti kabel body 1 Set
- Tangki bocor dan rembes , Ganti tangki yg baru
Sudah mahal , main ganti yg satu set , harus pake yg Spare part orisinil lagi yah kalau yg punya mobil, menteri atau Gubernur mah gak masalah begituan orang Uang Rakyat Dari Rakyat untuk Rakyat . yang kasihan yg pengahasilannya Pas pasan contoh karyawan swasta atau pengusaha kelas menengah
Ngomong tidak disertai bukti ibarat Sayur tanpa garam , saya sudah melakukan perbaikan cukup signifikan pada mobil sendiri
gambar lebih banyak bicara daripada tulisan2
Karter oli Bocor terpaksa dibongkar dan diganti paking yg baru cukup sulit karena posisi dibawah ,oli netes netes dan banyak bautnya pengerjaan dilakukan pada malam hari dikeranakan suhu di Siang hari sangat tidak bersahabat
Suara mesin sangat keras dan tidak bertenaga karena bocor di daerah sambungan manifold dan kenalpot pakingnya rusak terpaksa ganti yg baru . harga pakingnya murah tapi masangnya NAUJUBILE hehehhe bautnya yg dulu baut Bangunan udah gitu panjang wuuuuh bukaannya lama bener karena sudutnya yg sempit sehingga mutar kunci pas tidak bisa satu putaran hanya 1/4 putaran bayangkan kalau ada 15 spiral
Baut Cross joint kendor akibatnya body mobil bergetar padahal perbaiki transmisi belum clear tuh mekanik nakal udah gitu baut cross joint yg ukuran 14 diganti dengan ukuran 17 udah gitu bukanya mutar ke KANAN F*cklah paksa pake tang buaya buat nahan bautnya .bongkar lagi beli baut khusus cross joint pasang masuk ke kolong.
Baut dudukan power steering dikendorin jadi pas Ketemu lobang besar goncanglah itu rumah power steering sehingga terjauh mengakibatkan bunyi chieeet chiet mencicit kaya Tikus rumah manggil temen temennya buat pesta makan sampah
Temperatur mobil suka naik ke 3/4 kalau macet atau mobil dipanasin tanpa bergerak , pergi ke servis radiator nanya biaya servisnya
Rp 300.000 WTF barunya Rp 900.000 udah fresh material dan presisi itupun dia gak jamin sip paling SETENGAH SIP udah gitu ngomongnya yg baru 2 juta rupiah betul belinya pake pesawat ke jakarta hauahahhahahah . lihat cara mereka bongkar pasang , dan gue beli sendiri radiatornya pasang sendiri juga ]
Just simple ........, Mobilnya Taft pemiliknya itu loeh benar benar TOUGH
Uraian :
- paling sakit pasang Radioator tingkat kesulitan tertinggi terdapat pada pemasangan Selang radiotor karena selain menggunakan selang radiator imitasi yg mana tidak diperbolehkan sama ukuran dan bentuk dengan Orisinal karena akan mengakibatkan pelanggaran hak cipta oleh produsen .pada saat pemasangan sewaktu menarik selang radiotor lama tangan saya menghantam dudukan power steering mengakibatkan luka sompel dalam . badan langsung terasa lemas namun tugas harus DISELESAIKAN .setelah selesai dipasang dicoba air tidak ada yg keluar setetespun dan air di radiotor tidak berkurang persis seperti mobil baru .
- Masih berpikir membeli MOBIL BEKAS enak loeh pak kalau bongkar pasang sendiri , resiko kalau ketemu Mekanik nakal , udah gak ngerti masang komponen beli komponen aspal . saya kalau memperbaiki mobil tidak pernah menyuruh mekanik membelikan tapi saya sendiri yg beli dengan membawa contoh karena di toko2 banyak spare part yg bungkusnya ASLI dalamnya BUSUK
- kalau badan sehat dan kuat ,serta banyak waktu luang mending cari referensi dan bongkar pasang sendiri INTERNET GITU LOEH
- inilah yg menyebabkan di negara2 maju orang mengganti mobil sekali 5 tahun untuk menghindari kerusakan yg terus menerus
Peace and Wassalam ...............
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Cara bikin KAPOK DAN TRAUMA pembalap pembalap Sampah serta off roader Sampah sebangsa An M... dan Yu W... ,suruh turun mesin dan bongkar transmisi sendiri pasti ujung ujungnya NANGIS , orang orang kaya begituan mah pake uang orang lain makanya mobil dihancurin coba uang sendiri MANA MAU
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Kalo di sini alasannya krn biaya. Bengkel2 biasanya $80-$120/jam dan minimum 1/2 jam. Parts bisa cuma $2, masangnya $50.
Jadi ya belajar sendiri ngerawat mobil. Waktu masih di Indo juga taunya cuma pake mobil (emangnya udah seneng/hobi mobil) dan bawa mobil ke bengkel. Di sini jadi punya alat2 sendiri, punya dongkrak buaya (2 biji) sendiri, punya service manual sendiri, punya scanner sendiri, punya bbrp SST, dan yg paling terakhir, sampe punya lift sendiri. Masih lebih murah drpd suruhan orang kerjain.
Yg paling terakhir ngebongkarin alternatornya Cadillac CTS-V. Yep, sendiri. Mau copot alternator, electric fans mesti copot dulu. Sebelum fan copot, selang radiator mesti copot juga. Krn letaknya alternator di bawah. Setelah keluar, bawa alternator buat dites. Hasilnya lolos tes, alternator gak problem.
Bingung. Ini knp gak mau ngisi akinya. Gak ada regulator terpisah, semuanya di dalam alternator, jadi waktu dites, regulatornya ikut dites juga. Setelah tanya2 sana sini dan dibantu temen, ternyata ada dua kabel yg masuk ke alternator (bukan yg gede yg dapet aki/starter) yg gak tau gimana terputus tapi fisiknya gak terputus (bingung gak ? gw juga bingung).
Akhirnya gw potong tuh kabel/konektor, ganti konektor baru yg sudah termasuk kabel2 yg lebih panjang jadi gak ke-tarik2 waktu mesinnya digeber. Dari mobil dibongkarin sampe jalan lagi ada kira2 10 hari. Kebanyakan nongkrong doang, gak tau yg rusak apaan.
Tapi emang ada rasa kepuasan sendiri bisa benerin mobil. Bini gw aja nganggep gw jago. Hah, lumayan tuh bangganya, hahahaha.
Jadi ya belajar sendiri ngerawat mobil. Waktu masih di Indo juga taunya cuma pake mobil (emangnya udah seneng/hobi mobil) dan bawa mobil ke bengkel. Di sini jadi punya alat2 sendiri, punya dongkrak buaya (2 biji) sendiri, punya service manual sendiri, punya scanner sendiri, punya bbrp SST, dan yg paling terakhir, sampe punya lift sendiri. Masih lebih murah drpd suruhan orang kerjain.
Yg paling terakhir ngebongkarin alternatornya Cadillac CTS-V. Yep, sendiri. Mau copot alternator, electric fans mesti copot dulu. Sebelum fan copot, selang radiator mesti copot juga. Krn letaknya alternator di bawah. Setelah keluar, bawa alternator buat dites. Hasilnya lolos tes, alternator gak problem.
Bingung. Ini knp gak mau ngisi akinya. Gak ada regulator terpisah, semuanya di dalam alternator, jadi waktu dites, regulatornya ikut dites juga. Setelah tanya2 sana sini dan dibantu temen, ternyata ada dua kabel yg masuk ke alternator (bukan yg gede yg dapet aki/starter) yg gak tau gimana terputus tapi fisiknya gak terputus (bingung gak ? gw juga bingung).
Akhirnya gw potong tuh kabel/konektor, ganti konektor baru yg sudah termasuk kabel2 yg lebih panjang jadi gak ke-tarik2 waktu mesinnya digeber. Dari mobil dibongkarin sampe jalan lagi ada kira2 10 hari. Kebanyakan nongkrong doang, gak tau yg rusak apaan.
Tapi emang ada rasa kepuasan sendiri bisa benerin mobil. Bini gw aja nganggep gw jago. Hah, lumayan tuh bangganya, hahahaha.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
POS VETT wrote:Kalo di sini alasannya krn biaya. Bengkel2 biasanya $80-$120/jam dan minimum 1/2 jam. Parts bisa cuma $2, masangnya $50.
Jadi ya belajar sendiri ngerawat mobil. Waktu masih di Indo juga taunya cuma pake mobil (emangnya udah seneng/hobi mobil) dan bawa mobil ke bengkel. Di sini jadi punya alat2 sendiri, punya dongkrak buaya (2 biji) sendiri, punya service manual sendiri, punya scanner sendiri, punya bbrp SST, dan yg paling terakhir, sampe punya lift sendiri. Masih lebih murah drpd suruhan orang kerjain.
Yg paling terakhir ngebongkarin alternatornya Cadillac CTS-V. Yep, sendiri. Mau copot alternator, electric fans mesti copot dulu. Sebelum fan copot, selang radiator mesti copot juga. Krn letaknya alternator di bawah. Setelah keluar, bawa alternator buat dites. Hasilnya lolos tes, alternator gak problem.
Bingung. Ini knp gak mau ngisi akinya. Gak ada regulator terpisah, semuanya di dalam alternator, jadi waktu dites, regulatornya ikut dites juga. Setelah tanya2 sana sini dan dibantu temen, ternyata ada dua kabel yg masuk ke alternator (bukan yg gede yg dapet aki/starter) yg gak tau gimana terputus tapi fisiknya gak terputus (bingung gak ? gw juga bingung).
Akhirnya gw potong tuh kabel/konektor, ganti konektor baru yg sudah termasuk kabel2 yg lebih panjang jadi gak ke-tarik2 waktu mesinnya digeber. Dari mobil dibongkarin sampe jalan lagi ada kira2 10 hari. Kebanyakan nongkrong doang, gak tau yg rusak apaan.
Tapi emang ada rasa kepuasan sendiri bisa benerin mobil. Bini gw aja nganggep gw jago. Hah, lumayan tuh bangganya, hahahaha.
Mungkin ini yg dinamakan kabel MULTI-FLEX sistem kabelnya beda jauh dibanding konvensional,BTW jadi kalau overhaul mesin atau transmisi masa dihitung /jam BANGKRUT DONG
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Wah keren neh tretnya, bisa bikin tertantang untuk bongkar2 sendiri.
Disini kita gak bicara mobil bagus & baru melulu, tp bisa berbagi tips memperbaiki sendiri
Disini kita gak bicara mobil bagus & baru melulu, tp bisa berbagi tips memperbaiki sendiri
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Feb 06, 2009 3:31
- Location: Tangerang
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
bravo!
Kagum dengan anda yg berani mengambil tindakan nyata atas keperluan boil sendiri...
Susah juga yah nemuin bengkel yg bs dipercaya di bbrp tempat sekitar kita....?!
Semoga sukses selalu....
(Ane juga baru bongkar sendiri secara sederhana saja bagian lampu td tengah malam krn ada yg kurang pas. Cukup dgn obeng dan tang.. )
Kagum dengan anda yg berani mengambil tindakan nyata atas keperluan boil sendiri...
Susah juga yah nemuin bengkel yg bs dipercaya di bbrp tempat sekitar kita....?!
Semoga sukses selalu....
(Ane juga baru bongkar sendiri secara sederhana saja bagian lampu td tengah malam krn ada yg kurang pas. Cukup dgn obeng dan tang.. )
<< Whenever I drives in a hurry, I have to remember that it's not a top speed that can make me arrived in destination on time, but my average speed in traffic >>
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
kalo ane benerin mobil sendiri pernah beberapa kali keluhannya salah satu pengunci pintu tengah gk mau kebuka, biarpun dari bagian supir udah di buka juga tetep salah satu pintu tengah gak mau kebuka juga ( Central lock )..
nah langsung bongkar door trim liat kondisi motor locknya dan di test ternyata masih hidup, nah begitu di perhatiin lgi ternyata pengikat antara link lock pintu dengan link motor lock patah jadi gerakan motor lock gak bisa ngegerakin link pengunci.. nah setelah itu dipikir2 lgi " mau pake apaan nih gantinya " ah diakalin dah pake solatip kecil yang di lilit kuat dan agak banyak ke link itu.. eh gk taunya ampe skrg masih bagus tuh ud lama bgt loh itu...
nah langsung bongkar door trim liat kondisi motor locknya dan di test ternyata masih hidup, nah begitu di perhatiin lgi ternyata pengikat antara link lock pintu dengan link motor lock patah jadi gerakan motor lock gak bisa ngegerakin link pengunci.. nah setelah itu dipikir2 lgi " mau pake apaan nih gantinya " ah diakalin dah pake solatip kecil yang di lilit kuat dan agak banyak ke link itu.. eh gk taunya ampe skrg masih bagus tuh ud lama bgt loh itu...
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
trus pernah juga keluhannya sama tuh pintu gk mau kebuka, kali ni pintu depan kiri.
ane lgsg bongkar ternyata linknya semua masih menempel dengan kokoh, langsung ane check arus menuju motor lock, ternyata arusnya masuk. berarti analisa ane kerusakan pasti di motor locknya.
langsung iseng2 bongkar motor lock dengan susah payah dan congkel2. setelah kebuka ternyata isinya cuman dinamo dan gigi2 penggeraknya. langsung ane bersihin sambungan2 kabelnya pake amplas. setelah itu rakit asal dan di test, eh gk taunya berhasil. langsung deh ane rapin tuh motor lock yang udah ane buka secara paksa, karena udah gk bisa nempel lgi jadi ane lilitin pake solasi coklat deh.. n ya lumayan bertahan lama dah tuh, ampe skrg kali klo gk salah dah..
mank sih harga motor lock juga gk mahal2 amat kali ya. tapi kalo masih bisa di repair ya why not..
ane lgsg bongkar ternyata linknya semua masih menempel dengan kokoh, langsung ane check arus menuju motor lock, ternyata arusnya masuk. berarti analisa ane kerusakan pasti di motor locknya.
langsung iseng2 bongkar motor lock dengan susah payah dan congkel2. setelah kebuka ternyata isinya cuman dinamo dan gigi2 penggeraknya. langsung ane bersihin sambungan2 kabelnya pake amplas. setelah itu rakit asal dan di test, eh gk taunya berhasil. langsung deh ane rapin tuh motor lock yang udah ane buka secara paksa, karena udah gk bisa nempel lgi jadi ane lilitin pake solasi coklat deh.. n ya lumayan bertahan lama dah tuh, ampe skrg kali klo gk salah dah..
mank sih harga motor lock juga gk mahal2 amat kali ya. tapi kalo masih bisa di repair ya why not..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Kebanyakan rate-nya sudah tetap alias sistem paket. Jadi kalo utk overhaul mesin/transmisi, ya mahal, tapi sudah tau sebelumnya.solar_kerosen wrote:Mungkin ini yg dinamakan kabel MULTI-FLEX sistem kabelnya beda jauh dibanding konvensional,BTW jadi kalau overhaul mesin atau transmisi masa dihitung /jam BANGKRUT DONG
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
buset bro gue cari info di Yahoo answers ternyata overhaul engine di USA berkisar 2000-2500 dolar sedangkan transmisi antara 1500-1700 dolar hehehhee Gile bener .perbaiki mobil 8x udah bisa beli Honda Civic baru dan Fresh ........... SMers masih berpikir mobil di INDONESIA MAHAL ???? MURAH MURAH WHOIIIIIIPOS VETT wrote:Kebanyakan rate-nya sudah tetap alias sistem paket. Jadi kalo utk overhaul mesin/transmisi, ya mahal, tapi sudah tau sebelumnya.solar_kerosen wrote:Mungkin ini yg dinamakan kabel MULTI-FLEX sistem kabelnya beda jauh dibanding konvensional,BTW jadi kalau overhaul mesin atau transmisi masa dihitung /jam BANGKRUT DONG
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Jadi kapan nih pajero sport glx diboyong ke rumah bro?solar_kerosen wrote:
buset bro gue cari info di Yahoo answers ternyata overhaul engine di USA berkisar 2000-2500 dolar sedangkan transmisi antara 1500-1700 dolar hehehhee Gile bener .perbaiki mobil 8x udah bisa beli Honda Civic baru dan Fresh ........... SMers masih berpikir mobil di INDONESIA MAHAL ???? MURAH MURAH WHOIIIIII
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
^ tenang aja ,ngapain buru buru sih pokoknya beli dah
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Siiip mantep bro......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Kita tunggu tanggal mainnya
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
@solar_kerosen:
bro, ane liat pegangan aki di mbl nt ga bagus tuh... cuma pake kawat.... klo bisa diganti dg yg aslinya.... krn bisa bahaya.....
smoga bermanfaat..............
bro, ane liat pegangan aki di mbl nt ga bagus tuh... cuma pake kawat.... klo bisa diganti dg yg aslinya.... krn bisa bahaya.....
smoga bermanfaat..............
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
wahahaha mobil tua bro , umur dah 20 tahun gak bisa lari 100 km/jam tuhsjamsul wrote:@solar_kerosen:
bro, ane liat pegangan aki di mbl nt ga bagus tuh... cuma pake kawat.... klo bisa diganti dg yg aslinya.... krn bisa bahaya.....
smoga bermanfaat..............
Paking carter oli ma push rod cover engine
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Harga mobil di Indonesia gak pernah murah. Yg murah ngerawatnya. Harga2 yg di-quote, belum tentu benar dan bisa lebih murah kalo ganti mesin. Jadi mesinnya ditukar dgn yg rebuilt. Yg mahal di sini biaya kerja. Makanya knp gw sampe punya lift sendiri.solar_kerosen wrote:buset bro gue cari info di Yahoo answers ternyata overhaul engine di USA berkisar 2000-2500 dolar sedangkan transmisi antara 1500-1700 dolar hehehhee Gile bener .perbaiki mobil 8x udah bisa beli Honda Civic baru dan Fresh ........... SMers masih berpikir mobil di INDONESIA MAHAL ???? MURAH MURAH WHOIIIIII
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Feb 06, 2009 3:31
- Location: Tangerang
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
POS VETT wrote:Harga mobil di Indonesia gak pernah murah. Yg murah ngerawatnya. Harga2 yg di-quote, belum tentu benar dan bisa lebih murah kalo ganti mesin. Jadi mesinnya ditukar dgn yg rebuilt. Yg mahal di sini biaya kerja. Makanya knp gw sampe punya lift sendiri.solar_kerosen wrote:buset bro gue cari info di Yahoo answers ternyata overhaul engine di USA berkisar 2000-2500 dolar sedangkan transmisi antara 1500-1700 dolar hehehhee Gile bener .perbaiki mobil 8x udah bisa beli Honda Civic baru dan Fresh ........... SMers masih berpikir mobil di INDONESIA MAHAL ???? MURAH MURAH WHOIIIIII
wehee..... keren, man!
by the way, "di sini" itu dimana?
<< Whenever I drives in a hurry, I have to remember that it's not a top speed that can make me arrived in destination on time, but my average speed in traffic >>
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
^ atas gue USA man ...........
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Feb 06, 2009 3:31
- Location: Tangerang
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Thanks, man!solar_kerosen wrote:^ atas gue USA man ...........
<< Whenever I drives in a hurry, I have to remember that it's not a top speed that can make me arrived in destination on time, but my average speed in traffic >>
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Yep, tepatnya Columbus, Ohio.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
salam kenal mannnn....
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
Salam kenal juga
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
mantap man...........
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perbaiki mobil sendiri yuk SAKIT SAKIT ............
busyet mann...
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today