Teknologi Honda Accord vs Toyota Camry

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Teknologi Honda Accord vs Toyota Camry

Post by handling »

Ternyata dari info yang saya dapet , Teknologi VVT-i yang dipakai di Camry Indo masih setingkat di bawah teknologi i-VTEC Accord Indo.

Sebenarnya toyota sudah mempunyai teknologi VVTL-i (L= Lift), tapi belum dipasangin di Camry yang sekarang, mungkin pertimbangan dari toyota indo, teknologi ini adalah baru pertama kali buat toyota Indo, jadi perlu penyesuaian dulu. Mungkin beberapa thun lagi baru beranjak ke VVTL-i.
Sama seperti honda indo yang dulu tahun 96 start dgn teknologi VTEC nya di Indo pada mobil Ferio nya. dan kurang lebih tahun 2002 beranjak ke i-VTEC pada Stream nya.

Sebenarnya teknologi VVT-i toyota setingkat dgn teknologi VTEC honda. Dan teknologi VVTL-i Toyota setingkat dgn i-VTEC Honda.....

So yang udah beli Toyota sekarang belum bisa merasakan teknologi terbaru Toyota yang seharusnya sdh ada, mgkn 2-3 tahun lagi Toyota indo baru memakai teknologi VVTL-i, yang setaraf dgn i-VTEC Honda.

Dan yang lebih baru lagi.....katanya teknologi semacam i-VTEC, mungkin akan ditinggalkan dalam waktu yang tidak lama lagi....
Yang semula gerakan valve digerakkan cam, maka teknologi berikutnya valve digerakkan tanpa cam, jadi valve digerakkan secara hidrolik atau magnetik. Jadi tenaga nya bakal lebih dahsyat.....

Wah makin ketinggalan aja Toyota indo dari Honda indo. Gimana dong.....Kalo dulu honda indo ketinggalan dgn pemakaian teknologi injection & DOHC, giliran toyota indo yang ketingalan dalam VVT-i nya......

Ayo dong toyota......kasih yang lebih hebat lagi .....bakal lebih seru lagi :e-clap: :e-clap: :e-clap:


CMIIW
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Sebenarnya payah juga nih Toyota di Indonesia.... dulu Toyota di Indonesia biasanya membat inovasi yg menggebrak dengan teknologi lebih unggul atau lebih dulu unggul dibanding yg lain..

O, ya teknologi VVTL-i (Variable Valve Timing Lift - intelegence) udh ada di beberapa produk Toyota di luar Indonesia, misal pada Celica.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

BTW, yg saya tahu jumlah cam pada mobil biasanya 1 atau 2 (SOHC=Single Overhead Camshaft dan DOHC=Double Overhead Camshaft), juga buat mesin Toyota ada Twincam (2 cam) dan Fourcam (4 cam). Jelasin dong masing2 model tsb termasuk kelebihan dan kekurangannya , ada ga sih mobil dgn 3 cam, juga mobil produk massal dan konsep apa yg punya cam paling banyak?
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

kayanya sih gue dah pernah bahas de... ,
soal cam rata2 mobil2 inline paling banyak pake 2 cam.. DOHC.. , kalo 4 cam di pake Mesin V6 karena mesinya di bagi 3 silinder 3 silinder.. berbentuk v.. dan juga mesin Boxster segaris
biasa di gunain sama subaru dan porsche begitu juga mesin V8-v10 sampe v12 pun four cam.. alias 1 line nya tuh 2 cam rata..
kalo mobil super car sekarang ada Mesin bentuk nya W berarti 6 cam di bugati
mobil pake 3 cam gak ada...
mobil masal konsep cam paling banyak ya buat mobil inline 4/6 yah 2 cam ato Sohc sama mobil mesin V yaitu 4 cam.. kaya di carnival gitu
kalo mobil kaya galant baru V6 mesinya Sohc jadi setiap line ada 1 cam di totalin jadi 2 biji ..
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Saya coba jwb Bung WP......CMIIW
> Kita pake contoh spec mesin Baleno, yg SOHC, 4 silinder, 16valve. Berarti masing-masing silinder terdapat 4valve (yaitu 2bh utk masukin angin+bensin, dan 2bh lagi utk buangin hasil pembakaran dlm bentuk asap.) Nah utk menggerakkan 16 valve (klep) ini dibutuhkan sebuah (single) Camshaft (bentuknya panjang dan melintang melewati 4 silinder). Nah bayangin aja 16valve/klep ini cuma digerakin oleh 1bh camshaft. Jatuhnya kan seperti kerja berat. Capek kan jadinya.

> Utk mesin DOHC sy pake mesin ETERNA, specnya DOHC, 16 valve. Artinya mesin ini mempunyai 2 Camshaft yang sejajar melintang melewati 4 silinder. Yang tadinya 16Valve/klep cuma dihandle oleh 1bh camshaft, sekarang tugasnya dibagi menjadi 2. Yaitu 2valve/klep yang utk memasukkan angin+bensin khusus dipegang oleh 1bh camshaft, sedangkan 2valve/klep utk pembuangan sisa pembakaran dipegang lagi oleh 1bh camshaft lagi.
Jadi alhasil , kerjanya jadi ringan, dan tenaga yg dihasilkan bisa lebih besar, karena Camshaft yg 1 mengatur masukkan angin+bensin, sedangkan Camshaft yg kedua utk mengatur membuang sisa pembakaran.
Moga2 jelas ya pengertian SOHC dan DOHC.

Nama kalo istilah Twincam ini sebenarnya sama dgn istilah DOHC (Inget waktu dulu terkenal dgn corolla twincam). Cuma istilah twincam udah jarang dipake.
Nah kalo Fourcam.....mungkin ada kesalahan kali ya.....sy belum pernah baca ttg istilah "Fourcam", apalagi yg "threecam".

Mungkin maksud bung WP mengenai "paling banyak ada berapa valve dalam 1 silinder?" , yg telah berhasil dibuat oleh pabrikan. Itu kali ya maksudnya. Kalo sampe sekarang yg saya tahu ada yg pake sampe 5 valve/klep dalam 1 silinder (3bh valve utk masukin angin+bensin, 2bh valve lagi utk buangin sisa pembakaran) yaitu oleh Audi. Kalo gak salah porsche juga gitu.....CMIIW

Itu aja yg saya tahu, kalo ada yg salah mohon dikoreksi dan bisa bantu jelasin lebih bagus lagi......CMIIW
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Oh ya Bung Takumi ada bilang kalo V6 itu pake Fourcam (Four Camshaft) sebenarnya tetap dijulukin DOHC pada spesifikasi mesin pabrikan.......CMIIW.

Memang benar camshaft yg dipake ada 4, karena mesinnya berbentuk V, Jadi 2bh camshaft menangani 3bh silender yg sblh kiri, dan 2bh camshaft lagi menangani 3bh silinder lagiyg sblh kanan. Nah pengertian nya tetap disebut DOHC (Double Overhead Camshaft). Seperti mesin Galant 2004 (diluar indo) yg 3.8L V6 DOHC.
So jangan jadi bingung.........
Kalo salah jawab mgkn bung Takumi atau rekan2 yg lain bisa betulkan.....he....he...he.......CMIIW
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

mungkin si toyota malas kali pasang tekno yang aneh aneh kan ntar ngak semua montir nya bisa perbaik in yang gitu gitu.lagian kadang kadang teknologi yang kita beli sedimikian mahal nya kadang kadang ngak berguna.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

handling wrote:Oh ya Bung Takumi ada bilang kalo V6 itu pake Fourcam (Four Camshaft) sebenarnya tetap dijulukin DOHC pada spesifikasi mesin pabrikan.......CMIIW.

Memang benar camshaft yg dipake ada 4, karena mesinnya berbentuk V, Jadi 2bh camshaft menangani 3bh silender yg sblh kiri, dan 2bh camshaft lagi menangani 3bh silinder lagiyg sblh kanan. Nah pengertian nya tetap disebut DOHC (Double Overhead Camshaft). Seperti mesin Galant 2004 (diluar indo) yg 3.8L V6 DOHC.
So jangan jadi bingung.........
Kalo salah jawab mgkn bung Takumi atau rekan2 yg lain bisa betulkan.....he....he...he.......CMIIW
Kalo istilah FOURCAM adanya di mesin Toyota, misal mesin Toyota Land Cruiser Prado 3.4L V6...
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Takumi wrote: kalo mobil super car sekarang ada Mesin bentuk nya W berarti 6 cam di bugati

Bung WP,
Secara umum pengertian mendasar nya tetap sama saja, cuma yg di sebutin adalah jumlah camshaft yang ada di mesin mobil itu, jadi kelihatannya banyak banget camshaft nya.

Contohnya lagi karena W engine ada 3 bagian yang menghadap keatas , jadinya 3 x 2 camshaft, jadi nya 6camshaft. Nah karena supaya mau bikin heboh/hebat , ya dikasih julukan sesuai jumlah total camshaft yang ada. Kalo Mesin yang masih model lama , diatas silinder cuma ada 1 camshaft.

So jangan bingung2, cuma beda istilah.

Seperti istilah injection.
Toyota EFI, Honda PGMFI, Suzuki EPI, Mitsubishi MPI, dll.......CMIIW

Istilah Valve timing:
Honda VTEC i-VTEC, Toyota VVT-i VVTL-i, Bmw VANOS VAlVETRONIC, Mitsubishi MIVEC, Porsche Variocam, dll.......CMIIW.

Nah kalo mau lebih jelas, tutup mesinnya dibuka, pasti kelihatan deh isinya ada berapa camshaftnya .....he...he...he......
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

handling wrote:
Takumi wrote: kalo mobil super car sekarang ada Mesin bentuk nya W berarti 6 cam di bugati

Bung WP,
Secara umum pengertian mendasar nya tetap sama saja, cuma yg di sebutin adalah jumlah camshaft yang ada di mesin mobil itu, jadi kelihatannya banyak banget camshaft nya.

Contohnya lagi karena W engine ada 3 bagian yang menghadap keatas , jadinya 3 x 2 camshaft, jadi nya 6camshaft. Nah karena supaya mau bikin heboh/hebat , ya dikasih julukan sesuai jumlah total camshaft yang ada. Kalo Mesin yang masih model lama , diatas silinder cuma ada 1 camshaft.

So jangan bingung2, cuma beda istilah.

Seperti istilah injection.
Toyota EFI, Honda PGMFI, Suzuki EPI, Mitsubishi MPI, dll.......CMIIW

Istilah Valve timing:
Honda VTEC i-VTEC, Toyota VVT-i VVTL-i, Bmw VANOS VAlVETRONIC, Mitsubishi MIVEC, Porsche Variocam, dll.......CMIIW.

Nah kalo mau lebih jelas, tutup mesinnya dibuka, pasti kelihatan deh isinya ada berapa camshaftnya .....he...he...he......
Oh gitu, thanx atas infonya ya!
Tapi, maaf saya koreksi sedikit kalo istilah Mitsubishi buat sistem injection bukan MPI tapi ECI MULTI (Electronic Control Injection Multipoint) seperti di Galant 1997, istilah MPI juga pernah dipakai Mitsubishi, tapi sifatnya universal, bukan istilah dari Mitsubishi sendiri... :)
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

WP wrote: maaf saya koreksi sedikit kalo istilah Mitsubishi buat sistem injection bukan MPI tapi ECI MULTI (Electronic Control Injection Multipoint) seperti di Galant 1997, istilah MPI juga pernah dipakai Mitsubishi, tapi sifatnya universal, bukan istilah dari Mitsubishi sendiri... :)
ups...sory....saking banyak istilah....terima kasih atas koreksinya bung WP......