Ternyata dari info yang saya dapet , Teknologi VVT-i yang dipakai di Camry Indo masih setingkat di bawah teknologi i-VTEC Accord Indo.
Sebenarnya toyota sudah mempunyai teknologi VVTL-i (L= Lift), tapi belum dipasangin di Camry yang sekarang, mungkin pertimbangan dari toyota indo, teknologi ini adalah baru pertama kali buat toyota Indo, jadi perlu penyesuaian dulu. Mungkin beberapa thun lagi baru beranjak ke VVTL-i.
Sama seperti honda indo yang dulu tahun 96 start dgn teknologi VTEC nya di Indo pada mobil Ferio nya. dan kurang lebih tahun 2002 beranjak ke i-VTEC pada Stream nya.
Sebenarnya teknologi VVT-i toyota setingkat dgn teknologi VTEC honda. Dan teknologi VVTL-i Toyota setingkat dgn i-VTEC Honda.....
So yang udah beli Toyota sekarang belum bisa merasakan teknologi terbaru Toyota yang seharusnya sdh ada, mgkn 2-3 tahun lagi Toyota indo baru memakai teknologi VVTL-i, yang setaraf dgn i-VTEC Honda.
Dan yang lebih baru lagi.....katanya teknologi semacam i-VTEC, mungkin akan ditinggalkan dalam waktu yang tidak lama lagi....
Yang semula gerakan valve digerakkan cam, maka teknologi berikutnya valve digerakkan tanpa cam, jadi valve digerakkan secara hidrolik atau magnetik. Jadi tenaga nya bakal lebih dahsyat.....
Wah makin ketinggalan aja Toyota indo dari Honda indo. Gimana dong.....Kalo dulu honda indo ketinggalan dgn pemakaian teknologi injection & DOHC, giliran toyota indo yang ketingalan dalam VVT-i nya......
Ayo dong toyota......kasih yang lebih hebat lagi .....bakal lebih seru lagi
CMIIW
Teknologi Honda Accord vs Toyota Camry
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Sebenarnya payah juga nih Toyota di Indonesia.... dulu Toyota di Indonesia biasanya membat inovasi yg menggebrak dengan teknologi lebih unggul atau lebih dulu unggul dibanding yg lain..
O, ya teknologi VVTL-i (Variable Valve Timing Lift - intelegence) udh ada di beberapa produk Toyota di luar Indonesia, misal pada Celica.
O, ya teknologi VVTL-i (Variable Valve Timing Lift - intelegence) udh ada di beberapa produk Toyota di luar Indonesia, misal pada Celica.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
BTW, yg saya tahu jumlah cam pada mobil biasanya 1 atau 2 (SOHC=Single Overhead Camshaft dan DOHC=Double Overhead Camshaft), juga buat mesin Toyota ada Twincam (2 cam) dan Fourcam (4 cam). Jelasin dong masing2 model tsb termasuk kelebihan dan kekurangannya , ada ga sih mobil dgn 3 cam, juga mobil produk massal dan konsep apa yg punya cam paling banyak?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
kayanya sih gue dah pernah bahas de... ,
soal cam rata2 mobil2 inline paling banyak pake 2 cam.. DOHC.. , kalo 4 cam di pake Mesin V6 karena mesinya di bagi 3 silinder 3 silinder.. berbentuk v.. dan juga mesin Boxster segaris
biasa di gunain sama subaru dan porsche begitu juga mesin V8-v10 sampe v12 pun four cam.. alias 1 line nya tuh 2 cam rata..
kalo mobil super car sekarang ada Mesin bentuk nya W berarti 6 cam di bugati
mobil pake 3 cam gak ada...
mobil masal konsep cam paling banyak ya buat mobil inline 4/6 yah 2 cam ato Sohc sama mobil mesin V yaitu 4 cam.. kaya di carnival gitu
kalo mobil kaya galant baru V6 mesinya Sohc jadi setiap line ada 1 cam di totalin jadi 2 biji ..
soal cam rata2 mobil2 inline paling banyak pake 2 cam.. DOHC.. , kalo 4 cam di pake Mesin V6 karena mesinya di bagi 3 silinder 3 silinder.. berbentuk v.. dan juga mesin Boxster segaris
biasa di gunain sama subaru dan porsche begitu juga mesin V8-v10 sampe v12 pun four cam.. alias 1 line nya tuh 2 cam rata..
kalo mobil super car sekarang ada Mesin bentuk nya W berarti 6 cam di bugati
mobil pake 3 cam gak ada...
mobil masal konsep cam paling banyak ya buat mobil inline 4/6 yah 2 cam ato Sohc sama mobil mesin V yaitu 4 cam.. kaya di carnival gitu
kalo mobil kaya galant baru V6 mesinya Sohc jadi setiap line ada 1 cam di totalin jadi 2 biji ..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Saya coba jwb Bung WP......CMIIW
> Kita pake contoh spec mesin Baleno, yg SOHC, 4 silinder, 16valve. Berarti masing-masing silinder terdapat 4valve (yaitu 2bh utk masukin angin+bensin, dan 2bh lagi utk buangin hasil pembakaran dlm bentuk asap.) Nah utk menggerakkan 16 valve (klep) ini dibutuhkan sebuah (single) Camshaft (bentuknya panjang dan melintang melewati 4 silinder). Nah bayangin aja 16valve/klep ini cuma digerakin oleh 1bh camshaft. Jatuhnya kan seperti kerja berat. Capek kan jadinya.
> Utk mesin DOHC sy pake mesin ETERNA, specnya DOHC, 16 valve. Artinya mesin ini mempunyai 2 Camshaft yang sejajar melintang melewati 4 silinder. Yang tadinya 16Valve/klep cuma dihandle oleh 1bh camshaft, sekarang tugasnya dibagi menjadi 2. Yaitu 2valve/klep yang utk memasukkan angin+bensin khusus dipegang oleh 1bh camshaft, sedangkan 2valve/klep utk pembuangan sisa pembakaran dipegang lagi oleh 1bh camshaft lagi.
Jadi alhasil , kerjanya jadi ringan, dan tenaga yg dihasilkan bisa lebih besar, karena Camshaft yg 1 mengatur masukkan angin+bensin, sedangkan Camshaft yg kedua utk mengatur membuang sisa pembakaran.
Moga2 jelas ya pengertian SOHC dan DOHC.
Nama kalo istilah Twincam ini sebenarnya sama dgn istilah DOHC (Inget waktu dulu terkenal dgn corolla twincam). Cuma istilah twincam udah jarang dipake.
Nah kalo Fourcam.....mungkin ada kesalahan kali ya.....sy belum pernah baca ttg istilah "Fourcam", apalagi yg "threecam".
Mungkin maksud bung WP mengenai "paling banyak ada berapa valve dalam 1 silinder?" , yg telah berhasil dibuat oleh pabrikan. Itu kali ya maksudnya. Kalo sampe sekarang yg saya tahu ada yg pake sampe 5 valve/klep dalam 1 silinder (3bh valve utk masukin angin+bensin, 2bh valve lagi utk buangin sisa pembakaran) yaitu oleh Audi. Kalo gak salah porsche juga gitu.....CMIIW
Itu aja yg saya tahu, kalo ada yg salah mohon dikoreksi dan bisa bantu jelasin lebih bagus lagi......CMIIW
> Kita pake contoh spec mesin Baleno, yg SOHC, 4 silinder, 16valve. Berarti masing-masing silinder terdapat 4valve (yaitu 2bh utk masukin angin+bensin, dan 2bh lagi utk buangin hasil pembakaran dlm bentuk asap.) Nah utk menggerakkan 16 valve (klep) ini dibutuhkan sebuah (single) Camshaft (bentuknya panjang dan melintang melewati 4 silinder). Nah bayangin aja 16valve/klep ini cuma digerakin oleh 1bh camshaft. Jatuhnya kan seperti kerja berat. Capek kan jadinya.
> Utk mesin DOHC sy pake mesin ETERNA, specnya DOHC, 16 valve. Artinya mesin ini mempunyai 2 Camshaft yang sejajar melintang melewati 4 silinder. Yang tadinya 16Valve/klep cuma dihandle oleh 1bh camshaft, sekarang tugasnya dibagi menjadi 2. Yaitu 2valve/klep yang utk memasukkan angin+bensin khusus dipegang oleh 1bh camshaft, sedangkan 2valve/klep utk pembuangan sisa pembakaran dipegang lagi oleh 1bh camshaft lagi.
Jadi alhasil , kerjanya jadi ringan, dan tenaga yg dihasilkan bisa lebih besar, karena Camshaft yg 1 mengatur masukkan angin+bensin, sedangkan Camshaft yg kedua utk mengatur membuang sisa pembakaran.
Moga2 jelas ya pengertian SOHC dan DOHC.
Nama kalo istilah Twincam ini sebenarnya sama dgn istilah DOHC (Inget waktu dulu terkenal dgn corolla twincam). Cuma istilah twincam udah jarang dipake.
Nah kalo Fourcam.....mungkin ada kesalahan kali ya.....sy belum pernah baca ttg istilah "Fourcam", apalagi yg "threecam".
Mungkin maksud bung WP mengenai "paling banyak ada berapa valve dalam 1 silinder?" , yg telah berhasil dibuat oleh pabrikan. Itu kali ya maksudnya. Kalo sampe sekarang yg saya tahu ada yg pake sampe 5 valve/klep dalam 1 silinder (3bh valve utk masukin angin+bensin, 2bh valve lagi utk buangin sisa pembakaran) yaitu oleh Audi. Kalo gak salah porsche juga gitu.....CMIIW
Itu aja yg saya tahu, kalo ada yg salah mohon dikoreksi dan bisa bantu jelasin lebih bagus lagi......CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Oh ya Bung Takumi ada bilang kalo V6 itu pake Fourcam (Four Camshaft) sebenarnya tetap dijulukin DOHC pada spesifikasi mesin pabrikan.......CMIIW.
Memang benar camshaft yg dipake ada 4, karena mesinnya berbentuk V, Jadi 2bh camshaft menangani 3bh silender yg sblh kiri, dan 2bh camshaft lagi menangani 3bh silinder lagiyg sblh kanan. Nah pengertian nya tetap disebut DOHC (Double Overhead Camshaft). Seperti mesin Galant 2004 (diluar indo) yg 3.8L V6 DOHC.
So jangan jadi bingung.........
Kalo salah jawab mgkn bung Takumi atau rekan2 yg lain bisa betulkan.....he....he...he.......CMIIW
Memang benar camshaft yg dipake ada 4, karena mesinnya berbentuk V, Jadi 2bh camshaft menangani 3bh silender yg sblh kiri, dan 2bh camshaft lagi menangani 3bh silinder lagiyg sblh kanan. Nah pengertian nya tetap disebut DOHC (Double Overhead Camshaft). Seperti mesin Galant 2004 (diluar indo) yg 3.8L V6 DOHC.
So jangan jadi bingung.........
Kalo salah jawab mgkn bung Takumi atau rekan2 yg lain bisa betulkan.....he....he...he.......CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Kalo istilah FOURCAM adanya di mesin Toyota, misal mesin Toyota Land Cruiser Prado 3.4L V6...handling wrote:Oh ya Bung Takumi ada bilang kalo V6 itu pake Fourcam (Four Camshaft) sebenarnya tetap dijulukin DOHC pada spesifikasi mesin pabrikan.......CMIIW.
Memang benar camshaft yg dipake ada 4, karena mesinnya berbentuk V, Jadi 2bh camshaft menangani 3bh silender yg sblh kiri, dan 2bh camshaft lagi menangani 3bh silinder lagiyg sblh kanan. Nah pengertian nya tetap disebut DOHC (Double Overhead Camshaft). Seperti mesin Galant 2004 (diluar indo) yg 3.8L V6 DOHC.
So jangan jadi bingung.........
Kalo salah jawab mgkn bung Takumi atau rekan2 yg lain bisa betulkan.....he....he...he.......CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Takumi wrote: kalo mobil super car sekarang ada Mesin bentuk nya W berarti 6 cam di bugati
Bung WP,
Secara umum pengertian mendasar nya tetap sama saja, cuma yg di sebutin adalah jumlah camshaft yang ada di mesin mobil itu, jadi kelihatannya banyak banget camshaft nya.
Contohnya lagi karena W engine ada 3 bagian yang menghadap keatas , jadinya 3 x 2 camshaft, jadi nya 6camshaft. Nah karena supaya mau bikin heboh/hebat , ya dikasih julukan sesuai jumlah total camshaft yang ada. Kalo Mesin yang masih model lama , diatas silinder cuma ada 1 camshaft.
So jangan bingung2, cuma beda istilah.
Seperti istilah injection.
Toyota EFI, Honda PGMFI, Suzuki EPI, Mitsubishi MPI, dll.......CMIIW
Istilah Valve timing:
Honda VTEC i-VTEC, Toyota VVT-i VVTL-i, Bmw VANOS VAlVETRONIC, Mitsubishi MIVEC, Porsche Variocam, dll.......CMIIW.
Nah kalo mau lebih jelas, tutup mesinnya dibuka, pasti kelihatan deh isinya ada berapa camshaftnya .....he...he...he......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Oh gitu, thanx atas infonya ya!handling wrote:Takumi wrote: kalo mobil super car sekarang ada Mesin bentuk nya W berarti 6 cam di bugati
Bung WP,
Secara umum pengertian mendasar nya tetap sama saja, cuma yg di sebutin adalah jumlah camshaft yang ada di mesin mobil itu, jadi kelihatannya banyak banget camshaft nya.
Contohnya lagi karena W engine ada 3 bagian yang menghadap keatas , jadinya 3 x 2 camshaft, jadi nya 6camshaft. Nah karena supaya mau bikin heboh/hebat , ya dikasih julukan sesuai jumlah total camshaft yang ada. Kalo Mesin yang masih model lama , diatas silinder cuma ada 1 camshaft.
So jangan bingung2, cuma beda istilah.
Seperti istilah injection.
Toyota EFI, Honda PGMFI, Suzuki EPI, Mitsubishi MPI, dll.......CMIIW
Istilah Valve timing:
Honda VTEC i-VTEC, Toyota VVT-i VVTL-i, Bmw VANOS VAlVETRONIC, Mitsubishi MIVEC, Porsche Variocam, dll.......CMIIW.
Nah kalo mau lebih jelas, tutup mesinnya dibuka, pasti kelihatan deh isinya ada berapa camshaftnya .....he...he...he......
Tapi, maaf saya koreksi sedikit kalo istilah Mitsubishi buat sistem injection bukan MPI tapi ECI MULTI (Electronic Control Injection Multipoint) seperti di Galant 1997, istilah MPI juga pernah dipakai Mitsubishi, tapi sifatnya universal, bukan istilah dari Mitsubishi sendiri...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
ups...sory....saking banyak istilah....terima kasih atas koreksinya bung WP......WP wrote: maaf saya koreksi sedikit kalo istilah Mitsubishi buat sistem injection bukan MPI tapi ECI MULTI (Electronic Control Injection Multipoint) seperti di Galant 1997, istilah MPI juga pernah dipakai Mitsubishi, tapi sifatnya universal, bukan istilah dari Mitsubishi sendiri...