Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
The Watcher
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed May 09, 2007 12:12
Location: Jakarta

Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by The Watcher »

Berikut ini adalah hasil review setelah memakai PS sejauh kurang lebih 700 km (delivery pertengahan Agustus 2009).

Eksterior

Dari luar, mobil ini memberi kesan keren, gagah, maskulin, tangguh dan luxurious. Karena model baru, masih kelihatan fresh dan beda dari mobil lain – sehingga di jalan masih sering dilirik orang.

Dimensinya agak mirip dengan Fortuner. Panjangnya sama, hanya saja Fortuner sedikit lebih tinggi dan lebih lebar. Everest lebih panjang, tapi sedikit kurang lebar dan lebih pendek. Mengingat mobil yang kelihatan besar, sempat ada kekhawatiran membawa mobil ini di kompleks perumahan saya, yang jalannya sempit dan banyak belokan. Namun ternyata tidak terlalu susah dibawa belok (sehari-hari bawa GL, perbedaanya tidak terlalu mencolok).

Bagian belakang, merupakan bagian yang paling menarik dari PS dengan disain lampu yang elegan. Sementara bagian depan bisa diperdebatkan. Saya perkirakan, kalau ada model face-lift, grill depan akan segera diganti.

Spion berukuran besar dengan chrome cover dan berbentuk agak travezium sehingga cukup memudahkan untuk parkir mundur. Side-step sudah standard, sehingga memudahkan naik mobil jangkung ini.

Dengan ukuran ban 265/65 R17, masih tersedia ruang untuk ganti velg yang lebih besar. Velg dengan jari-2 banyak juga mungkin akan diganti begitu facelift.

Interior


Secara keseluruhan, bagian interior juga cukup menarik namun kurang neat serta kombinasi warnanya agak tabrakan. Kelengkapannya lumayan bagus, banyak goodies.

Dashboard: kelihatan modern dan fungsional namun kelihatan rame. Lis kayu memberi kesan lux. Ada MID – lumayan berguna untuk mengetahui konsumsi BBM, altimeter dan kompas (walau kurang begitu akurat) serta informasi & kontrol audio. Namun kualitas display serta warna backgroundnya yang biru berkesan murahan. HU single din dengan kontrol audio di stir. Belum banyak saya eksplorasi dalam hal audio, namun kualitas suaranya not bad (ad 6 speakers termasuk tweeter di pilar A). Tambah subwoofer kayaknya perlu.

Stir: untuk saya ukurannya pas. Stir bisa diatur naik-turunkan, namun tidak bisa maju-mundur. Stir agak berat untuk belok, namun mantap.

Kursi: model ini sudah berbalut kulit (model GLX 4x4 MT jok berbahan fabric). Cukup praktis, jok bisa dilipat rata. Untuk jok pengemudi, pengaturan masih manual dan kurang lengkap. Hanya saja jok belakang agak sempit. Namun bagi saya tidak terlalu masalah, karena jarang digunakan; kalau tidak untuk anak-2 atau pembantu ya dilipat untuk memperluas bagasi.

Lain-lain:
• Naik turun kaca tidak bisa one touch ¬– quite annoying untuk mobil seharga ini.
• Peredaman noise & vibration sudah bagus. Saya sempat mengira klaksonnya perlu diganti karena suaranya kecil, eh ternyata dari luar kedengarannya kencang juga.

Driving exeprience
:
Mobil ini sangat enak dibawa. Perjalanan jauh cukup menyenangkan dan tidak terasa melelahkan.

Di Balik Kemudi: dengan posisi duduk tinggi, pertama-tama gak canggung. Tapi lama kelamaan membuat confident bertambah. Mesin diesel dengan tenaga max 136ps @3500 rpm dan torsi max 32 kgm @2000rpm cukup responsif. Karakter suara mesin diesel masih terasa berbeda dari mesin bensin. Pada rpm < 1000, suara cukup halus. Suara mulai kedengaran di kecepatan rendah pada rpm 1000-2000. Pada kecepatan tinggi dengan rpm sekitar 2000, suara mesin cukup halus.

Mobil ini enak untuk dibawa gaya mengemudi econo-driving, dengan menginjak pedal gas pelan-pelan torsi tersedia melimpah. Perpindahan gigi matic sangat halus, hampir tidak terasa ada hentakan sehingga bawa mobil ini cukup enteng. Pengeraman juga cukup bagus dan halus, sentakan tidak terasa. Alhasil, untuk pengendaraan dalam kota dengan kondisi stop & go, pengendaraan cukup smooth. Untuk jalan menanjak mobil ini cukup oke, hanya perlu sedikit usaha agar rpm mencapai 2000 dan tanjakan bisa dilalui tanpa susah payah. Menyalip kendaraan lain pun tidak ada masalah. Namun kalau dibawa agresif, kurang cocok. Saya coba kick-down, agak lambat responsnya.

Suspensi tidak bisa dikatakan lembut. Tapi cukup nyaman melintasi jalan jelek atau polisi tidur (tidak membuat sakit pinggang). Hal ini mungkin karena kombinasi profil ban tebal, per keong di belakang serta jarak sumbu roda yang panjang (2.8 m). Stabilitas juga cukup baik, setidaknya dibawa s/d 120 kpj (belum dicoba lebih kencang). Malah saya gak sadar kalau sudah bawa 120 kpj, dikira masih 100 kpj. Untuk manuver belok belum saya coba.


BBM: dengan kapasitas tangki 70L, mobil ini siap diajak perjalanan jauh tanpa sering-sering mampir ke SPBU. Apalagi, BBM cukup solar biasa. Selama ini saya biasa isi biosolar. Dibawa di tol dengan kecepatan 80-120kpj, MID mencatat konsumsi BBM 1L:12-13KM. Kalau dibawa konstan mungkin bisa lebih baik lagi. Di dalam kota, konsumsi BBM sekitar 1:8-9 (harap dicatat, mesin sering menyala dalam keadaan diam, nunggu di mobil sambil ngadem AC). Rute kombinasi tercata sekitar 1:9-11.

Lain-lain:
- Mentang-mentang high demand, gimmick nya dikit. Jangan harap diskon pula.
- Warranty cuma 2 th / 50.000km
- Servis gratis 1.000 km dan 5.000 km saja

Verdict: worth buying for
FortunerMan

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by FortunerMan »

Good review bro :frm_tumbleft: Sarat info yg berguna
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by cuple »

Apalah artinya review anda tampa kehadiran foto2.. hehehehe :big_peace:

Ga ding, mantabb kok bosss reviewnyaa, setuju bgt sama MID yg pixelnya rendah bgt kali ya..jd tampilan huruf kasar dan terkesan murahan. Mudah2an Mitsu ngeluarin Monitor sekalian yg bisa berfungsi sebagai MID, DVD Player, dan GPS as optional accessory. Atau paling ga ada aksesoris aftermarket buatan cina/taiwan yg ngeluarin ini.

Ane masih nungguin Nopol nih.. two more weeks to goooo.. :frm_bang_head:
v1rz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Sun Mar 05, 2006 13:21
Location: Medan

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by v1rz »

nice review. ane maci nungguin janji sales boil ane keluar minggu ini :frm_bang_head:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by zweifellos »

mantap reviewnya. saya pikir penialainnnya cukup berimbang karena disajikan kelebihan dan kekurangan mobil ini dalam porsi yang sesuai.

mau tanya om ts, bagaimana dengan model sport buat transmisi semi-otomatisnya, apakah terlalu sensitif dengan kecepatan mobil/rpm mobil? misal mau nyalip mobil depan trus kita pasang semi-otomatis, apakah bisa tertahan putaran rpm atau si sistem langsung mengganti gigi karena sudah masuk rpm/kecepatan gigi yang bersangkutan? IMO kalo memang begini adanya tentu tidak berguna ada mode sport-nya.

trus bagaimana dengan invecs-II nya yang katanya bisa menyesuaikan dengan gaya membawa si pengemudi. apakah om TS merasakannya?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by imsus2c »

good sharing pak...

ditunggu juga update reviewnya kalo dah jalan banyak...., mungkin ada perubahan di performa atau lainnya... :off_good_job:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by maskopat »

two thumbs up untuk reviewnya... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
serasa bawa sendiri baca review ini...

gak perlu foto lah om cuple, kan banyak di internet... :mrgreen: :mrgreen:

bagian ini
The Watcher wrote:Malah saya gak sadar kalau sudah bawa 120 kpj, dikira masih 100 kpj. Untuk manuver belok belum saya coba.
mitsu banget gitu loh... :mrgreen: :mrgreen:

kalo yang ini
The Watcher wrote:Mobil ini enak untuk dibawa gaya mengemudi econo-driving, dengan menginjak pedal gas pelan-pelan torsi tersedia melimpah. Perpindahan gigi matic sangat halus, hampir tidak terasa ada hentakan sehingga bawa mobil ini cukup enteng. Pengeraman juga cukup bagus dan halus, sentakan tidak terasa. Alhasil, untuk pengendaraan dalam kota dengan kondisi stop & go, pengendaraan cukup smooth. Untuk jalan menanjak mobil ini cukup oke, hanya perlu sedikit usaha agar rpm mencapai 2000 dan tanjakan bisa dilalui tanpa susah payah. Menyalip kendaraan lain pun tidak ada masalah. Namun kalau dibawa agresif, kurang cocok. Saya coba kick-down, agak lambat responsnya.
bukan mitsu banget... :mrgreen: :mrgreen:
soalnya kuda diesel aja cukup agresif...

yang ini
The Watcher wrote:Lain-lain:
- Mentang-mentang high demand, gimmick nya dikit. Jangan harap diskon pula.
- Warranty cuma 2 th / 50.000km
- Servis gratis 1.000 km dan 5.000 km saja
ane gak suka :frm_bang_head: :frm_bang_head:
pelit amat sih dengan warranty? hare gene masih 2 tahun dan cuman 50.000km???? :off_no:
sedangkan mitsu di eropa, rata2 5 tahun dan 100.000 mile... :e-clap:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by Hansen »

Very nice review.....detail banget.....:frm_tumbright: :e-clap: :off_good_job:

Saya punya sih udah dapet dari pertengahan bulan Juni warna hitam...tapi sampe sekarang baru jalan 800 km...:big_peace:
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by imsus2c »

Hansen wrote:Very nice review.....detail banget.....:frm_tumbright: :e-clap: :off_good_job:

Saya punya sih udah dapet dari pertengahan bulan Juni warna hitam...tapi sampe sekarang baru jalan 800 km...:big_peace:
reviewnya mana...? :big_slap:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by Hansen »

imsus2c wrote:
Hansen wrote:Very nice review.....detail banget.....:frm_tumbright: :e-clap: :off_good_job:

Saya punya sih udah dapet dari pertengahan bulan Juni warna hitam...tapi sampe sekarang baru jalan 800 km...:big_peace:
reviewnya mana...? :big_slap:
Kira2 mirip2 lah ama reviewnya TS.....:mrgreen: :big_peace:
Image
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by evolution21 »

bro hansen, kebetulan satu2nya di seraya yang punya xtrail dan PS, ada sedikit pertanyaan :)
kalo blom punya keduanya, dan disuruh beli salah satu
lebih cenderung pilih yang mana?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by Hansen »

evolution21 wrote:bro hansen, kebetulan satu2nya di seraya yang punya xtrail dan PS, ada sedikit pertanyaan :)
kalo blom punya keduanya, dan disuruh beli salah satu
lebih cenderung pilih yang mana?
Waduh...pilihan yg sulit juga...:mrgreen:

Kalo disuruh pilih buat saya bawa sendiri sehari hari sih saya lebih milih X-Trail 2.5 Xt karena lebih lincah & praktis...fiturnya juga berlimpah dan memanjakan drivernya...

Tapi kalo lebih sering bawa penumpang atau keluarga sih lebih baik pilih PS soalnya kabinnya lebih lapang...kalo lebih sering dibawa sendiri sih terasa agak bongsor & kurang praktis...

Kira2 begitu bro...:D
Image
FortunerMan

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:
The Watcher wrote:Lain-lain:
- Mentang-mentang high demand, gimmick nya dikit. Jangan harap diskon pula.
- Warranty cuma 2 th / 50.000km
- Servis gratis 1.000 km dan 5.000 km saja
ane gak suka :frm_bang_head: :frm_bang_head:
pelit amat sih dengan warranty? hare gene masih 2 tahun dan cuman 50.000km???? :off_no:
sedangkan mitsu di eropa, rata2 5 tahun dan 100.000 mile... :e-clap:
Ini semua model mitsu garansi cuman 2 thn? Masa kalah ama Suzuki? Kirain merek Jepun udah standar semua 3 thn...KTB oh KTB...
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by cuple »

v1rz wrote:nice review. ane maci nungguin janji sales boil ane keluar minggu ini :frm_bang_head:
hehe..abis dapet mobil, trs masih nungguin Nopol bos.. Buat ane yg ini lbh menyiksa, soale mobil di depan mata tp ga bisa dibawa kemana-mana.. kekeke.. :frm_bang_head:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by Abu2 »

@cuple : drpd mbl nya terduduk manis, mending di poles saja...sampe mengkilap.....:D
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by Abu2 »

buat TS...mantap review nya :frm_tumbright:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by DigitALL »

Nice review bro, tinggal dilengkapi dgn foto2nya biar lebih mantap :) :frm_tumbleft:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by maskopat »

FortunerMan wrote: Ini semua model mitsu garansi cuman 2 thn? Masa kalah ama Suzuki? Kirain merek Jepun udah standar semua 3 thn...KTB oh KTB...
kalo ane lihat di websitenya, untuk semua passanger 2 tahun atau 50.000km..
untuk light commercial 1 tahun atau 20.000km
untuk commercial 2 tahun atau 50.000km...

bujug... ampun deh KTB...
tapi ada untungnya, jandanya jadi murah deh.. wong udah lewat garansi.. :e-dance: :e-dance:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by Abu2 »

ha..ha.h.a..bener tuh Om Kopat....tapi pelit amat ini KTB yah...cuma 50rbkm ato 2 taon.... :e-naughty:
atao masih takut ama kondisi solar indo, ato memang gak pede ama produknya sendiri
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by ZombiEE »

janda ooh janda..heuheuheu :big_weee:
to TS: nice write up:)
siinoi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Wed Oct 15, 2008 9:26

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by siinoi »

om TS : saya sempet baca di salah satu majalah otomotif mengatakan bentuk jok (depan s/d belakang) katanya kurang bucket atau ga pas sama posisi badan, terutama kaki katanya aga menggantung. bener ga sih om? terus secara om dipakai buat keluarga, apakah ada kesulitan pada A/C yang cuma tersedia di baris 1 dan pada baris 3 kan ada di samping...mengganggu ga si? tolong dijawab yah om :)
FortunerMan

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by FortunerMan »

siinoi wrote:om TS : saya sempet baca di salah satu majalah otomotif mengatakan bentuk jok (depan s/d belakang) katanya kurang bucket atau ga pas sama posisi badan, terutama kaki katanya aga menggantung. bener ga sih om? terus secara om dipakai buat keluarga, apakah ada kesulitan pada A/C yang cuma tersedia di baris 1 dan pada baris 3 kan ada di samping...mengganggu ga si? tolong dijawab yah om :)
Yg begini2 saran saya coba sendiri kali om...bentuk badan orang kan lain2 - yg gendut bgt kalo dikasi bucket ngerasa sempit, yg kurus kalo gak mencengkeram ngerasa gak pakem...
User avatar
The Watcher
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed May 09, 2007 12:12
Location: Jakarta

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by The Watcher »

@siinoi: jok baris ketiga tidak nyaman. Walau ditopang headrest yang bisa ditinggikan, sandaran punggung rendah. Yang membuat gak nyaman adalah kaki harus ditekuk agak tinggi. Mungkin ini berhubungan dengan sasis serta posisi roda belakang. Hanya saja, sandaran bisa ditegakan dan sedikit direbahkan ke belakang. Jadi, baris ketiga cocoknya untuk anak kecil.
Jok baris kedua tidak senyaman jok depan. Sandaran punggung kurang mencengkram dan agak menonjol. Malah kalau duduk bertiga dan kebagian duduk di tengah, sungguh tidak nyaman karena tonjolannya begitu terasa. Nilai plusnya adalah baris kedua luas dan legroom cukup lega, serta bisa dimajumundurkan.
Jok depan paling nyaman. Lumayan mencengkram.
Untuk AC, walau tidak ada blower di baris kedua, tidak terlalu masalah. Memang agak lambat dinginnya sampai ke baris kedua. Namun ini bisa diakali dengan menghidupkan AC belakang / baris ketiga yang bisa dikontrol dari dashboard. Atu cukup aktifkan mode "auto".

@zweifellos: hanya beberapa kali saja saya menggunakan sport mode / "manual". Kalau kita melakukan deselerasi dan lupa mengganti gigi, maka secara otomatis ganti sendiri seandainya RPM kurang dari 1000. Namun untuk akselarasi, gak tahu apakah pindah sendiri kalau mencapai RPM tertentu.

Transmisi adaptive setahu saya ada di Pajero 3.8 Vg Super Exceed, ga ada di PS. IMO, adaptive transmission ga bagus kalau mobil suka dibawa orang berbeda. Saya memiliki pengalaman kurang baik dengan Focus HB 2.0 yang pake adaptive transmission. Karena mobil sering dipake bergantian dengan istri yang gaya mengemudiya berbeda, walhasil kimputernya bingung dan terjadi error sehingga harus dilakukan system reset.

@cuple: STNK saya juga baru keluar minggu depan .... :e-doh:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by mandala1 »

Imo rata2 sistem transmisi pintar akan berpindah secara otomatis apabila rpm sudah mencapai batas redline, dan akan turun scr otomatis pula apabila dilakukan pengereman sampai mobil hampir berhenti,, mungkin kecuali di mobil2 yg karakternya memang sports car,,
setidaknya ini sy alami sendiri di mobil2 sy yg bertransmisi triptonik/steptronik :)
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: Review: Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 2.5 AT

Post by cuple »

The Watcher wrote:@siinoi: jok baris ketiga tidak nyaman. Walau ditopang headrest yang bisa ditinggikan, sandaran punggung rendah. Yang membuat gak nyaman adalah kaki harus ditekuk agak tinggi. Mungkin ini berhubungan dengan sasis serta posisi roda belakang. Hanya saja, sandaran bisa ditegakan dan sedikit direbahkan ke belakang. Jadi, baris ketiga cocoknya untuk anak kecil.
Jok baris kedua tidak senyaman jok depan. Sandaran punggung kurang mencengkram dan agak menonjol. Malah kalau duduk bertiga dan kebagian duduk di tengah, sungguh tidak nyaman karena tonjolannya begitu terasa. Nilai plusnya adalah baris kedua luas dan legroom cukup lega, serta bisa dimajumundurkan.

@cuple: STNK saya juga baru keluar minggu depan .... :e-doh:
Salah satu alesan ane ambil PS krn dibanding competitior2nya PS yg tempat duduk baris 3 nya paling Ok..

Captiva: Boro2 duduk, untuk masuk aja ane (tinggi 176, berat 82) perlu perjuangan keras. Pas duduk dengkul harus agak dimiringin, sedangkan PS posisi dengkul lega, ga perlu mentok kursi baris ke 2.

Everest: Posisi duduk juga lega tp kelemahannya 1. ga ada headrest. Kalo buat jalan jauhh/macet capee jg ne, berasa naik metromini.. 2. Tmpt duduk baris ketiga ga bisa dilipet 50:50.. padahal ane perlu satu buat duduk suster, satu lagi dilipet flat buat kereta bayi.

Fortuner: Lumayan lega tp ane lgs ilfil pas tau tmpt duduknya ga bisa dilipet flat.. musti gantung2 model mobil jadul..

@Watcher.. Lahhh..ente udah jalan2 aja.. apa pake plat B *** QR?