Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Nissan All New Grand Livina dengan mesin HR15DE Twin VTC itu nda mungkin ada sludge om. ini mesin paling sempurna sejagat raya dengan efisiensi volumetrik 6 juta persen.
Enjin resing itu mbah, oli nya aj musti kelas keraton, bensin jg oktan 10000 biar ga glitik... saking efisien nya ganti oli jg kayanya ga perlu, tinggal d top up aj
Engine aneh sih emang HR15DE ini, OGL 1.5 A/T 2011 ane dari isi pertalite, pertamax sampai pertamax plus (pertabo blom ada) tetap aja ngelitik terus, akhirnya saking keselnya ane kasih premium aja sekalian, timing pengapian ane minta beres mundurin semundur2nya, oli kasih 5W-30.
Ganti aki di Shop n Drive gak mau kasih garansi panjang, tekor katanya ama ini mobil, sering jebol aki karena panas mesinnya, tobat...tobat deh ama ini engine [emoji23]
Soal aki OGL HR15 ini memang warbyasah om, ktnya sih suhunya jauh lebih panas dr mesin umumnya. Makanya kalo mobil lain biasa cm makan oli, ini makan aki juga. Dulu OGL saya tiap 6 bulan pasti ganti aki, dan jatuhnya pasti pas lebaran ahahahahaha. Kocak udah ini mobil, cuma akhirnya jd ngerti mesin mobil dikit2 gara2 piara ini selama 5th.
Pernah jg, pas di th ke4 pemakaian (dr baru) tongkat transmisi tau2 patah di jalan, untung masuk gigi 2 langsung bawa ke nissan. Selain itu, slang kopling itu entah saya ganti 5x mungkin ada. Karena memang penempatannya persis di bawah aki dan ngga ada covernya, jd rawan kena air aki. Seru waktu itu, tiap dijemput pulang sekolah dalem seminggu mampirnya bukan ke rumah, tapi ke dealer nissan terus. Tp sy ngakuin, wkt itu pakainya jorok banget sama ini mobil (pake supir juga dan ini mobil satu2nya)
azu wrote: Tue Apr 21, 2020 7:27
untuk mesin 1NZ-FE saya ini sudah jalan 140.000Km dan 2.100 km terakhir pakai oli diesel PTT Dynamic 10W-30, tujuan awalnya ya mau coba cuci mesin itu. Belinya yang paket 8 liter biar bisa untuk 2 kali ganti oli. Mohon sarannya untuk diganti di Km berapa oli ini Tapi pas liat dari tutup pengisian oli sih masih tebel sludgenya, makanya kepikiran untuk pakai Engine Flush
Berikut adalah kondisi jeroan mesin tahun lalu saat ganti paking tutup head
head.jpg
saat itu tidak diapa2in sih sama bengkelnya, hanya sludge yang berada di tutup head yang dibersihkan oleh bengkel.
Untuk kondisi saat ini setelah 2.100 Km pakai PTT Dynamic 10W-30, berikut beberapa fotonya:
Lubang pengisian oli:
pengisian.jpg
Terlihat ada sludge
Tutup pengisian oli:
tutup.jpg
Mirip dengan kondisi dalam lubang pengisian olu
Dipstick:
dips1.jpg
Ada noda coklat, nampaknya sludge
Dipstick bagian ujungnya setelah dilap dengan tissue
dips2.jpg
Noda coklat tetap tidak hilang
Rencana awalnya sih saya akan seperti ini:
1. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.
tapi karena ada rencana pakai Engine Flush dan tadi ada masukan untuk cuci pakai oli Diesel itu cukup hanya 1000-2000 Km, mungkin rencana saya nanti jadi seperti ini:
2. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, pakai Engine Flush, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.
Kira-kira kalau dari tampilan kondisi mesin seperti di atas baiknya gimana ya?
Terima kasih sebelumnya
hemmm ini dulu sering jd genset dan pake oli2 kelas 10w40 sampe overdue sepertinya...
saran saya, udh saatnya pakein oli diesel HDEO full syn macem Q8 8700 5w30/Delvac 1/Schaeffer 5w40 aja sekalian biar lbh cepet rontok...
kalo oli PCMO yg base oil grup 3+ atau ada PAO nya juga boleh...
Engine aneh sih emang HR15DE ini, OGL 1.5 A/T 2011 ane dari isi pertalite, pertamax sampai pertamax plus (pertabo blom ada) tetap aja ngelitik terus, akhirnya saking keselnya ane kasih premium aja sekalian, timing pengapian ane minta beres mundurin semundur2nya, oli kasih 5W-30.
Ganti aki di Shop n Drive gak mau kasih garansi panjang, tekor katanya ama ini mobil, sering jebol aki karena panas mesinnya, tobat...tobat deh ama ini engine [emoji23]
kl aki, beliin sarung nya om
dl ane punya OGL jg langganan dapet aki gratis dr SnD.. ga ampe setaon matot smua.. tp bgt ane pakein sarung, rata2 bsa setaon lebih
Engine aneh sih emang HR15DE ini, OGL 1.5 A/T 2011 ane dari isi pertalite, pertamax sampai pertamax plus (pertabo blom ada) tetap aja ngelitik terus, akhirnya saking keselnya ane kasih premium aja sekalian, timing pengapian ane minta beres mundurin semundur2nya, oli kasih 5W-30.
Ganti aki di Shop n Drive gak mau kasih garansi panjang, tekor katanya ama ini mobil, sering jebol aki karena panas mesinnya, tobat...tobat deh ama ini engine [emoji23]
kl aki, beliin sarung nya om
dl ane punya OGL jg langganan dapet aki gratis dr SnD.. ga ampe setaon matot smua.. tp bgt ane pakein sarung, rata2 bsa setaon lebih
Yup, betul saya telah beliin selimut aki untuk sarungi aki mobil Nissan All New Grand Livina murah cuma 110 ribu. Aki mobil aman dan bisa dipakai jangka lebih panjang.[emoji2]
azu wrote: Tue Apr 21, 2020 7:27
untuk mesin 1NZ-FE saya ini sudah jalan 140.000Km dan 2.100 km terakhir pakai oli diesel PTT Dynamic 10W-30, tujuan awalnya ya mau coba cuci mesin itu. Belinya yang paket 8 liter biar bisa untuk 2 kali ganti oli. Mohon sarannya untuk diganti di Km berapa oli ini Tapi pas liat dari tutup pengisian oli sih masih tebel sludgenya, makanya kepikiran untuk pakai Engine Flush
Berikut adalah kondisi jeroan mesin tahun lalu saat ganti paking tutup head
head.jpg
saat itu tidak diapa2in sih sama bengkelnya, hanya sludge yang berada di tutup head yang dibersihkan oleh bengkel.
Untuk kondisi saat ini setelah 2.100 Km pakai PTT Dynamic 10W-30, berikut beberapa fotonya:
Lubang pengisian oli:
pengisian.jpg
Terlihat ada sludge
Tutup pengisian oli:
tutup.jpg
Mirip dengan kondisi dalam lubang pengisian olu
Dipstick:
dips1.jpg
Ada noda coklat, nampaknya sludge
Dipstick bagian ujungnya setelah dilap dengan tissue
dips2.jpg
Noda coklat tetap tidak hilang
Rencana awalnya sih saya akan seperti ini:
1. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.
tapi karena ada rencana pakai Engine Flush dan tadi ada masukan untuk cuci pakai oli Diesel itu cukup hanya 1000-2000 Km, mungkin rencana saya nanti jadi seperti ini:
2. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, pakai Engine Flush, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.
Kira-kira kalau dari tampilan kondisi mesin seperti di atas baiknya gimana ya?
Terima kasih sebelumnya
Waktu tahun lalu ambil mobil seken liat lubang pengisian oli ada endapan coklat2 kehitaman gitu
Odo waktu itu sekitar 95rb KM
Akhirnya dipakein engine flush sebelum ganti oli pake PTT dynamic 10w30
Eh ga lama seal cover klep ama seal rumah filter oli rembes wkwkwkw...
Curiga gara2 pake engine flush
Tapi pas cover klep dibuka buat ganti seal nya ternyata kondisinya ga parah2 bgt
Sekitar cam cuma kuning2 tipis gitu ga ada endapan tebal
rendr wrote: Fri Apr 17, 2020 11:52
Oh ada sisa stok 1 botol lg toh ternyata... Hehe
So far amsoil termurah kyknya disana sih, dan udh include jasa ya harganya.. tambah good value..
Harga amsoil disana sih susah lawannya ya, Denger2 dari toko sebelah, dia itu borong amsoil jumlahnya guede bgt.. makanya harganya bisa segitu..
Btw IMHO kalo di manualbook recommend buntut 30, prefer pake 30 kurus kyk 0w30 atau 5w30 kelas amsoil SS/schaeffer/kendall (kalo msh ada ini berdua) buat reduce metal wear nya.. eman bener mesinnya om baru jalan 20k km.. garage queen nih
beberapa bulan lalu waktu ganti oli di cabang taman ratu, saya lihat disana banyak amsoil buntut 30 yang label lama om.
pastiin aja yang dituang ke mobil kita yang label baru.
label lama ini yang mana ya?
btw emang banyak stok oli lama2 sampe botolnya pada kempot, sayang ane tanyain diskon ga ada..
Yang labelnya model begitu om, cuma saya lupa tulisannya 5w30 atau 0w30.
saya juga lihat disana ada kendall semi sintetik yang masih botol silver, sayangnya harganya tetep 120 ribu sebotol.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Engine aneh sih emang HR15DE ini, OGL 1.5 A/T 2011 ane dari isi pertalite, pertamax sampai pertamax plus (pertabo blom ada) tetap aja ngelitik terus, akhirnya saking keselnya ane kasih premium aja sekalian, timing pengapian ane minta beres mundurin semundur2nya, oli kasih 5W-30.
Ganti aki di Shop n Drive gak mau kasih garansi panjang, tekor katanya ama ini mobil, sering jebol aki karena panas mesinnya, tobat...tobat deh ama ini engine [emoji23]
kl aki, beliin sarung nya om
dl ane punya OGL jg langganan dapet aki gratis dr SnD.. ga ampe setaon matot smua.. tp bgt ane pakein sarung, rata2 bsa setaon lebih
Yup, betul saya telah beliin selimut aki untuk sarungi aki mobil Nissan All New Grand Livina murah cuma 110 ribu. Aki mobil aman dan bisa dipakai jangka lebih panjang.[emoji2]
Saya sih pakaiin sarung/selimut aki demi peace of mind aja, selain karena mobilnya Matic dan telah upgrade sound system dan ada power serta subwoofer juga karena rata rata tiap minggu mobil selalu jalan 300 Km dan abis jalan, tuh kap mesin ngak pernah dibuka sih.
Wah jangan pakek eng flush dl om abis ini (cek lubang isi oli, di internal mesin warna kyk varnish apa ndak. Kl ndak ndak usah pake). Stl itu tiap drain oli mesin, pas dah ngucur dikit lsg suntak oli murah 1lt. + cek paking2 (terutama degsel yg plg kejangkau) msh bagus apa ndak
Warna varnish itu yang ky gmn ya om?
Sejenis plitur kayu itu om, kuning kecoklatan yg nempel di part internal mesin
Spti ini varnish om? Ini di mesin 1nz pny ane penampakannya begini dri lubang isi oli
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Btw, sepengalaman ane gonta ganti pasangan.. ehh oli... emg ad beberapa oli yg bahkan skali pemakaian aj ud lgs bkin vsrnish, terutama banyakan oli2 semi syn yg 10 40 atau 30..
Kl oli2 embel2 full syn mau merk apapun, kl pemakaian 5000an km rata2 ga bkin varnish
Btw, sepengalaman ane gonta ganti pasangan.. ehh oli... emg ad beberapa oli yg bahkan skali pemakaian aj ud lgs bkin vsrnish, terutama banyakan oli2 semi syn yg 10 40 atau 30..
Kl oli2 embel2 full syn mau merk apapun, kl pemakaian 5000an km rata2 ga bkin varnish
Apakah warna varnish yang mostly disebabkan oleh pemakaian oli2 yang SEMI syn ini akan bisa hilang (bersih) kembali apabila berikutnya menggunakan oli2 yang FULL syn?
a2agarage wrote: Fri Apr 24, 2020 9:53
pengen bikin pertanyaan gampang buat para suhu2 ah...
unil opal 100k 0w20 vs amsoil 105k 0w30 = pilihan suhu?
sbntar lagi buka puasa :)Screenshot_20200424-165121_Blibli.jpgScreenshot_20200424-165326_Blibli.jpg
Kalo ane pilihnya yg amsoil ss 0w30. Soalnya cocok sm requirement mesin yg buntut 30. Trus om turbo pernah bilang amsoil ss 0w30 ini oli bensin tp detergennya setara oli diesel..
lupa deh ane di page brp
Btw, sepengalaman ane gonta ganti pasangan.. ehh oli... emg ad beberapa oli yg bahkan skali pemakaian aj ud lgs bkin vsrnish, terutama banyakan oli2 semi syn yg 10 40 atau 30..
Kl oli2 embel2 full syn mau merk apapun, kl pemakaian 5000an km rata2 ga bkin varnish
Apakah warna varnish yang mostly disebabkan oleh pemakaian oli2 yang SEMI syn ini akan bisa hilang (bersih) kembali apabila berikutnya menggunakan oli2 yang FULL syn?
PASTI bersih kembali
dgn catatan oli full syn nya yg lmayan.. dah ane buktiin sendiri di hrv ane
Btw, sepengalaman ane gonta ganti pasangan.. ehh oli... emg ad beberapa oli yg bahkan skali pemakaian aj ud lgs bkin vsrnish, terutama banyakan oli2 semi syn yg 10 40 atau 30..
Kl oli2 embel2 full syn mau merk apapun, kl pemakaian 5000an km rata2 ga bkin varnish
Apakah warna varnish yang mostly disebabkan oleh pemakaian oli2 yang SEMI syn ini akan bisa hilang (bersih) kembali apabila berikutnya menggunakan oli2 yang FULL syn?
PASTI bersih kembali
dgn catatan oli full syn nya yg lmayan.. dah ane buktiin sendiri di hrv ane
a2agarage wrote: Fri Apr 24, 2020 9:53
pengen bikin pertanyaan gampang buat para suhu2 ah...
unil opal 100k 0w20 vs amsoil 105k 0w30 = pilihan suhu?
sbntar lagi buka puasa :)Screenshot_20200424-165121_Blibli.jpgScreenshot_20200424-165326_Blibli.jpg
Kalo ane pilihnya yg amsoil ss 0w30. Soalnya cocok sm requirement mesin yg buntut 30. Trus om turbo pernah bilang amsoil ss 0w30 ini oli bensin tp detergennya setara oli diesel..
lupa deh ane di page brp
Kalau untuk mesin GNA, di mana bisa pakai buntut 20, 30 atau 40 bagaimana?
Apakah warna varnish yang mostly disebabkan oleh pemakaian oli2 yang SEMI syn ini akan bisa hilang (bersih) kembali apabila berikutnya menggunakan oli2 yang FULL syn?
PASTI bersih kembali
dgn catatan oli full syn nya yg lmayan.. dah ane buktiin sendiri di hrv ane
a2agarage wrote: Fri Apr 24, 2020 9:53
pengen bikin pertanyaan gampang buat para suhu2 ah...
unil opal 100k 0w20 vs amsoil 105k 0w30 = pilihan suhu?
sbntar lagi buka puasa :)Screenshot_20200424-165121_Blibli.jpgScreenshot_20200424-165326_Blibli.jpg
Kalo ane pilihnya yg amsoil ss 0w30. Soalnya cocok sm requirement mesin yg buntut 30. Trus om turbo pernah bilang amsoil ss 0w30 ini oli bensin tp detergennya setara oli diesel..
lupa deh ane di page brp
Kalau untuk mesin GNA, di mana bisa pakai buntut 20, 30 atau 40 bagaimana?
Dicoba aja msg2 om...ntr kan bs dirasain enak yg mn