Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

benzz89 wrote: Wed Apr 22, 2020 11:10
DOHC wrote::big_think:
josomba wrote: Wed Apr 22, 2020 5:53

Mbah, sebut spek mobilnya kurang lengkap mbah, tipe transmisi, seri, kode rangka, dan kode mesinnya belum .....

:big_weee: :big_biglaugh:
Dah lengkap koq om

L10 itu kode chasis nya, hr15de itu mesin, kode transmisi manual ane perna post d forum ini cuman lupa dmana.. nanti ane coba cari lg

Btw penulisan yg benar tuh musti begini

Old nissan grand livina l10 hr15de 109 hp single vtc single injector with tumble flaps intake manifold

marmut wrote: Wed Apr 22, 2020 6:57


Nissan All New Grand Livina dengan mesin HR15DE Twin VTC itu nda mungkin ada sludge om. ini mesin paling sempurna sejagat raya dengan efisiensi volumetrik 6 juta persen.
Enjin resing itu mbah, oli nya aj musti kelas keraton, bensin jg oktan 10000 biar ga glitik... saking efisien nya ganti oli jg kayanya ga perlu, tinggal d top up aj
Engine aneh sih emang HR15DE ini, OGL 1.5 A/T 2011 ane dari isi pertalite, pertamax sampai pertamax plus (pertabo blom ada) tetap aja ngelitik terus, akhirnya saking keselnya ane kasih premium aja sekalian, timing pengapian ane minta beres mundurin semundur2nya, oli kasih 5W-30.

Ganti aki di Shop n Drive gak mau kasih garansi panjang, tekor katanya ama ini mobil, sering jebol aki karena panas mesinnya, tobat...tobat deh ama ini engine [emoji23]
Soal aki OGL HR15 ini memang warbyasah om, ktnya sih suhunya jauh lebih panas dr mesin umumnya. Makanya kalo mobil lain biasa cm makan oli, ini makan aki juga. Dulu OGL saya tiap 6 bulan pasti ganti aki, dan jatuhnya pasti pas lebaran ahahahahaha. Kocak udah ini mobil, cuma akhirnya jd ngerti mesin mobil dikit2 gara2 piara ini selama 5th.

Pernah jg, pas di th ke4 pemakaian (dr baru) tongkat transmisi tau2 patah di jalan, untung masuk gigi 2 langsung bawa ke nissan. Selain itu, slang kopling itu entah saya ganti 5x mungkin ada. Karena memang penempatannya persis di bawah aki dan ngga ada covernya, jd rawan kena air aki. Seru waktu itu, tiap dijemput pulang sekolah dalem seminggu mampirnya bukan ke rumah, tapi ke dealer nissan terus. Tp sy ngakuin, wkt itu pakainya jorok banget sama ini mobil (pake supir juga dan ini mobil satu2nya) :big_biglaugh:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

azu wrote: Tue Apr 21, 2020 7:27 untuk mesin 1NZ-FE saya ini sudah jalan 140.000Km dan 2.100 km terakhir pakai oli diesel PTT Dynamic 10W-30, tujuan awalnya ya mau coba cuci mesin itu. Belinya yang paket 8 liter biar bisa untuk 2 kali ganti oli. Mohon sarannya untuk diganti di Km berapa oli ini :mky_02: Tapi pas liat dari tutup pengisian oli sih masih tebel sludgenya, makanya kepikiran untuk pakai Engine Flush

Berikut adalah kondisi jeroan mesin tahun lalu saat ganti paking tutup head
head.jpg
saat itu tidak diapa2in sih sama bengkelnya, hanya sludge yang berada di tutup head yang dibersihkan oleh bengkel.


Untuk kondisi saat ini setelah 2.100 Km pakai PTT Dynamic 10W-30, berikut beberapa fotonya:

Lubang pengisian oli:
pengisian.jpg
Terlihat ada sludge

Tutup pengisian oli:
tutup.jpg
Mirip dengan kondisi dalam lubang pengisian olu :mky_01:

Dipstick:
dips1.jpg
Ada noda coklat, nampaknya sludge

Dipstick bagian ujungnya setelah dilap dengan tissue
dips2.jpg
Noda coklat tetap tidak hilang


Rencana awalnya sih saya akan seperti ini:
1. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

tapi karena ada rencana pakai Engine Flush dan tadi ada masukan untuk cuci pakai oli Diesel itu cukup hanya 1000-2000 Km, mungkin rencana saya nanti jadi seperti ini:
2. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, pakai Engine Flush, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

Kira-kira kalau dari tampilan kondisi mesin seperti di atas baiknya gimana ya?

Terima kasih sebelumnya :ungg:
hemmm ini dulu sering jd genset dan pake oli2 kelas 10w40 sampe overdue sepertinya...

saran saya, udh saatnya pakein oli diesel HDEO full syn macem Q8 8700 5w30/Delvac 1/Schaeffer 5w40 aja sekalian biar lbh cepet rontok...

kalo oli PCMO yg base oil grup 3+ atau ada PAO nya juga boleh...
gaspol resing tim
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Wed Apr 22, 2020 11:10

Engine aneh sih emang HR15DE ini, OGL 1.5 A/T 2011 ane dari isi pertalite, pertamax sampai pertamax plus (pertabo blom ada) tetap aja ngelitik terus, akhirnya saking keselnya ane kasih premium aja sekalian, timing pengapian ane minta beres mundurin semundur2nya, oli kasih 5W-30.

Ganti aki di Shop n Drive gak mau kasih garansi panjang, tekor katanya ama ini mobil, sering jebol aki karena panas mesinnya, tobat...tobat deh ama ini engine [emoji23]
kl aki, beliin sarung nya om

dl ane punya OGL jg langganan dapet aki gratis dr SnD.. ga ampe setaon matot smua.. tp bgt ane pakein sarung, rata2 bsa setaon lebih
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:
benzz89 wrote: Wed Apr 22, 2020 11:10

Engine aneh sih emang HR15DE ini, OGL 1.5 A/T 2011 ane dari isi pertalite, pertamax sampai pertamax plus (pertabo blom ada) tetap aja ngelitik terus, akhirnya saking keselnya ane kasih premium aja sekalian, timing pengapian ane minta beres mundurin semundur2nya, oli kasih 5W-30.

Ganti aki di Shop n Drive gak mau kasih garansi panjang, tekor katanya ama ini mobil, sering jebol aki karena panas mesinnya, tobat...tobat deh ama ini engine [emoji23]
kl aki, beliin sarung nya om

dl ane punya OGL jg langganan dapet aki gratis dr SnD.. ga ampe setaon matot smua.. tp bgt ane pakein sarung, rata2 bsa setaon lebih
Yup, betul saya telah beliin selimut aki untuk sarungi aki mobil Nissan All New Grand Livina murah cuma 110 ribu. Aki mobil aman dan bisa dipakai jangka lebih panjang.[emoji2]
Screenshot_2020-04-22-19-40-39-122_com.miui.gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Jambangan »

azu wrote: Tue Apr 21, 2020 7:27 untuk mesin 1NZ-FE saya ini sudah jalan 140.000Km dan 2.100 km terakhir pakai oli diesel PTT Dynamic 10W-30, tujuan awalnya ya mau coba cuci mesin itu. Belinya yang paket 8 liter biar bisa untuk 2 kali ganti oli. Mohon sarannya untuk diganti di Km berapa oli ini :mky_02: Tapi pas liat dari tutup pengisian oli sih masih tebel sludgenya, makanya kepikiran untuk pakai Engine Flush

Berikut adalah kondisi jeroan mesin tahun lalu saat ganti paking tutup head
head.jpg
saat itu tidak diapa2in sih sama bengkelnya, hanya sludge yang berada di tutup head yang dibersihkan oleh bengkel.


Untuk kondisi saat ini setelah 2.100 Km pakai PTT Dynamic 10W-30, berikut beberapa fotonya:

Lubang pengisian oli:
pengisian.jpg
Terlihat ada sludge

Tutup pengisian oli:
tutup.jpg
Mirip dengan kondisi dalam lubang pengisian olu :mky_01:

Dipstick:
dips1.jpg
Ada noda coklat, nampaknya sludge

Dipstick bagian ujungnya setelah dilap dengan tissue
dips2.jpg
Noda coklat tetap tidak hilang


Rencana awalnya sih saya akan seperti ini:
1. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

tapi karena ada rencana pakai Engine Flush dan tadi ada masukan untuk cuci pakai oli Diesel itu cukup hanya 1000-2000 Km, mungkin rencana saya nanti jadi seperti ini:
2. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, pakai Engine Flush, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

Kira-kira kalau dari tampilan kondisi mesin seperti di atas baiknya gimana ya?

Terima kasih sebelumnya :ungg:
Waktu tahun lalu ambil mobil seken liat lubang pengisian oli ada endapan coklat2 kehitaman gitu
Odo waktu itu sekitar 95rb KM
Akhirnya dipakein engine flush sebelum ganti oli pake PTT dynamic 10w30
Eh ga lama seal cover klep ama seal rumah filter oli rembes wkwkwkw...
Curiga gara2 pake engine flush
Tapi pas cover klep dibuka buat ganti seal nya ternyata kondisinya ga parah2 bgt
Sekitar cam cuma kuning2 tipis gitu ga ada endapan tebal
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 220
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by snoepje »

rendr wrote: Wed Apr 22, 2020 10:49
snoepje wrote: Sat Apr 18, 2020 2:46
rendr wrote: Fri Apr 17, 2020 11:52
Oh ada sisa stok 1 botol lg toh ternyata... Hehe
:mky_01:

So far amsoil termurah kyknya disana sih, dan udh include jasa ya harganya.. tambah good value..

Harga amsoil disana sih susah lawannya ya, Denger2 dari toko sebelah, dia itu borong amsoil jumlahnya guede bgt.. makanya harganya bisa segitu..

Btw IMHO kalo di manualbook recommend buntut 30, prefer pake 30 kurus kyk 0w30 atau 5w30 kelas amsoil SS/schaeffer/kendall (kalo msh ada ini berdua) buat reduce metal wear nya.. eman bener mesinnya om baru jalan 20k km.. garage queen nih
:mky_02:
beberapa bulan lalu waktu ganti oli di cabang taman ratu, saya lihat disana banyak amsoil buntut 30 yang label lama om.

pastiin aja yang dituang ke mobil kita yang label baru.
label lama ini yang mana ya?

btw emang banyak stok oli lama2 sampe botolnya pada kempot, sayang ane tanyain diskon ga ada..
:ngacir:
Yang labelnya model begitu om, cuma saya lupa tulisannya 5w30 atau 0w30.

saya juga lihat disana ada kendall semi sintetik yang masih botol silver, sayangnya harganya tetep 120 ribu sebotol.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

snoepje wrote: Thu Apr 23, 2020 3:57
rendr wrote: Wed Apr 22, 2020 10:49
snoepje wrote: Sat Apr 18, 2020 2:46

beberapa bulan lalu waktu ganti oli di cabang taman ratu, saya lihat disana banyak amsoil buntut 30 yang label lama om.

pastiin aja yang dituang ke mobil kita yang label baru.
label lama ini yang mana ya?

btw emang banyak stok oli lama2 sampe botolnya pada kempot, sayang ane tanyain diskon ga ada..
:ngacir:
Yang labelnya model begitu om, cuma saya lupa tulisannya 5w30 atau 0w30.

saya juga lihat disana ada kendall semi sintetik yang masih botol silver, sayangnya harganya tetep 120 ribu sebotol.
Lha ini persis sy lg pake om
IMG_20200418_234025.jpg
Old stock, dpt harga 100/btl
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by supriyadi »

Herman7103 wrote:
DOHC wrote:
benzz89 wrote: Wed Apr 22, 2020 11:10

Engine aneh sih emang HR15DE ini, OGL 1.5 A/T 2011 ane dari isi pertalite, pertamax sampai pertamax plus (pertabo blom ada) tetap aja ngelitik terus, akhirnya saking keselnya ane kasih premium aja sekalian, timing pengapian ane minta beres mundurin semundur2nya, oli kasih 5W-30.

Ganti aki di Shop n Drive gak mau kasih garansi panjang, tekor katanya ama ini mobil, sering jebol aki karena panas mesinnya, tobat...tobat deh ama ini engine [emoji23]
kl aki, beliin sarung nya om

dl ane punya OGL jg langganan dapet aki gratis dr SnD.. ga ampe setaon matot smua.. tp bgt ane pakein sarung, rata2 bsa setaon lebih
Yup, betul saya telah beliin selimut aki untuk sarungi aki mobil Nissan All New Grand Livina murah cuma 110 ribu. Aki mobil aman dan bisa dipakai jangka lebih panjang.[emoji2]
Screenshot_2020-04-22-19-40-39-122_com.miui.gallery.jpg
Saya nggak pake sarung, udah 2,5 tahun masih greng. Cuma ikut saran suhu disini, habis jalan jauh buka kap mesin
20200424_050614.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

Saya sih pakaiin sarung/selimut aki demi peace of mind aja, selain karena mobilnya Matic dan telah upgrade sound system dan ada power serta subwoofer juga karena rata rata tiap minggu mobil selalu jalan 300 Km dan abis jalan, tuh kap mesin ngak pernah dibuka sih.
:glodak:
HR15DE 2014
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

erwinign wrote: Tue Apr 21, 2020 20:20
yanuarra wrote: Tue Apr 21, 2020 15:36
erwinign wrote: Tue Apr 21, 2020 5:12

Wah jangan pakek eng flush dl om abis ini (cek lubang isi oli, di internal mesin warna kyk varnish apa ndak. Kl ndak ndak usah pake). Stl itu tiap drain oli mesin, pas dah ngucur dikit lsg suntak oli murah 1lt. + cek paking2 (terutama degsel yg plg kejangkau) msh bagus apa ndak
Warna varnish itu yang ky gmn ya om?
Sejenis plitur kayu itu om, kuning kecoklatan yg nempel di part internal mesin
Spti ini varnish om? Ini di mesin 1nz pny ane penampakannya begini dri lubang isi oli
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Fri Apr 24, 2020 1:09
erwinign wrote: Tue Apr 21, 2020 20:20
yanuarra wrote: Tue Apr 21, 2020 15:36

Warna varnish itu yang ky gmn ya om?
Sejenis plitur kayu itu om, kuning kecoklatan yg nempel di part internal mesin
Spti ini varnish om? Ini di mesin 1nz pny ane penampakannya begini dri lubang isi oli
Iya itu warna varnish...

Sludge itu berkerak, ibarat nya kl psen nasgor, pinjem kuali mas nya, nahh d bawahnya yg kena api pd item berkerak nah itu sludge
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Fri Apr 24, 2020 6:09
yanuarra wrote: Fri Apr 24, 2020 1:09
erwinign wrote: Tue Apr 21, 2020 20:20

Sejenis plitur kayu itu om, kuning kecoklatan yg nempel di part internal mesin
Spti ini varnish om? Ini di mesin 1nz pny ane penampakannya begini dri lubang isi oli
Iya itu warna varnish...

Sludge itu berkerak, ibarat nya kl psen nasgor, pinjem kuali mas nya, nahh d bawahnya yg kena api pd item berkerak nah itu sludge
Tp varnish gitu masih oke kan om..soalnya pas ane ganti seal packing atas kondisinya sih oke..gak ada sludge
IMG_20200424_141403.jpg
IMG_20200424_141506.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

Itu mah masi oke pake banget

Btw, sepengalaman ane gonta ganti pasangan.. ehh oli... emg ad beberapa oli yg bahkan skali pemakaian aj ud lgs bkin vsrnish, terutama banyakan oli2 semi syn yg 10 40 atau 30..

Kl oli2 embel2 full syn mau merk apapun, kl pemakaian 5000an km rata2 ga bkin varnish
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »


DOHC wrote:Itu mah masi oke pake banget

Btw, sepengalaman ane gonta ganti pasangan.. ehh oli... emg ad beberapa oli yg bahkan skali pemakaian aj ud lgs bkin vsrnish, terutama banyakan oli2 semi syn yg 10 40 atau 30..

Kl oli2 embel2 full syn mau merk apapun, kl pemakaian 5000an km rata2 ga bkin varnish
Apakah warna varnish yang mostly disebabkan oleh pemakaian oli2 yang SEMI syn ini akan bisa hilang (bersih) kembali apabila berikutnya menggunakan oli2 yang FULL syn?
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

pengen bikin pertanyaan gampang buat para suhu2 ah...

unil opal 100k 0w20 vs amsoil 105k 0w30 = pilihan suhu?

sbntar lagi buka puasa :)
Screenshot_20200424-165121_Blibli.jpg
Screenshot_20200424-165326_Blibli.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

a2agarage wrote: Fri Apr 24, 2020 9:53 pengen bikin pertanyaan gampang buat para suhu2 ah...

unil opal 100k 0w20 vs amsoil 105k 0w30 = pilihan suhu?

sbntar lagi buka puasa :)Screenshot_20200424-165121_Blibli.jpgScreenshot_20200424-165326_Blibli.jpg
sy pribadi tetep pilih 0w20
viscocity lbh encer dan cocok buat mesin yg sy pakai.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

a2agarage wrote: Fri Apr 24, 2020 9:53 pengen bikin pertanyaan gampang buat para suhu2 ah...

unil opal 100k 0w20 vs amsoil 105k 0w30 = pilihan suhu?

sbntar lagi buka puasa :)Screenshot_20200424-165121_Blibli.jpgScreenshot_20200424-165326_Blibli.jpg
Kalo ane pilihnya yg amsoil ss 0w30. Soalnya cocok sm requirement mesin yg buntut 30. Trus om turbo pernah bilang amsoil ss 0w30 ini oli bensin tp detergennya setara oli diesel.. :big_exellent:
lupa deh ane di page brp
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Fri Apr 24, 2020 9:25
DOHC wrote:Itu mah masi oke pake banget

Btw, sepengalaman ane gonta ganti pasangan.. ehh oli... emg ad beberapa oli yg bahkan skali pemakaian aj ud lgs bkin vsrnish, terutama banyakan oli2 semi syn yg 10 40 atau 30..

Kl oli2 embel2 full syn mau merk apapun, kl pemakaian 5000an km rata2 ga bkin varnish
Apakah warna varnish yang mostly disebabkan oleh pemakaian oli2 yang SEMI syn ini akan bisa hilang (bersih) kembali apabila berikutnya menggunakan oli2 yang FULL syn?
PASTI bersih kembali

dgn catatan oli full syn nya yg lmayan.. dah ane buktiin sendiri di hrv ane
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Fri Apr 24, 2020 10:53
benzz89 wrote: Fri Apr 24, 2020 9:25
DOHC wrote:Itu mah masi oke pake banget

Btw, sepengalaman ane gonta ganti pasangan.. ehh oli... emg ad beberapa oli yg bahkan skali pemakaian aj ud lgs bkin vsrnish, terutama banyakan oli2 semi syn yg 10 40 atau 30..

Kl oli2 embel2 full syn mau merk apapun, kl pemakaian 5000an km rata2 ga bkin varnish
Apakah warna varnish yang mostly disebabkan oleh pemakaian oli2 yang SEMI syn ini akan bisa hilang (bersih) kembali apabila berikutnya menggunakan oli2 yang FULL syn?
PASTI bersih kembali

dgn catatan oli full syn nya yg lmayan.. dah ane buktiin sendiri di hrv ane
Semenjak pemakean pertama udah bersih om?
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by adri31 »

yanuarra wrote: Fri Apr 24, 2020 10:29
a2agarage wrote: Fri Apr 24, 2020 9:53 pengen bikin pertanyaan gampang buat para suhu2 ah...

unil opal 100k 0w20 vs amsoil 105k 0w30 = pilihan suhu?

sbntar lagi buka puasa :)Screenshot_20200424-165121_Blibli.jpgScreenshot_20200424-165326_Blibli.jpg
Kalo ane pilihnya yg amsoil ss 0w30. Soalnya cocok sm requirement mesin yg buntut 30. Trus om turbo pernah bilang amsoil ss 0w30 ini oli bensin tp detergennya setara oli diesel.. :big_exellent:
lupa deh ane di page brp
Kalau untuk mesin GNA, di mana bisa pakai buntut 20, 30 atau 40 bagaimana?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Fri Apr 24, 2020 11:18
DOHC wrote: Fri Apr 24, 2020 10:53
benzz89 wrote: Fri Apr 24, 2020 9:25

Apakah warna varnish yang mostly disebabkan oleh pemakaian oli2 yang SEMI syn ini akan bisa hilang (bersih) kembali apabila berikutnya menggunakan oli2 yang FULL syn?
PASTI bersih kembali

dgn catatan oli full syn nya yg lmayan.. dah ane buktiin sendiri di hrv ane
Semenjak pemakean pertama udah bersih om?

ane dl perlu 2- 3 x pengantian
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by coklatMetalik »

IMG_20200424_141034.jpg
IMG_20200424_140924.jpg
Jadi yg begini namanya kerak oli toh...
Emang sih setaun terakhir cuma jalan 1000 km
Udh niat mau diflush dr dulu lah dalah lupa terus....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

coklatMetalik wrote: Fri Apr 24, 2020 14:25 IMG_20200424_141034.jpg
IMG_20200424_140924.jpg

Jadi yg begini namanya kerak oli toh...
Emang sih setaun terakhir cuma jalan 1000 km
Udh niat mau diflush dr dulu lah dalah lupa terus....
Iya om dah ky wajan penggorengan :mky_01:
Itu di mobil apa om?
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Fri Apr 24, 2020 13:58
yanuarra wrote: Fri Apr 24, 2020 11:18
DOHC wrote: Fri Apr 24, 2020 10:53

PASTI bersih kembali

dgn catatan oli full syn nya yg lmayan.. dah ane buktiin sendiri di hrv ane
Semenjak pemakean pertama udah bersih om?

ane dl perlu 2- 3 x pengantian
Ohh ok deh
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

adri31 wrote: Fri Apr 24, 2020 13:24
yanuarra wrote: Fri Apr 24, 2020 10:29
a2agarage wrote: Fri Apr 24, 2020 9:53 pengen bikin pertanyaan gampang buat para suhu2 ah...

unil opal 100k 0w20 vs amsoil 105k 0w30 = pilihan suhu?

sbntar lagi buka puasa :)Screenshot_20200424-165121_Blibli.jpgScreenshot_20200424-165326_Blibli.jpg
Kalo ane pilihnya yg amsoil ss 0w30. Soalnya cocok sm requirement mesin yg buntut 30. Trus om turbo pernah bilang amsoil ss 0w30 ini oli bensin tp detergennya setara oli diesel.. :big_exellent:
lupa deh ane di page brp
Kalau untuk mesin GNA, di mana bisa pakai buntut 20, 30 atau 40 bagaimana?
Dicoba aja msg2 om...ntr kan bs dirasain enak yg mn :big_peace: