Buatan siapa ya?
Kayaknya sih sudah pasti tahan benturan
![Monkey 01 :mky_01:](./images/smilies/mky_01.gif)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
GY nya buatan mana om?ricz wrote:Owh gitu ya mod...
Tapi mbl mewah macam Harrier dkk gitu masi pake Gudyer buat ban OEMnya...
GY sih ban bagus koq... dulu dengan BS harganya 11 12. kalo sekarang kyknya GY jauh lebih terjangkau... cmiiw.ilhami wrote:goodyear nya kan kelas premium juga om
ane pake 2x... yang pertama lupa seri apa, tapi rasio 60. 185/60-14. sudah gak ada lagi di website GT-R... ane ganti karena bannya sudah retak rambut dan lebih dari 5 tahun. lalu ada 1 ban yang bolong besar hingga gak bisa ditambal.c_adhi_k wrote:gt-r nya udah pake berapa kali om?maskopat wrote:sepertinya ban spek SUV nih yang tahan kek ginian... kalo ban mobil penumpang biasa sepertinya gak sekuat ban SUV...
kalo masalah benjol, selama pake BS sih emang ane gak pernah ngalamin. kalo pake GT-R, baru ngalamin sekali. GY sebelum tahun 98 sih termasuk ban bagus...
benjolnya karena apa?
om DOHC, pernah ngukur beban di tiap roda? trus tekanan anginnya gimana waktu ban yang sobek dan benjol di tread nya?DOHC wrote:agak rancu jg sehh om..
sdikit sharing pemakaian ban di ipah ane waktu beberapa bulan belakangan yg rute pantura mulu... dalam 4 kali trip bolak balik aja... ane uda ganti 3 ban... 2 ban sobek sidewall parah karena ngadu jalan ama truk trus hajar pembatas jalan... yg ancur ban nya yokohama cdrive 2... ganti lg dgn ban yg sama... trus lagi2 harus berurusan dgn jalanan jelek dan beban yg berat... akhirnya 1 ban sobek lg... dan ane ganti pake BS b250 nya ban serep... so far sehh hajar lobang2 ga sobek sidewall.. cuman ane perhatikan di tapak tread nya malah ada bunting...
di kaleng ane, ane pakein gtr champ eco dan , bs b250 awet2 aja hajar rute pantura....
mantan XR ane dgn dunlop sp sport 300 dan bs b250 aja jg awet ane hajar jalan2 jelek pantura... malah yg kalah duluan baut roda nya.... patah satu..![]()
![]()
![]()
![]()
kompresorz wrote:andy1800 wrote: ic ic...thanks pak
ya maksudnya bukan lbh mahal gimana siih... maksudnya secara pandangan umum, biasanya yg kelasnya dikatagorikan sbg setara tu:. bridgestone, michelin, continental, yokohama, toyo...
sdgkan klo dunlop dan goodyear seperempat kelas dibawahnya...
klo EP tyre, GT tyre, Achiles gitu biasanya digolongkan kelas murah...sehingga kali ini mereka saya kesampingkan dulu, dan ingin fokus membicarakan yg kelas harga cukup atas tsb, dlm hal ketahanan benturan.
ow conti bawaan teernyata gitu ya...nah, kita tggu bagaimana pandangan mod meneer nanti. kayaknya mod meneer skrg lg pkai conti cross contact.
![]()
mungkin merk2 impor untuk jalan disini tidak cocok..sperti continental(ingat merk jerman)n toyo(japan) yg pernah saya pake jg benjol..padahal jelas merk2 tsb adalah kualitas bagus...
makanya saya sebisa mungkin pilih produk buatan lokal..
kompresorz wrote:bs250 lokal ya mod..DOHC wrote:agak rancu jg sehh om..
sdikit sharing pemakaian ban di ipah ane waktu beberapa bulan belakangan yg rute pantura mulu... dalam 4 kali trip bolak balik aja... ane uda ganti 3 ban... 2 ban sobek sidewall parah karena ngadu jalan ama truk trus hajar pembatas jalan... yg ancur ban nya yokohama cdrive 2... ganti lg dgn ban yg sama... trus lagi2 harus berurusan dgn jalanan jelek dan beban yg berat... akhirnya 1 ban sobek lg... dan ane ganti pake BS b250 nya ban serep... so far sehh hajar lobang2 ga sobek sidewall.. cuman ane perhatikan di tapak tread nya malah ada bunting...
di kaleng ane, ane pakein gtr champ eco dan , bs b250 awet2 aja hajar rute pantura....
mantan XR ane dgn dunlop sp sport 300 dan bs b250 aja jg awet ane hajar jalan2 jelek pantura... malah yg kalah duluan baut roda nya.... patah satu..![]()
![]()
![]()
![]()
ya klo bs buatan lokal rata2 sih kuat mod..dibanding merk buatan asli impor...cm klo ngobrol dgn mekanik sporing kelas gt biasanya benjol..ya tidak semua cm mungkin kebanyakan..
tp bs rata2 harganya mahal sih...beli kelas biasa tp merk impor dpt spek balap...
jadi total beban 1.9 ton ya om klep... kalo inget, load index ban ipahnya berapa? kalo 1.9ton itu dibagi 4 ban (asumsi terbagi rata) berarti tiap ban akan menerima beban 475kg.. amannya mungkin pake yang load index sekitar 525kg...DOHC wrote:om kopat..
utk beban sehh kira2 rincian nya sperti ini..
ipah itu 1.6 ton
penumpang 5 dewasa (@ 60 kg)
barang2 logistik dan bawaan masing2 kira2 ampir 100 kg
tekanan angin rata depan blakang 36 psi kondisi dingin
weleh dunlop lokal ternyata kurang ya mod...DOHC wrote:iya lokal om..
kalo cdrive buatan philipine..
tp ga smua lokal kuat jg sehh... dulu di panther ane pake dunlop sp 490 lokal, tapi kerjaan nya bunting mulu padahal cuman rute dalkot doank..
naah yg jadi dilema gitu tuh om.... masalahnya adlah konon micin atau yoko gitu membuat mobil kita jadi berasa lbh comfort dan silence secara signifikan dibanding klo kita pakei ban BS.kompresorz wrote: ...saya hindari merk msh asli buatan impor..sperti merk micin walo katanya bagus sering ditawari saya lgsg ogah...
tp potenza luar biasa tuh mod...awet lama botaknya n kuat...
pilih yang cocok di hati dong...andy1800 wrote:naah yg jadi dilema gitu tuh om.... masalahnya adlah konon micin atau yoko gitu membuat mobil kita jadi berasa lbh comfort dan silence secara signifikan dibanding klo kita pakei ban BS.kompresorz wrote: ...saya hindari merk msh asli buatan impor..sperti merk micin walo katanya bagus sering ditawari saya lgsg ogah...
tp potenza luar biasa tuh mod...awet lama botaknya n kuat...
tp entah masalah kekuatannya, akan lasting sampai mendekati botak juga kah ban2 itu. belum ada byk reportase so far.
pilih gimana dong?
maskopat wrote:jadi total beban 1.9 ton ya om klep... kalo inget, load index ban ipahnya berapa? kalo 1.9ton itu dibagi 4 ban (asumsi terbagi rata) berarti tiap ban akan menerima beban 475kg.. amannya mungkin pake yang load index sekitar 525kg...DOHC wrote:om kopat..
utk beban sehh kira2 rincian nya sperti ini..
ipah itu 1.6 ton
penumpang 5 dewasa (@ 60 kg)
barang2 logistik dan bawaan masing2 kira2 ampir 100 kg
tekanan angin rata depan blakang 36 psi kondisi dingin
edit:
setelah ane lihat ukuran ban ipah dan cari tahu informasi max load, untuk ukuran 205/65-15, kalo GT-R champ eco dan BXT di 670 kg.. BS belum dapet info max loadnya...
andy1800 wrote:naah yg jadi dilema gitu tuh om.... masalahnya adlah konon micin atau yoko gitu membuat mobil kita jadi berasa lbh comfort dan silence secara signifikan dibanding klo kita pakei ban BS.kompresorz wrote: ...saya hindari merk msh asli buatan impor..sperti merk micin walo katanya bagus sering ditawari saya lgsg ogah...
tp potenza luar biasa tuh mod...awet lama botaknya n kuat...
tp entah masalah kekuatannya, akan lasting sampai mendekati botak juga kah ban2 itu. belum ada byk reportase so far.
pilih gimana dong?
kompresorz wrote:weleh dunlop lokal ternyata kurang ya mod...DOHC wrote:iya lokal om..
kalo cdrive buatan philipine..
tp ga smua lokal kuat jg sehh... dulu di panther ane pake dunlop sp 490 lokal, tapi kerjaan nya bunting mulu padahal cuman rute dalkot doank..
brp tahun lalu sempat pake sebentar merk dunlop..ini ban agak empuk...saya br beli keburu dijual mobilnya..jd belum tau gimana..
tp skrg saya usahakan beli ban merk bs lokal..saya hindari merk msh asli buatan impor..sperti merk micin walo katanya bagus sering ditawari saya lgsg ogah...
tp potenza luar biasa tuh mod...awet lama botaknya n kuat...
kompresorz wrote:
tp potenza luar biasa tuh mod...awet lama botaknya n kuat...
kalo saya sih pilih yg agak keras yg penting awet..drpd comfort tp cepat bunting..merepotkan..andy1800 wrote: naah yg jadi dilema gitu tuh om.... masalahnya adlah konon micin atau yoko gitu membuat mobil kita jadi berasa lbh comfort dan silence secara signifikan dibanding klo kita pakei ban BS.
tp entah masalah kekuatannya, akan lasting sampai mendekati botak juga kah ban2 itu. belum ada byk reportase so far.
pilih gimana dong?
Potenza ya,ntar cobain dahricz wrote:Potenza emang mahal tp mantap kualitasnya...
Dihajar AKAP aja gak benjol... Tau sendiri jalanan Medan - Sibolga seancur apa...
Lain ama Dunlop... Udah keras, berisik, gampang benjol padahal rute mayoritas dalkot aja...