Rutin atau ketagihan Om

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
nah, better ANKIkrniawnhdr wrote: Wed Jun 19, 2019 6:07solar LMPV jarang.satria120s wrote: Wed Jun 19, 2019 4:20Tapi sepertinya motif ekonomi-nya kurang tepat,Badongdat wrote: Tue Jun 18, 2019 12:18 Ini jelas sih om. Pilihannya aja Santi sama Ctv, itu kan best value for money kalau mau minang seken. Di taun yang sama merk jepangan yang sekelas bisa 2 kali lipatnya.. makanya bbm pun cari yang value for KM..karena perhitungan ekonomi itu ga cuma jangka pendek tapi jangka panjang kan?
![]()
asumsi bbm bisa pake solar subsidi dan injektor masih memberi maaf ke pemiliknya dan belum rusak, tapi misalnya di jalanan kurang beruntung dan ban sobek, maka yang harus diganti itu ukuran ring 19 (CMIIW) yg mana harganya jauh lebih mahal drpd Ring 15![]()
Atau
sektor kaki - kaki menyerah dan harus ada perbaikan, santa fee kan full independent, sepertinya biayanya ga murah..
IMHO sih drpd bela2in nyari mobil yg bisa (dipaksa) isi solar subsidi, better nyari yg mmg bener2 bisa minum macem panther..
atau klo mmg bener2 maunya isi bahan bakar yang murah, jgn nyari solar canggih.. ambil LMPV kyknya lebih cocok..
No Offense utk semua ya.. tidak berniat utk menghakimi sama sekalii..
minimal ANKI diesel udah oke....
muatan banyak, mesin bandel, suspensi nyaman, tenaga mantap, dan bisa solbus...hehehehe
for me, kalo belum bisa kasih minum dex regulary, cuma jadi sekedar "you can buy, but can't afford"gaspol wrote: Wed Jun 19, 2019 12:34 Keduanya ga ada yg didesain untuk peminum biosolar om..walaupun ada yg ngisi biosolar, dibaliknya terdapat extra maintenance yg melelahkan & cost lebih besarcontoh : filter solar harus lebih cepat diganti, kualitas oli bakal lebih cepat terdegradasi harus lebih cepat penggantian nya, purging, aditif, kuras tangki.
Ga jaminan juga dibelakangnya akan sehat sehat aja karena kasus injektor mampet gegara solar busuk dah saya temuin di kedua mobil tsb..bahkan kasus gentong pd captiva pun masih adauntuk recover problem diatas dah pasti biaya sangat besar..
Bukan nakut nakutin karena saya dah lumayan kenyang piara 2 generasi captiva & 3 generasi santafepenghematan buat beli biosolar ga sebanding dgn biaya perbaikan nya dikala apes nanti..
Kalo memang niat pake biosolar..sepakat dgn saran om om diatas, brand jepang lebih tahan banting. Terutama ipah & fortie, pjs or mux
krniawnhdr wrote: Wed Jun 19, 2019 12:50for me, kalo belum bisa kasih minum dex regulary, cuma jadi sekedar "you can buy, but can't afford"gaspol wrote: Wed Jun 19, 2019 12:34 Keduanya ga ada yg didesain untuk peminum biosolar om..walaupun ada yg ngisi biosolar, dibaliknya terdapat extra maintenance yg melelahkan & cost lebih besarcontoh : filter solar harus lebih cepat diganti, kualitas oli bakal lebih cepat terdegradasi harus lebih cepat penggantian nya, purging, aditif, kuras tangki.
Ga jaminan juga dibelakangnya akan sehat sehat aja karena kasus injektor mampet gegara solar busuk dah saya temuin di kedua mobil tsb..bahkan kasus gentong pd captiva pun masih adauntuk recover problem diatas dah pasti biaya sangat besar..
Bukan nakut nakutin karena saya dah lumayan kenyang piara 2 generasi captiva & 3 generasi santafepenghematan buat beli biosolar ga sebanding dgn biaya perbaikan nya dikala apes nanti..
Kalo memang niat pake biosolar..sepakat dgn saran om om diatas, brand jepang lebih tahan banting. Terutama ipah & fortie, pjs or mux![]()
Penggemar captiva niypojokban wrote: Wed Jun 19, 2019 10:43 ane pemakai badak pertama fl2011 pemakaian 2012, dijual sesudah 4 tahun di km 130rb an, karena gentong dan pas ditest pembeli sialnya kena injector 1 bj. ambil unit baru vin 2015, beli 2016 sampai sekarang sudah hampir 90 rb kmnya. Hajar solbus semua tambah minyak urut mpok nuri. Anehnya pas test pake dex malah berat dan kasar. seminggu 2x isi @150 rb. Kebayang gak selisih 6rb x liter yg kepake(10-12 km/liter)
Kalo mau yg 2.8 sekalian juga mantap tuhh, yg 2.5 nya jg ada dan pasti harganya udah murah. Bukan diganti MUX om tapi platform nya sama dgn MUX dari exterior sampe interior. Terjun bebas karena peminat dikit tapi yg pgn jual banyaksangudara wrote: Wed Jun 19, 2019 8:01TB yg masi 2.8l ya om?Kuroboy wrote: Wed Jun 19, 2019 1:00Kepepet doang sih ga masalah omm. Bener deh kalo kata saya mending ambil Trailblazer aja, taun 2016 kebawah harganya bunuh diri alias terjun bebas. Kuat dikasi solbus apalagi kalo cuma kepepet doangjaton wrote: Mon Jun 17, 2019 23:53
Siap Om![]()
Ini hanya minta pendapat, tipe mana yg lebih tahan. Sy paham Santi dan Captiva adalah mesin diesel modern yg gak cocok untuk solbus.
Hanya ingin mengantisipasi aja Om jika sewaktu waktu kepepet isi solar.
Karena even dex pun kuliatasnya gak terjaga dibeberapa spbu. Basi lah apa lah, kotor lah...
Jadi gak jaminan juga selalu isi dex aman dari gentong atau injector rusak....
Yg 2016 ke bawah berarti versi sebelum diganti dgn mux? cmiiw
Itu knp bs terjun banget ya harganya??
Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki,apoge wrote: Wed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
![]()
Klo yang diuji pakai Kualitas DexLite bagaimana?ak4ng wrote: Thu Jun 20, 2019 10:13Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki,apoge wrote: Wed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
![]()
lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssss
![]()
Kata Om Turboman, kualitas Solar ama Dexlite betiWinz wrote: Thu Jun 20, 2019 10:30Klo yang diuji pakai Kualitas DexLite bagaimana?ak4ng wrote: Thu Jun 20, 2019 10:13Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki,apoge wrote: Wed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
![]()
lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssss
![]()
Kan kita gak tahu yg diuji B30 itu solar atau DexLite
Kata Om Turboman, kualitas Solar ama Dexlite betiWinz wrote: Thu Jun 20, 2019 10:30Klo yang diuji pakai Kualitas DexLite bagaimana?ak4ng wrote: Thu Jun 20, 2019 10:13Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki,apoge wrote: Wed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
![]()
lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssss
![]()
Kan kita gak tahu yg diuji B30 itu solar atau DexLite
sejak FL1 udah dobel filter dari pabrikan om. FL2-3 filter solarnya lebih tinggi, diameter sama. Lagian ga bisa karena posisi filter di kolong kiri di samping tangki. Selain itu ruang mesin Captiva cukup rapat, ga selega ANPS.jaton wrote:Om-om,
Captiva dibuat double filter solar apakah bs memperkecil risiko gentong atau injector rusak?
Crdi nya harus comply klo mo laku, klo sales bilang harus pertadex bisa gak jualanak4ng wrote: Thu Jun 20, 2019 10:13Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki,apoge wrote: Wed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
![]()
lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssss
![]()
Kalau tidak salah ini ya, cmiiw..SEKUTREM wrote: Thu Jun 20, 2019 14:54 Yang ditakutkan dari solar b20/30 apa ya
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
yang di bold, apakah itu benar om? berarti kalau benar toyota sendiri ada yang mengatakan mesin 2KD ada revisi injektor di tahun 2010-an konon lebih tahan penggunaan solar busuk (sepertinya biodiesel juga). sejalan kemudian dengan kebijakan mandatori B5 dan menyusul B10 di 2012-2013Anjass wrote: Fri Jun 21, 2019 3:13Kalau tidak salah ini ya, cmiiw..SEKUTREM wrote: Thu Jun 20, 2019 14:54 Yang ditakutkan dari solar b20/30 apa ya
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
Ada yg namanya post combustion utk mengakali aturan emisi pada mesin diesel modern (th 2000an - awal 201x). Jadi sisa2 pembakaran pda mesin diesel, itu βdibakarβ lagi setelah combustion. Sehingga bahan bakar diesel terbakr habis dan tidak menyisakan zat2 beracun dr hsil pembakaran yg tdk sempurna. (Lupa nama2 zatnya apa).
Teknik post combustion ini hanya bekerja sempurna pada mesin diesel dgn bahan bakar B0 (tanpa biodiesel sama sekali), krn bahan bakar non-biodiesel akan terbakar habis sehingga menghasilkan emisi sesuai regulasi.
Nah masalahnya pada biodiesel, karakter biodiesel ini bermasalah saat post combustion (tidak bisa terbakar sempurna) sehingga menghasilkan leakage2 pda oli mesin..
Sy lupa bgt detail leakage dan istilah2 ilmiahnya.. nanti sy ingat2 detailnya..
Jadi utk mesin2 diesel yg jadul2 (blm ada post combustion) macam panther, L300 sih aman2 aja. Namun mesin diesel yg agak modern (kisaran thn 2000an - 201x awal) akan bermasalah menggunakan biodiesel dgn konsentrasi tinggi.
Dan justru malah mesin diesel yg lebih modern lg lebih aman krn sudah disesuaikan dgn trend penggunaan biodiesel yg semakin luas.
Jdi diatas kan katanya Renault Duster aman pakai biosolar sampai 100rb-an km, krn setau sy Renault Duster pakai mesin K9K yg udh compatible dgn biodiesel
Soalnya sy pernah mau ada project engine swap Evalia pakai mesin K9K ini dgn full biodiesel![]()
... sehubungan usaha sy menghasilkan limbah minyak goreng yg banyak sy pikir mending diubah jd biodiesel kan... hehehe... namun berhubung duit blm ada ya mandeg projectnya...
![]()
Gak lah Om, banyak masalah cuma karena beres dekat aja, dari receh receh sampai transmisi 1 gelondong diganti pas di km 110rb dan udah lewat 3 tahun. Dan harus acungin jempol pihak GM ganti 1 unit transmissi baru tapi pake acara mencak mencak dulu.jaton wrote: Thu Jun 20, 2019 0:42Penggemar captiva niypojokban wrote: Wed Jun 19, 2019 10:43 ane pemakai badak pertama fl2011 pemakaian 2012, dijual sesudah 4 tahun di km 130rb an, karena gentong dan pas ditest pembeli sialnya kena injector 1 bj. ambil unit baru vin 2015, beli 2016 sampai sekarang sudah hampir 90 rb kmnya. Hajar solbus semua tambah minyak urut mpok nuri. Anehnya pas test pake dex malah berat dan kasar. seminggu 2x isi @150 rb. Kebayang gak selisih 6rb x liter yg kepake(10-12 km/liter)![]()
Berarti tahun mudanya lebih tahan ya Om?
Vin 2015 masih ditemuin kasus transmisi protolan dan gentongpojokban wrote: Fri Jun 21, 2019 11:48Gak lah Om, banyak masalah cuma karena beres dekat aja, dari receh receh sampai transmisi 1 gelondong diganti pas di km 110rb dan udah lewat 3 tahun. Dan harus acungin jempol pihak GM ganti 1 unit transmissi baru tapi pake acara mencak mencak dulu.jaton wrote: Thu Jun 20, 2019 0:42Penggemar captiva niypojokban wrote: Wed Jun 19, 2019 10:43 ane pemakai badak pertama fl2011 pemakaian 2012, dijual sesudah 4 tahun di km 130rb an, karena gentong dan pas ditest pembeli sialnya kena injector 1 bj. ambil unit baru vin 2015, beli 2016 sampai sekarang sudah hampir 90 rb kmnya. Hajar solbus semua tambah minyak urut mpok nuri. Anehnya pas test pake dex malah berat dan kasar. seminggu 2x isi @150 rb. Kebayang gak selisih 6rb x liter yg kepake(10-12 km/liter)![]()
Berarti tahun mudanya lebih tahan ya Om?
Semua terobati dengan nikmatnya mobil ini, tarikan tenaga dan stabilnya kayak bawa sedan.
Utk yg sekarang VIN 2015 gak pernah ada masalah, cuma perawatan rutin aja.