Rutin atau ketagihan Om
Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
nah, better ANKI drpd Santa fee atau captiva sepertinyakrniawnhdr wrote: βWed Jun 19, 2019 6:07solar LMPV jarang.satria120s wrote: βWed Jun 19, 2019 4:20Tapi sepertinya motif ekonomi-nya kurang tepat, karena perhitungan ekonomi itu ga cuma jangka pendek tapi jangka panjang kan?
asumsi bbm bisa pake solar subsidi dan injektor masih memberi maaf ke pemiliknya dan belum rusak, tapi misalnya di jalanan kurang beruntung dan ban sobek, maka yang harus diganti itu ukuran ring 19 (CMIIW) yg mana harganya jauh lebih mahal drpd Ring 15
Atau
sektor kaki - kaki menyerah dan harus ada perbaikan, santa fee kan full independent, sepertinya biayanya ga murah..
IMHO sih drpd bela2in nyari mobil yg bisa (dipaksa) isi solar subsidi, better nyari yg mmg bener2 bisa minum macem panther..
atau klo mmg bener2 maunya isi bahan bakar yang murah, jgn nyari solar canggih.. ambil LMPV kyknya lebih cocok..
No Offense utk semua ya.. tidak berniat utk menghakimi sama sekalii..
minimal ANKI diesel udah oke....
muatan banyak, mesin bandel, suspensi nyaman, tenaga mantap, dan bisa solbus...hehehehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Tadi iseng cek olx dan trailblazer 2017 sudah di 360an juta, ini udah pas sih untuk kebutuhan ts
Kecuali mintanya non ladderframe
Kecuali mintanya non ladderframe
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
ane pemakai badak pertama fl2011 pemakaian 2012, dijual sesudah 4 tahun di km 130rb an, karena gentong dan pas ditest pembeli sialnya kena injector 1 bj. ambil unit baru vin 2015, beli 2016 sampai sekarang sudah hampir 90 rb kmnya. Hajar solbus semua tambah minyak urut mpok nuri. Anehnya pas test pake dex malah berat dan kasar. seminggu 2x isi @150 rb. Kebayang gak selisih 6rb x liter yg kepake(10-12 km/liter)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Keduanya ga ada yg didesain untuk peminum biosolar om..walaupun ada yg ngisi biosolar, dibaliknya terdapat extra maintenance yg melelahkan & cost lebih besar contoh : filter solar harus lebih cepat diganti, kualitas oli bakal lebih cepat terdegradasi harus lebih cepat penggantian nya, purging, aditif, kuras tangki.
Ga jaminan juga dibelakangnya akan sehat sehat aja karena kasus injektor mampet gegara solar busuk dah saya temuin di kedua mobil tsb..bahkan kasus gentong pd captiva pun masih ada untuk recover problem diatas dah pasti biaya sangat besar..
Bukan nakut nakutin karena saya dah lumayan kenyang piara 2 generasi captiva & 3 generasi santafe penghematan buat beli biosolar ga sebanding dgn biaya perbaikan nya dikala apes nanti..
Kalo memang niat pake biosolar..sepakat dgn saran om om diatas, brand jepang lebih tahan banting. Terutama ipah & fortie, pjs or mux
Ga jaminan juga dibelakangnya akan sehat sehat aja karena kasus injektor mampet gegara solar busuk dah saya temuin di kedua mobil tsb..bahkan kasus gentong pd captiva pun masih ada untuk recover problem diatas dah pasti biaya sangat besar..
Bukan nakut nakutin karena saya dah lumayan kenyang piara 2 generasi captiva & 3 generasi santafe penghematan buat beli biosolar ga sebanding dgn biaya perbaikan nya dikala apes nanti..
Kalo memang niat pake biosolar..sepakat dgn saran om om diatas, brand jepang lebih tahan banting. Terutama ipah & fortie, pjs or mux
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1291
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
for me, kalo belum bisa kasih minum dex regulary, cuma jadi sekedar "you can buy, but can't afford"gaspol wrote: βWed Jun 19, 2019 12:34 Keduanya ga ada yg didesain untuk peminum biosolar om..walaupun ada yg ngisi biosolar, dibaliknya terdapat extra maintenance yg melelahkan & cost lebih besar contoh : filter solar harus lebih cepat diganti, kualitas oli bakal lebih cepat terdegradasi harus lebih cepat penggantian nya, purging, aditif, kuras tangki.
Ga jaminan juga dibelakangnya akan sehat sehat aja karena kasus injektor mampet gegara solar busuk dah saya temuin di kedua mobil tsb..bahkan kasus gentong pd captiva pun masih ada untuk recover problem diatas dah pasti biaya sangat besar..
Bukan nakut nakutin karena saya dah lumayan kenyang piara 2 generasi captiva & 3 generasi santafe penghematan buat beli biosolar ga sebanding dgn biaya perbaikan nya dikala apes nanti..
Kalo memang niat pake biosolar..sepakat dgn saran om om diatas, brand jepang lebih tahan banting. Terutama ipah & fortie, pjs or mux
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
krniawnhdr wrote: βWed Jun 19, 2019 12:50for me, kalo belum bisa kasih minum dex regulary, cuma jadi sekedar "you can buy, but can't afford"gaspol wrote: βWed Jun 19, 2019 12:34 Keduanya ga ada yg didesain untuk peminum biosolar om..walaupun ada yg ngisi biosolar, dibaliknya terdapat extra maintenance yg melelahkan & cost lebih besar contoh : filter solar harus lebih cepat diganti, kualitas oli bakal lebih cepat terdegradasi harus lebih cepat penggantian nya, purging, aditif, kuras tangki.
Ga jaminan juga dibelakangnya akan sehat sehat aja karena kasus injektor mampet gegara solar busuk dah saya temuin di kedua mobil tsb..bahkan kasus gentong pd captiva pun masih ada untuk recover problem diatas dah pasti biaya sangat besar..
Bukan nakut nakutin karena saya dah lumayan kenyang piara 2 generasi captiva & 3 generasi santafe penghematan buat beli biosolar ga sebanding dgn biaya perbaikan nya dikala apes nanti..
Kalo memang niat pake biosolar..sepakat dgn saran om om diatas, brand jepang lebih tahan banting. Terutama ipah & fortie, pjs or mux
Kira kira begitu oom
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Wed Jun 12, 2019 12:58
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Tidak ada yg lebih baik om klo minumnya solar menurut saya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Penggemar captiva niypojokban wrote: βWed Jun 19, 2019 10:43 ane pemakai badak pertama fl2011 pemakaian 2012, dijual sesudah 4 tahun di km 130rb an, karena gentong dan pas ditest pembeli sialnya kena injector 1 bj. ambil unit baru vin 2015, beli 2016 sampai sekarang sudah hampir 90 rb kmnya. Hajar solbus semua tambah minyak urut mpok nuri. Anehnya pas test pake dex malah berat dan kasar. seminggu 2x isi @150 rb. Kebayang gak selisih 6rb x liter yg kepake(10-12 km/liter)
Berarti tahun mudanya lebih tahan ya Om?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Kalo mau yg 2.8 sekalian juga mantap tuhh, yg 2.5 nya jg ada dan pasti harganya udah murah. Bukan diganti MUX om tapi platform nya sama dgn MUX dari exterior sampe interior. Terjun bebas karena peminat dikit tapi yg pgn jual banyaksangudara wrote: βWed Jun 19, 2019 8:01TB yg masi 2.8l ya om?Kuroboy wrote: βWed Jun 19, 2019 1:00Kepepet doang sih ga masalah omm. Bener deh kalo kata saya mending ambil Trailblazer aja, taun 2016 kebawah harganya bunuh diri alias terjun bebas. Kuat dikasi solbus apalagi kalo cuma kepepet doangjaton wrote: βMon Jun 17, 2019 23:53
Siap Om
Ini hanya minta pendapat, tipe mana yg lebih tahan. Sy paham Santi dan Captiva adalah mesin diesel modern yg gak cocok untuk solbus.
Hanya ingin mengantisipasi aja Om jika sewaktu waktu kepepet isi solar.
Karena even dex pun kuliatasnya gak terjaga dibeberapa spbu. Basi lah apa lah, kotor lah...
Jadi gak jaminan juga selalu isi dex aman dari gentong atau injector rusak....
Yg 2016 ke bawah berarti versi sebelum diganti dgn mux? cmiiw
Itu knp bs terjun banget ya harganya??
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sun Mar 04, 2018 16:28
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Tern P20 n Gerobak Kroya
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Pengguna kucing garong mpunya babeh, Alhamdulillah punya rezeki beli Santi 2nd AWD isi pertadex gak masalah sih nyamannya beda, tarikannya beda, kekedapannya beda, pake mudik Sumatra hajar aja [emoji3]
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Apr 23, 2019 9:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Honda BRV
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Om-om,
Captiva dibuat double filter solar apakah bs memperkecil risiko gentong atau injector rusak?
Captiva dibuat double filter solar apakah bs memperkecil risiko gentong atau injector rusak?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki, lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssssapoge wrote: βWed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Klo yang diuji pakai Kualitas DexLite bagaimana?ak4ng wrote: βThu Jun 20, 2019 10:13Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki, lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssssapoge wrote: βWed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
Kan kita gak tahu yg diuji B30 itu solar atau DexLite
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Kata Om Turboman, kualitas Solar ama Dexlite betiWinz wrote: βThu Jun 20, 2019 10:30Klo yang diuji pakai Kualitas DexLite bagaimana?ak4ng wrote: βThu Jun 20, 2019 10:13Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki, lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssssapoge wrote: βWed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
Kan kita gak tahu yg diuji B30 itu solar atau DexLite
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Kata Om Turboman, kualitas Solar ama Dexlite betiWinz wrote: βThu Jun 20, 2019 10:30Klo yang diuji pakai Kualitas DexLite bagaimana?ak4ng wrote: βThu Jun 20, 2019 10:13Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki, lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssssapoge wrote: βWed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
Kan kita gak tahu yg diuji B30 itu solar atau DexLite
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 766
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
sejak FL1 udah dobel filter dari pabrikan om. FL2-3 filter solarnya lebih tinggi, diameter sama. Lagian ga bisa karena posisi filter di kolong kiri di samping tangki. Selain itu ruang mesin Captiva cukup rapat, ga selega ANPS.jaton wrote:Om-om,
Captiva dibuat double filter solar apakah bs memperkecil risiko gentong atau injector rusak?
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Mon Jun 29, 2015 22:23
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Yang ditakutkan dari solar b20/30 apa ya
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Mon Jun 29, 2015 22:23
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Yang ditakutkan dari solar b20/30 apa ya
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Crdi nya harus comply klo mo laku, klo sales bilang harus pertadex bisa gak jualanak4ng wrote: βThu Jun 20, 2019 10:13Di foto2 uji coba B30 kmaren, muncul Terra, anf, anps, ud truck, dfsk, anki, lah Diesel Crdi smua itu berarti b20 jaman now yg gocengan itu udh comply Crdi dongssssapoge wrote: βWed Jun 19, 2019 14:19 Semua common rail gak recomended pakai solar kualitas rendah, kecuali common rail yg masuk indo udah di modif sama pabriknya biar sedikit tahan minum solar kualitas rendah, bisa tekanan railnya yg diturunkan atau injektornya make lubang yg agak besar, efeknya tenaga akan turun tapi lifetime bisa agak lama.
Klo saya nyari mobil wat di siksa saya milih yg ladder frame, rwd, teknologi mesinnya rada jadul,udah terbukti mobil niaga macam truk kuat di siksa.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Fri Sep 11, 2015 1:10
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Kalau tidak salah ini ya, cmiiw..SEKUTREM wrote: βThu Jun 20, 2019 14:54 Yang ditakutkan dari solar b20/30 apa ya
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
Ada yg namanya post combustion utk mengakali aturan emisi pada mesin diesel modern (th 2000an - awal 201x). Jadi sisa2 pembakaran pda mesin diesel, itu βdibakarβ lagi setelah combustion. Sehingga bahan bakar diesel terbakr habis dan tidak menyisakan zat2 beracun dr hsil pembakaran yg tdk sempurna. (Lupa nama2 zatnya apa).
Teknik post combustion ini hanya bekerja sempurna pada mesin diesel dgn bahan bakar B0 (tanpa biodiesel sama sekali), krn bahan bakar non-biodiesel akan terbakar habis sehingga menghasilkan emisi sesuai regulasi.
Nah masalahnya pada biodiesel, karakter biodiesel ini bermasalah saat post combustion (tidak bisa terbakar sempurna) sehingga menghasilkan leakage2 pda oli mesin..
Sy lupa bgt detail leakage dan istilah2 ilmiahnya.. nanti sy ingat2 detailnya..
Jadi utk mesin2 diesel yg jadul2 (blm ada post combustion) macam panther, L300 sih aman2 aja. Namun mesin diesel yg agak modern (kisaran thn 2000an - 201x awal) akan bermasalah menggunakan biodiesel dgn konsentrasi tinggi.
Dan justru malah mesin diesel yg lebih modern lg lebih aman krn sudah disesuaikan dgn trend penggunaan biodiesel yg semakin luas.
Jdi diatas kan katanya Renault Duster aman pakai biosolar sampai 100rb-an km, krn setau sy Renault Duster pakai mesin K9K yg udh compatible dgn biodiesel
Soalnya sy pernah mau ada project engine swap Evalia pakai mesin K9K ini dgn full biodiesel ... sehubungan usaha sy menghasilkan limbah minyak goreng yg banyak sy pikir mending diubah jd biodiesel kan... hehehe... namun berhubung duit blm ada ya mandeg projectnya...
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sun Apr 15, 2018 16:14
- Location: JKT
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
yang di bold, apakah itu benar om? berarti kalau benar toyota sendiri ada yang mengatakan mesin 2KD ada revisi injektor di tahun 2010-an konon lebih tahan penggunaan solar busuk (sepertinya biodiesel juga). sejalan kemudian dengan kebijakan mandatori B5 dan menyusul B10 di 2012-2013Anjass wrote: βFri Jun 21, 2019 3:13Kalau tidak salah ini ya, cmiiw..SEKUTREM wrote: βThu Jun 20, 2019 14:54 Yang ditakutkan dari solar b20/30 apa ya
Sulfur sudah rendah, foaming ada antifoam, kadar air ada water remover, kerak ada detergent +obat purging, korosi ada corrossion inhibitor, solid material ada solit filter, CN ada CN booster, viscositas ada pengencer,
Ada yg namanya post combustion utk mengakali aturan emisi pada mesin diesel modern (th 2000an - awal 201x). Jadi sisa2 pembakaran pda mesin diesel, itu βdibakarβ lagi setelah combustion. Sehingga bahan bakar diesel terbakr habis dan tidak menyisakan zat2 beracun dr hsil pembakaran yg tdk sempurna. (Lupa nama2 zatnya apa).
Teknik post combustion ini hanya bekerja sempurna pada mesin diesel dgn bahan bakar B0 (tanpa biodiesel sama sekali), krn bahan bakar non-biodiesel akan terbakar habis sehingga menghasilkan emisi sesuai regulasi.
Nah masalahnya pada biodiesel, karakter biodiesel ini bermasalah saat post combustion (tidak bisa terbakar sempurna) sehingga menghasilkan leakage2 pda oli mesin..
Sy lupa bgt detail leakage dan istilah2 ilmiahnya.. nanti sy ingat2 detailnya..
Jadi utk mesin2 diesel yg jadul2 (blm ada post combustion) macam panther, L300 sih aman2 aja. Namun mesin diesel yg agak modern (kisaran thn 2000an - 201x awal) akan bermasalah menggunakan biodiesel dgn konsentrasi tinggi.
Dan justru malah mesin diesel yg lebih modern lg lebih aman krn sudah disesuaikan dgn trend penggunaan biodiesel yg semakin luas.
Jdi diatas kan katanya Renault Duster aman pakai biosolar sampai 100rb-an km, krn setau sy Renault Duster pakai mesin K9K yg udh compatible dgn biodiesel
Soalnya sy pernah mau ada project engine swap Evalia pakai mesin K9K ini dgn full biodiesel ... sehubungan usaha sy menghasilkan limbah minyak goreng yg banyak sy pikir mending diubah jd biodiesel kan... hehehe... namun berhubung duit blm ada ya mandeg projectnya...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Gak lah Om, banyak masalah cuma karena beres dekat aja, dari receh receh sampai transmisi 1 gelondong diganti pas di km 110rb dan udah lewat 3 tahun. Dan harus acungin jempol pihak GM ganti 1 unit transmissi baru tapi pake acara mencak mencak dulu.jaton wrote: βThu Jun 20, 2019 0:42Penggemar captiva niypojokban wrote: βWed Jun 19, 2019 10:43 ane pemakai badak pertama fl2011 pemakaian 2012, dijual sesudah 4 tahun di km 130rb an, karena gentong dan pas ditest pembeli sialnya kena injector 1 bj. ambil unit baru vin 2015, beli 2016 sampai sekarang sudah hampir 90 rb kmnya. Hajar solbus semua tambah minyak urut mpok nuri. Anehnya pas test pake dex malah berat dan kasar. seminggu 2x isi @150 rb. Kebayang gak selisih 6rb x liter yg kepake(10-12 km/liter)
Berarti tahun mudanya lebih tahan ya Om?
Semua terobati dengan nikmatnya mobil ini, tarikan tenaga dan stabilnya kayak bawa sedan.
Utk yg sekarang VIN 2015 gak pernah ada masalah, cuma perawatan rutin aja.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Lebih kuat mana SantaFe vs Captiva dalam hal minum solar busuk?
Vin 2015 masih ditemuin kasus transmisi protolan dan gentongpojokban wrote: βFri Jun 21, 2019 11:48Gak lah Om, banyak masalah cuma karena beres dekat aja, dari receh receh sampai transmisi 1 gelondong diganti pas di km 110rb dan udah lewat 3 tahun. Dan harus acungin jempol pihak GM ganti 1 unit transmissi baru tapi pake acara mencak mencak dulu.jaton wrote: βThu Jun 20, 2019 0:42Penggemar captiva niypojokban wrote: βWed Jun 19, 2019 10:43 ane pemakai badak pertama fl2011 pemakaian 2012, dijual sesudah 4 tahun di km 130rb an, karena gentong dan pas ditest pembeli sialnya kena injector 1 bj. ambil unit baru vin 2015, beli 2016 sampai sekarang sudah hampir 90 rb kmnya. Hajar solbus semua tambah minyak urut mpok nuri. Anehnya pas test pake dex malah berat dan kasar. seminggu 2x isi @150 rb. Kebayang gak selisih 6rb x liter yg kepake(10-12 km/liter)
Berarti tahun mudanya lebih tahan ya Om?
Semua terobati dengan nikmatnya mobil ini, tarikan tenaga dan stabilnya kayak bawa sedan.
Utk yg sekarang VIN 2015 gak pernah ada masalah, cuma perawatan rutin aja.