Transmisi 7G-tronic merkedes emang kg bulletproof banget. Pernah denger cerita ada yg kena turbin matic apalah . Abis bisa 15 jutaan jg buat benerinblybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 1:52udh sy bawa ke bengkel om, bkn camshaft adjuster ternyata tp TCM nya fault kemungkinan sih harus ganti dan harganya lumayan wow.Schweppes wrote: Sun Mar 09, 2025 15:31Om, coba dibawa ke bengkel aja buat di scan, biar ketahuan masalahnya apa. Syulit soalnya tebak-tebakan. Bisa jadi ke ECU, bisa juga cam adjusternya. Cuman kalau cam adjuster sih paling gampang pas stater bunyi "KRIEEEEKKKKK" panjang dan mesinnya lebih lama nyalanya daripada biasablybly2 wrote: Fri Mar 07, 2025 3:11 minggu kemarin lg rush hour sore sy kena macet di JORR, macetnya model2 merayap pelan gt. wkt ada brenti total pas mau jalan lg tiba2 transmisi ga engange di gigi berapapun (posisi shifter di D, jd kayak digas tp posisi netral) setelah jeda 1 detikan transmisi tiba2 masuk dan mobil jalan biasa (udh keringet dingin soalnya lg di lajur tengah) tp check engine nyala.
mobil sampe rumah dgn selamat, tp ane cuma berani bawa sampe 60. sampe saat ini blm sempet ke bengkel tp mobil udh ga dipake semingguan sih.
kira2 ada yg pernah gini ga agan2 dimari? memang pasnya sih ke bengkel cuma penasaran aja buat persiapan mental![]()
Mulai keliatan nih penyakit merkedes generasi w204/w212
satu per satu :
- konci kontak kg bisa kesedot (7 jutaan)
- camshaft adjuster di M271 (20 jutaan)
- ECU panggang di M272 V6 (16 jutaan - barang copotan)
- Racksteer EPS speleng (15 jutaan - barang copotan)
- TCM matic / turbin matic 7G-tronic ngambek (15 jutaan)
Keknya masih lebih murah plihara BMW F30 deh



