Tanya mercedes w204

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tanya mercedes w204

Post by KielConstantine »

blybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 1:52
Schweppes wrote: Sun Mar 09, 2025 15:31
blybly2 wrote: Fri Mar 07, 2025 3:11 minggu kemarin lg rush hour sore sy kena macet di JORR, macetnya model2 merayap pelan gt. wkt ada brenti total pas mau jalan lg tiba2 transmisi ga engange di gigi berapapun (posisi shifter di D, jd kayak digas tp posisi netral) setelah jeda 1 detikan transmisi tiba2 masuk dan mobil jalan biasa (udh keringet dingin soalnya lg di lajur tengah) tp check engine nyala.

mobil sampe rumah dgn selamat, tp ane cuma berani bawa sampe 60. sampe saat ini blm sempet ke bengkel tp mobil udh ga dipake semingguan sih.

kira2 ada yg pernah gini ga agan2 dimari? memang pasnya sih ke bengkel cuma penasaran aja buat persiapan mental :big_biglaugh:
Om, coba dibawa ke bengkel aja buat di scan, biar ketahuan masalahnya apa. Syulit soalnya tebak-tebakan. Bisa jadi ke ECU, bisa juga cam adjusternya. Cuman kalau cam adjuster sih paling gampang pas stater bunyi "KRIEEEEKKKKK" panjang dan mesinnya lebih lama nyalanya daripada biasa
udh sy bawa ke bengkel om, bkn camshaft adjuster ternyata tp TCM nya fault kemungkinan sih harus ganti dan harganya lumayan wow.
Transmisi 7G-tronic merkedes emang kg bulletproof banget. Pernah denger cerita ada yg kena turbin matic apalah . Abis bisa 15 jutaan jg buat benerin

Mulai keliatan nih penyakit merkedes generasi w204/w212
satu per satu :

- konci kontak kg bisa kesedot (7 jutaan)
- camshaft adjuster di M271 (20 jutaan)
- ECU panggang di M272 V6 (16 jutaan - barang copotan)
- Racksteer EPS speleng (15 jutaan - barang copotan)
- TCM matic / turbin matic 7G-tronic ngambek (15 jutaan)


Keknya masih lebih murah plihara BMW F30 deh
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
blybly2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Dec 04, 2017 1:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w204+e84

Re: Tanya mercedes w204

Post by blybly2 »

KielConstantine wrote: Fri Mar 14, 2025 5:59
blybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 1:52
Schweppes wrote: Sun Mar 09, 2025 15:31

Om, coba dibawa ke bengkel aja buat di scan, biar ketahuan masalahnya apa. Syulit soalnya tebak-tebakan. Bisa jadi ke ECU, bisa juga cam adjusternya. Cuman kalau cam adjuster sih paling gampang pas stater bunyi "KRIEEEEKKKKK" panjang dan mesinnya lebih lama nyalanya daripada biasa
udh sy bawa ke bengkel om, bkn camshaft adjuster ternyata tp TCM nya fault kemungkinan sih harus ganti dan harganya lumayan wow.
Transmisi 7G-tronic merkedes emang kg bulletproof banget. Pernah denger cerita ada yg kena turbin matic apalah . Abis bisa 15 jutaan jg buat benerin

Mulai keliatan nih penyakit merkedes generasi w204/w212
satu per satu :

- konci kontak kg bisa kesedot (7 jutaan)
- camshaft adjuster di M271 (20 jutaan)
- ECU panggang di M272 V6 (16 jutaan - barang copotan)
- Racksteer EPS speleng (15 jutaan - barang copotan)
- TCM matic / turbin matic 7G-tronic ngambek (15 jutaan)


Keknya masih lebih murah plihara BMW F30 deh
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
yg ane sih kena ginian "Component Y3/8n4 (Fully integrated transmission control (VGS) control unit) is defective." kira2 kalo ada yg pernah kena ginian gimana nih penyelesaiannya

nambahin om mobil ane kan pake M271, 3 tahun lalu sempet kena ecu error jg repair kena 7jt. ehh skrg kena TCM, apes bgt bisa kena 2 control unit gini :big_biglaugh:
tatando
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Wed Sep 23, 2020 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: XJ 97

Re: Tanya mercedes w204

Post by tatando »

blybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 7:19
KielConstantine wrote: Fri Mar 14, 2025 5:59
blybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 1:52

udh sy bawa ke bengkel om, bkn camshaft adjuster ternyata tp TCM nya fault kemungkinan sih harus ganti dan harganya lumayan wow.
Transmisi 7G-tronic merkedes emang kg bulletproof banget. Pernah denger cerita ada yg kena turbin matic apalah . Abis bisa 15 jutaan jg buat benerin

Mulai keliatan nih penyakit merkedes generasi w204/w212
satu per satu :

- konci kontak kg bisa kesedot (7 jutaan)
- camshaft adjuster di M271 (20 jutaan)
- ECU panggang di M272 V6 (16 jutaan - barang copotan)
- Racksteer EPS speleng (15 jutaan - barang copotan)
- TCM matic / turbin matic 7G-tronic ngambek (15 jutaan)


Keknya masih lebih murah plihara BMW F30 deh
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
yg ane sih kena ginian "Component Y3/8n4 (Fully integrated transmission control (VGS) control unit) is defective." kira2 kalo ada yg pernah kena ginian gimana nih penyelesaiannya

nambahin om mobil ane kan pake M271, 3 tahun lalu sempet kena ecu error jg repair kena 7jt. ehh skrg kena TCM, apes bgt bisa kena 2 control unit gini :big_biglaugh:
Ganti VGSnya di beres, cari waktu pas ada campaign biar dapet diskon.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tanya mercedes w204

Post by ctopher7 »

blybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 7:19
KielConstantine wrote: Fri Mar 14, 2025 5:59
blybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 1:52

udh sy bawa ke bengkel om, bkn camshaft adjuster ternyata tp TCM nya fault kemungkinan sih harus ganti dan harganya lumayan wow.
Transmisi 7G-tronic merkedes emang kg bulletproof banget. Pernah denger cerita ada yg kena turbin matic apalah . Abis bisa 15 jutaan jg buat benerin

Mulai keliatan nih penyakit merkedes generasi w204/w212
satu per satu :

- konci kontak kg bisa kesedot (7 jutaan)
- camshaft adjuster di M271 (20 jutaan)
- ECU panggang di M272 V6 (16 jutaan - barang copotan)
- Racksteer EPS speleng (15 jutaan - barang copotan)
- TCM matic / turbin matic 7G-tronic ngambek (15 jutaan)


Keknya masih lebih murah plihara BMW F30 deh
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
yg ane sih kena ginian "Component Y3/8n4 (Fully integrated transmission control (VGS) control unit) is defective." kira2 kalo ada yg pernah kena ginian gimana nih penyelesaiannya

nambahin om mobil ane kan pake M271, 3 tahun lalu sempet kena ecu error jg repair kena 7jt. ehh skrg kena TCM, apes bgt bisa kena 2 control unit gini :big_biglaugh:
sblmnya perna ganti atf?
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tanya mercedes w204

Post by ctopher7 »

KielConstantine wrote: Fri Mar 14, 2025 5:59
blybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 1:52
Schweppes wrote: Sun Mar 09, 2025 15:31

Om, coba dibawa ke bengkel aja buat di scan, biar ketahuan masalahnya apa. Syulit soalnya tebak-tebakan. Bisa jadi ke ECU, bisa juga cam adjusternya. Cuman kalau cam adjuster sih paling gampang pas stater bunyi "KRIEEEEKKKKK" panjang dan mesinnya lebih lama nyalanya daripada biasa
udh sy bawa ke bengkel om, bkn camshaft adjuster ternyata tp TCM nya fault kemungkinan sih harus ganti dan harganya lumayan wow.
Transmisi 7G-tronic merkedes emang kg bulletproof banget. Pernah denger cerita ada yg kena turbin matic apalah . Abis bisa 15 jutaan jg buat benerin

Mulai keliatan nih penyakit merkedes generasi w204/w212
satu per satu :

- konci kontak kg bisa kesedot (7 jutaan)
- camshaft adjuster di M271 (20 jutaan)
- ECU panggang di M272 V6 (16 jutaan - barang copotan)
- Racksteer EPS speleng (15 jutaan - barang copotan)
- TCM matic / turbin matic 7G-tronic ngambek (15 jutaan)


Keknya masih lebih murah plihara BMW F30 deh
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
w204 seangkatannya sama e90 ga sih om, e90 saya denger banyak trouble jg

f30 awal jg maslah timing chain dan racksteer, tp kalo racksteer kykny bisa di repair

b48 stau saya waterpump jg memble kyk m274 hahaha. liat liat di ig f30 lci juga suka muncul drivetrain malfunction di idrive

eropa skrg mah asal ga turun mesin / matic uda sujud sukur kykny
, rusak ya diganti aja banyak spesialis jg kan

sama skrg saya prinsipnya preventif aja, kalo ganti oli dan filter tiap 5000. kalo disuru 60000 buat atf dan busi saya ganti di 40/50 ribu. lalu misalnya dibilang 5 tahun / lifetime jangan percaya (kyk radiator coolant). air/ac filter stahun skali ganti smua, ganti aki sesuai pabrikan jangan dikasih yang ga agm, sama yang pasti isi kerang nitro terus ajah. tahun ini mobil saya sehat, smoga sehat terus ya wkwk
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Tanya mercedes w204

Post by kendibocor »

ctopher7 wrote: Fri Mar 14, 2025 8:20
w204 seangkatannya sama e90 ga sih om, e90 saya denger banyak trouble jg

f30 awal jg maslah timing chain dan racksteer, tp kalo racksteer kykny bisa di repair

b48 stau saya waterpump jg memble kyk m274 hahaha. liat liat di ig f30 lci juga suka muncul drivetrain malfunction di idrive

eropa skrg mah asal ga turun mesin / matic uda sujud sukur kykny
, rusak ya diganti aja banyak spesialis jg kan

sama skrg saya prinsipnya preventif aja, kalo ganti oli dan filter tiap 5000. kalo disuru 60000 buat atf dan busi saya ganti di 40/50 ribu. lalu misalnya dibilang 5 tahun / lifetime jangan percaya (kyk radiator coolant). air/ac filter stahun skali ganti smua, ganti aki sesuai pabrikan jangan dikasih yang ga agm, sama yang pasti isi kerang nitro terus ajah. tahun ini mobil saya sehat, smoga sehat terus ya wkwk
Idrive malfunc. bisa sesimpel cuman sensor abs error sih om. F30 LCI cuman lemahnya di komponen2 plastik kayak chargepipe segala kalo di boost up, sama paling kayak, OFH, selang2 coolant, ya sama waterpump jg sih. Tp gw kemaren juga odo ampir 90rb masih aman sih.

Kemaren baru aja liat berita si baling2 masuk top 10 fewest problem dan merc masuk bottom 10 most problem di JD power ranking.

https://www.instagram.com/p/DGTjjhkTfAt ... ZxcGh1c2c3
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tanya mercedes w204

Post by ctopher7 »

kendibocor wrote: Sat Mar 15, 2025 7:41
ctopher7 wrote: Fri Mar 14, 2025 8:20
w204 seangkatannya sama e90 ga sih om, e90 saya denger banyak trouble jg

f30 awal jg maslah timing chain dan racksteer, tp kalo racksteer kykny bisa di repair

b48 stau saya waterpump jg memble kyk m274 hahaha. liat liat di ig f30 lci juga suka muncul drivetrain malfunction di idrive

eropa skrg mah asal ga turun mesin / matic uda sujud sukur kykny
, rusak ya diganti aja banyak spesialis jg kan

sama skrg saya prinsipnya preventif aja, kalo ganti oli dan filter tiap 5000. kalo disuru 60000 buat atf dan busi saya ganti di 40/50 ribu. lalu misalnya dibilang 5 tahun / lifetime jangan percaya (kyk radiator coolant). air/ac filter stahun skali ganti smua, ganti aki sesuai pabrikan jangan dikasih yang ga agm, sama yang pasti isi kerang nitro terus ajah. tahun ini mobil saya sehat, smoga sehat terus ya wkwk
Idrive malfunc. bisa sesimpel cuman sensor abs error sih om. F30 LCI cuman lemahnya di komponen2 plastik kayak chargepipe segala kalo di boost up, sama paling kayak, OFH, selang2 coolant, ya sama waterpump jg sih. Tp gw kemaren juga odo ampir 90rb masih aman sih.

Kemaren baru aja liat berita si baling2 masuk top 10 fewest problem dan merc masuk bottom 10 most problem di JD power ranking.

https://www.instagram.com/p/DGTjjhkTfAt ... ZxcGh1c2c3
sekuat kuatnya mobil yurop, pakenya kudu rada di elus elus biar awet. ga kayak trondolan jepang macem agay atau innova bisa di abuse (padahal rada gelo juga sih). perna denger kapan hari ada yang cerita supir taxol pake death wagon 100 ribu km baru gantol 3x :big_biglaugh:

tapi ya komponen di mesin makin banyak yang pake plastik memang, lebih murah dan efisien tapi ya lebih ga durable. makanya mercy jadul berat kuat tapi boros bensin haha
blybly2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Dec 04, 2017 1:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w204+e84

Re: Tanya mercedes w204

Post by blybly2 »

tatando wrote: Fri Mar 14, 2025 7:30

Ganti VGSnya di beres, cari waktu pas ada campaign biar dapet diskon.
bener jg kmaren cek di toko ijo officialnya mercindo sih harganya sama dgn yg ditawarin sama spesialis, tp ini barangnya doang.

nah itu dia om nunggu wkt campaignnya ini gabisa ditebak, so far mobilnya sih kek normal2 aja tp kadang kerasa agak bodo aja pas ada di posisi gear tanggung (gatau sampe kapan) cuma ane bawanya jd hati2 bgt dan jd jarang bawa :big_biglaugh:
blybly2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Dec 04, 2017 1:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w204+e84

Re: Tanya mercedes w204

Post by blybly2 »

ctopher7 wrote: Fri Mar 14, 2025 8:10
blybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 7:19
yg ane sih kena ginian "Component Y3/8n4 (Fully integrated transmission control (VGS) control unit) is defective." kira2 kalo ada yg pernah kena ginian gimana nih penyelesaiannya

nambahin om mobil ane kan pake M271, 3 tahun lalu sempet kena ecu error jg repair kena 7jt. ehh skrg kena TCM, apes bgt bisa kena 2 control unit gini :big_biglaugh:
sblmnya perna ganti atf?
ane pernah ganti om 2 tahun lalu, mungkin sekitar 20rb an km yg lalu
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tanya mercedes w204

Post by ctopher7 »

blybly2 wrote: Sat Mar 15, 2025 22:05
ctopher7 wrote: Fri Mar 14, 2025 8:10
blybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 7:19
yg ane sih kena ginian "Component Y3/8n4 (Fully integrated transmission control (VGS) control unit) is defective." kira2 kalo ada yg pernah kena ginian gimana nih penyelesaiannya

nambahin om mobil ane kan pake M271, 3 tahun lalu sempet kena ecu error jg repair kena 7jt. ehh skrg kena TCM, apes bgt bisa kena 2 control unit gini :big_biglaugh:
sblmnya perna ganti atf?
ane pernah ganti om 2 tahun lalu, mungkin sekitar 20rb an km yg lalu
aneh juga ya, kmrn liat di reddit jg 9g-tronic ada kasus mirip, ganti body valve sama tcu https://www.reddit.com/r/mercedes_benz/s/29m8r5UiKo
tatando
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Wed Sep 23, 2020 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: XJ 97

Re: Tanya mercedes w204

Post by tatando »

blybly2 wrote: Sat Mar 15, 2025 21:57
tatando wrote: Fri Mar 14, 2025 7:30

Ganti VGSnya di beres, cari waktu pas ada campaign biar dapet diskon.
bener jg kmaren cek di toko ijo officialnya mercindo sih harganya sama dgn yg ditawarin sama spesialis, tp ini barangnya doang.

nah itu dia om nunggu wkt campaignnya ini gabisa ditebak, so far mobilnya sih kek normal2 aja tp kadang kerasa agak bodo aja pas ada di posisi gear tanggung (gatau sampe kapan) cuma ane bawanya jd hati2 bgt dan jd jarang bawa :big_biglaugh:
Sekarang lagi campaign, coba aja tanya beres, VGS termasuk item campaign 15%? Jasa juga dapet 10% 🤓

Copas:
*Ramadan Service Promo 2025*
*1 - 28 Maret 2025*

Kunjungi Dealer Kami untuk menerima penawaran terbaik khusus untuk Mercedes-Benz kesayangan Anda.

Dapatkan :*

· *15%* Diskon Suku Cadang
· *10%* Diskon Jasa
· *10%* Diskon Ban
· *30%* Diskon MBAC
· Gratis *2 Liter* Oli Mesin Setiap Penggantian Oli Mesin
· Gratis _Pick Up Service_
· Gratis _General Check with Car Checker_

Yg mesti ditambahin selain jasa:
Oli transmisi, filternya, dan pakingnya.

Kalo beres-nya mau, sekalian bersihin body valve transmisi.
blybly2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Dec 04, 2017 1:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w204+e84

Re: Tanya mercedes w204

Post by blybly2 »

ctopher7 wrote: Fri Mar 14, 2025 8:10


aneh juga ya, kmrn liat di reddit jg 9g-tronic ada kasus mirip, ganti body valve sama tcu https://www.reddit.com/r/mercedes_benz/s/29m8r5UiKo
di mbworld jg ternyata 7gtronic banyak jg yg kena ginian, di OZ sama UK sih ada yg bisa servis, gatau kalo di indo.
beberapa malah ada yg udh setaunan katanya dibiarin check engine nyala jg, tp mobil jalan2 aja :big_biglaugh: . kalo ane sih ngeri pas lg bawa keluarga tiba2 fail aja.
blybly2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Dec 04, 2017 1:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w204+e84

Re: Tanya mercedes w204

Post by blybly2 »

blybly2 wrote: Sat Mar 15, 2025 21:57
tatando wrote: Fri Mar 14, 2025 7:30

bener jg kmaren cek di toko ijo officialnya mercindo sih harganya sama dgn yg ditawarin sama spesialis, tp ini barangnya doang.

nah itu dia om nunggu wkt campaignnya ini gabisa ditebak, so far mobilnya sih kek normal2 aja tp kadang kerasa agak bodo aja pas ada di posisi gear tanggung (gatau sampe kapan) cuma ane bawanya jd hati2 bgt dan jd jarang bawa :big_biglaugh:
Sekarang lagi campaign, coba aja tanya beres, VGS termasuk item campaign 15%? Jasa juga dapet 10% 🤓

Copas:
*Ramadan Service Promo 2025*
*1 - 28 Maret 2025*

Kunjungi Dealer Kami untuk menerima penawaran terbaik khusus untuk Mercedes-Benz kesayangan Anda.

Dapatkan :*

· *15%* Diskon Suku Cadang
· *10%* Diskon Jasa
· *10%* Diskon Ban
· *30%* Diskon MBAC
· Gratis *2 Liter* Oli Mesin Setiap Penggantian Oli Mesin
· Gratis _Pick Up Service_
· Gratis _General Check with Car Checker_

Yg mesti ditambahin selain jasa:
Oli transmisi, filternya, dan pakingnya.

Kalo beres-nya mau, sekalian bersihin body valve transmisi.
wah cocok nih, coba ane samperin dulu om beresnya siapa tau harga masih masuk bisa jadi pertimbangan sih
blybly2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Dec 04, 2017 1:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w204+e84

Re: Tanya mercedes w204

Post by blybly2 »

KielConstantine wrote: Fri Mar 14, 2025 5:59
blybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 1:52
Schweppes wrote: Sun Mar 09, 2025 15:31

Om, coba dibawa ke bengkel aja buat di scan, biar ketahuan masalahnya apa. Syulit soalnya tebak-tebakan. Bisa jadi ke ECU, bisa juga cam adjusternya. Cuman kalau cam adjuster sih paling gampang pas stater bunyi "KRIEEEEKKKKK" panjang dan mesinnya lebih lama nyalanya daripada biasa
udh sy bawa ke bengkel om, bkn camshaft adjuster ternyata tp TCM nya fault kemungkinan sih harus ganti dan harganya lumayan wow.
Transmisi 7G-tronic merkedes emang kg bulletproof banget. Pernah denger cerita ada yg kena turbin matic apalah . Abis bisa 15 jutaan jg buat benerin

Mulai keliatan nih penyakit merkedes generasi w204/w212
satu per satu :

- konci kontak kg bisa kesedot (7 jutaan)
- camshaft adjuster di M271 (20 jutaan)
- ECU panggang di M272 V6 (16 jutaan - barang copotan)
- Racksteer EPS speleng (15 jutaan - barang copotan)
- TCM matic / turbin matic 7G-tronic ngambek (15 jutaan)


Keknya masih lebih murah plihara BMW F30 deh
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
cuma mau report aja TCM udh sehat lg per 24 maret kmaren pake barang copotan, DC pas sesuai yg om bilang 15 jutaan ada aja nih jajan menjelang lebaran kmaren :big_biglaugh:

kalo diitung2 biaya perbaikan 3 tahun terakhir dibanding e84 yg ada dirumah sih mahalan w204, mslh2nya kena yg krusial mulu (pernah ecu + skrg TCM)
BAILONG
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Dec 16, 2019 7:37
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Bayerische Motoren Werke

Re: Tanya mercedes w204

Post by BAILONG »

W204 2010 C200 Pre FL

ECU copotan kena 20jt garansi 1th, ngelus dodo Mas, padahal KM masih 60rb
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Tanya mercedes w204

Post by Asfur »

Itulah sebabnya waktu sy mau beli w212, sama bengkel langganan diksh tau ambil yg masih 5 matic konvensional aja, jgn yg 7gtronic, krn lbh awet yg matik konvensional, kalo misal kena ngebenerin pun, harganya jauh lbh murah. Kalo steering lock, sblm bener2 rusak (ada tanda2nya katanya, spt nyedotnya udah kayak lemah gitu), mending buruan ganti gear carbon brushnya (made in cungkuo, katanya sih ngk awet), atau ganti pake modul untuk jumper steering lock, ini ngk mslh banyak juga org luar yg pake ginian, kendalanya yah cuman 1, mobil ngk bisa steering lock, itu aja. tp ngk kuatir dikmdn hari kalo steering locknya ngambek lagi.
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Tanya mercedes w204

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Fri Mar 14, 2025 5:59
blybly2 wrote: Fri Mar 14, 2025 1:52
Schweppes wrote: Sun Mar 09, 2025 15:31

Om, coba dibawa ke bengkel aja buat di scan, biar ketahuan masalahnya apa. Syulit soalnya tebak-tebakan. Bisa jadi ke ECU, bisa juga cam adjusternya. Cuman kalau cam adjuster sih paling gampang pas stater bunyi "KRIEEEEKKKKK" panjang dan mesinnya lebih lama nyalanya daripada biasa
udh sy bawa ke bengkel om, bkn camshaft adjuster ternyata tp TCM nya fault kemungkinan sih harus ganti dan harganya lumayan wow.
Transmisi 7G-tronic merkedes emang kg bulletproof banget. Pernah denger cerita ada yg kena turbin matic apalah . Abis bisa 15 jutaan jg buat benerin

Mulai keliatan nih penyakit merkedes generasi w204/w212
satu per satu :

- konci kontak kg bisa kesedot (7 jutaan)
- camshaft adjuster di M271 (20 jutaan)
- ECU panggang di M272 V6 (16 jutaan - barang copotan)
- Racksteer EPS speleng (15 jutaan - barang copotan)
- TCM matic / turbin matic 7G-tronic ngambek (15 jutaan)


Keknya masih lebih murah plihara BMW F30 deh
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
lg umur2nya mulai pada rusakan kali ya
dl kunci ga bs kesedot aka eis udh pernah kena pas tahun 2012 C200 kompre, mbl pake dr baru 4 tahun. cari copotan kayanya harga segituan jg taun 2012.

ecu panggang blm pernah kena, malah kena extra fan set, ngabisin aki error kelistrikan, itu kayanya 9 jt apa ya harus sama shroud2nya. di E300 M272 W212

camshaft racksteer tcm ga pernah kena, mbl sih dl pake harian 120rb km lebih semua. :big_biglaugh:
ecu panggang.

setelah ganti haluan ke bmw F series, F10, F30, F45 saya ngerasa bmw2 ini malah lebih ga rewel. ga pake 1-2 minggu nyala jreng no error2 sensor. mbl lumayan pada badak, blm pernah minta ganti modul2 apapun, fuel pump, apapun itu yg slow moving. matic masih pada halus2, agak semi kaya ngerawat mbl jepang tp parts lebih mahal.

mau jual f10 bini ngomel, ngapain dijual mbl enak ga rusakan, tp ane bosen :big_biglaugh:

paling bmw f45 aja kmrn mogok exhaust manifold turbo bocor, ganti turbo copotan 10 jt mbl jalan lg. mau dijual susah ga ada harga. tp mbl enak kecil empuk lumayan irit.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tanya mercedes w204

Post by ctopher7 »

farizfsa wrote: Wed Apr 09, 2025 2:27
lg umur2nya mulai pada rusakan kali ya
dl kunci ga bs kesedot aka eis udh pernah kena pas tahun 2012 C200 kompre, mbl pake dr baru 4 tahun. cari copotan kayanya harga segituan jg taun 2012.

ecu panggang blm pernah kena, malah kena extra fan set, ngabisin aki error kelistrikan, itu kayanya 9 jt apa ya harus sama shroud2nya. di E300 M272 W212

camshaft racksteer tcm ga pernah kena, mbl sih dl pake harian 120rb km lebih semua. :big_biglaugh:
ecu panggang.

setelah ganti haluan ke bmw F series, F10, F30, F45 saya ngerasa bmw2 ini malah lebih ga rewel. ga pake 1-2 minggu nyala jreng no error2 sensor. mbl lumayan pada badak, blm pernah minta ganti modul2 apapun, fuel pump, apapun itu yg slow moving. matic masih pada halus2, agak semi kaya ngerawat mbl jepang tp parts lebih mahal.

mau jual f10 bini ngomel, ngapain dijual mbl enak ga rusakan, tp ane bosen :big_biglaugh:

paling bmw f45 aja kmrn mogok exhaust manifold turbo bocor, ganti turbo copotan 10 jt mbl jalan lg. mau dijual susah ga ada harga. tp mbl enak kecil empuk lumayan irit.
memang kalo punya eropa tapi ga rewel rasanya enak bener om wkwk. kadang walaupun produksi tahun sama model smaa, tiap unit bisa aja beda beda experiencenya dah, ya mungkin tergantung cara ngerawat juga cuman yang pasti kadang ada yang lebih badak dr yang lain memang

kmrnan saya juga ke jepang hampir 2 minggu, ninggalin w205 di garasi aman pas nyalain. ga ngompol dan gaada error apa apa. adem rasanya kalo bisa gini terus :big_biglaugh:
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: Tanya mercedes w204

Post by Jan07 »

Izin nanya2 om
Untuk W204 sendiri penyakitnya apa aja ya ? setau saya ini mobil kan termasuk badak ya utk ukuran europe. Saudara rencana ambil C200 nya. Nah, kira-kira ambil yang Kompressor/CGI ya ?

Untuk kasus ECU Panggang itu hanya kena di C300 atau C200 juga ya om ? Terima kasih
obbypradita
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Fri Dec 09, 2022 14:12
Location: Tangerang
Daily Vehicle: C200 w204

Re: Tanya mercedes w204

Post by obbypradita »

Izin tanya om

Kalo transmisi lagi D, tiba² ke D1 D2 D3 sendiri itu knp ya? Trus muncul check engine
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Tanya mercedes w204

Post by Asfur »

Jan07 wrote: Fri Apr 11, 2025 3:43 Izin nanya2 om
Untuk W204 sendiri penyakitnya apa aja ya ? setau saya ini mobil kan termasuk badak ya utk ukuran europe. Saudara rencana ambil C200 nya. Nah, kira-kira ambil yang Kompressor/CGI ya ?

Untuk kasus ECU Panggang itu hanya kena di C300 atau C200 juga ya om ? Terima kasih
Ini mobil udah cukup uzur, tp msh ganteng. Om huntingnya sabar2 jgn grasak grusuk, ntr dpt brg bosok. Bawa ke bengkel rekanan/spesialis minta di cekin apakah ada yg rusak ataupun sdh mau rusak.
Trus kalo yg udah di modif2 mendingan skip aja.
Ambil yg CGI aja om kan lbh baru teknologi mesinnya dan ktnya lbh irit.
Kalo C200 kagak ecu panggsng om, letak ecu adanya disamping mesin.
obbypradita
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Fri Dec 09, 2022 14:12
Location: Tangerang
Daily Vehicle: C200 w204

Re: Tanya mercedes w204

Post by obbypradita »

obbypradita wrote: Fri Apr 11, 2025 6:27 Izin tanya om

Kalo transmisi lagi D, tiba² ke D1 D2 D3 sendiri itu knp ya? Trus muncul check engine
Sorry salah. Maksud istri ternyata:
Jadi di speedometernya kan ada posisi transmisinya, P R N D. Nah di posisi speedometernya itu kan ada background kotak hitam kalo kita di posisi P/R/N/D. Nah ini ilang kotak hitamnya, jadi kita ga tau posisi transmisi kita dimana, kalo kita manual D1/D2/D3/dll. Ga muncul tulisan tsb. Blank
obbypradita
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Fri Dec 09, 2022 14:12
Location: Tangerang
Daily Vehicle: C200 w204

Re: Tanya mercedes w204

Post by obbypradita »

obbypradita wrote: Sat Apr 12, 2025 23:38
obbypradita wrote: Fri Apr 11, 2025 6:27 Izin tanya om

Kalo transmisi lagi D, tiba² ke D1 D2 D3 sendiri itu knp ya? Trus muncul check engine
Sorry salah. Maksud istri ternyata:
Jadi di speedometernya kan ada posisi transmisinya, P R N D. Nah di posisi speedometernya itu kan ada background kotak hitam kalo kita di posisi P/R/N/D. Nah ini ilang kotak hitamnya, jadi kita ga tau posisi transmisi kita dimana, kalo kita manual D1/D2/D3/dll. Ga muncul tulisan tsb. Blank
Akhirnya mencoba sendiri bawa ke bengkel yg jaraknya 20km. Selama perjalanan aman, ga ada masalah. Sampai di bengkel, ganti oli mesin dan scan.

Setelah selesai dari bengkel, baru jalan kurang lebih 3km. Tiba² indikator posisi di speedometer hilang, dan perpindahan giginya terasa menyentak gitu (kaya maksa / kecepetan lepas kopling) ga lama kemudian gas jadi loss (kaya kehabisan bensin) lalu mesin mati (untung masih sempet menepi)

Istirahat di pinggir jalan 5menit, matiin mesin, lepas kunci. Lalu saya coba lagi, starter, mesin aman, tapi ketika saya ganti ke posisi D, tidak jalan sama sekali, ngegas aja, tapi kaya posisi netral. Posisi R pun sama.

Istirahat kembali, matikan mesin 5 menit. Saya coba starter lagi, aman. Posisi D, bisa jalan kembali ke bengkel. Perpindahan gigi halus kaya normal. Setelah 2km jalan, indikator PRND di speedometer hilang lagi, perpindahan gigi jadi nyentak lagi, dan gas jadi loss lagi lalu mesin mati lagi.

Istirahat kembali 5menit. Starter lagi, aman, walaupun sempat hilang di indikator spedometer, dan perpindahan giginya kadang normal, kadang nyentak. Tapi berhasil sampai bengkel lagi.

Menurut orang bengkel di scan ada kemungkinan VGS nya. Hadeuh

Ada yg pernah mengalami kaya gini ga ya?
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tanya mercedes w204

Post by ctopher7 »

obbypradita wrote: Mon Apr 14, 2025 13:38
obbypradita wrote: Sat Apr 12, 2025 23:38
obbypradita wrote: Fri Apr 11, 2025 6:27 Izin tanya om

Kalo transmisi lagi D, tiba² ke D1 D2 D3 sendiri itu knp ya? Trus muncul check engine
Sorry salah. Maksud istri ternyata:
Jadi di speedometernya kan ada posisi transmisinya, P R N D. Nah di posisi speedometernya itu kan ada background kotak hitam kalo kita di posisi P/R/N/D. Nah ini ilang kotak hitamnya, jadi kita ga tau posisi transmisi kita dimana, kalo kita manual D1/D2/D3/dll. Ga muncul tulisan tsb. Blank
Akhirnya mencoba sendiri bawa ke bengkel yg jaraknya 20km. Selama perjalanan aman, ga ada masalah. Sampai di bengkel, ganti oli mesin dan scan.

Setelah selesai dari bengkel, baru jalan kurang lebih 3km. Tiba² indikator posisi di speedometer hilang, dan perpindahan giginya terasa menyentak gitu (kaya maksa / kecepetan lepas kopling) ga lama kemudian gas jadi loss (kaya kehabisan bensin) lalu mesin mati (untung masih sempet menepi)

Istirahat di pinggir jalan 5menit, matiin mesin, lepas kunci. Lalu saya coba lagi, starter, mesin aman, tapi ketika saya ganti ke posisi D, tidak jalan sama sekali, ngegas aja, tapi kaya posisi netral. Posisi R pun sama.

Istirahat kembali, matikan mesin 5 menit. Saya coba starter lagi, aman. Posisi D, bisa jalan kembali ke bengkel. Perpindahan gigi halus kaya normal. Setelah 2km jalan, indikator PRND di speedometer hilang lagi, perpindahan gigi jadi nyentak lagi, dan gas jadi loss lagi lalu mesin mati lagi.

Istirahat kembali 5menit. Starter lagi, aman, walaupun sempat hilang di indikator spedometer, dan perpindahan giginya kadang normal, kadang nyentak. Tapi berhasil sampai bengkel lagi.

Menurut orang bengkel di scan ada kemungkinan VGS nya. Hadeuh

Ada yg pernah mengalami kaya gini ga ya?
saya ga perna pengalaman gini, tapi saya paling ga suka sama bengkel yang pake kata kata "mungkin". Biasanya setelah diganti ini itu bukannya tambah bener malah tambah ngawur. mending coba di towing ke spesialis yang terpercaya aja

honestly saya sndiri, nyari spesialis mercy terpercaya masih rada susah sih. uda coba ke dua bengkel spesialis eh pengalamannya rada kureng yah. Mungkin bisa tanya tanya om Asfur atau om Tesna untuk spesialis yang oke. Saya inget rekomendasi mreka yang belom saya coba yaitu starpro karang tengah dan benz auto mgk
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Tanya mercedes w204

Post by Asfur »

Halo om ctopher7, ralat dikit om starpro itu kyknya cuman di BOS bursa otomotif sunter. Kalo review bengkel spesialis yg sudah pernah saya pake sendiri dan sy ksh POV pribadi saya yah, krn di org lain bisa saja berbeda, bengkel spesialis ibarat org sakit ke dokter, kan cocok2an ada yg cocok dgn dokter yg suka ngobrol, ada yg cocok dgn dokter yg lgs ksh resep ngk perlu ngobrol2, gitulah ibaratnya :
1. BM service di PMK, mnrt saya scr teknisi ada bbrp yg cukup oke, tp ownernya hanya sebatas boss saja jadi ngk ngerti permesinan ataupun elektrikal, dan kondisi bengkel yah jujur ngk rapih yah (silahkan di cek sendiri mnrt POV kalian saja), tp kalo soal kejujuran mnrt saya ini bengkel oke, ngk macem2, ditandai dgn ramenya konsumen loyal mereka. Rating 6-7/10
2. Starpro, kalo ini sudah pasti bagus, no komen yah, asal koceknya tebel yah masukin sini aja mobilnya, krn bengkelnya udah ampir setara bengkel resmi. Rating 10/10
3. Benz auto di MGK, ini bengkel juga udah ada pelanggan loyalisnya dan rame pula, ownernya jago elektrikal, benerin yg printil2an dan ecu rusak, doi bisa benerin. Mekaniknya oke2, harga juga ngk mahal, kalo ada part rusak enak, tinggal ke bawah beli sendiri di istana motor. Minusnya cuman 1 mnrt saya, ngk ada lift mobil, jadi kalo kerja ngolong yah udah pasti kan akan terhambat scr speednya juga. Rating 8-9/10
4. Synergie auto di MABES, ini sdh sy review di trit saya sendiri, dan saya sangat2 puas disini, the best bengkel yg under rated. Ownernya eks teknisi dealer mercy yg sdh laa lupa dipo atau nv mass. Peralatan lengkap, tmpt svc spacious banget, ada lift mobil, ngk sembarangan judge kerusakan. Ruang tunggu ber ac. Yahh so far disini mnrt saya plg the best. Rating 10/10.

Demikian info singkat review bengkel yg pernah saya coba.