bawa ke tukang ban aja om... dijamin bisa koq... cuman kalo diganti gt pastikan ukuran ban nya sama ama pentil dan sekeliling bibir velg dan ban nya dikasi "sealant" ulang...aburaza wrote:nah kl mindah ban tubles dr velg a(piringan) ke velg b(racing) gmn om? soale kyknya ban blakang ane bocor keciiiiiiilllll bgt....makanya mo tukeran ma ban serep.
Serba Serbi Ban
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Dilema tekanan ban mobil
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Dilema tekanan ban mobil
dari fisik keliatan masih kekar sih iya chiong....tp kalo belok di tikungan berpotensi bikin limbung tuhDOHC wrote:Hansen wrote:Busettt dah ban berprofil tebel gitu cuman diisi 30 psi apa kaga oleng2 tuh ntar handlingnya.....![]()
eit.. jgn salah siong... biar kata angin tinggal 30 tapi kalo diliat masi cukup kekar loh ban nya... ga terlalu kliatan kempes...



-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Dilema tekanan ban mobil
mungkin jg seh siong.... tapi kalo ban yg kategori lunak sehh biar kata tekanan cukup jg tetep limbung siong... coba aja nanti nt ganti ban T31 nya ke merek yg bagusan... BS misalnya... beda tuh rasanya siong...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Dilema tekanan ban mobil
T31 pake BS koq chiong....tekanan anginnya depan 38 psi / belakang 35 psi 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 686
- Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
- Location: inside of a pretty black ST191
Re: Dilema tekanan ban mobil
Nih udah dijawab ama om DOHC...maksudnya bannya diganti dg ban serep, tp velgnya tetep.m4rio wrote:aburaza wrote:nah kl mindah ban tubles dr velg a(piringan) ke velg b(racing) gmn om? soale kyknya ban blakang ane bocor keciiiiiiilllll bgt....makanya mo tukeran ma ban serep.
maksudnya broo? gk ngerti tuh ane.. hehehehehehe![]()
Harusnya sih sama om, soalnya bannya sama persis. satu paket....hehehehe...DOHC wrote:bawa ke tukang ban aja om... dijamin bisa koq... cuman kalo diganti gt pastikan ukuran ban nya sama ama pentil dan sekeliling bibir velg dan ban nya dikasi "sealant" ulang...aburaza wrote:nah kl mindah ban tubles dr velg a(piringan) ke velg b(racing) gmn om? soale kyknya ban blakang ane bocor keciiiiiiilllll bgt....makanya mo tukeran ma ban serep.
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Dilema tekanan ban mobil
Kenapa tekanan ban mesti berdasarkan penampakan fisiknya ?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: [ASK] isi angin NITROGEN pada ban mobil
Saya juga pake nitrogen..cuman di ban motor tubeless saya..
Sebenarnya di udara bebas itu sudah terkandung nitrogen, coba inget2 pelajaran sekolah jadul..
Nitrogen (N2) sekitar 78%
Oksigen (02) sekitar 21%
uap air dan gas lain sekitar 1%
Jadi menurut saya pengisian Nitrogen itu supaya komposisi Nitrogen nya meningkat mungkin hampir s/d 100% (CMIIW)..
Btw. di Bandung yang ada jasa isi nitrogen yang bagus di mana aja ya? Sama kalo bisa agak murah deh...
Sebenarnya di udara bebas itu sudah terkandung nitrogen, coba inget2 pelajaran sekolah jadul..
Nitrogen (N2) sekitar 78%
Oksigen (02) sekitar 21%
uap air dan gas lain sekitar 1%
Jadi menurut saya pengisian Nitrogen itu supaya komposisi Nitrogen nya meningkat mungkin hampir s/d 100% (CMIIW)..
Btw. di Bandung yang ada jasa isi nitrogen yang bagus di mana aja ya? Sama kalo bisa agak murah deh...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: [ASK] isi angin NITROGEN pada ban mobil
rata2 sih sama aja ya bro... saya coba di bdg udah banyak yg sedia nitrogen, sampe kios tukang ban kecil juga beberapa ada yg pake.
cuma, kadang kita lebih percaya toko gede kan? hehe pasti lebih mahal dibanding toko kecil.
cuma, kadang kita lebih percaya toko gede kan? hehe pasti lebih mahal dibanding toko kecil.


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: [ASK] isi angin NITROGEN pada ban mobil
di post saja di sini bro.. baik toko gede mau pun toko kecil beserta lokasinya, jadi kalo mo isi Nitrogen, gak terlalu bingung nyarinyapoeticmind wrote:rata2 sih sama aja ya bro... saya coba di bdg udah banyak yg sedia nitrogen, sampe kios tukang ban kecil juga beberapa ada yg pake.
cuma, kadang kita lebih percaya toko gede kan? hehe pasti lebih mahal dibanding toko kecil.
..
via pm juga bole koq..

nuhun pisann..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: [ASK] isi angin NITROGEN pada ban mobil
oh ide bagus itu... oke2 ntar saya posting ya toko dan lokasi. lupa namanya, ada satu di jalan naripan... 


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: [ASK] isi angin NITROGEN pada ban mobil
sip sip.. mudah2an info tersebut bisa membantu, siapa tau pas kekurangan tekanan nitrogen gak perlu isi pake udaran biasa.poeticmind wrote:oh ide bagus itu... oke2 ntar saya posting ya toko dan lokasi. lupa namanya, ada satu di jalan naripan...
ditunggu ya....

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 318
- Joined: Sat Aug 14, 2010 2:06
- Location: Bandung, Jakarta, Surabaya, Singapore, Shanghai
Tips 3 menit perawatan BAN untuk menjaga keselamatan
Bagi para pengemudi kendaraan bermotor, hanya dibutuhkan waktu 3 menit saja untuk melakukan pemeriksaan Ban anda setiap 2 Minggu. Ini akan melindungi keselamatan berkendara, memperpanjang umur ban & mengirit bahan bakar.
http://www.3minmax.com/
Tips tersebut dipersembahkan oleh Continental Tyre. Semoga bermanfaat.
http://www.3minmax.com/
Tips tersebut dipersembahkan oleh Continental Tyre. Semoga bermanfaat.
Anwan International
http://anwaninternational.com
[email protected]
Jual segala jenis & merk Ban luar(Radial,Light Truck,Off-Road),Baut Racing,Pentil Besi & Karet(eceran/grosir)
Jl.Radio Dalam No. F7(021-72790508, 72790517)
http://anwaninternational.com
[email protected]
Jual segala jenis & merk Ban luar(Radial,Light Truck,Off-Road),Baut Racing,Pentil Besi & Karet(eceran/grosir)
Jl.Radio Dalam No. F7(021-72790508, 72790517)
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Wed Sep 29, 2010 1:25
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Oct 23, 2010 10:11
[ASK] Tentang Ban
Gini gan, ane mau bli roda baru buat mobil ane.
Sekarang ada 1 masalah gan. Ane bli nya 2-2 gan karena keterbatasan dana.
Ane mau tanya ban baru enaknya di taro depan ato blkng?
Terus buat roda lama yang dipake lagi enaknya pake pasangan roda depan ato belakang?
Thx ya gan atas infonya

Sekarang ada 1 masalah gan. Ane bli nya 2-2 gan karena keterbatasan dana.
Ane mau tanya ban baru enaknya di taro depan ato blkng?
Terus buat roda lama yang dipake lagi enaknya pake pasangan roda depan ato belakang?
Thx ya gan atas infonya

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ASK] Tentang Ban
penggantian ban yg sepasang2 (g sekaligus) udah umum d lakukan kok oom, selain krn keterbatasan dana jg biasanya ada set depan/blakang yg abis duluan 
naahhh.......biasanya yg dpt ban baru itu ban depan, karena ban depan perannya vital bgt bwat kontrol kendaraan oom..........kebayang khan klo setir udah di tekuk tp mobil msh jalan lurus......

utk set roda belakang, tinggal liat aja yg kembangannya paling bagus, itu yg d pake.....

naahhh.......biasanya yg dpt ban baru itu ban depan, karena ban depan perannya vital bgt bwat kontrol kendaraan oom..........kebayang khan klo setir udah di tekuk tp mobil msh jalan lurus......


utk set roda belakang, tinggal liat aja yg kembangannya paling bagus, itu yg d pake.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: [ASK] Tentang Ban
keliori wrote:Gini gan, ane mau bli roda baru buat mobil ane.![]()
Sekarang ada 1 masalah gan. Ane bli nya 2-2 gan karena keterbatasan dana.
Ane mau tanya ban baru enaknya di taro depan ato blkng?
Terus buat roda lama yang dipake lagi enaknya pake pasangan roda depan ato belakang?
Thx ya gan atas infonya
kalimat yang tulisnya " terus buat roda lama yang dipake lagi enaknya pake pasangan roda depan atau belakang? " ini mksdnya apa ya???? gk ngarti nih...
kalo 2 roda belakang yang diganti ya yang depan 2 pindahin kebelakang aja dan yang baru di beli taro di depan, nah kalo roda depan yang diganti ya udah gk usah di tuker2 lagi, ....
kalo ban baru sih ane lebih prefer buat yang di depan, karena buat pengendalian dan keamanan...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: [ASK] Tentang Ban
untung ban baru, sangat disarankan diletakkan di belakang..
untuk alasannya kenapa harus dibelakang bisa diliat di video ini http://www.youtube.com/watch?v=gSz7cm6MwH0
untuk ban yang mau dipake lagi, pake ban yang kembang nya paling tebel, biasanya ban belakang lama yang kembang nya paling tebel..
untuk alasannya kenapa harus dibelakang bisa diliat di video ini http://www.youtube.com/watch?v=gSz7cm6MwH0
untuk ban yang mau dipake lagi, pake ban yang kembang nya paling tebel, biasanya ban belakang lama yang kembang nya paling tebel..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: [ASK] Tentang Ban
setelah liat video youtube yang dikasih broo bivanos88 jadi keinget pernah baca juga di tabloid apa gitu lupa deh. ban belakang sebaiknya yang baru, karena kalo dikasih yg lama kurang bagus terima pembuangan air dari ban yg depan, jadi ban yang belakang ( yg lama ) kurang nge grip kalo ya jadinya..
thanks broo nice info tuh videonya....
sekalian ralat post ane yg di atas deh...
thanks broo nice info tuh videonya....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: [ASK] Tentang Ban
Yup mobil understeer lebih mudah dikontrol daripada oversteer..so ban baru malah diletakkan di belakang..Kecuali kalo mobilnya pengen dipake ngedrift



RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sun Jun 27, 2010 22:52
Re: [ASK] Tentang Ban
ane juga setuju kalo ban baru taruh didepan walaupun banyak yg bilang mestinya taruh didepan karena gerakan lebih banyak didepan 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ASK] Tentang Ban
saya lbh memilih ban baru dipasang di depan, sebenernya sah2 saja sih pasang ban yg lama di depan, tapi mengingat kondisi ban lama sudah lbh tipis/usia karet yg menua jd potensi ban kempes/pecah/robek tentu lbh besar dibanding ban baru.....so untuk antisipasi bagi saya lbh aman memasang ban baru didepan...karena kejadian pecah ban depan lbh berbahaya dibanding pecah ban belakang....kendaraan sulit dikontrol...
*)salam nubie yg pernah ngalamin pecah ban depan di jalan.....
*)salam nubie yg pernah ngalamin pecah ban depan di jalan.....

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Dilema tekanan ban mobil
itu lah yg jd dilema buat TSPOS VETT wrote:Kenapa tekanan ban mesti berdasarkan penampakan fisiknya ?
tekanan dah sesuai anjuran pabrikan. tp scara visual keliatan kempes.
maslahnya jg, klo scara visual ane pakai ban yg keliatan kempes, biasnya mobil jg jadi berasa goyang kiri-kanan di atas bannya. tp klo ditambah tekanan, jd berasa firm di atas bannya
jd gmana dong enaknya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Dilema tekanan ban mobil
kalao pengukuran dan pengisian yg di SPBU shell gitu dah cukup buat diyakini atau blm?Hansen wrote:kalo pengukur tekanan angin ban ane pake yg merk accutire aja dah.....
===============
btw mobil apa aja ya yg pabrikan bilang tekanan depan sm belakang beda?
seinget gw mobil yg gw pakai selama ini tekanan depan sm belakang sm si stiker pintu disuruh sama terus
=====================
satu masalah lg:
klo ban dan velg udah diganti ukuran, apakah rekomendasi pabrikan mengenai brp tekanan ban msh berlaku? atau ada kalkulasi kompensasinya? pls link website yg sediain kalkulasi kek gini.
mari kita telusuri dasar logika nya:
tekanan ban tu berdasarkan apa sih? jenis ban, ukuran ban, atau berat beban mobil (dibagi empat) ya ?
klo pabrikan kasih angka tekanan itu berdasar curb weight, berarti gak ada hubungannya dg ukuran ban dong ya? pokoknya tekanan per ban hrs segitu. gitu gak sih?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Dilema tekanan ban mobil
Dari post ini: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 18#p526218andy1800 wrote:kalao pengukuran dan pengisian yg di SPBU shell gitu dah cukup buat diyakini atau blm?Hansen wrote:kalo pengukur tekanan angin ban ane pake yg merk accutire aja dah.....
===============
btw mobil apa aja ya yg pabrikan bilang tekanan depan sm belakang beda?
seinget gw mobil yg gw pakai selama ini tekanan depan sm belakang sm si stiker pintu disuruh sama terus
=====================
satu masalah lg:
klo ban dan velg udah diganti ukuran, apakah rekomendasi pabrikan mengenai brp tekanan ban msh berlaku? atau ada kalkulasi kompensasinya? pls link website yg sediain kalkulasi kek gini.
mari kita telusuri dasar logika nya:
tekanan ban tu berdasarkan apa sih? jenis ban, ukuran ban, atau berat beban mobil (dibagi empat) ya ?
klo pabrikan kasih angka tekanan itu berdasar curb weight, berarti gak ada hubungannya dg ukuran ban dong ya? pokoknya tekanan per ban hrs segitu. gitu gak sih?
Semoga sdh tidak penasaran lagi mengenai tekanan ideal banimsus2c wrote:
Sorry...agak OOT diluar bahasan utama topik ini, sekedar komen post diatas
Sampai saat ini, masih timbul banyak opini mengenai berapa tekanan ideal untuk mobil kita.
Ada yg melihat dari aspek tebal/tipisnya profil ban, jenis ban, ukuran rim/velg, dsb...
Tapi saya sih pragmatis saja, barang teknis sudah seharusnya punya rumus alias bisa dihitung, jadi bukan masalah feeling lagi meski kenyataanya akan ada faktor koreksi dan penyimpangan (deviasi)
Sejauh saya cari referensi dan uji sendiri, sebenarnya ada rumus sederhana utk tentukan ukuran tekanan ban.
Disclaimer, kalau menurut saya sih, rumus ini sudah tepat tapi memang saya belum ada bukti yg menyatakan rumus ini valid dan sah![]()
Yang perlu diketahui sebelum menentukan ukuran ideal tekanan ban kita adalah sebagai berikut:
1. Distribus bobot mobil depan belakang secara global, pada umumnya sih, mobil non barang bisa disederhanakan 50%:50% (depan belakang), kecuali untuk keperluan balapan (butuh akurasi) atau beda distribusinya drastis (misalnya mobil barang/truk) baru harus dihitung bener distribusi bobot mobilnya.
2. Perhatikan berapa indeks beban ban yang akan kita pakai dan berapa tekanan maksimumnya (maximum inflation pressure = biasanya dihitung dalam satuan PSI), kedua informasi ini biasanya tercetak di dinding ban (sidewall).
Kode indeks beban (dan kecepatan) biasanya ditampilkan dalam kode, jika ingin tahu kode-kode tersebut, salah satu referensi bisa dilihat di: http://en.wikipedia.org/wiki/Tire_code
3. Perkiraan bobot total kendaraan kita dalam pemakaian sehari-hari umumnya. Misalnya; bobot kosong (curb weight) mobil 1000 Kg, bobot ini kemudian ditambahkan dengan total bobot situasi sehari kita sehari-hari bawa mobil, misalnya bagasi, sopir, penumpang, dsb...
Rumusnya
T = (A/L)*M
T = Tekanan ideal
A = Bobot aktual mobil dibagi roda yang terpasang
L = Load Index Ban yg dipakai (per ban)
M = Maximum Inflation Pressure ban yang dipakai
Nah, dari itu, saya coba aplikasikan di mobil saya (hyundai santa fe 2001),
1. Bobot total kendaraan saya, estimasinya 2000 Kg, didapat dari:
Curb Weight 1600 Kg
Sopir, penumpang, bagasi dan perangkat lenong non bawaan asli mobil kira2 400 Kg
Dengan distribusi depan belakang imbang, berarti asumsinya tiap ban menanggung beban yg sama, atau kalau dihitung 2000/4= 500
Artinya setiap ban menanggung beban 500 Kg.
2. Saya sekarang pakai ban Continental Conti Cross Contact LX dengan ukuran 235/65 R17, di side wall-nya tertera load index 108 (alias 1000Kg) dan maximum inflation pressure 51 PSi, secara teknis/teori artinya ban ini mampu menopang beban s.d. maksimum 1000 Kg (per ban) saat diisi angin 51 PSi
Saya coba hitung sbb:
T = (A/L)*M
T = (500/1000)*51
T = 0.5*51
T = 25.5 ~ 26 Psi
Relatif kecil bukan? tapi ya memang begitu kenyataanya, secara ban yg saya pakai tipe XL (Extra Load), yang artinya secara pabrikan, desain sidewall-nya sudah diperkuat (reinforced) untuk menanggung beban yg lebih besar.
Keuntungannya, jika sewaktu2 harus nambah beban, si ban masih sanggup, kerugiannya, ya dengan ukuran yg sama, bantingannya terasa lebih keras.
Saya sempat penasaran, kenapa kecil sekali tekanan idealnya? Kalau saya lihat rekomendasi pabrikan yg tercetak di pilar B, disitu tertulis:
Recommended inflation pressure 30 Psi (normal load) and 32 Psi (full load) front+rear tyre
Standard tyre 215/70R15
Saya baru ingat, ban OEM santa fe ini dulunya KUMHO RADIAL 798; 215/70R15, dgn spek load index 750Kg @44 Psi
Hitung ulang deh....
T = (500/750)*44
T = 0.67*44
T = 29.5 ~ 30 Psi
Persis plek sesuai manual book
Dugaan saya, manual book tersebut acuannya ya dari spek ban OEM (bawaan pabrik)
Saat ini, dengan kondisi pakai ban Conti yg sesuai rumus sebenarnya cuma minta 26Psi, untuk alasan low rolling resistance dan jaga-jaga kelebihan beban, saya tetep isi 30Psi
Selain itu, saya pernah coba bandingin, diisi angin 25Psi dan 30Psi, gembungnya ban kelihatan sama saja...
Saya tanya teknisi ban, mereka bilang itu sih lebih karena desain sidewall-nya, selama tekanan ban masih mencapai tekanan minimum (terhadap beban yang ditopang), gembungnya akan kelihatan sama saja...meski beda sampai 10 Psi....cmiiw loh
Tinggal perhatikan saja saat pemakaian jangka panjangnya, jika tapak ban aus di tengah, biasanya karena tekanan angin terlalu tinggi. Jika tapak ban aus rata kanan-kiri (sisi luar dalam 1 ban) artinya tekanan angin terlalu rendah...
Selamat berhitung dan mencoba, semoga bermanfaat...
Sekali lagi, maaf kalau OOT

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Dilema tekanan ban mobil
utk drag (ikut2an kegiatan komunitas aja, bukan sbg pembalap amatir, apalagi prof) : tekanan ban (Turanza 195/55/15) adalah 28 psi (front) dan 32 (rear) pada Pug 306 yg FWD. Utk sehari2 adalah 31 (front) dan 33 (rear).
Alasannya : utk drag perlu grip lebih dan meminimalkan overspin saat start. Sedangkan utk sehari2 perlu rolling resistance yg lebih kecil...
Alasannya : utk drag perlu grip lebih dan meminimalkan overspin saat start. Sedangkan utk sehari2 perlu rolling resistance yg lebih kecil...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999