calonjenazah wrote: Mon Dec 25, 2017 11:42
oh berarti mobil harus dipasarkan dulu ya baru di crash test, bukan di crash test dulu sebelum dipasarkan (supaya tidak ada korban) ? maaf maaf saya awam masalah beginian hehe.
nah yg jadi pertanyaan kan katanya nih ya katanya, mobil produk sini kan ketebalan platnya tipis tipis tapi kok hasil asean ncap crash test lebih baik dibanding mobil yg dicantumkan diatas itu (great wall haval) padahal yg di atas itu saya yakin fitur safety sama (bahkan mungkin lebih lengkap? tipikal yg baru masuk, harga murah fitur lengkap)
ambil contoh deh yg semua orang udah pada tau betapa tipis dan basicnya mobil ini (tahun pembuatan juga sama seperti yg di atas) agya 2015
ini hasil asean ncap crash test nya bisa dibandingkan.
https://www.youtube.com/watch?v=hrhn3KRBVgY
oia anyway bukannya bemper avanza terbuat dari sejenis plastik bukan panel seperti bodynya ? dan rasanya mobil (generic) sekarang apa ada yg bempernya sama bahan seperti panel bodinya ?
Idealnya mobil yang dijual harusnya melalui crash test terlebih dahulu sebelum dipasarkan
Biasanya pabrikan sudah melakukan crash test secara internal sebelum dites oleh ncap
Hasilnya tidak dipublikasi karena klaim pabrikan pasti bias
Klaim konsumsi BBM pabrikan aja bias, apalagi klaim crash rating yg berhubungan dengan keselamatan
Maka dari itu ada organisasi independen yang melakukan crash test tsb, contohnya euro ncap & asean ncap
Setelah dites oleh ncap, pabrikan baru bisa mempublikasikan rating ncap produknya
Maaf kalau salah, saya pun juga orang awam, hanya hobi otomotif aja hehe
Panel body tipis/tebal ga terlalu berpengaruh untuk crash testing
Yang dilihat itu bagaimana "crumple zone" mobil melindungi penumpangnya
Crumple zone itu berada di sasis mobilnya, lebih jelasnya silahkan googling
Saya takut salah kalau menjelaskan crumple zone dgn pengetahuan saya ini hehe
Bahan body parts macem2, khusus di bemper ada yg berbahan fiberglass, carbon fiber, polycarbonate, dll
Kekuatan bahan "plastik" tsb beda2 dgn bobot yg beda2 juga sesuai peruntukannya
Misalkan lotus elise (atau exige ya, saya lupa) sebagian besar menggunakan fiberglass supaya ringan
Tapi daya tahannya ga sekuat polycarbonate misalnya CMIIW
Kasus av*nza yg td saya ceritakan itu menurut saya bahan bempernya termasuk tipis
Sehingga senggolan ringan aja scr visual lebih rusak dibanding produk bmw yg bahan plastiknya lebih tebal
Sy gamau bandingkan dgn lmpv lain spy ga ada yg marah2 hahaha
Tapi dengan body part yg tipis, mobil punya keunggulan berkaitan dgn cost, performance mobil, dan efisiensi bbm