Saran SUV Diesel 500 juta an

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4728
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by F272 »

tesna wrote: Thu Aug 29, 2019 7:37 cek ini aja viewtopic.php?f=12&t=26962

topicnya mirip banget.... either one ga mungkin nyesel. Tapi ya beli mobil 1/2 milyar masih mikirin bio solar sih

https://www.youtube.com/watch?v=8OVD8TMRigM <== fortuner 2GD injector ganti karena biosolar (didaerah sana ga ada dex) padahal filter solar ganti tiap 3000km... odometer baru 40rb...
Filter Solar ganti tiap 3000 KM ????

Yang bener om..?

Saya pake 2GD sejauh 120.000 KM Ganti Filter Solar baru 2x Lho....

Pertama di KM 50.000 dalam kondisi belum ada indikasi (lampu indikator normal) saya tetap ganti karena saaat itu mau muterin 1 pulau Sumatera (sampai ke Aceh) agak khawatir malah di perjalanan musti ganti dan saya ogah ribet, jadi saya ganti saja sebelum perjalanan....

Kedua di KM 80.000 dalam kondisi lampu indikator Bahan bakar menyala tanda filter solar sudah kotor / mampet....

Mobil terus jalan sampai 120 KM aman.... Saya bawa sampai ke Larantuka, Flores... NTT ... ga ada masalah...dan saya isi BIOSOLAR

Jangan debat kenapa sih saya isi BIO SOLAR... hehehe saya menjelajah Pulau ke peloksok, mana ada DEX disana..? Wong SPBU nya aja jam 7 malam sudah banyak yang tutup.. (tapi di kota yang 24 jam - hanya jarak kota ke kota jauh banget)

:mky_01: :mky_01:


arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by arfyano »

Kl saya, mw ada VSC ataupun tdk yg penting 4x4.. Budget 500jt kayaknya dpt ANF atau ANPS second 4x4.. Tinggal sabar cari kondisi yg terbaik dan service record, kl bs kilometer rendah
kangadut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
Location: jakarta

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by kangadut »

Kenapa ga pilih santa fe diesel om? Coba test drive dulu.
poisson26
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Sep 01, 2019 1:06

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by poisson26 »

Saya pernah punya pjs exceed lama, kalau pengalaman saya mobil jarang dipakai jgn pakai biosol soalnya bisa ada lendir endapan. Kalau udah gitu harus ganti filter sama purging deh. Kalau tiap hari gerak sih ga masalah dgn biosol.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by Pboyz97 »

Kalo masih mikirin biosol ANF aja, tapi kalau mau nyari VSC dan fun to drive ya choose ANPS
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by benzz89 »

Oot nih sorry, mau tanya filter solar "aman"nya ganti tiap berapa km yah? Asumsi mobil tiap hari jalan (bukan mobil weekend/garage queen) & full bio solar + racun lengkap (schaeffer + ACB)

Ane terakhir ganti di km 15 ribu sudah kotor sekali itu filsol, padahal biasanya ganti tiap 20 ribu, tapi karena skrg solar naik ke B20 kotoran lebih gampang naik jadi dimajuin jadwalnya, sebelumnya juga sudah kuras tangki solar (saat B20 mulai diterapkan).

Kalau nunggu lampu indikator nyala sih gak tega. Jadi bingung kalau B30 diterapkan itu filsol apakah harus lebih maju lagi gantinya?
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by dsign1990 »

Winz wrote: Fri Aug 30, 2019 2:13
dsign1990 wrote: Thu Aug 29, 2019 10:31
Winz wrote: Thu Aug 29, 2019 9:08

ya, setuju, om, lihat dari kasus New Triton

4N15 181ps cuma ada di Exceed dan Ultimate

yang dimana memang didesign buat Mobil Pribadi

Bahkan ANPS aja trim Exceed malah pakai yg Lawas

Berarti pihak Mitsu sendiri pun ragu bisa pakai SolBus
saya liatnya simpel saja yg 1 outputnya 15Ohp yg satunya 18Ohp kalau selisihnya kyk gitu gak bakal berlaku "apapun mesinnya minumnya teh botol s*sr*" :mky_03:
wkwkwk, tapi klo di Grup FB dan Forum Sebelah

Ada yang bilang ga boleh, banyak yang nentang juga

4N15 paling tua 3,5th, ga tau seberapa lama tahan SolBus
tapi biasanya Jepang an memang lebih tahan kelakuan ginian
lebih sering liat captiva disel ngebul hitam dibanding dakkar ngebul hitam padahal sy yakin owner dakkar lebih banyak yg bandel
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by dsign1990 »

ginting wrote: Fri Aug 30, 2019 1:49
dsign1990 wrote:
Winz wrote: Thu Aug 29, 2019 9:08

ya, setuju, om, lihat dari kasus New Triton

4N15 181ps cuma ada di Exceed dan Ultimate

yang dimana memang didesign buat Mobil Pribadi

Bahkan ANPS aja trim Exceed malah pakai yg Lawas

Berarti pihak Mitsu sendiri pun ragu bisa pakai SolBus
saya liatnya simpel saja yg 1 outputnya 15Ohp yg satunya 18Ohp kalau selisihnya kyk gitu gak bakal berlaku "apapun mesinnya minumnya teh botol s*sr*" :mky_03:
Kalau masih pake mikir utk beli Biosolar maka pilih Isuzu aja. hurup depannya M..

Kalau suatu saat rusak, print aja pernyataan pejabat IAMI yg bilang bahwa ini tahan biosolar.
kalau mereka ngeles, tinggal adukan ke pengadilan sesuai UU Perlindungam Konsumen No 8 thn 1999.

Tapi jangan juga berkecil hati kalau dikira "Panther Baru" nan ganteng...wkwkwkw
SUV yg rendah hati ya :mky_01:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by nyotsaeba »

Masih aja jadi kontroversial masalah biosolar, itu yg nyinyirin fortuner/anki ga cocok pake biosolar apakah:
- beneran punya/miara 2gd ga?
- kalau ada, baca buku manual ga?

Disana udah jelas2 disebut bbm yang direkomendasikan adalah dengan CN minimal 48.
Jadi biosolar itu SESUAI rekomendasi pabrik (ini TERTULIS loh ya, bukan kata sales).

Buat yg bilang bisol ga sesuai, tolong kasih dasarnya bukan cuma kata si anu, kata si itu lah, atau kata sales kompetitor.

Anki sy km 40k dan vrz km 10k running full on biosolar. No issue sampe sekarang.

Kadang saya mikir apakah yg nyinyir bisa beli mobil 800jt (anki + vrz) tp ga mampu beli dex, itu dasarnya cuma sirik krn mobilnya harus pertabo, jadi bawaanya ga suka liat mobil lain bisa isi bbm 5k dan oke2 aja.

Buat saya drpd isi dex tp rasa performancenya beti aja sm bisol, mending duit ditabung hal lain.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15802
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by ChZ »

nyotsaeba wrote:Masih aja jadi kontroversial masalah biosolar, itu yg nyinyirin fortuner/anki ga cocok pake biosolar apakah:
- beneran punya/miara 2gd ga?
- kalau ada, baca buku manual ga?

Disana udah jelas2 disebut bbm yang direkomendasikan adalah dengan CN minimal 48.
Jadi biosolar itu SESUAI rekomendasi pabrik (ini TERTULIS loh ya, bukan kata sales).

Buat yg bilang bisol ga sesuai, tolong kasih dasarnya bukan cuma kata si anu, kata si itu lah, atau kata sales kompetitor.

Anki sy km 40k dan vrz km 10k running full on biosolar. No issue sampe sekarang.

Kadang saya mikir apakah yg nyinyir bisa beli mobil 800jt (anki + vrz) tp ga mampu beli dex, itu dasarnya cuma sirik krn mobilnya harus pertabo, jadi bawaanya ga suka liat mobil lain bisa isi bbm 5k dan oke2 aja.

Buat saya drpd isi dex tp rasa performancenya beti aja sm bisol, mending duit ditabung hal lain.
Bbm diesel sbenernya yang lbh sering disorotin afaik adalah kadar sulphur nya dan betapa "kotor" nya biosolar dibanding dex yang berisiko dengan injector mampet, fuelpump macet, dan segala permasalahan dengan fuel system ketimbang pembakaran dan emisi. Ini yang bikin most diesel CRD di indonesia gak brani pasang DPF, di saat mesin yang harusnya udah euro 5/6 di indo masih euro 2 bbmnya yang paling tinggi.

Tapi yes mesin KD/GD emang lebih "ramah" dengan bio ketimbang CRD lainnya. Spek injector nya setau saya diturunin.

Maka nya saya juga sependapat kalau masih mikir isi biosolar, GD masih lebih "safe".

Bbm urusannya nggak cuma angka octane/cetane aja oom. Yang bensin pun begitu. CR-V Turbo isi pertalit juga byk walau pabrikan blg 92, toh ada knocking sensor. cm kan gak tau dampaknya ke fuel system seperti apa. Baru ketawan kalo sudah dibongkar.

Ohya soal rekomen buku manual sebenernya saya agak sangsi dengan atpm mobil di +62, dulu pengalaman liat buku manual jazz GE dan civic FD1 di bukunya juga ditulis ron 88... Padahal itu mesin kompresi tinggi semua. Apakah miss translate (dari AKI - standar ron 87 US setara ron 92 sini) atau mmg disengaja...





Last edited by ChZ on Sun Sep 01, 2019 9:25, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hchung
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Jul 16, 2015 0:07

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by hchung »

nyotsaeba wrote:Masih aja jadi kontroversial masalah biosolar, itu yg nyinyirin fortuner/anki ga cocok pake biosolar apakah:
- beneran punya/miara 2gd ga?
- kalau ada, baca buku manual ga?

Disana udah jelas2 disebut bbm yang direkomendasikan adalah dengan CN minimal 48.
Jadi biosolar itu SESUAI rekomendasi pabrik (ini TERTULIS loh ya, bukan kata sales).

Buat yg bilang bisol ga sesuai, tolong kasih dasarnya bukan cuma kata si anu, kata si itu lah, atau kata sales kompetitor.

Anki sy km 40k dan vrz km 10k running full on biosolar. No issue sampe sekarang.

Kadang saya mikir apakah yg nyinyir bisa beli mobil 800jt (anki + vrz) tp ga mampu beli dex, itu dasarnya cuma sirik krn mobilnya harus pertabo, jadi bawaanya ga suka liat mobil lain bisa isi bbm 5k dan oke2 aja.

Buat saya drpd isi dex tp rasa performancenya beti aja sm bisol, mending duit ditabung hal lain.
Di kebun ada bbrp unit ANPS GLX 4x4 MT & semuanya pakai biodiesel 2 tahun lebih & fine2 saja. Jd menurut saya ANF maupun ANPS bisa minum biodiesel B20.

Soal pakai BBM subsidi memang ga ada larangan hanya saja masalah kepatutan. Sama spt anak muda sehat yg naik lift utk disable & orang2 tua di stasiun MRT, ga dilarang & ga ada sanksi namun apakah pantas? Demikian juga org mampu yg pakai BBM subsidi apakah pantas? Dan jgn lupa dlm subsidi BBM itu ada uang pembayar pajak jd sah2 saja kalau pembayar pajak complain uangnya digunakan utk subsidi org yg mampu. Gitu saja sih om.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by nyotsaeba »

Dulu pake city gd vtec, nah diisi ron 88 sih bisa aja, tapi performa turun jauh. Akhirnya saya sukarela pake shell super. Ga enak pake premium.

Kl soal dexlite, sy pernah pake, rasanya lebih ancur dr bisol, pdhal dr spbu yg sama, mungkin perputarannya lambat, jd basi bbm nya.

Jd belum tentu dex lbh baik, kl dpt yg basi, ya mending bisol yg fresh. Masalah etis ya kembali ke orangnya masing2, sy sih selama ga melanggar hukum ya biarin aja wkwkwk..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15802
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by ChZ »


nyotsaeba wrote:Dulu pake city gd vtec, nah diisi ron 88 sih bisa aja, tapi performa turun jauh. Akhirnya saya sukarela pake shell super. Ga enak pake premium.

Kl soal dexlite, sy pernah pake, rasanya lebih ancur dr bisol, pdhal dr spbu yg sama, mungkin perputarannya lambat, jd basi bbm nya.

Jd belum tentu dex lbh baik, kl dpt yg basi, ya mending bisol yg fresh. Masalah etis ya kembali ke orangnya masing2, sy sih selama ga melanggar hukum ya biarin aja wkwkwk..
Gtw ya sya pernah isi dex di santafe pas di daerah mayan sepi si baik2 aja. Pdhl sepi banget di daerah. Pas diisi dexlite kasar bgt.

Pertamina yg seri lite ini kualitasnya rada gmn sih sbenernya... Dexlite,.pertalite... Pertalite byk yg kena yg jelek lbh jelek dr premium jg.

Tp slama isi 92, 98, dex sie se random randomnya g pernah sampe gitu ya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1095
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by Zaxis »

Lucu juga nih uda kalah argumen bawa2 pajak
Lah emg nya yg isi biosolar ga bayar pajak?
Beli mobil tp ga perna byr pajak mah siap2 dipanggil kantor pajak

Erik tohir jamer riady chairul tanjung aja ga ribut padahal byr pajak nya lebih gede daripada kita
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2583
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by KielConstantine »

@TS. ANPS Dakar jauh lebih superior drpd fortuner VRZ. Type dakar ultimate aja 7 airbag. Tenaga mesin (4N15) kondisi internal standart di remap doank bisa tembus 250 BHP. Isi biosolar aman jg sih, emang ada bbrapa kedengeran kasus injector jebol tp enggak seberapa banyak ya.

Tapi kalo mau aman banget isi full biosolar. Saran VRZ aja dehh. Toyota cenderung lebih kuat daya tahan mesinnya buat disiksa.



----
Btw soal kalimat "moso beli mobil 500jt, isi pertadex aja enggak sanggup, malah isi bbm subsidi aka biosolar"

harusnya diganti jadi gini:

"Moso beli mobil 500jt, ngempanin injektor jebol 4-5 tahun kemudian, yg harganya cuman belasan jt aja enggak sanggup" :upss:


Kaboorrrr :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by ricz »

benzz89 wrote:Oot nih sorry, mau tanya filter solar "aman"nya ganti tiap berapa km yah? Asumsi mobil tiap hari jalan (bukan mobil weekend/garage queen) & full bio solar + racun lengkap (schaeffer + ACB)

Ane terakhir ganti di km 15 ribu sudah kotor sekali itu filsol, padahal biasanya ganti tiap 20 ribu, tapi karena skrg solar naik ke B20 kotoran lebih gampang naik jadi dimajuin jadwalnya, sebelumnya juga sudah kuras tangki solar (saat B20 mulai diterapkan).

Kalau nunggu lampu indikator nyala sih gak tega. Jadi bingung kalau B30 diterapkan itu filsol apakah harus lebih maju lagi gantinya?
Menurut newbie sih dibarengin ama ganti oli aja om (5-10 ribu km) kalo pake B20...

Newbie ada ipah 2kd, sebelum jaman b20 ganti filsol tiap 20-30 ribu km, skrg jadi 10-15 ribu semenjak b20... Buat preventif aja :mky_01:
2021 Fortuner VRZ
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by silentIm2 »

Ga ada tuh namanya injektor mampet dalam diesel common rail. Tekanan terlalu tinggi sampe 1600 bar. 1600 bar itu 16000 N / cm2, atau 1631 kgf/ cm2. Artinya di dalam commonrail dan injektornya setiap cm2 mendapat gaya yang sama dengan 1631 kg jatuh dari ketinggian 1 meter.

Jadi kalo injektor mampet bakal mledak injektornya. (ada relief / return valve sih di injektor dan common railnya).

Yang sering itu baret, nozzlenya baret sehingga ga mengabut sempurna solar.

Mengapa baret, karena mutu solar kurang, pelumasan kurang. Pelumasan kurang karena kontaminasi, paling sering air. Kontaminasi air bisa dari kondensasi (embun) di tangki mobil dan SPBU, atau ventilasi tangki SPBU bocor. Air lebih bahaya karena tidak dapat difilter, cuma biasanya pakai water separator yang biasanya sudah ada di mobil.

Btw biosolar ini kan lagi diuji sama Pertamina, sekarang malah lagi uji B30 pake ANPS kemarin.Pertamina mungkin cari formula aditif yang pas untuk B30 yang aman. Berarti ANPS malah bisa tahan sampe B30 dong?

Btw in thread OOT banget ya, TS tanya ANF vs ANPS jadi solar vs dex.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by maskopat »

Quorra wrote: Thu Aug 29, 2019 6:57 Halo semuanya, kebetulan lagi cari mobil disel dan pilihannya antara All New Fortuner atau All New Pajero Sport. Subjektif bentuk model lebih condong ke ANF, tapi yang mengganjal adalah tidak adanya VSC. Minta saran, apakah tidak adanya VSC cukup untuk menjadi deal breaker atau masih bisa di kompromi ?

Untuk kedua mobil ini mana yang lebih bisa minum bio solar ya ? Thanks : :mky_01:
kalo harga segitu dan mau minum biosolar, ane vote for LC80 VX-R. dah paket komplit ada di sini.
hidup tenang, nyaman dan jalan tanpa batas.
:emo-big_love:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by tesna »

mhahaha, klo saya sendiri sih bukan masalahin mobil rusak apa nggak nya sih minum solar subsidi, ngapain amat ngurusin mobil orang :D Itu concern nomer sekian lah. Concern utama saya itu yang menikmati subsidi malah di kalangan yang mampu. Yang namanya subsidi kan membebani keuangan negara.

Lain cerita ya kalau tinggai diluar pulau jawa atau daerah terpencil yang susah mencari solar non subsidi. Kalau tinggal di pulau jawa, apalagi kalau di kota besar atau jabodetabek, kalau bisa beli mobil 500jt sih sudah seharusnya tidak menikmati subsidi lagi. Memang beli bbm subsidi tidak dilarang, tapi pakai hati nurani aja sih, menikmati subsidi padahal mampu beli mobil ratusan juta?

Lebih baik subsidi bbm benar2 ditujukan buat yang bener2 kurang mampu, belinya harus pakai kartu macam Kartu Miskin / Kartu Tidak Mampu /Kartu BBM angkutan umum ato apalah jadi bisa di track dan meminimalisir penyalah gunaan subsidi jadi yang benar2 membutuhkan aja sih yang dapat subsidi.

Sebagian subsidi BBM bisa dialihkan ke subsidi misalnya pendidikan (banyak yg ga bisa sekolah lo.. guru2 juga banyak yang belum sejahtera).. atau BPJS :D

Anyhow back to topic, tertangung OP tinggal dimana, kalau di kota besar maybe nissan ga masalah. Tapi kalau di daerah terpencil sptnya antara toyota/mitsubishi tinggal tergantung selera aja deh. TD aja dulu kira2 enakan mana feelingnya, tiap orang beda2.
Last edited by tesna on Mon Sep 02, 2019 1:48, edited 1 time in total.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by maskopat »

F 272 wrote: Sat Aug 31, 2019 23:26
tesna wrote: Thu Aug 29, 2019 7:37 cek ini aja viewtopic.php?f=12&t=26962

topicnya mirip banget.... either one ga mungkin nyesel. Tapi ya beli mobil 1/2 milyar masih mikirin bio solar sih

https://www.youtube.com/watch?v=8OVD8TMRigM <== fortuner 2GD injector ganti karena biosolar (didaerah sana ga ada dex) padahal filter solar ganti tiap 3000km... odometer baru 40rb...
Filter Solar ganti tiap 3000 KM ????

Yang bener om..?

Saya pake 2GD sejauh 120.000 KM Ganti Filter Solar baru 2x Lho....

Pertama di KM 50.000 dalam kondisi belum ada indikasi (lampu indikator normal) saya tetap ganti karena saaat itu mau muterin 1 pulau Sumatera (sampai ke Aceh) agak khawatir malah di perjalanan musti ganti dan saya ogah ribet, jadi saya ganti saja sebelum perjalanan....

Kedua di KM 80.000 dalam kondisi lampu indikator Bahan bakar menyala tanda filter solar sudah kotor / mampet....

Mobil terus jalan sampai 120 KM aman.... Saya bawa sampai ke Larantuka, Flores... NTT ... ga ada masalah...dan saya isi BIOSOLAR

Jangan debat kenapa sih saya isi BIO SOLAR... hehehe saya menjelajah Pulau ke peloksok, mana ada DEX disana..? Wong SPBU nya aja jam 7 malam sudah banyak yang tutup.. (tapi di kota yang 24 jam - hanya jarak kota ke kota jauh banget)

:mky_01: :mky_01:


hehehe.. beda kondisi bio solnya Om... namanya juga mobil rental. coba aja VRZ F272 direntalin di Kalimantan... :big_grin:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by evanbngdor »

ricz wrote: Sun Sep 01, 2019 18:18
benzz89 wrote:Oot nih sorry, mau tanya filter solar "aman"nya ganti tiap berapa km yah? Asumsi mobil tiap hari jalan (bukan mobil weekend/garage queen) & full bio solar + racun lengkap (schaeffer + ACB)

Ane terakhir ganti di km 15 ribu sudah kotor sekali itu filsol, padahal biasanya ganti tiap 20 ribu, tapi karena skrg solar naik ke B20 kotoran lebih gampang naik jadi dimajuin jadwalnya, sebelumnya juga sudah kuras tangki solar (saat B20 mulai diterapkan).

Kalau nunggu lampu indikator nyala sih gak tega. Jadi bingung kalau B30 diterapkan itu filsol apakah harus lebih maju lagi gantinya?
Menurut newbie sih dibarengin ama ganti oli aja om (5-10 ribu km) kalo pake B20...

Newbie ada ipah 2kd, sebelum jaman b20 ganti filsol tiap 20-30 ribu km, skrg jadi 10-15 ribu semenjak b20... Buat preventif aja :mky_01:
Saya juga per 10rb nih kalo pake filter solar ori, ya ngga pernah sampe item sih, cuma kan begitu dilepas sebaiknya diganti, jangan dipasang lg
:mky_01: :mky_01:

Kalo pake Sakura F11112 itu lebih cepet item dibanding ori toyota nya

FYI sama pake biosol+racun
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15802
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by ChZ »

silentIm2 wrote: Mon Sep 02, 2019 0:35 Ga ada tuh namanya injektor mampet dalam diesel common rail. Tekanan terlalu tinggi sampe 1600 bar. 1600 bar itu 16000 N / cm2, atau 1631 kgf/ cm2. Artinya di dalam commonrail dan injektornya setiap cm2 mendapat gaya yang sama dengan 1631 kg jatuh dari ketinggian 1 meter.

Jadi kalo injektor mampet bakal mledak injektornya. (ada relief / return valve sih di injektor dan common railnya).

Yang sering itu baret, nozzlenya baret sehingga ga mengabut sempurna solar.

Mengapa baret, karena mutu solar kurang, pelumasan kurang. Pelumasan kurang karena kontaminasi, paling sering air. Kontaminasi air bisa dari kondensasi (embun) di tangki mobil dan SPBU, atau ventilasi tangki SPBU bocor. Air lebih bahaya karena tidak dapat difilter, cuma biasanya pakai water separator yang biasanya sudah ada di mobil.

Btw biosolar ini kan lagi diuji sama Pertamina, sekarang malah lagi uji B30 pake ANPS kemarin.Pertamina mungkin cari formula aditif yang pas untuk B30 yang aman. Berarti ANPS malah bisa tahan sampe B30 dong?

Btw in thread OOT banget ya, TS tanya ANF vs ANPS jadi solar vs dex.
wah ilmu baru bener juga si kalopun kotoran ya uda tersaring di filter, makanya klo pake bio filternya cepet item item. di pajero dakar lama solusi dari beres nya didobel fuel filternya. iya kalo nozzle sering dengar emang. Cuma bayangan saya dari dulu soalnya masih banyak partikulat dengan hole injector yang kecil2 berisiko bikin clogged jd nyemprotnya gak rata :mky_01: maklum jarang pegang diesel
tesna wrote: Mon Sep 02, 2019 1:26 mhahaha, klo saya sendiri sih bukan masalahin mobil rusak apa nggak nya sih minum solar subsidi, ngapain amat ngurusin mobil orang :D Itu concern nomer sekian lah. Concern utama saya itu yang menikmati subsidi malah di kalangan yang mampu. Yang namanya subsidi kan membebani keuangan negara.

Lain cerita ya kalau tinggai diluar pulau jawa atau daerah terpencil yang susah mencari solar non subsidi. Kalau tinggal di pulau jawa, apalagi kalau di kota besar atau jabodetabek, kalau bisa beli mobil 500jt sih sudah seharusnya tidak menikmati subsidi lagi. Memang beli bbm subsidi tidak dilarang, tapi pakai hati nurani aja sih, menikmati subsidi padahal mampu beli mobil ratusan juta?

Lebih baik subsidi bbm benar2 ditujukan buat yang bener2 kurang mampu, belinya harus pakai kartu macam Kartu Miskin / Kartu Tidak Mampu /Kartu BBM angkutan umum ato apalah jadi bisa di track dan meminimalisir penyalah gunaan subsidi jadi yang benar2 membutuhkan aja sih yang dapat subsidi.

Sebagian subsidi BBM bisa dialihkan ke subsidi misalnya pendidikan (banyak yg ga bisa sekolah lo.. guru2 juga banyak yang belum sejahtera).. atau BPJS :D

Anyhow back to topic, tertangung OP tinggal dimana, kalau di kota besar maybe nissan ga masalah. Tapi kalau di daerah terpencil sptnya antara toyota/mitsubishi tinggal tergantung selera aja deh. TD aja dulu kira2 enakan mana feelingnya, tiap orang beda2.
ya asal tidak ikut nyinyirin utang pemerintah atau ikutan ngomong subsidi salah sasaran :mky_01: atau protes kualitas udara makin kotor :mky_01:

sulit karena dari awal emang ide subsidi bbm adalah ide yang absurd dan kita kelamaan dimanja dengan pola ini. andai mau dibenahi dengan hapus subsidi ya pasti akan bikin gejolak di grassroot karena berkaitan dengan harga kebutuhan pokok. pakde dan menkeu meski sangat berhati-hati, BBM naik 200 perak aja udah terjadi huru-hara :mky_01:

mau dibatasin peredarannya kayak premium ya agak susah jg kebutuhannya gede banget :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by Winz »

ChZ wrote: Mon Sep 02, 2019 2:23
silentIm2 wrote: Mon Sep 02, 2019 0:35 Ga ada tuh namanya injektor mampet dalam diesel common rail. Tekanan terlalu tinggi sampe 1600 bar. 1600 bar itu 16000 N / cm2, atau 1631 kgf/ cm2. Artinya di dalam commonrail dan injektornya setiap cm2 mendapat gaya yang sama dengan 1631 kg jatuh dari ketinggian 1 meter.

Jadi kalo injektor mampet bakal mledak injektornya. (ada relief / return valve sih di injektor dan common railnya).

Yang sering itu baret, nozzlenya baret sehingga ga mengabut sempurna solar.

Mengapa baret, karena mutu solar kurang, pelumasan kurang. Pelumasan kurang karena kontaminasi, paling sering air. Kontaminasi air bisa dari kondensasi (embun) di tangki mobil dan SPBU, atau ventilasi tangki SPBU bocor. Air lebih bahaya karena tidak dapat difilter, cuma biasanya pakai water separator yang biasanya sudah ada di mobil.

Btw biosolar ini kan lagi diuji sama Pertamina, sekarang malah lagi uji B30 pake ANPS kemarin.Pertamina mungkin cari formula aditif yang pas untuk B30 yang aman. Berarti ANPS malah bisa tahan sampe B30 dong?

Btw in thread OOT banget ya, TS tanya ANF vs ANPS jadi solar vs dex.
wah ilmu baru bener juga si kalopun kotoran ya uda tersaring di filter, makanya klo pake bio filternya cepet item item. di pajero dakar lama solusi dari beres nya didobel fuel filternya. iya kalo nozzle sering dengar emang. Cuma bayangan saya dari dulu soalnya masih banyak partikulat dengan hole injector yang kecil2 berisiko bikin clogged jd nyemprotnya gak rata :mky_01: maklum jarang pegang diesel
tesna wrote: Mon Sep 02, 2019 1:26 mhahaha, klo saya sendiri sih bukan masalahin mobil rusak apa nggak nya sih minum solar subsidi, ngapain amat ngurusin mobil orang :D Itu concern nomer sekian lah. Concern utama saya itu yang menikmati subsidi malah di kalangan yang mampu. Yang namanya subsidi kan membebani keuangan negara.

Lain cerita ya kalau tinggai diluar pulau jawa atau daerah terpencil yang susah mencari solar non subsidi. Kalau tinggal di pulau jawa, apalagi kalau di kota besar atau jabodetabek, kalau bisa beli mobil 500jt sih sudah seharusnya tidak menikmati subsidi lagi. Memang beli bbm subsidi tidak dilarang, tapi pakai hati nurani aja sih, menikmati subsidi padahal mampu beli mobil ratusan juta?

Lebih baik subsidi bbm benar2 ditujukan buat yang bener2 kurang mampu, belinya harus pakai kartu macam Kartu Miskin / Kartu Tidak Mampu /Kartu BBM angkutan umum ato apalah jadi bisa di track dan meminimalisir penyalah gunaan subsidi jadi yang benar2 membutuhkan aja sih yang dapat subsidi.

Sebagian subsidi BBM bisa dialihkan ke subsidi misalnya pendidikan (banyak yg ga bisa sekolah lo.. guru2 juga banyak yang belum sejahtera).. atau BPJS :D

Anyhow back to topic, tertangung OP tinggal dimana, kalau di kota besar maybe nissan ga masalah. Tapi kalau di daerah terpencil sptnya antara toyota/mitsubishi tinggal tergantung selera aja deh. TD aja dulu kira2 enakan mana feelingnya, tiap orang beda2.
ya asal tidak ikut nyinyirin utang pemerintah atau ikutan ngomong subsidi salah sasaran :mky_01: atau protes kualitas udara makin kotor :mky_01:

sulit karena dari awal emang ide subsidi bbm adalah ide yang absurd dan kita kelamaan dimanja dengan pola ini. andai mau dibenahi dengan hapus subsidi ya pasti akan bikin gejolak di grassroot karena berkaitan dengan harga kebutuhan pokok. pakde dan menkeu meski sangat berhati-hati, BBM naik 200 perak aja udah terjadi huru-hara :mky_01:

mau dibatasin peredarannya kayak premium ya agak susah jg kebutuhannya gede banget :mky_01:
Yang Salah bukan Subsidi'nya, tapi sistem subsidi'nya

Harus'nya Kendaraan Pribadi ga boleh dkasih beli sekalian

Atau sistem dua harga, kasih harga 9 ribuan kaya di Tambang

Klo mobil Barang macam PickUp n Truck baru boleh harga subsidi

dengan begitu kan jadi tidak mempengaruhi harga kebutuhan pokok
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15802
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by ChZ »

Winz wrote: Mon Sep 02, 2019 2:38
Yang Salah bukan Subsidi'nya, tapi sistem subsidi'nya

Harus'nya Kendaraan Pribadi ga boleh dkasih beli sekalian

Atau sistem dua harga, kasih harga 9 ribuan kaya di Tambang

Klo mobil Barang macam PickUp n Truck baru boleh harga subsidi

dengan begitu kan jadi tidak mempengaruhi harga kebutuhan pokok
wah kalo sistem begitu nembusinnya gampang bgt. Orang yang mampu beli mobil 500 juta itu kan banyak jg yang pengusaha dan punya truck. Beli truck bekas 1 aja terus ditimbun. Kan tangkinya gede.

Udah ada dexlite sih nggak perlu sistem 2 harga :mky_01:
Last edited by ChZ on Mon Sep 02, 2019 3:03, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Saran SUV Diesel 500 juta an

Post by Winz »

ChZ wrote: Mon Sep 02, 2019 2:54
Winz wrote: Mon Sep 02, 2019 2:38
Yang Salah bukan Subsidi'nya, tapi sistem subsidi'nya

Harus'nya Kendaraan Pribadi ga boleh dkasih beli sekalian

Atau sistem dua harga, kasih harga 9 ribuan kaya di Tambang

Klo mobil Barang macam PickUp n Truck baru boleh harga subsidi

dengan begitu kan jadi tidak mempengaruhi harga kebutuhan pokok
wah kalo sistem begitu nembusinnya gampang bgt. Orang yang mampu beli mobil 500 juta itu kan banyak jg yang pengusaha dan punya truck. Beli truck bekas 1 aja terus ditimbun. Kan tangkinya gede.

Udah ada dexlite sih nggak perlu sistem 2 harga :mky_01:
Ya kan sering orang ga mau repot jg

Jadi otomatis bisa mengurangi lah, om

atau ya sekalian mobil pribadi ga boleh isi