barusan abis TD subaru XV.
interior: skor desain interior 11-12 antara XV, CX5 & OS (black dominant, simple, saya paling suka desain stir nya XV dibanding yang lain), tp untuk build quality menurut saya CX5 > XV, while OS fall behind. XV dibanding CX5 sport jg menang jok kulit, tapi hare gene ga ada MID? overall jadinya: CX5 sport 11-12 XV > OS.
driving experience: untuk tarikan, subaru XV perasaan masih di bawah CX5 (udah pake paddle shift mode), mirip2 OS lah. tapi handling nya enak lho (faktor AWD?). kalo rem nya mirip2 OS, quite predictable ga se sensitif CX5 yg senggol dikit lgsg ngerem. radius puternya XV kecil jd gampang kalo u-turn/parkir. untuk noise level menurut saya lebih bagus daripada OS. secara overall agak susah nilai driving experience mana yg lebih baik, tapi lagi2 cenderung untuk 11-12 CX5 & XV, followed by focus & OS (11-12 jg).
fitur: too bad ga ada electric seat & sunroof. lampu juga masih halogen. the good things ada paddle shift, audio with touch screen, GPS & sensor parkir, & headrest monitor. more features: cruise control, traction control. untuk fitur skornya Focus>OS>XV>CX5 sport
space: posisi duduk nya driver mirip2 sedan yah, agak rendah (jd agak kagok krn udah lama ga nyetir sedan hehe). backseat lebih manusiawi daripada OS, tapi kalah lega dari CX5. bagasinya XV lebih kecil prasaan dibanding OS dan ga ada tutup bagasi yg bisa digulung gt (ky CX5. kalo tutup bagasi nya OS sih sucks). CX5 > XV > OS > Focus
minusnya lagi dari XV masih inden sampe 2 bulan.
verdict:
dari hasil test drive ala kadarnya empat mobil utk budget 400jt yaitu ford focus sedan 2.0, mitsubishi outlander sport PX, mazda CX5 sport & subaru XV premium, buat saya yg secara overall lebih menonjol dibanding yang lain adalah..... ga ada. masing2 punya kekurangan2 yg cukup ngeselin tp quite mitigated sama keunggulan2 nya masing2.
focus sedan minus di harga, desain interior, steering & after sales (jarak dari rumah ke bengkel paling jauh), but featurenya ranking 1 & tarikan mantep.
OS minus di interior build quality, ergonomi, noise level & tarikan, tapi harganya juara padahal udah varian paling tinggi. blm lagi kebayang2 future value yg hrsnya lebih yummy dibanding 3 mobil lainnya.
XV minus di tarikan, no MID, bagasi kecil, some missing features & waiting time. tp handling yg superb & ada unsur wow factor (model baru, subaru pula).
CX5 kena penalti di harga (udah nambah paling banyak, tp dapetnya cuma varian bawah yg minim fitur) tp build quality interior, handling & ergonomi nya juara.
untuk milih finalis sih lebih cenderung ke: CX5 & XV, with OS breathing down their neck.
masih penasaran sama golf TSI (ini bengkelnya lebih jauh lagi), kepikiran x-trail xtremer & sekarang ada Nav1.
tapi duitnya blom turun2 juga
