[ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by AD74YA »

Namo wrote:
Terima kasih atas komentarnya pak AD74YA, pernah liat ini kalau ngga salah IST hitam yah platnya kayak gini di Bandung hehe. Mohon maaf sebelumnya, kalau boleh tau yang dibandingkan itu harriernya 3.0 apa yang 3.5 yah? Kalau yang 3.0 yah menurut saya juga jelas menang CX 9. Mengenai masalah FC, banyak versi yah pak, ada yg bilang segini ada yg bilang segitu, saya jadi ikut bingung, saya tanya teman ada yang bilang Harrier 3.5 irit, ada juga yang bilang boros, tapi saya sih cenderung tidak masalah krn sudah pengalaman punya mobil toyota lain bermesin 3.0 vvti. Kalau masalah suspensi dari CX 9 sendiri bagaimana pak? Waktu itu saya pernah tanya di pameran katanya air suspension gitu? Menurut dari spesifikasi sih rasanya belum ada ya. Tq.
Hahaha tau aja pak.. benar dulu saya pakai ist.. tapi sudah cerita lama berhubung sudah dijual.... hehehehe... sekarang plat AD74YA di ANJ... hehehe...

Dibandung juga?

Kan saya sudah ketik AIRS... jadi itu 3.0 V6... :mrgreen:

nah kalo yang 3.5 lom pernah coba saya pak... Kalau tidak bermasalah dengan FC, harusnya FC jangan jadi pertimbangan dong... :mrgreen: Suspensi CX9 sportif ya... Semi-stiff, tapi ride nya cukup comfortable... Suspensinya bukan udara, biasa saja...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by andy1800 »

AD74YA wrote:
leonheart wrote:buat pak Namo,

ambil x5 gak bakal kecewa pak, sudah banyak yang membuktikan. very fun to drive, bertenaga, canggih (iDrive, etc), interior super premium dan designnya bagus lagi. Cuman exterior memang agak jadul ya.

Review di mana2, nih BMW x5 termasuk SUV onroad yang paling tinggi score nya. Gak akan salah pilih.
Perawatan mahal, tutup sebelah mata aja pak, setelah 2-3 tahun jual, sebelum keluar model baru nya.
Awas pak.. Racun pak leo memang kuat... :big_weee:
:ngacir:
Tp mmg tepat juga siih.

Stlh selama ini om namo nampaknya 'gak terlalu menonjolkan tampilan', maka mgkin skrg saatnya utk lbh 'show off' (tdk dlm arti negatif ya).

Maksudnya, meskpun gw gak pnya harrier...tp kalau liat Harrier di jalanan mah udah gak ngelirik lg deh...tp kalao liat X5, mskpun terlihat lbh 'agak jadul', tp gw hampir selalu nengok mskpun gak sampai semelintir klo liat Range atau Disco..hehee.
(pdhl harga bekas X5 head2head ke Harry 3.5L, msh lbh murah ya ?)

Gw jg msh akan menengok liat CX9 (klo CX7 gak), atau bahkan Prado pun..bahkan kelas Freelander msh jg.
Merc ML series...iya, lumayan ngelirik jg.... bahkan G-Klasse pun klo mulus, msh jg menarik perhatian
Utk kelas topline disamping Rangie, tentulah liat LC200 jg akan menarik urat leher saya..aplg warna putih.

back to///...
jadi, (dlm kelas harga second segitu) keberadaan X5 mmg stand out in the crowd

:off_ladies:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by asudarsono »

Kalau boleh berbeda pendapat, memperkaya diskusi, saya tetap berpikir X5 lebih enak di jalan tol yg mulus, kalau Harrier boleh juga dipertimbangkan kalau lewat jalan berlobang2.

Suspensi hidraulik aktif aja enak, apalagi air suspension. Serasa naik Sinkansen.
Ready to Race
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by leonheart »

Kalau saya baca review di internet dan majalah, X5 menjadi salah satu best SUV karena dia bisa maximize handling tanpa mengorbankan banyak comfort. Itu yang SUV lain belum bisa menyamai.
Mirip2 seri 5 terbaru mungkin, nggak keras, tapi handling mantap.

Kalau harrier menang empuk pak, jadi kalau memang yang dicari mobil empuk dan bisa mengorbankan dynamic driving sensation, ya ambil harrier aja.

Tapi bro harus coba masuk x5 dulu, lihat design dashboardnya, coba2in iDrive nya yang canggih, kameranya, feel setirnya, plus kualitas leather seatnya. Kalo saya sih super kesengsem sama interiornya. Subjectively.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by asudarsono »

Iya ya, kita belum nanya ini mau pakai sopir apa nyetir sendiri.
Ready to Race
Namo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Nov 23, 2010 9:56

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by Namo »

Thanks suhu2 atas komen2 membangunnya, saya nyetir sendiri loh hehe.. Saya pernah lihat X5 secara live koq punya saudara, dalemnya memang keren dan high tech ya, sempet suka, tapi bayangkan aja ya baru pakai 2 tahun, beli baru 1,2M, jual sekarang paling 800an jt. Kalo saya punya pohon duit sih, pasti saya ambil itu X5. Anyway, yg tahun lama kan hanya ada X5 yang 3000cc, apa ngga kedodoran yah utk body seberat itu + 7 seater? Tq.
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by leonheart »

Ehm, beli bekas aja bro kalo takut rugi banyak. Toh bekas bmw yang terawat juga cukup banyak. Harrier airS kan rencananya juga pasti bekas kan ya?

3000cc twinpower turbo bukan? Kalo yang itu 300++ bhp, torsi 400nm sudah mak jusss bro.
Namo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Nov 23, 2010 9:56

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by Namo »

Hehe akan saya pertimbangkan pak atas usulnya. 3000cc saja pak, kalo yang X5 FL 3.5 iDrive, mesinnya juga 3000cc tapi dapat suntikan turbo. Tq.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by andy1800 »

setiap lihat atau keinget X5, gw kok lsg kebayangnya.. peristiwa, ini mobil, yg ditrabakin sm anaknya halimah, ke pagar rumahnya mayangsari... :mrgreen:

krn TS nampaknya blm rela (dan mgkin belum "berpengalaman") dg bayangan depresiasi selain "'apresiasi' kelas toyota"....maka pilihannya mmg akan ccenderung ke Harrier 3.5
mengingat kebelum-relaan itu, konsekuensi bhw nampak seolah2 tidak ganti mobil tsb, akan lbh acceptable buat TS..
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
alex_hg_hoo
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jan 19, 2010 6:52

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by alex_hg_hoo »

Boleh urun rembuk suhu2 di sini.

Saya sempat punya ML350 2006 (2nd gen tapi belum face lift). First impression masuk ke kabin memang superior, Harrier maupun X5 kalah. Lalu soal kenyaman pun dalam artian shock empuk, jok kulit menunjang tubuh dengan pas (jok nya lebar sekali, ML350 ini lebarnya sangat over bahkan lebih lebar dari kakaknya GL550, coba cek di web saya soalnya pernah compare data dan compare langsung di bengkel). Kesimpulannya tepat untuk pemilik yang disetirin (juga nyaman untuk penumpang depan lho).

Tapi bicara masalah mesin ML350 ini sangat boyo. Mesin 3500cc, sudah boros (1:5 dalkot luar kota bisa 1:8) tapi boyo akselerasinya, satu karena dia berat, dua karena dia 4WD (permanent 4WD, jalan bagus/jelek tetep harus pake 4WD), dan mungkin ketiga karena karakter mesinnya hanya bagus di putaran atas CMIIW (untuk jalan panjang, kalau sudah ancang2 wuz ngeri, kenceng dan semua juga minggir lihat body nya). Kalau karakter Eropa ga juga, karena saya juga pakai 325i E46 FL (ini mesinnya bener2 top :off_good: , tarikan awalnya lebih ringan dari mobil Jepang, di rpm tinggi juga lebih bringas dari ML350) atau SLK200 (hasil tukar dengan ML350, kalau SLK200 ini mobil kecil, mesin 1800 cc kompressor (harusnya bagus di RPM menengah atas) tapi ringan bodinya, jadi tarikan awal lebih enak daripada ML350, meski masih kalah dibanding 325).

Satu lagi kelemahan nya yaitu rem ya juga boyo. Kemungkinan karena bodinya berat dan 4WD. Tapi fitur 4WD nya memang lengkap, ada Hill Descent Control CMIIW, jadi bisa turun dengan kecepatan rendah, ada setelan shock untuk jalan jelek atau lewat genangan air, ada cruise control dan limiter untuk batas kecepatan juga. Tongkat persneleng di atas juga kadang menyulitkan, cuma ada paddle shift di belakang setir lumayan membantu untuk mode manual.

Sedang Harrier saya sempat mencoba beberapa kali karena sampai sekarang pun masih mencari kalau ada yg 2nd bagus. Harrier 2.4 memang bukan untuk rute luar kota atau nanjak, tapi untuk dalam kota sangat lincah dibandingkan ML350. Fiturnya (amenities) juga lebih lengkap. Ada panoramic roof (ini yang asyik karena mobil bisa merasakan sinar matahari dan interior terang, ML350 ga ada sun roof kecuali yang face lift 2007 CMIIW). Lalu ada sensor parkir (beberapa Harrier terutama Lprem), bahkan ada yang pakai monitor dan camera mundur (L prem dan 3.0 AIRS), di ML350 jangan kaget sensor mundur pun tak ada. Untuk 3.0AIRS yang AIR susp nya rusak pun saya sempat mencobanya minggu lalu. Kalau dirasa suspensionnya harrier terlalu bumpy Anda salah. ML350 lebih bumppy suspension nya. Efeknya penumpang meras nyaman, tapi yang setir kebanting2.

Jadi masalah mesin dan shock ML350 maupun Harrier sama2 average lah. Kalau mesin saya coba CX7 malah jauh meninggalkan Harrier ML350 di rpm awal, dan mungkin 11-12 dengan ML350 di rpm tinggi. Hanya kalau cari fitur 4WD ML350 meninggalkan 2 kompetitornya. Hanya memang sperti AD74YA bilang kualitas interior, peredaman, posisi duduk dll, Mazda (CX7) masih kalah dibanding Harrier.

Untuk mobil Jepang kenapa ga tunggu 1 Jan 2011, yang menurunkan tarif bea masuk untuk ATPM yang import dari Jepang >3000cc. (Saya tidak tahu apakah ini berlaku untuk IU). Contoh nyatanya adalah Elgrand baru 3.5 versi tertinggi (ATPM) yang barunya saja lebih mahal dari Alpahrd 3500 cc (lihat bafta.com) bisa dijual di harga 900 jt (bandingkan dengan Alphard 3.500 ATPM yang dijual di atas 1,1 M). Hanya apakah ini berlaku untuk RX350 ATPM? Kalau IU sepertinya hanya jual RX270 (katanya aslinya untuk pasar China).

NB: kalau ada SMers yang mau jual Harrier 2nd gen yang 2.4, AIRS 3.0, atau 3.0 G, kondisi bagus bisa kabari saya.
Past
Kijang93
Cielo MT94&AT95
Escudo98
Lancer93
Jazz04
Terrano01
E46 318 00&325 lci 03
W164 ML350 06
R171 SLK200 06
Harrier 2.4 06&AirS 04
Triton13
E70 X5 08
Now
Mazda 8 11
Alphard GS 14
alex_hg_hoo
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jan 19, 2010 6:52

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by alex_hg_hoo »

sori double posting
Past
Kijang93
Cielo MT94&AT95
Escudo98
Lancer93
Jazz04
Terrano01
E46 318 00&325 lci 03
W164 ML350 06
R171 SLK200 06
Harrier 2.4 06&AirS 04
Triton13
E70 X5 08
Now
Mazda 8 11
Alphard GS 14
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by andy1800 »

nah, ini dia! user review yg kita tunggu2 !
very good review.... :off_good_job: :off_good_job: ..thanks for sharinng
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by leonheart »

good review :off_good_job:

lagi2 saya sedih interior cx7 dibilang lebih jelek dari harrier. kok saya merasa sebaliknya ya, hahaha. cx lebih minimalis ala e300 baru (garis tegas agak kotak2), dan banyak tombol, ditambah two tone yang bikin keliatan mewah.
lagi2 saya subjektif dan membela diri. :ngacir:

Image Image


Image
Image
Image
alex_hg_hoo
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jan 19, 2010 6:52

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by alex_hg_hoo »

Lebih sporty sih dash board CX-7. Tapi waktu TD yang buat ga sreg adalah suara mesin masuk ke dalam, meski mesin ga lagi di pacu rpm tinggi. Lalu shock nya ajubile keras. Tapi emang sesuai visi zoom zoom deh. Mesin two thumbs up. Cuma biasa kita cari SUV untuk jalan jelek dan keluarga, jadi butuh yang empuk2. Kalau CX-9 atau RX 350 review gimana, siapa tahu harga per 2011 jadi setara Harrier 2.40 baru skrg (675jt), ngarep ... :)
Past
Kijang93
Cielo MT94&AT95
Escudo98
Lancer93
Jazz04
Terrano01
E46 318 00&325 lci 03
W164 ML350 06
R171 SLK200 06
Harrier 2.4 06&AirS 04
Triton13
E70 X5 08
Now
Mazda 8 11
Alphard GS 14
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by AD74YA »

Naaaaa... kita kedatangan ahli review nih... suka sekali dengan penjelasan pak alex yang objektif ya... mantap sekali pengalamannya dengan mobil eropa :off_good_job:
alex_hg_hoo wrote:

Sedang Harrier saya sempat mencoba beberapa kali karena sampai sekarang pun masih mencari kalau ada yg 2nd bagus. Harrier 2.4 memang bukan untuk rute luar kota atau nanjak, tapi untuk dalam kota sangat lincah dibandingkan ML350. Fiturnya (amenities) juga lebih lengkap. Ada panoramic roof (ini yang asyik karena mobil bisa merasakan sinar matahari dan interior terang, ML350 ga ada sun roof kecuali yang face lift 2007 CMIIW). Lalu ada sensor parkir (beberapa Harrier terutama Lprem), bahkan ada yang pakai monitor dan camera mundur (L prem dan 3.0 AIRS), di ML350 jangan kaget sensor mundur pun tak ada. Untuk 3.0AIRS yang AIR susp nya rusak pun saya sempat mencobanya minggu lalu. Kalau dirasa suspensionnya harrier terlalu bumpy Anda salah. ML350 lebih bumppy suspension nya. Efeknya penumpang meras nyaman, tapi yang setir kebanting2.
Inilah kenapa ML sering dianggap tidak lebih superior dibanding "pesaing" jepangnya (padahal jelas-jelas beda kelas dan "tempat hidup"), semua fitur di ML kasat mata, sedangkan di Harrier tidak.. contoh; ada sunroof, backcam, dll di harrier.. sedang di ML ada multilink suspension, indikator elektris yang lebih banyak, full time AWD, snow TC, dll dsb...

Oya, saya juga setuju kalau Harrier terasa lebih keras dibanding ML, tapi ini lebih dari karena tebalnya ban ML (ban nya kalau ngak salah tipe M/T kalau Harrier kan H/T)-> jadi kebayang gimana tingkat kekasarannya + di ML joknya empuknya beda (entah gimana menjelaskannya, karena dibilang lebih empuk juga enggak... :big_slap: )
Tapi, saya merasa tarikan ML dari bawah sudah besar..

Jadi kesimpulannya, ML lebih di peruntukkan hidup di dua alam, dengan fitur yang menunjang untuk diajak off road, dan settingan suspensi seperti itu, posisi duduk yang tinggi, lalu torsi mesin yang oke banget dari bawah.. Sudah pasti, boros adalah harga mati.
alex_hg_hoo wrote: Jadi masalah mesin dan shock ML350 maupun Harrier sama2 average lah. Kalau mesin saya coba CX7 malah jauh meninggalkan Harrier ML350 di rpm awal, dan mungkin 11-12 dengan ML350 di rpm tinggi. Hanya kalau cari fitur 4WD ML350 meninggalkan 2 kompetitornya. Hanya memang sperti AD74YA bilang kualitas interior, peredaman, posisi duduk dll, Mazda (CX7) masih kalah dibanding Harrier.
yuk marii.. :mrgreen:
alex_hg_hoo wrote:Untuk mobil Jepang kenapa ga tunggu 1 Jan 2011, yang menurunkan tarif bea masuk untuk ATPM yang import dari Jepang >3000cc. (Saya tidak tahu apakah ini berlaku untuk IU). Contoh nyatanya adalah Elgrand baru 3.5 versi tertinggi (ATPM) yang barunya saja lebih mahal dari Alpahrd 3500 cc (lihat bafta.com) bisa dijual di harga 900 jt (bandingkan dengan Alphard 3.500 ATPM yang dijual di atas 1,1 M). Hanya apakah ini berlaku untuk RX350 ATPM? Kalau IU sepertinya hanya jual RX270 (katanya aslinya untuk pasar China).

NB: kalau ada SMers yang mau jual Harrier 2nd gen yang 2.4, AIRS 3.0, atau 3.0 G, kondisi bagus bisa kabari saya.
Untuk bea, saya baca sepertinya maksimal diturunkan pajaknya hanya sebesar 5% dari pajak sebelum ini.. Untuk masalah Elgrand setau saya Alphy disini memang sangat overpriced, jadi mau pasang dibawah Alp pun masih untung... Oya IU justru jual RX350 lho.. soalnya sobat saya beli di 1,1 dari IU Lexus RX350 2010.

Sebenernya yang paling diharapkan dari penyesuaian bea ini juga ada perbaikan di sektor pajak mesin, khususnya hybrid yang dianggap punya 2 mesin jadi pembebanan pajaknya 2x lebih besar.. (lets be honest... aneh gak sih??)

why? karena prius sudah dirilis, insight sudah dirilis, jazz hybrid akan dirilis, crz akan dirilis, tesla siapa tau masuk indonesia, dll dsb...
CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by AD74YA »

leonheart wrote:good review :off_good_job:

lagi2 saya sedih interior cx7 dibilang lebih jelek dari harrier. kok saya merasa sebaliknya ya, hahaha. cx lebih minimalis ala e300 baru (garis tegas agak kotak2), dan banyak tombol, ditambah two tone yang bikin keliatan mewah.
lagi2 saya subjektif dan membela diri. :ngacir:
Kasiaaan.. cup cup cup... :cupss:

:ngacir:
alex_hg_hoo wrote:Lebih sporty sih dash board CX-7. Tapi waktu TD yang buat ga sreg adalah suara mesin masuk ke dalam, meski mesin ga lagi di pacu rpm tinggi. Lalu shock nya ajubile keras. Tapi emang sesuai visi zoom zoom deh. Mesin two thumbs up. Cuma biasa kita cari SUV untuk jalan jelek dan keluarga, jadi butuh yang empuk2. Kalau CX-9 atau RX 350 review gimana, siapa tahu harga per 2011 jadi setara Harrier 2.40 baru skrg (675jt), ngarep ... :)
Noh pak leo, kata saya juga suara mesin CX7 tuh kedengeran di kabin, beda dengan Harrier yang lebih senyap.. :big_weee:

CX9 sama agak keras juga pak alex...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by leonheart »

iya setelah saya perhatikan, gigi satu dan dua memang bersuara lumayan 'ngorok'.
review di oneshift.com dan sgcarmart.com ternyata juga bilang begitu, gigi 1-2 suara kenceng, setelah jalan di atas 30kmh baru sunyi senyap.

engine refinement kalah telak ya.

lexus memang terkenal jago di engine refinement, bahkan Lexus LS lebih senyap dari S Class. Mungkin ini yang bikin harrier top notch di engine refinement, suara mesin halus mulus.

suspensi cx memang keras, padahal saya suka yang empuk2 :frm_bang_head:
cuma berasa enak kalau kenceng di tikungan, jalan bergelombang peredamannya gak istimewa untuk ukuran mobil premium.


bro adjaya dan bro alex ada solusi mengurangi bunyi di suara kabin? pasang peredam yang gimana??
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by AD74YA »

leonheart wrote:

bro adjaya dan bro alex ada solusi mengurangi bunyi di suara kabin? pasang peredam yang gimana??
Sebenernya masalah kekedapan di CX7 kan kecil aja.. cuman di bagian mesin sama roda2..

kalau yang dari roda-roda, bisa gunakan peredaman berbahan aspal di bagian spakbor. Ini mudah aplikasinya. Tetapi untuk mesin harus di bagian firewall, artinya membuka dash.. nah ini prosesnya bikin ketar-ketir.. buat CRV aja sayang, apalagi CX7 hehehe

Tapi sebenernya memang sengaja suara mesin masuk ke kabin sedikit karena disitulah salah satu efek fun yang bisa di dapatkan... suara mesin itu kan merdu2 bikin adrenalin naik... bayangin aja kita bejek gas dalam tapi ga ada suara mesin... Dull banget... kita ga nyadar kita sedang jalan kencang... dan hal seperti ini berbahaya... Driver jadi nggak aware... Dan inilah kenapa Lexus banyak yang nggak suka... Dull banget.. eh saya udah bilang dull belum ya tadi? hehehe

So..? Apakah suara mesin merupakan sebuah kekurangan?.... :e-think:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Namo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Nov 23, 2010 9:56

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by Namo »

alex_hg_hoo wrote:Boleh urun rembuk suhu2 di sini.

Saya sempat punya ML350 2006 (2nd gen tapi belum face lift). First impression masuk ke kabin memang superior, Harrier maupun X5 kalah. Lalu soal kenyaman pun dalam artian shock empuk, jok kulit menunjang tubuh dengan pas (jok nya lebar sekali, ML350 ini lebarnya sangat over bahkan lebih lebar dari kakaknya GL550, coba cek di web saya soalnya pernah compare data dan compare langsung di bengkel). Kesimpulannya tepat untuk pemilik yang disetirin (juga nyaman untuk penumpang depan lho).

Tapi bicara masalah mesin ML350 ini sangat boyo. Mesin 3500cc, sudah boros (1:5 dalkot luar kota bisa 1:8) tapi boyo akselerasinya, satu karena dia berat, dua karena dia 4WD (permanent 4WD, jalan bagus/jelek tetep harus pake 4WD), dan mungkin ketiga karena karakter mesinnya hanya bagus di putaran atas CMIIW (untuk jalan panjang, kalau sudah ancang2 wuz ngeri, kenceng dan semua juga minggir lihat body nya). Kalau karakter Eropa ga juga, karena saya juga pakai 325i E46 FL (ini mesinnya bener2 top :off_good: , tarikan awalnya lebih ringan dari mobil Jepang, di rpm tinggi juga lebih bringas dari ML350) atau SLK200 (hasil tukar dengan ML350, kalau SLK200 ini mobil kecil, mesin 1800 cc kompressor (harusnya bagus di RPM menengah atas) tapi ringan bodinya, jadi tarikan awal lebih enak daripada ML350, meski masih kalah dibanding 325).

Satu lagi kelemahan nya yaitu rem ya juga boyo. Kemungkinan karena bodinya berat dan 4WD. Tapi fitur 4WD nya memang lengkap, ada Hill Descent Control CMIIW, jadi bisa turun dengan kecepatan rendah, ada setelan shock untuk jalan jelek atau lewat genangan air, ada cruise control dan limiter untuk batas kecepatan juga. Tongkat persneleng di atas juga kadang menyulitkan, cuma ada paddle shift di belakang setir lumayan membantu untuk mode manual.

Sedang Harrier saya sempat mencoba beberapa kali karena sampai sekarang pun masih mencari kalau ada yg 2nd bagus. Harrier 2.4 memang bukan untuk rute luar kota atau nanjak, tapi untuk dalam kota sangat lincah dibandingkan ML350. Fiturnya (amenities) juga lebih lengkap. Ada panoramic roof (ini yang asyik karena mobil bisa merasakan sinar matahari dan interior terang, ML350 ga ada sun roof kecuali yang face lift 2007 CMIIW). Lalu ada sensor parkir (beberapa Harrier terutama Lprem), bahkan ada yang pakai monitor dan camera mundur (L prem dan 3.0 AIRS), di ML350 jangan kaget sensor mundur pun tak ada. Untuk 3.0AIRS yang AIR susp nya rusak pun saya sempat mencobanya minggu lalu. Kalau dirasa suspensionnya harrier terlalu bumpy Anda salah. ML350 lebih bumppy suspension nya. Efeknya penumpang meras nyaman, tapi yang setir kebanting2.

Jadi masalah mesin dan shock ML350 maupun Harrier sama2 average lah. Kalau mesin saya coba CX7 malah jauh meninggalkan Harrier ML350 di rpm awal, dan mungkin 11-12 dengan ML350 di rpm tinggi. Hanya kalau cari fitur 4WD ML350 meninggalkan 2 kompetitornya. Hanya memang sperti AD74YA bilang kualitas interior, peredaman, posisi duduk dll, Mazda (CX7) masih kalah dibanding Harrier.

Untuk mobil Jepang kenapa ga tunggu 1 Jan 2011, yang menurunkan tarif bea masuk untuk ATPM yang import dari Jepang >3000cc. (Saya tidak tahu apakah ini berlaku untuk IU). Contoh nyatanya adalah Elgrand baru 3.5 versi tertinggi (ATPM) yang barunya saja lebih mahal dari Alpahrd 3500 cc (lihat bafta.com) bisa dijual di harga 900 jt (bandingkan dengan Alphard 3.500 ATPM yang dijual di atas 1,1 M). Hanya apakah ini berlaku untuk RX350 ATPM? Kalau IU sepertinya hanya jual RX270 (katanya aslinya untuk pasar China).

NB: kalau ada SMers yang mau jual Harrier 2nd gen yang 2.4, AIRS 3.0, atau 3.0 G, kondisi bagus bisa kabari saya.
Waduh2 ini baru review yang sangat saya tunggu2 dari mantan owner hehe. Terima kasih banyak bro alex atas penjelasannya yang mantap. Saya juga sudah pernah terpikir utk tunggu 1 Jan 2011, tapi apakah teng tanggal 1 langsung bea masuk turun? Terkadang kan pemerintah indo ngaret. Saya jadi takut beli duluan tau2 besok / minggu depan bea masuk mobil jepang <3000cc turun, tapi kalau kelamaan juga bahaya, ga ada transpor saya, harus naek Supra, maksudnya Honda Supra hehehe. Tq.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by AD74YA »

:big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by jalu »

:ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
kreme
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sun Jul 18, 2010 7:36

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by kreme »

kl ane sih lebih suka sama mazda cx7 dibandingkan harrier...
cm seri ML harganya jatuh bener kl pas lagi dijual....

namun barang yg boleh dipertimbangkan lagi adalah lexus Rx270 yg fiturnya
menyamai mobil eropa :D
ry888
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Mon Mar 16, 2009 17:41

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by ry888 »

Akhirnya pilihannya jatuh ke mobil apa bos?
FortunerMan

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by FortunerMan »

Volvo XC-90 juga cakep, udah mur-mer 300an harganya. Turbo, AWD...maknyosss
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:Volvo XC-90 juga cakep, udah mur-mer 300an harganya. Turbo, AWD...maknyosss
tahun?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green