Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kalo mnurut ane kaya gt malah bikin mesin cepet rusak lohh... toh tenaga disunat kan dikompensasi dgn putaran mesin yg lebi tinggi, otomatis beban stress metal mesin jg smakin tinggi, jadi nya cepet rusak deh... plus boros bbm jg.... mustinya sehhh pabrikan uda mikirin gmana output yg ideal dgn beban bobot mesin jadi kerjanya ga berat dan optimal...
cuman ini laen crita kalo pabrikan nya itu "jahat" yg sengaja bikin kaya gt biar mesin2 nya ga awet2 amat trus rusak dan servis bolak balik bengkel mulu... tapi kalo cara ini jg mustinya sehhh cuman pabrikan dodol aja yg ngelakuin cara kotor gini, scara nama baik mereka dipertaruhkan...
pabrikan dodol apa nih yg dimaksud chiong........ apakah dodol durian, dodol sirsak atau dodol apa gitu.....
tokinov diesel m/t:
Seri Mesin / Machine Serial 2KD-FTV Lo
Tipe Mesin / Engine Type 4-Cyl, In-Line, DOHC
Isi Silinder / Displacement (cc) 2494
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm) 92 x 93.8
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm) 102 / 3600 Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm) 20.4 / 1400 - 3200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System Common Rail Type
Bahan Bakar / Fuel Diesel
tokinov diesel a/t
Seri Mesin / Machine Serial 2KD-FTV Lo
Tipe Mesin / Engine Type 4-Cyl, In-Line, DOHC
Isi Silinder / Displacement (cc) 2494
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm) 92 x 93.8
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm) 102 / 3600 Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm) 26.5 / 1600 - 2400
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System Common Rail Type
bahan Bakar / Fuel Diesel
rasio kompresi n ukuran manipol sama atau beda bos?
---edited---
hmm lucu jg yah cm beda girbok doank jadi beda torsinya, malah yang matic lebih gede torsinya (pertanyaan gw di real life apakah beneran gedean yg matic?)
Spec innova diesel aneh tuh.
Seharusnya adjustment yang menyebabkan perubahan pada torsi juga akan berpengaruh pada tenaga/ hp. Bukankah hp itu adalah satuan yang besarannya diperoleh dari torsi yang dipengaruhi oleh rpm. Tapi anehnya kok hpnya identik ya?
di pajero gen 4 DID juga gitu. yang pernah ane baca, torsi dan power untuk M/T dan A/T emang berbeda. tapi ini si ipah D4D, power sama tapi torsi beda...
kalo di pajero, kabarnya beda settingan ECU aja sih. kalo di D4D, auk ah elep... btw kalo di fortuner gimana speknya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
yang lbh kapabel menjawab ya divisi teknik dari TAM.....hehehe....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
aldy wrote:Menurut ane udah takdir deh mesin rotary boros bensin dan oli..Ga mungkin tuh bisa irit..Kalo mazda bisa bikin mesin rotary irit bensin dan oli..Pasti tar dibeli ama pabrikan europe deh patennya
Soalnya pabrikan europe yang boleh dibilang the best of engine technology ga ada satupun yg mengembangkan mesin rotary Malah sekarang trennya ke hybrid or full electric or diesel canggih..
koreksii aja:
mesin rotary diciptakan oleh ilmuwan jerman bernama Wankel, mesin ini juga dikenal sebagai mesin Wankel.
pabrikan jerman yang menggunakan mesin ini adalah NSU, sayangnya mesin ini kurang reliable (rewel) sehingga jualannya gak laku. NSU sendiri telah melebur ke perusahaan Auto Union yang sekarang lebih dikenal sebagai Audi. NSU dilambangkan sebagai salah satu dari 4 lingkaran di logo Audi.
design mesin rotary disempurnakan oleh Mazda. dan digunakan di mobil RX : RX 5, RX 7, RX 8.
mesin diesel kan memang torsinya slalu lebih besar daripada torsi mesin bensin dengan cc yg serupa... kalok soal beda engine power output pd mesin yg sekelas dan sama2 bensin, faktornya bisa macem2 :
- beda jumlah klep
- beda jumlah silinder
- beda sistem karburasi/pasokan campuran udara/bbm
- beda sistem pengapian
- beda rasio gir di tiap2 giginya
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
ok... penjelasan dari segi teknis mesinnya saya rasa sudah cukup...
sekarang untuk jalan sehari-hari .... sudah tentu lebih nyaman mengendarai mobil dgn power+torsi yg besar tapi implikasinya perawatan mesin jadi lebih mahal. Apakah ada yg pernah hitung perbedaan biayanya?
Trus kalo menurut temen2 .... bila dikasi pilihan pilih yg mana Fortuner / Pajero Sport / Captiva ? kasi alasannya juga yeh... hehhehe....
endy_en wrote:ok... penjelasan dari segi teknis mesinnya saya rasa sudah cukup...
sekarang untuk jalan sehari-hari .... sudah tentu lebih nyaman mengendarai mobil dgn power+torsi yg besar tapi implikasinya perawatan mesin jadi lebih mahal. Apakah ada yg pernah hitung perbedaan biayanya?
Trus kalo menurut temen2 .... bila dikasi pilihan pilih yg mana Fortuner / Pajero Sport / Captiva ? kasi alasannya juga yeh... hehhehe....
pilihan nya ini yg generasi disel smua ato campur2 sama yg bensin jg oom?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
endy_en wrote:ok... penjelasan dari segi teknis mesinnya saya rasa sudah cukup...
sekarang untuk jalan sehari-hari .... sudah tentu lebih nyaman mengendarai mobil dgn power+torsi yg besar tapi implikasinya perawatan mesin jadi lebih mahal. Apakah ada yg pernah hitung perbedaan biayanya?
Trus kalo menurut temen2 .... bila dikasi pilihan pilih yg mana Fortuner / Pajero Sport / Captiva ? kasi alasannya juga yeh... hehhehe....
pilihan nya ini yg generasi disel smua ato campur2 sama yg bensin jg oom?
kalo untuk ane pribadi milih mitsu PS glx 4x4 karena:
4x4 low and high gear, muat isi 7, dari rumah bengkel resmi paling deket, model keren dahsyat, image pajero , dll ntar nyusul
KIOS3R wrote:rasio kompresi n ukuran manipol sama atau beda bos?
---edited---
hmm lucu jg yah cm beda girbok doank jadi beda torsinya, malah yang matic lebih gede torsinya (pertanyaan gw di real life apakah beneran gedean yg matic?)
imo, dgn girbok matic butuh torsi lebih buat kompensasi loss (selip)...
jadi diharapkan torque on wheel -nya bisa sama dgn yg girboks manual yg secara teori resiko loss gara2 selip dibawah matic
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
ak4ng wrote:tokinov diesel m/t:
Seri Mesin / Machine Serial 2KD-FTV Lo
Tipe Mesin / Engine Type 4-Cyl, In-Line, DOHC
Isi Silinder / Displacement (cc) 2494
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm) 92 x 93.8
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm) 102 / 3600 Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm) 20.4 / 1400 - 3200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System Common Rail Type
Bahan Bakar / Fuel Diesel
tokinov diesel a/t
Seri Mesin / Machine Serial 2KD-FTV Lo
Tipe Mesin / Engine Type 4-Cyl, In-Line, DOHC
Isi Silinder / Displacement (cc) 2494
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm) 92 x 93.8
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm) 102 / 3600 Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm) 26.5 / 1600 - 2400
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System Common Rail Type
bahan Bakar / Fuel Diesel
ada yg bisa jelasin???
analisa sesat aja...
peak power di rpm yg sama...tapi peak torque di rpm yg berbeda dan nilainya juga beda...,
yg torsinya lebih besar, torsi puncak ada di rpm 2400, diatas rpm itu, torsi kemungkinan sudah mulai turun...
sedangkan satunya, napas torsinya lebih panjang hingga ke rpm 3200...yg setelah itu juga kemungkinan nilai torsinya menurun
jadi kemungkinan, saat perhitungan di peak power rpm (3600), nilai torsi kedua mesin sudah relatif sama...yang artinya, power outputnya pun relatif sama...
silakan dikoreksi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
^ mari kita pakai prosedur "troubleshooting" ala londo, yaitu dari basic dulu: ada kemungkinan juga terjadi kesesatan tulis, meskipun website resmi....cukup sering jg begitu, apalagi di indonesia. ..entah disengaja atau cm typo.
jd, perlu sangat diyakinkan dulu, benar2 specs nya itu benar...soalnya, kalau statement specnya udah keliru dari awal, kasian laah yg menganalisisnya...titik pijak awal yg tidak tepat (dan diasumsikan 100% benar), jd membuat tiada tepat pula runutan logika analisisnya kan ?
yg paling mantap (utk dianalisis) ttg urusan spec dari torsi dan power ini, ya sebisa mgkin yg berbentuk grafik torque-power itu...semoga ada yg bisa mendptkannya.