Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Nov 10, 2006 9:48
Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
Saya heran nih dengan mobil Pajero Sport dan Fortuner Diesel
Dengan kapasitas cc yang sama yaitu 2500cc diesel, mengapa terjadi perbedaan yg lumayan di torsi dan power mereka... berikut detail specnya :
Fortuner Diesel :
Engine Type : IL 4Cyl, 16 Valve DOHC,D-4D
Displacement (cc): 2494
Bore X Stroke (mm) : 92 x 93.8
Daya Maksimum (Ps/rpm) : 102 / 3,600
Torsi Maksimum (Kgm/rpm) : 26.5 / 1,600-2,400
Fuel System : Common rail
Pajero Sport :
Engine Type : 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56)
Displacement (cc) : 2,477
Bore x Stroke (mm) : 91.1 x 95.0
Max. Horse Power (PS/rpm) : 136/3500 (100 kW)
Max. Torque (Kgm/rpm) : 32/2000 (314 Nm)
Fuel System : Commonrail (Low Pressure) Direct Injection
Ada yang tau gak, apa sih yang membuat power dan torsi Pajero Sport bisa lebih besar ?
thanks for the sharing...
Dengan kapasitas cc yang sama yaitu 2500cc diesel, mengapa terjadi perbedaan yg lumayan di torsi dan power mereka... berikut detail specnya :
Fortuner Diesel :
Engine Type : IL 4Cyl, 16 Valve DOHC,D-4D
Displacement (cc): 2494
Bore X Stroke (mm) : 92 x 93.8
Daya Maksimum (Ps/rpm) : 102 / 3,600
Torsi Maksimum (Kgm/rpm) : 26.5 / 1,600-2,400
Fuel System : Common rail
Pajero Sport :
Engine Type : 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56)
Displacement (cc) : 2,477
Bore x Stroke (mm) : 91.1 x 95.0
Max. Horse Power (PS/rpm) : 136/3500 (100 kW)
Max. Torque (Kgm/rpm) : 32/2000 (314 Nm)
Fuel System : Commonrail (Low Pressure) Direct Injection
Ada yang tau gak, apa sih yang membuat power dan torsi Pajero Sport bisa lebih besar ?
thanks for the sharing...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
yg sy tau walo cc mesin sama tp klo :
mesin overbore (bore > stroke) biasanya utk cr hp.
mesin overstroke (stroke > bore) biasanya utk cr torsi.
mesin overbore biasanya punya rpm tinggi.
klo ga salah mesin2 honda.
faktor lain walo cc mesin sama adl teknologi induksi udara.
setau sy mesin D-4D blm turbocharged.
para senior laen cmiiw ya.
mesin overbore (bore > stroke) biasanya utk cr hp.
mesin overstroke (stroke > bore) biasanya utk cr torsi.
mesin overbore biasanya punya rpm tinggi.
klo ga salah mesin2 honda.
faktor lain walo cc mesin sama adl teknologi induksi udara.
setau sy mesin D-4D blm turbocharged.
para senior laen cmiiw ya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
utk ke dua kendaraan d atas, khan d dpek nya aja udah ketauan........yg satu d lengkapi turbo, satu lg ngga
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
ralat deh, yg bener itu Fortuner Diesel udah turbocharged tapi belum dilengkapi dengan intercooler... 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
berarti dengan adanya intercooler tenaga bisa naik sampe 34hp. begitu kah?
ada kah faktor2 lain yg menyebabkan mesin memproduksi tenaga dan torsi lebih besar?
ada kah faktor2 lain yg menyebabkan mesin memproduksi tenaga dan torsi lebih besar?
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
untuk diskusi ini, nampaknya pakar yang kita tunggu adalah pak boman....eh Turboman



"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
Tentu saja ada faktor2 lain seperti racikan dari pabrikan masing2...scorpio wrote:berarti dengan adanya intercooler tenaga bisa naik sampe 34hp. begitu kah?
ada kah faktor2 lain yg menyebabkan mesin memproduksi tenaga dan torsi lebih besar?



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
hooo sorry2 my badHansen wrote:ralat deh, yg bener itu Fortuner Diesel udah turbocharged tapi belum dilengkapi dengan intercooler...

iya bener........sy terpaku sm tulisan spek d atas....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
Faktor lain masih ada, antara lain dari desain mesinnya itu sendiri, setting ECU, dan lainnya. Supaya lebih valid sebaiknya kita tunggu pakar diesel om Turboman.scorpio wrote:berarti dengan adanya intercooler tenaga bisa naik sampe 34hp. begitu kah?
ada kah faktor2 lain yg menyebabkan mesin memproduksi tenaga dan torsi lebih besar?

Btw, TS bisa lebih heran lagi bila dibandingkan dengan mesin captiva, cc lebih kecil dengan HP dan torsi lebih besar.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
Palagi dgn MR9....‎​kªkªkªkª =)) kªkªkªkª™
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
slain intercooler, diameter piping turbo, tekanan boost turbo, setting ECU, tekanan ijektor, kayaknya pengaruh jg deh
TKJSSY (tolong koreksi jika saya salah ya)
TKJSSY (tolong koreksi jika saya salah ya)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
perbedaan tenaga dan torsi suatu mesin dengan spek yang hampir sama, bisa jadi disebabkan oleh tekanan turbo yang diberikan dan tekanan injeksi ke ruang bakar. semakin tinggi tekanan kedua komponen ini, semakin besar torsi yang dihasilkan, dan dampaknya juga tenaga.
untuk D4D 2.5L versi indonesia tidak ada intercooler. tapi di thailand, ada yang versi intercooler plus VGT (variable geometric turbo). tenaga yang dihasilkan oleh D4D ini sekitar 143HP....
tapi sayang, masih "kalah" dengan 4D56 pajero sport versi australia atau L200 versi jerman yang dikasih nama dagang DID+. tenaganya sama dengan mesin diesel yang ada di nissan navarra. sekitar 172HP...
dugaan ane (walau masih belum tentu benar) hal ini disebabkan oleh tekanan turbo dan injeksi common rail di D4D yang masih rendah. hal ini mungkin "toleransi" toyota terhadap kemampuan mesin D4D 2.5L "minum" minyak diesel busuk....
pengaruh lain yang disebutkan di atas juga pasti mempengaruhi. seperti down pipe, pnp, unichip, dll.. tapi perbaikan di sisi ini "lebih tidak terasa" jika diterapkan di mesin diesel modern.
nah, sekarang mari kita tunggu penjelasan pakar mesin diesel, pakar turbo kita...
hadirin dan pemirsa, silahkan duduk yang manis dan tenang. sebentar lagi om turboman akan memberikan penjelasan dan wejangan yang sangat bermanfaat...
untuk D4D 2.5L versi indonesia tidak ada intercooler. tapi di thailand, ada yang versi intercooler plus VGT (variable geometric turbo). tenaga yang dihasilkan oleh D4D ini sekitar 143HP....
tapi sayang, masih "kalah" dengan 4D56 pajero sport versi australia atau L200 versi jerman yang dikasih nama dagang DID+. tenaganya sama dengan mesin diesel yang ada di nissan navarra. sekitar 172HP...
dugaan ane (walau masih belum tentu benar) hal ini disebabkan oleh tekanan turbo dan injeksi common rail di D4D yang masih rendah. hal ini mungkin "toleransi" toyota terhadap kemampuan mesin D4D 2.5L "minum" minyak diesel busuk....
pengaruh lain yang disebutkan di atas juga pasti mempengaruhi. seperti down pipe, pnp, unichip, dll.. tapi perbaikan di sisi ini "lebih tidak terasa" jika diterapkan di mesin diesel modern.
nah, sekarang mari kita tunggu penjelasan pakar mesin diesel, pakar turbo kita...
hadirin dan pemirsa, silahkan duduk yang manis dan tenang. sebentar lagi om turboman akan memberikan penjelasan dan wejangan yang sangat bermanfaat...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
ini paling tepatnya dari yang ahli di bidang motor bakar. 

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
tq ralatnya om hansen.Hansen wrote:ralat deh, yg bener itu Fortuner Diesel udah turbocharged tapi belum dilengkapi dengan intercooler...
o D-4D dah turbocharged toh.
br tau.

intercooler jelas nambah tenaga krn udara induksi dr turbocharger didinginkan dl sblm msk ke ruang pembakaran. ya mending tunggu pakarnya yg bicara ya

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
menunggu pakar mampir di marih 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Nov 10, 2006 9:48
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
bener bro... captiva lebih gila lagi specnyaesh wrote:Faktor lain masih ada, antara lain dari desain mesinnya itu sendiri, setting ECU, dan lainnya. Supaya lebih valid sebaiknya kita tunggu pakar diesel om Turboman.scorpio wrote:berarti dengan adanya intercooler tenaga bisa naik sampe 34hp. begitu kah?
ada kah faktor2 lain yg menyebabkan mesin memproduksi tenaga dan torsi lebih besar?
![]()
Btw, TS bisa lebih heran lagi bila dibandingkan dengan mesin captiva, cc lebih kecil dengan HP dan torsi lebih besar.

Engine Type : Variable Turbine Geometry, Intercooler, Common Rail Direct Injection, 16V
Displacement (cc) : 1,991
Bore x Stroke (mm) : 83.0 x 92.0
Max. Horse Power (PS/rpm) : 150/4000 (100 kW)
Max. Torque (Kgm/rpm) : 320Nm/2000
Fuel System : Commonrail
*********************************************
Saya penasaran dengan teknologi apa yg dipasang/diterapkan di mesin pajero sport dan captiva sehingga mereka bisa mendapatkan power dan torsi yg tinggi.
Dan mengapa toyota gak mo menerapkan yah? padahal harga mobilnya gak beda tuh

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
numpang nyimak aja




-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Wed May 19, 2010 7:52
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
Rekan-rekan sekalian, mohon ijin kasih opini...
Untuk mesin diesel tanpa turbo, power dan torsi antara lain dipengaruhi oleh:
Panjang langkah
Diameter boring
Diameter klep
Jumlah klep
Tinggi valve lift
Durasi Cam
Besar throttle body
Bentuk dan efisiensi header dan exhaust system
Bentuk dan efisiensi intake system
Bentuk dan besar lubang-lubang kepala silinder
Bentuk ruang bakar
Tekanan bahan bakar
Durasi semprotan bahan bakar
Redline RPM
dan lain lain....
Ini belum kalau kita bicara pakai teknologi canggih macam Common Rail, Direct Injection, Piezo Injector, dll.
Begitu ditambah turbo, variablenya makin banyak, contohnya:
Boost turbo
Jenis turbo (variable geometry atau bukan, ball bearing atau bukan, dll)
Bentuk dan efisiensi intercooler
Pressure drop dari turbo ke manifold
Jenis wastegate
Efisiensi exhaust manifold
Efisiensi downpipe dan kenalpot
dan lain-lain...
Di atas hanyalah sebagian dari variabel yang menentukan besaran tenaga dan torsi serta kapan dan di rpm berapa max HP atau torsi itu dicapai.
Jadi kapasitas mesin sama sekali tidak bisa dijadikan patokan untuk mengukur HP dan torsi.
Contoh ekstrim, mobil F1 tahun 80-an cc-nya adalah 1500cc turbo 4 silinder tapi powernya bisa mencapai 1300 hp!
Untuk mesin diesel tanpa turbo, power dan torsi antara lain dipengaruhi oleh:
Panjang langkah
Diameter boring
Diameter klep
Jumlah klep
Tinggi valve lift
Durasi Cam
Besar throttle body
Bentuk dan efisiensi header dan exhaust system
Bentuk dan efisiensi intake system
Bentuk dan besar lubang-lubang kepala silinder
Bentuk ruang bakar
Tekanan bahan bakar
Durasi semprotan bahan bakar
Redline RPM
dan lain lain....
Ini belum kalau kita bicara pakai teknologi canggih macam Common Rail, Direct Injection, Piezo Injector, dll.
Begitu ditambah turbo, variablenya makin banyak, contohnya:
Boost turbo
Jenis turbo (variable geometry atau bukan, ball bearing atau bukan, dll)
Bentuk dan efisiensi intercooler
Pressure drop dari turbo ke manifold
Jenis wastegate
Efisiensi exhaust manifold
Efisiensi downpipe dan kenalpot
dan lain-lain...
Di atas hanyalah sebagian dari variabel yang menentukan besaran tenaga dan torsi serta kapan dan di rpm berapa max HP atau torsi itu dicapai.
Jadi kapasitas mesin sama sekali tidak bisa dijadikan patokan untuk mengukur HP dan torsi.
Contoh ekstrim, mobil F1 tahun 80-an cc-nya adalah 1500cc turbo 4 silinder tapi powernya bisa mencapai 1300 hp!
Your POWERPLUG Crew
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
IMHO
Tergantung bagaimana mesin tsb diprogram dari pabrik-nya dan arah penggunaan
A. Jika utk aplikasi heavy duty (hauling) kebanyakan mesin2 memiliki Power to Volume ratio yg relatif rendah, alias cc besar tapi tenaganya nggak begitu besar, Torsi besar didapat sejak RPM sgt rendah, bertujuan utk mengurangi stress pada komponen2 mesin, dimana kerja mesin setiap hari sudah berat / sangat berat, juga pertimbangan utk biaya perawatan yg ekonomis.
B. Sedangkan utk aplikasi "Speed" maka Power to volume ratio besar / sangat besar, spt misalnya mesin Diesel Mazda MZR-CD "High Power" terbaru yg hanya 2200 cc tapi menghasilkan 183 BHP / 400 Nm dalam kondisi standard pabrik atau Toyota 2AD-FHV yg 2200 cc dgn 177 PS / 400 Nm. Tetapi beban yang dihela mesin2 ini tidak besar / aplikasi utk Hatchback / sedan / SUV.
Jika produsen membuat type mesin A pada sebuah MPV / SUV mungkin pertimbangannya menitik beratkan kpd usia pakai mesin tsb / ketahanan dan juga perawatan yg ekonomis dimana mesin tidak membutuhkan pelumas yang mahal / komponen Powertrain yg mahal.
Sedangkan utk type B adalah pertimbangan kepada Performa / efisiensi BBM (cc kecil - Power besar) dgn konsekuensi kualitas BBM & pelumas harus prima. Juga faktor permintaan pasar utk mesin2 dgn karakter spt ini serta faktor kompetisi antar produsen.
Biasanya mesin2 dgn cc kecil dan Power besar dibuat utk pasar2 dimana diberlakukan Carbon Tax (pajak emisi CO2).
Kalo menurut ane pribadi sih mesin 2KD-FTV / 4JK1-TC (Isuzu) / 4D56 Di-D yg sama sama 2500 cc dengan rentang tenaga 102 - 136 BHP ogut anggap masih tergolong 1 group yaitu ratio Power to Volume yg relatif rendah, karena mesin2 ini juga dipakai uk aplikasi Heavy Duty st di D-Cab / Commercial vehicle dimana perawatan yg ekonomis menjadi pertimbangan penting.
Sebab jika utk aplikasi Speed, mesin 2500 cc CRD skg mainnya di angka 180 - 195 BHP dalam kondisi Stock.
Semakin besar rasio Power to Volume maka pengembangan mesin tsb akan semakin mahal, juga membutuhkan Powertrain kemampuan tinggi utk menghandle Power & Torsi yg besar.
Disclaimer : sekedar analisa pribadi sajah.
Tergantung bagaimana mesin tsb diprogram dari pabrik-nya dan arah penggunaan
A. Jika utk aplikasi heavy duty (hauling) kebanyakan mesin2 memiliki Power to Volume ratio yg relatif rendah, alias cc besar tapi tenaganya nggak begitu besar, Torsi besar didapat sejak RPM sgt rendah, bertujuan utk mengurangi stress pada komponen2 mesin, dimana kerja mesin setiap hari sudah berat / sangat berat, juga pertimbangan utk biaya perawatan yg ekonomis.
B. Sedangkan utk aplikasi "Speed" maka Power to volume ratio besar / sangat besar, spt misalnya mesin Diesel Mazda MZR-CD "High Power" terbaru yg hanya 2200 cc tapi menghasilkan 183 BHP / 400 Nm dalam kondisi standard pabrik atau Toyota 2AD-FHV yg 2200 cc dgn 177 PS / 400 Nm. Tetapi beban yang dihela mesin2 ini tidak besar / aplikasi utk Hatchback / sedan / SUV.
Jika produsen membuat type mesin A pada sebuah MPV / SUV mungkin pertimbangannya menitik beratkan kpd usia pakai mesin tsb / ketahanan dan juga perawatan yg ekonomis dimana mesin tidak membutuhkan pelumas yang mahal / komponen Powertrain yg mahal.
Sedangkan utk type B adalah pertimbangan kepada Performa / efisiensi BBM (cc kecil - Power besar) dgn konsekuensi kualitas BBM & pelumas harus prima. Juga faktor permintaan pasar utk mesin2 dgn karakter spt ini serta faktor kompetisi antar produsen.
Biasanya mesin2 dgn cc kecil dan Power besar dibuat utk pasar2 dimana diberlakukan Carbon Tax (pajak emisi CO2).
Kalo menurut ane pribadi sih mesin 2KD-FTV / 4JK1-TC (Isuzu) / 4D56 Di-D yg sama sama 2500 cc dengan rentang tenaga 102 - 136 BHP ogut anggap masih tergolong 1 group yaitu ratio Power to Volume yg relatif rendah, karena mesin2 ini juga dipakai uk aplikasi Heavy Duty st di D-Cab / Commercial vehicle dimana perawatan yg ekonomis menjadi pertimbangan penting.
Sebab jika utk aplikasi Speed, mesin 2500 cc CRD skg mainnya di angka 180 - 195 BHP dalam kondisi Stock.
Semakin besar rasio Power to Volume maka pengembangan mesin tsb akan semakin mahal, juga membutuhkan Powertrain kemampuan tinggi utk menghandle Power & Torsi yg besar.
Disclaimer : sekedar analisa pribadi sajah.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
Numpang nyimak:)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
numpang ngapalin...
sambil mikir, ntuh kucing garong ane masuk ke type apa yahh...








numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
duduk manis sambil menyimak......

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
Jal, kue nya jangan dihabisin dong! barengan nyimaknya...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
Intercooler kan fungsi nya ngedinginin udara. Udara yg lebih dingin suhunya lebih padat oksigennya.scorpio wrote:berarti dengan adanya intercooler tenaga bisa naik sampe 34hp. begitu kah?
ada kah faktor2 lain yg menyebabkan mesin memproduksi tenaga dan torsi lebih besar?
Coba saja ke tempat pegunungan, lebih segar, dibanding tempat yg lebih panas.
Org yg modif mobil turbo kadang intercoolernya jg dibesarin. Kalo pake turbo, temperature
jg ikut naik.
Tp nambah sebebrp kurang tau, tiap mobil yg sama merk pun kadang bs beda power.
Faktor lain pasti banyak...seperti yg dibilang maskopat n powerplug.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Dengan cc yg sama mengapa torsi dan power bisa beda?
Jgn penasaran bro, sebenernya udah diketik tuh di atas spec nya.endy_en wrote:bener bro... captiva lebih gila lagi specnyaesh wrote:Faktor lain masih ada, antara lain dari desain mesinnya itu sendiri, setting ECU, dan lainnya. Supaya lebih valid sebaiknya kita tunggu pakar diesel om Turboman.scorpio wrote:berarti dengan adanya intercooler tenaga bisa naik sampe 34hp. begitu kah?
ada kah faktor2 lain yg menyebabkan mesin memproduksi tenaga dan torsi lebih besar?
![]()
Btw, TS bisa lebih heran lagi bila dibandingkan dengan mesin captiva, cc lebih kecil dengan HP dan torsi lebih besar..... berikut ini spec detailnya :
Engine Type : Variable Turbine Geometry, Intercooler, Common Rail Direct Injection, 16V
Displacement (cc) : 1,991
Bore x Stroke (mm) : 83.0 x 92.0
Max. Horse Power (PS/rpm) : 150/4000 (100 kW)
Max. Torque (Kgm/rpm) : 320Nm/2000
Fuel System : Commonrail
*********************************************
Saya penasaran dengan teknologi apa yg dipasang/diterapkan di mesin pajero sport dan captiva sehingga mereka bisa mendapatkan power dan torsi yg tinggi.
Dan mengapa toyota gak mo menerapkan yah? padahal harga mobilnya gak beda tuh
Tp kayaknya kalo pajero sp blm vgt (bener ya maskopat?) Antara pajero sp
dan triton walau mesin sama, kalo ga salah hp nya berbeda. Triton lebih besar dikit.
Kalo ctv diesel, tekanan injector nya cukup tinggi jd ktnya lebih bagus pembakarannya dan sudah variable geometry
a.k.a vgt + intercooler.
Btw kalo yg udah test bilang ctv diesel std power real nya 143hp tp torsinya lebih besar jd 350nm, agak beda
dr tulisan pabrik. Tp tiap mobil pasti beda2 dikitlah.