Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 3:06
Agak lain ya mbah mesin bakpao ini
Saya aja baru ngeh saat ganti oli terakhir mbah
Si Vios ini biasanya ganti oli itu 3.2Liter dengan posisi dipstick di 3/4, biasanya setiap 1000Km saya tambahin 200ml biar balik ke 3/4 lagi. Nah yg terakhir ini aga sering saya top up nya, entah kenapa lebih banyak penguapannya dari biasanya, sampai terakhir di 5rb Km itu posisi di dipatick tinggal 1/4 lagi ke low.
Sekarang sih ganti pakai Kixx 5W-30 isi di sekitar 3.5L sampai f di dipstick. udah topup 300ml sih dalam 2.000 Km, sekarang saya usahakan di Full aja terus.
Mana barusan cek di body Filter Oli ada agak basah oli tipis, saya cek dengan hand tight sih udah rapet ya. Tadi sih saya coba bersihin FO dan area sekitarnya dengan brake cleaner dulu, kita lihat pemakaian beberapa hari ke depan apakah muncul lagi itu basah olinya. Padahal pas top up terakhir bbrp minggu lalu masih kering itu FO
sejak kapan tuh om mesinya mulai makan oli, Alhamdulillah punya saya masih normal, nyusutnya selama 5000km masih dikit bgt. Padahal sudah siapin juga buat top up.
Sejak saya dapet mobil ini 6 tahun lalu udah gitu sih om, termasuk dengan varnishnya
Sekarang udah jalan 50an ribu Km pakai oli 5W-30 (sebelumnya saya biasanya diisi 10W-40) masih aman sih om, masih wajar lah penguapannya. Masih jauh dari batas maksimalnya pabrikan di 1liter per 1000Km
PCV valve dan selangnya dah pernah cek om?
1NZ setau saya 3.7L om kalo dengan filter.
saya biasa beli 4 botol, 300ml sisanya buat jaga2 kalo butuh top up.
iamwewe wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 1:47
trus gak lupa juga cek manual book nya cibo. tulisannya cuma perlu oli mesin 0w20, gak ada api sn sn+ gitu2. taunya darimana ya nih mesin butuh gitu2?
Wah masa sih ga ada keterangannya? Biasanya harusnya ada lho. Gerobak ane yg pake mesin teknologi rendah aja di kitab manula ttp ada keterangannya minimal API SJ atau SL gitu kl gasalah inget.
iamwewe wrote: ↑Sat Mar 02, 2024 13:30
btw om, pengalaman pakai ini cuma bikin suara mesin jadi alus? tarikan makin enteng ato mgkn bensin makin irit? soalnya kan 'katanya' cuma rebrand dgn judul advance fuel economy
Wah gaberani komen. Untuk tarikan ane gak peka orangnya jadi kalau hanya dari feel gak berani komen, takut cuma efek sugesti/plasebo. Kecuali ada efek perbedaan yang sangat signifikan sekali baru ane yakin buat komen. Buat keiritan sih rasa2nya ga terlalu banyak ngefek juga ya. Kebetulan rute yang ditempuh si mobil juga bervariasi jadi emang fuel consnya cenderung berubah2.
Satu2nya yang ane sangat notice ya kehalusan mesin sih. FYI sebelum pertama kali pake mobil1, oli yg ane pake adalah Q8 g long life dexos 2 yang 5w30. Even dibanding dgn Q8 waktu masih baru juga rasanya masih halusan mobil1 ini. Padahal kata orang makin encer oli cenderungnya suara mesin makin kasar. Tapi ini di mobil1 yang 0w20 malah lebih halus.
*catatan ini terjadi di enjin K15B sijuki ya, di mesin lain dan kondisi penggunaan berbeda ya bisa aja hasilnya beda
PCV valve dan selangnya dah pernah cek om?
1NZ setau saya 3.7L om kalo dengan filter.
saya biasa beli 4 botol, 300ml sisanya buat jaga2 kalo butuh top up.
By spec sih betul om, tapi kalau cek ke dipsticknya sih segitu tadi
Saya cek oli sih ikutin FSM: warm up engine, kemudian matikan. Tunggu 5 menit, baru cek ke dipstick.
PCV valve dan selang sih keliatannya aman om, tapi tadi liat mulai muncul rembes di cover timing chain/oil pump assembly. Peer sih kalau bongkar itu, paling selama rembesnya belum parah saya diemin dulu deh
Soalnya itu pekerjaan yg agak ribet utk dikerjain sendiri soalnya harus lepas mounting atas dan water pump juga, kalau ke bengkel belum ketemu di Bandung yg bisa dipercaya ngerjainnya
Mesin 1NZ ini jangan sampai kurang oli om, minimal di 3/4 dipstick.
1NZ saya di penggunaan oli terakhir sering di bawah 1/2 dipstick karena beli olinya ngepas 4 liter jadi sama saya pas terakhir sampai 1/4 dipstick sampai akhirnya ganti oli. Pas saya cek dari lubang pengisian itu varnishnya nambah
Akhirnya pas ganti oli terakhir saya beli olinya 5 liter aja, dan sekarang saya jaga olinya di 3/4 dipstick, cek setiap 500Km. Kondisi cooling system baru ganti radiator tahun 2022 dan coolant juga pakai TMO tidak ada pengurangan signifikan.
Siap om. Kebetulan saya juga rutin cek deepstick. Seperti saya sampaikan sebelumnya kalau di saya syukur Oli berkurang Pas sdh nyentuh 8rb-9rb km. Itu kondisinya sktr 3/4 deepstick dari awalnya penuh pas ngisi.
Sekarang posisi sdh jalan 2500km dan saya cek Masih Di batas full juga dg methods yg sama pengecekannya seperti Saran senior2 Di sini
Dulu pernah agak berkurang jd setengah deepstick Pas ganti Oli Di 8500 tp lupa Pas pake Oli apa, kalau gak Salah PTT 5w40. Lainnya selalu sisa 3/4.
iamwewe wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 1:47
trus gak lupa juga cek manual book nya cibo. tulisannya cuma perlu oli mesin 0w20, gak ada api sn sn+ gitu2. taunya darimana ya nih mesin butuh gitu2?
Wah masa sih ga ada keterangannya? Biasanya harusnya ada lho. Gerobak ane yg pake mesin teknologi rendah aja di kitab manula ttp ada keterangannya minimal API SJ atau SL gitu kl gasalah inget.
iamwewe wrote: ↑Sat Mar 02, 2024 13:30
btw om, pengalaman pakai ini cuma bikin suara mesin jadi alus? tarikan makin enteng ato mgkn bensin makin irit? soalnya kan 'katanya' cuma rebrand dgn judul advance fuel economy
Wah gaberani komen. Untuk tarikan ane gak peka orangnya jadi kalau hanya dari feel gak berani komen, takut cuma efek sugesti/plasebo. Kecuali ada efek perbedaan yang sangat signifikan sekali baru ane yakin buat komen. Buat keiritan sih rasa2nya ga terlalu banyak ngefek juga ya. Kebetulan rute yang ditempuh si mobil juga bervariasi jadi emang fuel consnya cenderung berubah2.
Satu2nya yang ane sangat notice ya kehalusan mesin sih. FYI sebelum pertama kali pake mobil1, oli yg ane pake adalah Q8 g long life dexos 2 yang 5w30. Even dibanding dgn Q8 waktu masih baru juga rasanya masih halusan mobil1 ini. Padahal kata orang makin encer oli cenderungnya suara mesin makin kasar. Tapi ini di mobil1 yang 0w20 malah lebih halus.
*catatan ini terjadi di enjin K15B sijuki ya, di mesin lain dan kondisi penggunaan berbeda ya bisa aja hasilnya beda
ketika ganti oli.. ada ganti / cek; Air Filter, busi, ganti BBM, stel klep, atau servis lain kah?
contoh,
- saya pakai oli yg sama,
- ganti Air Filter baru, dan Ganti busi baru + ditorsi 22 Nm rata 4 biji.
itu mesinnya lbh aluss dan responsif
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iwing wrote: ↑Tue Feb 20, 2024 12:43
banyak yang komen positif pfg
share, pernah pakai pfg 5w-30 di mobil sx4. menurut 'rasa', masih enakan tq9000 5w-30. tapi masih enakan lagi valvoline 5w-30. jadi sampe skrg pakenya valvoline 5w-30
pfg 5w-40 pernah pakai di grand filano tapi cuma 1500 km saja pakainya karena sudah terasa gak enak. gantinya pakai ptt performa sintetic 5w-40 dan lebih enak. ganti per 2500 km meskipun masih enak
pfg beli di sadikun (official)
tq9000 lupa beli di toko mana (bukan official)
valvoline beli di ssavalvoline (skrg udh tutup tokonya)
ptt beli di ptt langsung (official)
Mungkin itu penyebab Total dan Valvoline lebih enak feeling berkendaranya. Secara spec Fastron paling kental, lebih berat.
yang jelas menurut pengalaman pribadi di mobil sx4, pfg tidak lebih baik dibanding total dan valvoline. suara mesin tek tek tek juga terdengar jelas jika pakai pfg.
pfg 5w-40 juga lebih cepet terasa gak enak di motor grand filano. masih lbh enak ptt performa sintetik 5w-40. btw saya pernah loh update status di wa tentang bagus mana diantara 2 oli ini (pfg 5w-40 dan ptt 5w-40) dan yang respon status wa saya 100 persen menyatakan ptt lbh enak
iamwewe wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 1:47
trus gak lupa juga cek manual book nya cibo. tulisannya cuma perlu oli mesin 0w20, gak ada api sn sn+ gitu2. taunya darimana ya nih mesin butuh gitu2?
Wah masa sih ga ada keterangannya? Biasanya harusnya ada lho. Gerobak ane yg pake mesin teknologi rendah aja di kitab manula ttp ada keterangannya minimal API SJ atau SL gitu kl gasalah inget.
iamwewe wrote: ↑Sat Mar 02, 2024 13:30
btw om, pengalaman pakai ini cuma bikin suara mesin jadi alus? tarikan makin enteng ato mgkn bensin makin irit? soalnya kan 'katanya' cuma rebrand dgn judul advance fuel economy
Wah gaberani komen. Untuk tarikan ane gak peka orangnya jadi kalau hanya dari feel gak berani komen, takut cuma efek sugesti/plasebo. Kecuali ada efek perbedaan yang sangat signifikan sekali baru ane yakin buat komen. Buat keiritan sih rasa2nya ga terlalu banyak ngefek juga ya. Kebetulan rute yang ditempuh si mobil juga bervariasi jadi emang fuel consnya cenderung berubah2.
Satu2nya yang ane sangat notice ya kehalusan mesin sih. FYI sebelum pertama kali pake mobil1, oli yg ane pake adalah Q8 g long life dexos 2 yang 5w30. Even dibanding dgn Q8 waktu masih baru juga rasanya masih halusan mobil1 ini. Padahal kata orang makin encer oli cenderungnya suara mesin makin kasar. Tapi ini di mobil1 yang 0w20 malah lebih halus.
*catatan ini terjadi di enjin K15B sijuki ya, di mesin lain dan kondisi penggunaan berbeda ya bisa aja hasilnya beda
WhatsApp Image 2024-03-03 at 20.01.18.jpeg
WhatsApp Image 2024-03-03 at 20.01.18 (1).jpeg
gini aja sih om makanya sy bilang pny sy cuma tulisannya 0w20
iya juga sih, rasanya hampir pasti ya beda mesin beda juga hasil rasanya..
cuma emang kalo ngmg suara halus pas idle nya 1.5T ini kalo dibuka kap mesinnya dulu sempet ada suara kaya mesin jahit tiktiktik gitu, pas pake si q8 ini rasanya lbh kecil suaranya. di dalem kabin, walopun sedikit, tapi tetep kerasa bedanya tangan di setir lebih tenang idlenya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
iamwewe wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 1:47
trus gak lupa juga cek manual book nya cibo. tulisannya cuma perlu oli mesin 0w20, gak ada api sn sn+ gitu2. taunya darimana ya nih mesin butuh gitu2?
Wah masa sih ga ada keterangannya? Biasanya harusnya ada lho. Gerobak ane yg pake mesin teknologi rendah aja di kitab manula ttp ada keterangannya minimal API SJ atau SL gitu kl gasalah inget.
iamwewe wrote: ↑Sat Mar 02, 2024 13:30
btw om, pengalaman pakai ini cuma bikin suara mesin jadi alus? tarikan makin enteng ato mgkn bensin makin irit? soalnya kan 'katanya' cuma rebrand dgn judul advance fuel economy
Wah gaberani komen. Untuk tarikan ane gak peka orangnya jadi kalau hanya dari feel gak berani komen, takut cuma efek sugesti/plasebo. Kecuali ada efek perbedaan yang sangat signifikan sekali baru ane yakin buat komen. Buat keiritan sih rasa2nya ga terlalu banyak ngefek juga ya. Kebetulan rute yang ditempuh si mobil juga bervariasi jadi emang fuel consnya cenderung berubah2.
Satu2nya yang ane sangat notice ya kehalusan mesin sih. FYI sebelum pertama kali pake mobil1, oli yg ane pake adalah Q8 g long life dexos 2 yang 5w30. Even dibanding dgn Q8 waktu masih baru juga rasanya masih halusan mobil1 ini. Padahal kata orang makin encer oli cenderungnya suara mesin makin kasar. Tapi ini di mobil1 yang 0w20 malah lebih halus.
*catatan ini terjadi di enjin K15B sijuki ya, di mesin lain dan kondisi penggunaan berbeda ya bisa aja hasilnya beda
ketika ganti oli.. ada ganti / cek; Air Filter, busi, ganti BBM, stel klep, atau servis lain kah?
contoh,
- saya pakai oli yg sama,
- ganti Air Filter baru, dan Ganti busi baru + ditorsi 22 Nm rata 4 biji.
itu mesinnya lbh aluss dan responsif
Jadi gini, pola servis boil ane itu :
1. kilometer puluhan ribu ganjil ganti oli doang
2. kilometer puluhan ribu genap bawa servis di beres, menunya bisa macem2 tergantung kebutuhan, bisa ada carb clean, ganti busi, engine flush, dll
Yang Q8 udah pake 2x10 ribu km dan tentunya ada ngelewatin servis di beres. 2 2 pemakaiannya sama aja kasarnya, sama2 jadi oli yang rasanya bikin suara mesin paling kasar, apalagi kalo cold start, even dibanding pake SGO dan ecstar (zaman ane awal2 angkut boil dan masih dapet gratis jasa di beres, beres2 sijuki masih pakenya SGO jadi pernah nyobain baik waktu masih pake SGO maupun ecstar)
Yang mobil1 udah pake 2x10 ribu km juga dan sekarang udah pake yg ketiga kalinya dan tentunya sama2 pernah ngelewatin servis di beres. Ketiga2nya pun ane ngerasa sama2 halusnya, bahkan menurut kuping ane di akhir pemakaian (pas udah mulai mendekati 10 rb km) juga suara mesin masih relatif halus.
Jadi sudah jelas ya, seharusnya problem di sini bukan karena faktor servis lain2 tapi emang dasar olinya aja yang cocok dan tidak cocok dengan mesinnya
iamwewe wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 13:12
WhatsApp Image 2024-03-03 at 20.01.18.jpeg
WhatsApp Image 2024-03-03 at 20.01.18 (1).jpeg
gini aja sih om makanya sy bilang pny sy cuma tulisannya 0w20
iya juga sih, rasanya hampir pasti ya beda mesin beda juga hasil rasanya..
cuma emang kalo ngmg suara halus pas idle nya 1.5T ini kalo dibuka kap mesinnya dulu sempet ada suara kaya mesin jahit tiktiktik gitu, pas pake si q8 ini rasanya lbh kecil suaranya. di dalem kabin, walopun sedikit, tapi tetep kerasa bedanya tangan di setir lebih tenang idlenya.
Wah wah... gimana nih katanya merek mubil kecintaan para petrolhead yang paling mempedulikan aspek teknis, masa requirement API atau sertifikasi sejenisnya aja ga dicantumin di kitab manula. Kalah dong sama cap superman yg katanya identik sm angkot
Just kidding oom
Coba suhu2 yg lain mana tau ada yg pernah liat di kitab manual H konak yg pake L15 turbo versi negara lain, mana tau ada yang nyantumin versi requirement oli yg lebih lengkap...
Kalo suara tiktiktik itu mah bukannya emang normal ya? Ane tiap kali lewatin depan siarpih turbo pasti mesinnya bunyi begitu. Dinikmatin aja suaranya hehehe. Lagian sampai masuk ke dalam ya suaranya? Soalnya perasaan ane suara tiktiktik nya masih termasuk halus2 aja buat kuping ane
Wah masa sih ga ada keterangannya? Biasanya harusnya ada lho. Gerobak ane yg pake mesin teknologi rendah aja di kitab manula ttp ada keterangannya minimal API SJ atau SL gitu kl gasalah inget.
Wah gaberani komen. Untuk tarikan ane gak peka orangnya jadi kalau hanya dari feel gak berani komen, takut cuma efek sugesti/plasebo. Kecuali ada efek perbedaan yang sangat signifikan sekali baru ane yakin buat komen. Buat keiritan sih rasa2nya ga terlalu banyak ngefek juga ya. Kebetulan rute yang ditempuh si mobil juga bervariasi jadi emang fuel consnya cenderung berubah2.
Satu2nya yang ane sangat notice ya kehalusan mesin sih. FYI sebelum pertama kali pake mobil1, oli yg ane pake adalah Q8 g long life dexos 2 yang 5w30. Even dibanding dgn Q8 waktu masih baru juga rasanya masih halusan mobil1 ini. Padahal kata orang makin encer oli cenderungnya suara mesin makin kasar. Tapi ini di mobil1 yang 0w20 malah lebih halus.
*catatan ini terjadi di enjin K15B sijuki ya, di mesin lain dan kondisi penggunaan berbeda ya bisa aja hasilnya beda
ketika ganti oli.. ada ganti / cek; Air Filter, busi, ganti BBM, stel klep, atau servis lain kah?
contoh,
- saya pakai oli yg sama,
- ganti Air Filter baru, dan Ganti busi baru + ditorsi 22 Nm rata 4 biji.
itu mesinnya lbh aluss dan responsif
Jadi gini, pola servis boil ane itu :
1. kilometer puluhan ribu ganjil ganti oli doang
2. kilometer puluhan ribu genap bawa servis di beres, menunya bisa macem2 tergantung kebutuhan, bisa ada carb clean, ganti busi, engine flush, dll
Yang Q8 udah pake 2x10 ribu km dan tentunya ada ngelewatin servis di beres. 2 2 pemakaiannya sama aja kasarnya, sama2 jadi oli yang rasanya bikin suara mesin paling kasar, apalagi kalo cold start, even dibanding pake SGO dan ecstar (zaman ane awal2 angkut boil dan masih dapet gratis jasa di beres, beres2 sijuki masih pakenya SGO jadi pernah nyobain baik waktu masih pake SGO maupun ecstar)
Yang mobil1 udah pake 2x10 ribu km juga dan sekarang udah pake yg ketiga kalinya dan tentunya sama2 pernah ngelewatin servis di beres. Ketiga2nya pun ane ngerasa sama2 halusnya, bahkan menurut kuping ane di akhir pemakaian (pas udah mulai mendekati 10 rb km) juga suara mesin masih relatif halus.
Jadi sudah jelas ya, seharusnya problem di sini bukan karena faktor servis lain2 tapi emang dasar olinya aja yang cocok dan tidak cocok dengan mesinnya
I see
Lanjutkan gass
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 13:12
cuma emang kalo ngmg suara halus pas idle nya 1.5T ini kalo dibuka kap mesinnya dulu sempet ada suara kaya mesin jahit tiktiktik gitu, pas pake si q8 ini rasanya lbh kecil suaranya. di dalem kabin, walopun sedikit, tapi tetep kerasa bedanya tangan di setir lebih tenang idlenya.
Suara TikTik d mesin Honda 1.5t GDI om adalah berasal dari injektornya, d diesel direct inject jg gitu klo pagi2. Injektor direct injection pressure nya jauuuhh lebih kuat d banding kan sama port injektor, Jadibdia agak bunyi TikTok gitu terasa lebih keras d pagi hari Krn , biasanya mesin dingin injektor bakal semprot fuel lebih bnyk buat naikan temperatur mesin ke suhu optimal.
Wah wah... gimana nih katanya merek mubil kecintaan para petrolhead yang paling mempedulikan aspek teknis, masa requirement API atau sertifikasi sejenisnya aja ga dicantumin di kitab manula. Kalah dong sama cap superman yg katanya identik sm angkot
Just kidding oom
Coba suhu2 yg lain mana tau ada yg pernah liat di kitab manual H konak yg pake L15 turbo versi negara lain, mana tau ada yang nyantumin versi requirement oli yg lebih lengkap...
Kalo suara tiktiktik itu mah bukannya emang normal ya? Ane tiap kali lewatin depan siarpih turbo pasti mesinnya bunyi begitu. Dinikmatin aja suaranya hehehe. Lagian sampai masuk ke dalam ya suaranya? Soalnya perasaan ane suara tiktiktik nya masih termasuk halus2 aja buat kuping ane
hoak itu om
aman lah om, tenang aja gitu2an mah saya juga ga sampe kepikiran gimana. cuma penasaran aja suhu2 suka bilang butuh spek tertentu apa sgala liat darimana, pas diliat di saya punya kgk ada.
suara tiktik nya kgk keluar kok dari engine bay kalo keadaan kap mesin ketutup. apalagi sampe masuk ke kabin. cuma kalo kita buka kap mesin, nah itu kedengeran jelas tiktiktiknya
Suara TikTik d mesin Honda 1.5t GDI om adalah berasal dari injektornya, d diesel direct inject jg gitu klo pagi2. Injektor direct injection pressure nya jauuuhh lebih kuat d banding kan sama port injektor, Jadibdia agak bunyi TikTok gitu terasa lebih keras d pagi hari Krn , biasanya mesin dingin injektor bakal semprot fuel lebih bnyk buat naikan temperatur mesin ke suhu optimal.
oh wajar yak... puantes kalo 2gd saya cold start awal ada suara tiktik gitu lbh kenceng sebentar abis itu kalo mesin udh panas hilang tuh suara tik tiknya
iamwewe wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 1:47
trus gak lupa juga cek manual book nya cibo. tulisannya cuma perlu oli mesin 0w20, gak ada api sn sn+ gitu2. taunya darimana ya nih mesin butuh gitu2?
Wah masa sih ga ada keterangannya? Biasanya harusnya ada lho. Gerobak ane yg pake mesin teknologi rendah aja di kitab manula ttp ada keterangannya minimal API SJ atau SL gitu kl gasalah inget.
iamwewe wrote: ↑Sat Mar 02, 2024 13:30
btw om, pengalaman pakai ini cuma bikin suara mesin jadi alus? tarikan makin enteng ato mgkn bensin makin irit? soalnya kan 'katanya' cuma rebrand dgn judul advance fuel economy
Wah gaberani komen. Untuk tarikan ane gak peka orangnya jadi kalau hanya dari feel gak berani komen, takut cuma efek sugesti/plasebo. Kecuali ada efek perbedaan yang sangat signifikan sekali baru ane yakin buat komen. Buat keiritan sih rasa2nya ga terlalu banyak ngefek juga ya. Kebetulan rute yang ditempuh si mobil juga bervariasi jadi emang fuel consnya cenderung berubah2.
Satu2nya yang ane sangat notice ya kehalusan mesin sih. FYI sebelum pertama kali pake mobil1, oli yg ane pake adalah Q8 g long life dexos 2 yang 5w30. Even dibanding dgn Q8 waktu masih baru juga rasanya masih halusan mobil1 ini. Padahal kata orang makin encer oli cenderungnya suara mesin makin kasar. Tapi ini di mobil1 yang 0w20 malah lebih halus.
*catatan ini terjadi di enjin K15B sijuki ya, di mesin lain dan kondisi penggunaan berbeda ya bisa aja hasilnya beda
WhatsApp Image 2024-03-03 at 20.01.18.jpeg
WhatsApp Image 2024-03-03 at 20.01.18 (1).jpeg
gini aja sih om makanya sy bilang pny sy cuma tulisannya 0w20
iya juga sih, rasanya hampir pasti ya beda mesin beda juga hasil rasanya..
cuma emang kalo ngmg suara halus pas idle nya 1.5T ini kalo dibuka kap mesinnya dulu sempet ada suara kaya mesin jahit tiktiktik gitu, pas pake si q8 ini rasanya lbh kecil suaranya. di dalem kabin, walopun sedikit, tapi tetep kerasa bedanya tangan di setir lebih tenang idlenya.
Ini mah aman mbah pk 5w30 juga.
Apalagi dah remap.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 3:06
Agak lain ya mbah mesin bakpao ini
Saya aja baru ngeh saat ganti oli terakhir mbah
Si Vios ini biasanya ganti oli itu 3.2Liter dengan posisi dipstick di 3/4, biasanya setiap 1000Km saya tambahin 200ml biar balik ke 3/4 lagi. Nah yg terakhir ini aga sering saya top up nya, entah kenapa lebih banyak penguapannya dari biasanya, sampai terakhir di 5rb Km itu posisi di dipatick tinggal 1/4 lagi ke low.
Sekarang sih ganti pakai Kixx 5W-30 isi di sekitar 3.5L sampai f di dipstick. udah topup 300ml sih dalam 2.000 Km, sekarang saya usahakan di Full aja terus.
Mana barusan cek di body Filter Oli ada agak basah oli tipis, saya cek dengan hand tight sih udah rapet ya. Tadi sih saya coba bersihin FO dan area sekitarnya dengan brake cleaner dulu, kita lihat pemakaian beberapa hari ke depan apakah muncul lagi itu basah olinya. Padahal pas top up terakhir bbrp minggu lalu masih kering itu FO
sejak kapan tuh om mesinya mulai makan oli, Alhamdulillah punya saya masih normal, nyusutnya selama 5000km masih dikit bgt. Padahal sudah siapin juga buat top up.
Sejak saya dapet mobil ini 6 tahun lalu udah gitu sih om, termasuk dengan varnishnya
Sekarang udah jalan 50an ribu Km pakai oli 5W-30 (sebelumnya saya biasanya diisi 10W-40) masih aman sih om, masih wajar lah penguapannya. Masih jauh dari batas maksimalnya pabrikan di 1liter per 1000Km
numpang coret2 ya
kita orang blom lama jg baru ngangkat 1NZ-fe, odo masi 80 rebu, pas beli record gantol beres pake TMO 10-40 per 10 rebu km, inipun gantol per, entahlah, kadang setaon, perna mala ampir 2 taon skali gantol
pas buka tutup pengisian oli pasti ud ga karuan , tp pas buka tutup deksel, ternjata cuman varnish, ga ad sludge samsek
nahh cuman pas awal2 make emg rada vampir oli, cek ricek, ternjata ad rembes oli di cover timing, sil tutup deksel yg ud keras, dan PCV valve yg ud ga maen. ntuh PCV valve ta ganti, cover tutup deksel jg ta ganti, dan vampir nya lgs ilang minggat entah kmana
skrg pake nya oli fastron ijo eko grin murmer 5-30 aj , masi running strong buat ngasepin lcgc2 bahlul d jalanan
saya coba telusuri, belum ketemu referensi yang menyatakan bahwa PFG 0W-20 ini sudah bersertifikat API SP/GF-6
bahkan dari situs pertaminalubricants pun masih mencantumkan API SN/GF-5, sungguh sangat disayangkan jika tidak update
Ini mah aman mbah pk 5w30 juga.
Apalagi dah remap.
nah.. tanya lagi nih. apa korelasi pake 5w30 dengan kondisi udah di remap?
kalo saya sendiri sih tetep 0w20, alasannya ya krn oli encer biar lebih serrrrrrrr
Untuk di brand dan lineup yg sama.
Titik didih 5w30 relatif lbh tinggi.
Biasanya klo dah remap, pakai w20 hi-grade macam Q8 dkk.
Atau w30 (naik visco) kelas manstream.
Klo anti wear dsb sih mirip2.
Keliatan dr UOA yg prnh sy lakukan.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saya coba telusuri, belum ketemu referensi yang menyatakan bahwa PFG 0W-20 ini sudah bersertifikat API SP/GF-6
bahkan dari situs pertaminalubricants pun masih mencantumkan API SN/GF-5, sungguh sangat disayangkan jika tidak update
Technically produk mereka ok banget.
Cuma ya untuk frontend kurang update aja
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ini mah aman mbah pk 5w30 juga.
Apalagi dah remap.
nah.. tanya lagi nih. apa korelasi pake 5w30 dengan kondisi udah di remap?
kalo saya sendiri sih tetep 0w20, alasannya ya krn oli encer biar lebih serrrrrrrr
Biasa kalo di remap mesin lebih panas , kerja oli lebih berat = oli akan lebih mengencer, oil film lebih tipis dan proteksi mesin at some point bakal menurun.
Pengalaman kita si untuk stage 1/stage 2 pake D1 FE 0w20 masih aman untuk daily.
Kalo untuk track use beda cerita, pada pake D1 5w30.
saya coba telusuri, belum ketemu referensi yang menyatakan bahwa PFG 0W-20 ini sudah bersertifikat API SP/GF-6
bahkan dari situs pertaminalubricants pun masih mencantumkan API SN/GF-5, sungguh sangat disayangkan jika tidak update
Technically produk mereka ok banget.
Cuma ya untuk frontend kurang update aja
iya, sayang sekali, untuk produk sendiri yg membawa nama Pertamina promosinya kurang gencar.
yang menikmati justru yang ikut jalan-jalan ke Italy dan luar negrinya
Suryaputra wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 2:14
Untuk di brand dan lineup yg sama.
Titik didih 5w30 relatif lbh tinggi.
Biasanya klo dah remap, pakai w20 hi-grade macam Q8 dkk.
Atau w30 (naik visco) kelas manstream.
Klo anti wear dsb sih mirip2.
Keliatan dr UOA yg prnh sy lakukan.
wokehhh om tq banget ilmunya...
sahabatq8 wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 2:37
Biasa kalo di remap mesin lebih panas , kerja oli lebih berat = oli akan lebih mengencer, oil film lebih tipis dan proteksi mesin at some point bakal menurun.
Pengalaman kita si untuk stage 1/stage 2 pake D1 FE 0w20 masih aman untuk daily.
Kalo untuk track use beda cerita, pada pake D1 5w30.
wokeh om mantap2.. ini gak remap yg sadis gimana lah. thank u om sharingnya yoo
Suryaputra wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 3:06
Agak lain ya mbah mesin bakpao ini
Saya aja baru ngeh saat ganti oli terakhir mbah
Si Vios ini biasanya ganti oli itu 3.2Liter dengan posisi dipstick di 3/4, biasanya setiap 1000Km saya tambahin 200ml biar balik ke 3/4 lagi. Nah yg terakhir ini aga sering saya top up nya, entah kenapa lebih banyak penguapannya dari biasanya, sampai terakhir di 5rb Km itu posisi di dipatick tinggal 1/4 lagi ke low.
Sekarang sih ganti pakai Kixx 5W-30 isi di sekitar 3.5L sampai f di dipstick. udah topup 300ml sih dalam 2.000 Km, sekarang saya usahakan di Full aja terus.
Mana barusan cek di body Filter Oli ada agak basah oli tipis, saya cek dengan hand tight sih udah rapet ya. Tadi sih saya coba bersihin FO dan area sekitarnya dengan brake cleaner dulu, kita lihat pemakaian beberapa hari ke depan apakah muncul lagi itu basah olinya. Padahal pas top up terakhir bbrp minggu lalu masih kering itu FO
sejak kapan tuh om mesinya mulai makan oli, Alhamdulillah punya saya masih normal, nyusutnya selama 5000km masih dikit bgt. Padahal sudah siapin juga buat top up.
Sejak saya dapet mobil ini 6 tahun lalu udah gitu sih om, termasuk dengan varnishnya
Sekarang udah jalan 50an ribu Km pakai oli 5W-30 (sebelumnya saya biasanya diisi 10W-40) masih aman sih om, masih wajar lah penguapannya. Masih jauh dari batas maksimalnya pabrikan di 1liter per 1000Km
numpang coret2 ya
kita orang blom lama jg baru ngangkat 1NZ-fe, odo masi 80 rebu, pas beli record gantol beres pake TMO 10-40 per 10 rebu km, inipun gantol per, entahlah, kadang setaon, perna mala ampir 2 taon skali gantol
pas buka tutup pengisian oli pasti ud ga karuan , tp pas buka tutup deksel, ternjata cuman varnish, ga ad sludge samsek
nahh cuman pas awal2 make emg rada vampir oli, cek ricek, ternjata ad rembes oli di cover timing, sil tutup deksel yg ud keras, dan PCV valve yg ud ga maen. ntuh PCV valve ta ganti, cover tutup deksel jg ta ganti, dan vampir nya lgs ilang minggat entah kmana
skrg pake nya oli fastron ijo eko grin murmer 5-30 aj , masi running strong buat ngasepin lcgc2 bahlul d jalanan
Nah ini, PCV valve benda kecil tapi kalo mampet bikin tekanan di crankcase jadi tinggi, bikin rembes seal, untung ga seal yg di crankcase, ribet lagi itu gantinya mesti turun transmisi.