apakah Catalytic Converter bisa Apkir ??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
ahha..ha.h.a..lebarannya jauh bos, ke ujung sumatera yg paling atas...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 200
- Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
Article itu khan baru asumsi,blm dibuktikan secra ilmiah/real time,kehawatiran yg menurut sy terlalu terlalu berlebihan (maaf ya mak Rini,kalo beda pendapat )
Analisa:
Kalo CC katakan baru mencapai 300 -400 C belum bisa membakar kertas,daun kering ,dll bahkan kalaupun disiram bensin tdk akan menyala.Bahan2 yg mengandung unsur carbon membutuhkan suhu flash point yg lebih tinggi dari 400C.Itupun dgn bbp argument yg terlalu panjang kalo dibahas nanti pada males bacanya.
Jadi singkatnya,asmsikan suhu flash point itu di 800C . berarti suhu CC minimal harus 800C .
Silahkan lihat warnanya besi pada berbagai suhu di attch.
Bayangkan kalo CC aja bersuhu segitu, berarti mulai dari engine sampai di CC sdh berwarna merah. Rasanya sih enginenya udah meleleh duluan .
Ada satu kemungkinan kalo rpm engine sangat tinggi secara terus menerus dan cukup lama(masih bisa diperdebatkan lagi),pertanyaan sya apa mungkin dlm waktu 20 menit itu kita stationer dgn rpm begitu tinggi?
Maaf,Imho logis blm tentu realitis.
Analisa:
Kalo CC katakan baru mencapai 300 -400 C belum bisa membakar kertas,daun kering ,dll bahkan kalaupun disiram bensin tdk akan menyala.Bahan2 yg mengandung unsur carbon membutuhkan suhu flash point yg lebih tinggi dari 400C.Itupun dgn bbp argument yg terlalu panjang kalo dibahas nanti pada males bacanya.
Jadi singkatnya,asmsikan suhu flash point itu di 800C . berarti suhu CC minimal harus 800C .
Silahkan lihat warnanya besi pada berbagai suhu di attch.
Bayangkan kalo CC aja bersuhu segitu, berarti mulai dari engine sampai di CC sdh berwarna merah. Rasanya sih enginenya udah meleleh duluan .
Ada satu kemungkinan kalo rpm engine sangat tinggi secara terus menerus dan cukup lama(masih bisa diperdebatkan lagi),pertanyaan sya apa mungkin dlm waktu 20 menit itu kita stationer dgn rpm begitu tinggi?
Maaf,Imho logis blm tentu realitis.
Hahaha... ... sorry,dan.andy1800 wrote: ......lbh berasa paranoid nya ....
kalau pun nanti ada yg menenang2kan gw..... gw tetep akan belum bisa terima, sangking ngeri nya stlh membaca artikel yg memang logis itu.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
untuk CC yg sudah dilepas, mengakali sensor2 yg berhubungan dengan CC tsb bagaimana yah?
Permisii
............................. 


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 200
- Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
Lambda sensor maksdnya?....ya pasang aja lage deket2 tmpt asalnya, bikin socket drat,las disaluran buang,pasang lagi sensornya.... beres dah.nescafe wrote:untuk CC yg sudah dilepas, mengakali sensor2 yg berhubungan dengan CC tsb bagaimana yah?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
CC itu komponen mekanis, bukan komponen elektronis, jadi bisa digantikan dengan apa aja... sensor2 tinggal dipasang lagi aja diujung2nya.. Kalo kata BK yang enak ngakalinnya, pake scott. Untuk yang close loop, sensor 1 taruh selepas header, sensor 2 setelah scott.. Yah, komputer mobil kan pinter.. nanti juga belajar sendiri...nescafe wrote:untuk CC yg sudah dilepas, mengakali sensor2 yg berhubungan dengan CC tsb bagaimana yah?

==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
walah... gimana niih,....masa' ada anggota ngelewat depan markas kok nggak lapor2 dulu sama kumendan....?!...Mogeman wrote:
Kalo CC katakan baru mencapai 300 -400 C belum bisa membakar kertas,daun kering ,dll bahkan kalaupun disiram bensin tdk akan menyala.
Bahan2 yg mengandung unsur carbon membutuhkan suhu flash point yg lebih tinggi dari 400C.
Jadi singkatnya,asmsikan suhu flash point itu di 800C . berarti suhu CC minimal harus 800C .
Silahkan lihat warnanya besi pada berbagai suhu di attch.
Bayangkan kalo CC aja bersuhu segitu, berarti mulai dari engine sampai di CC sdh berwarna merah. Rasanya sih enginenya udah meleleh duluan .
Ada satu kemungkinan kalo rpm engine sangat tinggi secara terus menerus dan cukup lama(masih bisa diperdebatkan lagi),pertanyaan sya apa mungkin dlm waktu 20 menit itu kita stationer dgn rpm begitu tinggi?
Maaf,Imho logis blm tentu realitis.Hahaha... ... sorry,dan.andy1800 wrote: ......lbh berasa paranoid nya ....
kalau pun nanti ada yg menenang2kan gw..... gw tetep akan belum bisa terima, sangking ngeri nya stlh membaca artikel yg memang logis itu.

jd nggak kepegang lagi deh.... dg santai lenggang kangkung, pasti desersi lagi dia....

kagak terima!
pokoknya masih parnoid....
ngejelasinnya musti sampai 7x dulu, baru bisa bikin gw mulai berubah pikiran & agak tenang......




-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
udha bang Andy, cabut aja CC nya....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
Sedikit sharing mengenai melepas CC. Saya pernah melepas CC di Honda City 2004 IDSI matic atas anjuran dari GUT Surabaya dengan tujuan supaya tenaga meningkat. Menurut mereka, dengan mencopot CC masih bisa lolos uji emisi (yang ini saya belum pernah membuktikan). Memang penambahan tenaga di Honda City lebih terasa terutama di low rpm, dan konsumsi BBMnya sedikit lebih boros. (note: asap knalpot jadi lebih bau)tuju77 wrote:lepas CC tenaga malah lbh ok kan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
IMHO, kalo mesin yg disetting paired dgn CC, harusnya susah dapet low-emissionnya;
bisa jadi lebih susah dari mesin yg memang standarnya tanpa CC.
bisa jadi lebih susah dari mesin yg memang standarnya tanpa CC.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
makanya, di ujung kabel sensor itu inginnya gw pasang "dummy load"..... beban/sinyal palsu utk menipu ECU, spy engine bekerja dg asik2 saja ....
note: terusterang, sekarang ini, utk (very) low emissionnya, dan peningkatan tenaga, bukan menjadi prioritas pertimbangan gw...
note: terusterang, sekarang ini, utk (very) low emissionnya, dan peningkatan tenaga, bukan menjadi prioritas pertimbangan gw...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
kalo lepas CC, apa ada kemungkinan ECU malah intervensi dgn cara "luar biasa" since assumsi ECU kan CC tetap ada (ECU men-detect perbedaan emisi signifikan besar),
kecuali di ECU memang ada "command" /feature running without CC.
kecuali di ECU memang ada "command" /feature running without CC.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
ECU mendapat suatu data dari sensor di CC.... lalu mengolahnya (dan membandingkannya dg referensi yg diingatnya),....
lalu memberikan command kepada suplly (campoeran) BBM.
jadi, ada saja peluang, bila data dari CC nggak dia (ECU) dapat, maka command kepada campuran BBM nya bisa mengacau...
sehingga, disitulah perlunya suatu "sinyal palsu" kepada sensor itu, yg bilang kepada ECU: "hoy ECU,...emisinya is (always) very good !"
maka, itu akan membuat ECU utk berpikir: "okay kalau begitu....gw akan perintahkan suplly pencampuran BBM yg normal deh".
jadi, "dummy load" atau semacam piggyback ini, sebenarnya jg bisa dipakai meskipun bukan dlm rangka melepas CC.
jadi, kabel ke sensor CC bukan dicolokin ke CC...tp ke dummy load ini..
*note: gw bicara ini diluar hal-ihwal kepedulian lingkungan loh ya.
*posting angka agak cantik: 2400 *
lalu memberikan command kepada suplly (campoeran) BBM.
jadi, ada saja peluang, bila data dari CC nggak dia (ECU) dapat, maka command kepada campuran BBM nya bisa mengacau...
sehingga, disitulah perlunya suatu "sinyal palsu" kepada sensor itu, yg bilang kepada ECU: "hoy ECU,...emisinya is (always) very good !"
maka, itu akan membuat ECU utk berpikir: "okay kalau begitu....gw akan perintahkan suplly pencampuran BBM yg normal deh".
jadi, "dummy load" atau semacam piggyback ini, sebenarnya jg bisa dipakai meskipun bukan dlm rangka melepas CC.
jadi, kabel ke sensor CC bukan dicolokin ke CC...tp ke dummy load ini..
*note: gw bicara ini diluar hal-ihwal kepedulian lingkungan loh ya.
*posting angka agak cantik: 2400 *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
Jadi apa sudah bisa disimpulkan CC boleh dilepas?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu Sep 04, 2008 1:43
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
[quote="Mogeman"]
Jadi singkatnya,asmsikan suhu flash point itu di 800C . berarti suhu CC minimal harus 800C .
Silahkan lihat warnanya besi pada berbagai suhu di attch.
Bayangkan kalo CC aja bersuhu segitu, berarti mulai dari engine sampai di CC sdh berwarna merah. Rasanya sih enginenya udah meleleh duluan .
Ada satu kemungkinan kalo rpm engine sangat tinggi secara terus menerus dan cukup lama(masih bisa diperdebatkan lagi),pertanyaan sya apa mungkin dlm waktu 20 menit itu kita stationer dgn rpm begitu tinggi?
Maaf,Imho logis blm tentu realitis.
Jangan dicopot lah CC-nya. Masak gara2 artikel di blog jadi paranoid gitu. Gw lebih percaya dengan metode uji kualitas standar produsen mobil. Mereka nggak akan mau menghadapi tuntutan hukum dari konsumen yg dirugikan gara2 CC.
Yg ada, alat2 (yg katanya) penghemat BBM, bbrp kali bikin kebakaran. Kasus terakhir di kampus Labschool.
Jazz yang terbakar itu dinyatakan sumber api dari bagian depan. CC kan di belakang ya? Berarti bukan gara2 CC.
Setuju, Logis belum tentu Realistis.
Jadi singkatnya,asmsikan suhu flash point itu di 800C . berarti suhu CC minimal harus 800C .
Silahkan lihat warnanya besi pada berbagai suhu di attch.
Bayangkan kalo CC aja bersuhu segitu, berarti mulai dari engine sampai di CC sdh berwarna merah. Rasanya sih enginenya udah meleleh duluan .
Ada satu kemungkinan kalo rpm engine sangat tinggi secara terus menerus dan cukup lama(masih bisa diperdebatkan lagi),pertanyaan sya apa mungkin dlm waktu 20 menit itu kita stationer dgn rpm begitu tinggi?
Maaf,Imho logis blm tentu realitis.
Jangan dicopot lah CC-nya. Masak gara2 artikel di blog jadi paranoid gitu. Gw lebih percaya dengan metode uji kualitas standar produsen mobil. Mereka nggak akan mau menghadapi tuntutan hukum dari konsumen yg dirugikan gara2 CC.
Yg ada, alat2 (yg katanya) penghemat BBM, bbrp kali bikin kebakaran. Kasus terakhir di kampus Labschool.
Jazz yang terbakar itu dinyatakan sumber api dari bagian depan. CC kan di belakang ya? Berarti bukan gara2 CC.
Setuju, Logis belum tentu Realistis.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
walah2 kok malah pada mau copot CC mblnya sih, ane sanagt sedih dg hal ini, ada racun apa neh ?
ane sangat senang mobil2 sdh dipasangi CC dan motor sdh pada lolos uji emisi Euro2
ini adalah cara yang sangat efektif mengatasi global warming dan polusi udara perkotaan sebab sumber polusinya bergerak spt mobil dan motor jadi cara atasinya pd sumbernya, jadi sangat efektif, sebab sumber polusi yg lain seperti pabrik dan rmh tangga bisa diatasi dengan mudah seperti pake mesin pabrik yg ramah lingk dan bisa pake saringan di cerobong asapnya
ane tidak percaya klo suhu metal atau logam dalam CC hrs panas dg suhu segitu sekitar 800 der celsius, sebab ane pernah melakukan penelitian di prancis dan indonesia ttg polusi udara di daerah perkotaan
sumber dr kendaraan bermotor masih sulit dikendalikan disana, makanya pabrikan mobil diwajibkan pake CC
emang betul agar bisa berfungsi dg baik CC harus panas dulu, cukup pagi hr sebelum brangkat mobil dipanasin 5 menit, lalu brangkat itu sdh cukup memfungsikan CC dalam serap gas CO, SO2 dan partikel debu, apalagi tempat kerja kita khan gak ada yg kurang dari 30 menit perjalanan dari rmh ke knt.
Tapi sebaliknya di prancis, kebiasaan masy nya hanya pake mbl dari rmh ke knt sekitar 10 sd 15 mnt jadi pemakaian CC tdk efektif sb belum panas suhu metalnya, jadi bukan teknologinya tapi budayanya yg bikin beda, ini juga yg harus kita perhatikan.
please deh kita bantu dunia ini agar tidak semakin panas dan inilah cara kita slamatkan bumi tercinta kita, klo gak akan cepat mati bareng kita
klo yg kebakaran kmarin ane gak yakin itu dari CC


ane sangat senang mobil2 sdh dipasangi CC dan motor sdh pada lolos uji emisi Euro2
ini adalah cara yang sangat efektif mengatasi global warming dan polusi udara perkotaan sebab sumber polusinya bergerak spt mobil dan motor jadi cara atasinya pd sumbernya, jadi sangat efektif, sebab sumber polusi yg lain seperti pabrik dan rmh tangga bisa diatasi dengan mudah seperti pake mesin pabrik yg ramah lingk dan bisa pake saringan di cerobong asapnya

ane tidak percaya klo suhu metal atau logam dalam CC hrs panas dg suhu segitu sekitar 800 der celsius, sebab ane pernah melakukan penelitian di prancis dan indonesia ttg polusi udara di daerah perkotaan
sumber dr kendaraan bermotor masih sulit dikendalikan disana, makanya pabrikan mobil diwajibkan pake CC
emang betul agar bisa berfungsi dg baik CC harus panas dulu, cukup pagi hr sebelum brangkat mobil dipanasin 5 menit, lalu brangkat itu sdh cukup memfungsikan CC dalam serap gas CO, SO2 dan partikel debu, apalagi tempat kerja kita khan gak ada yg kurang dari 30 menit perjalanan dari rmh ke knt.
Tapi sebaliknya di prancis, kebiasaan masy nya hanya pake mbl dari rmh ke knt sekitar 10 sd 15 mnt jadi pemakaian CC tdk efektif sb belum panas suhu metalnya, jadi bukan teknologinya tapi budayanya yg bikin beda, ini juga yg harus kita perhatikan.
please deh kita bantu dunia ini agar tidak semakin panas dan inilah cara kita slamatkan bumi tercinta kita, klo gak akan cepat mati bareng kita
klo yg kebakaran kmarin ane gak yakin itu dari CC

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
Seharusnya kalau ada yang lepas CC diganti dengan tabung resonator, sebelum lepas diuji emisi dulu dan dyno test. Setelah tidak pakai CC diuji emisi lagi dan dynotest sehingga bisa dibandingkan selisih kadar COnya. Sehingga kita punya data yang valid tentang seberapa besar yang terpaksa dikorbankan dan seberapa besar yang kita dapatkan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
Hm artikel yg menarik juga...
Di tanah gurun yg panas ini saya kok gak pernah dengar ada isu dg masalah CC ini yah?
Coba bayangkan situasinya:
Orang sini kalo mesen pizza,mereka gak mau turun dari mobilnya.Tetap ngendon didalam mobil dg AC nyala,bahkan bisa smp lbh dr 30 menit.
Bhk saya pernah liat,di musim panas ini,orang mau ngantri di bank dg mobilnya tertutup dan mesin masih nyala,sementara pemiliknya terlihat ngantri di depan teller.....saya yakin waktunya lbh dr 20menit juga!
Dan gak apa2.....
Kadang byk hal yg terlalu di besar2kan efek nya....sehingga menjadi semacam hoax di dunia maya.
Di tanah gurun yg panas ini saya kok gak pernah dengar ada isu dg masalah CC ini yah?
Coba bayangkan situasinya:
Orang sini kalo mesen pizza,mereka gak mau turun dari mobilnya.Tetap ngendon didalam mobil dg AC nyala,bahkan bisa smp lbh dr 30 menit.
Bhk saya pernah liat,di musim panas ini,orang mau ngantri di bank dg mobilnya tertutup dan mesin masih nyala,sementara pemiliknya terlihat ngantri di depan teller.....saya yakin waktunya lbh dr 20menit juga!
Dan gak apa2.....
Kadang byk hal yg terlalu di besar2kan efek nya....sehingga menjadi semacam hoax di dunia maya.
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
hmm maksud bro andy tetap closeloop & agar ecu tetap command secara natural yah.
kemungkinan ada yg memang bisa yah; tapi kemungkinan bukan jadi closeloop spt xeniavanza Non-vvti(tanpa CC & Openloop) dan xeniavanza vvti(dgn CC & closeloop) ;
Juga Limo(tanpa CC, sepertinya openloop) dan Vios (dgn CC / closeloop).
Otherwise, Limo & Vios tadi tetap sama2 closeloop tapi dgn konsekuensi kontrol emisi dari ecu jadi tidak ideal, since yg Limo cuma dilepas aja CC nya.
menurut info dari bengkel auto2k sih, krn Limo hanya beda di CC, lainnya sama dgn Vios.
kemungkinan ada yg memang bisa yah; tapi kemungkinan bukan jadi closeloop spt xeniavanza Non-vvti(tanpa CC & Openloop) dan xeniavanza vvti(dgn CC & closeloop) ;
Juga Limo(tanpa CC, sepertinya openloop) dan Vios (dgn CC / closeloop).
Otherwise, Limo & Vios tadi tetap sama2 closeloop tapi dgn konsekuensi kontrol emisi dari ecu jadi tidak ideal, since yg Limo cuma dilepas aja CC nya.
menurut info dari bengkel auto2k sih, krn Limo hanya beda di CC, lainnya sama dgn Vios.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
yaah...pak edward, kan boil disana murah dan orangnya pada tajir hehehe... kalo rusak ato kebakar, bodo amat, tinggal beli baru kan hehehe.......edward wrote:Hm artikel yg menarik juga...
Di tanah gurun yg panas ini saya kok gak pernah dengar ada isu dg masalah CC ini yah?
Coba bayangkan situasinya:
Orang sini kalo mesen pizza,mereka gak mau turun dari mobilnya.Tetap ngendon didalam mobil dg AC nyala,bahkan bisa smp lbh dr 30 menit.
Bhk saya pernah liat,di musim panas ini,orang mau ngantri di bank dg mobilnya tertutup dan mesin masih nyala,sementara pemiliknya terlihat ngantri di depan teller.....saya yakin waktunya lbh dr 20menit juga!
Dan gak apa2.....
Kadang byk hal yg terlalu di besar2kan efek nya....sehingga menjadi semacam hoax di dunia maya.

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
sebelumnya saya (sudah) minta maaf lebih dulu kepada para aktifis lingkungan....mintblue wrote:Jangan dicopot lah CC-nya. Masak gara2 artikel di blog jadi paranoid gitu.edward wrote:... dg mobilnya tertutup dan mesin masih nyala,sementara pemiliknya terlihat ngantri di depan teller.....saya yakin waktunya lbh dr 20menit juga!inoz wrote:walah2 kok malah pada mau copot CC mblnya sih, ane sanagt sedih dg hal ini.
please deh kita bantu dunia ini agar tidak semakin panas dan inilah cara kita slamatkan bumi tercinta kita, klo gak akan cepat mati bareng kita
Dan gak apa2.....
Kadang byk hal yg terlalu di besar2kan efek nya....sehingga menjadi semacam hoax di dunia maya.


benar... ini betul2 menjadi dilematis bagi saya sendiri, yg tentu saja bukannya gak peduli samasekali dg lingkungan.
nah, masalahnya...
saya, utk khusus dalam hal ini dan kalli ini.... lbh memprioritaskan safety lbh dulu... bukan demi saya sendiri, tp demi our kids & family.
tentu saja, dengan sebuah harapan sangat besarrr kepada para expert dan peneliti, yaitu:
- ## bisa segera menciptakan alat pe-ramah lingkungan yg baru, yg benar2 "bersih" dr efek samping kebahayaan. ##
dan sementara itu, sebelum itu terciptakan, saya mohon maaf bila saya berminat utk melepas CC lbh dulu.
memang agak repot deh, menenangkan org yg mudah paranoid spt saya...... heuheheheee...
dan kebetulan,.... entah itu hoax atau apa...
tp artikel tersebut ditulis oleh seorang yg secara resmi adalah orang (Tunas) Toyota.
dan ini saya cross-reff ke (kalau bro2 juga suka mencermati apa yg ada di) buku manual (panduan operasi) mobil....
silakan dibuka (buku Pedoman Pemilik, Toyota punya), halaman 263..... huehehhee. page 263 di panduan pemilik mobil apa nih....
coba aja buka buku utk innova, avanza, vios, altis, dll deh...

intinya, silakan dibaca di Panduan Pemilik pd bagian yg menerangkan ttg Catalytic Converter, baik type Three Way (bensin), maupun CC type standard (diesel)...
maka, faktanya, disana akan ada tanda seru, dg tulisan PERINGATAN:
- "Jangan menghidupkan atau memarkir kendaraan Anda di atas sesuatu yg mudah terbakar seperti rumput, daun, kertas atau kain bekas"
- "Jangan membiarkan mesin berjalan pada putaran idle selama lebih dari 20 menit"
nah bro'ss... itu adalah resmi dari Toyota... once again: it is official statement !
okay, bagi para expert, mgkin warning itu tidak berarti apa2....
tapi bagi saya, sebagai awam, dimana salah saya, kalau menjadi parno akibat membaca hal tsb ??....


then bro;ss, yg gw harapkan dg menayakan hal itu disini, adalah: mohon para expert memberikan alur logis (krn yg gw punya memang cuma logika), kenapa Toyota sampai "bersusah payah" memberikan warning semacam itu. apa dasar pemikirannya.. dan kira2 apa yg terjadi atau bagaimana menghindari kebahayaan yg ditimbulkannya, bila kita melanggar warning tsb....bukan cuma saran yg spt begini: "then, penuhi secara ketat saja, warning tsb".....atau: "andy, lupakan saja bahwa kamu pernah membaca waring tsb, krn itu adalah false warning"......
nah, kalau penjelasannya adalah masuk akal di kepala gw, maka gw pun akan terbuka,
dan kemudian penjelasan itu bisa menjadi reason buat gw, utk lbh menenangkan diri.
huehehhehe.... gitu bro'ss...kali'.....

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
udah bos, ganti hybrid/electric car aja, ramah lingkungan masuk, non catalic juga masuk, he..he..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 200
- Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
nah...concern anda "demi our kids & family" itulah makanya diciptakan CC dan itu tdk murah dan pastinya sdh di lakukan R&D sblm diaplikasikan dan dilepas kekonsumen secara aman.Apalagi ini isu global jadi ngak mungkin mereka main2.Andy1800 wrote:saya, utk khusus dalam hal ini dan kalli ini.... lbh memprioritaskan safety lbh dulu... bukan demi saya sendiri, tp demi our kids & family.
Rasanya dgn bgtu banyak mobil didunia,blm pernah saya denger ada yg heboh kebakaran gara2 CC.
Secara bercanda nih...mungkin selamat dari paranoid CC (Saya pribadi yakin ngak bakal menimbulkan kebakaran dlm kondisi nrmal) tapi mati perlahan akbat polusi dan global warming,kalopun hidup tapi sengsara.Jelasnya bisa baca efek GW deh.
The choice is yours...
A.Sebagai safety precaution,logis.Sesuatu yg "mudah terbakar" sebaiknya dijauhkan dari sumber panas.... tapi coba bayangan jarak antara tanah dng CC atau knalpot atau dengn sengaja berhenti diatas timbunan daun,rumput,kertas, kalaupun nempel tdk serta merta langsung menyala terbakar..dst...dst. ..... makanya logis tapi tdk realitis.Andy1800 wrote:maka, faktanya, disana akan ada tanda seru, dg tulisan PERINGATAN:
A. "Jangan menghidupkan atau memarkir kendaraan Anda di atas sesuatu yg mudah terbakar seperti rumput, daun, kertas atau kain bekas"
dan
B. "Jangan membiarkan mesin berjalan pada putaran idle selama lebih dari 20 menit"
B. Justru itulah point dimana CC baru optmal bekrja setelah mencapai suhu tertentu,spt Inoz sdh jelaskan diatas.karena endapan gas buang bisa menyumbat CC(goog the web). Jadi yg menulis blog salah menginterprestasikan peringatan itu aja..cmiiw
Tentu CC ada pro dan con ,yg bisa kita elaborasi lagi tapi dlm kasus ini, sya yakin CC tdk akan menimbulkan kebakaran spt yg ditakutan diatas.Pastinya secara performance sedikit dikorbankan,nama juga ada yg "menghalangi" saluran gas buang dgn imbalan gas buang yg lbh bersih .
Walau sya tdk anjurkan dilepas ,tapi bicara teknis kalo mau "tipu"ECU... khan anda ahli elektronik, bikin aja analog voltage 0,2 - 0,8 volt buat ganti sensor lambda untuk deteksi kondisi lean/rich mixture, trus "feed" ke ECU ... tinggal atu deh pake potensio mau kondisi apa....atau pake pre setting voltage switch.
mintblue ,edward and inoz wrote:
Guys,kayaknya perlu bikin team MYTHBUSTER nih ... biar buktiin ketakutan kumendan itu ngak bener dan mitos2 lain yg sangat banyak ttg otomotif.... sehingga dgn senang sya bisa post lagi satu kata

@andy1800
btw,bukan desersi dan, maklum tugas intelegen nih... You cant see me but I can watch you.....hmmm.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Wed Jun 18, 2008 12:37
- Location: Kampungnya Rambo
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
Kayanya artikel tersebut Confirmed, thanks atas artikelnya benar2 musti aware jadinya.
Tapi mungkin kasus ini jarang terjadi di indo karena kan dikit rumput keringnya hehehe
Ternyata kasus ini benar sudah lama terjadi:
http://www.tceq.state.tx.us/implementat ... tfire.html
http://answers.yahoo.com/question/index ... 325AAcxy7w
http://auto.howstuffworks.com/question482.htm
Ini hasil googling gara2 cc:
http://www.signonsandiego.com/news/nort ... sfire.html
http://www.portlavacawave.com/articles/ ... news02.txt
http://www.msnbc.msn.com/id/26648467/
Bahkan Honda me Recall mobilnya gara2 cc:
http://www.egmcartech.com/2008/02/29/ho ... re-issues/
Tapi mungkin kasus ini jarang terjadi di indo karena kan dikit rumput keringnya hehehe
Ternyata kasus ini benar sudah lama terjadi:
http://www.tceq.state.tx.us/implementat ... tfire.html
http://answers.yahoo.com/question/index ... 325AAcxy7w
http://auto.howstuffworks.com/question482.htm
Ini hasil googling gara2 cc:
http://www.signonsandiego.com/news/nort ... sfire.html
http://www.portlavacawave.com/articles/ ... news02.txt
http://www.msnbc.msn.com/id/26648467/
Bahkan Honda me Recall mobilnya gara2 cc:
http://www.egmcartech.com/2008/02/29/ho ... re-issues/
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Wed Jun 18, 2008 12:37
- Location: Kampungnya Rambo
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Honda Element terbakar akibat parkir di rumput kering (Dry grass, hot catalytic converter.)
http://www.math.lsu.edu/~madden/
Artikel itu Confirmed? Atau ada yang mao ngetest dengan mobilnya sendiri? Hehehehe
Yang penting jangan berhenti dan nyalain mesin di tempat2 yang mudah terbakar
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh
nah.. misalnya kalau terjadi saat mengantri bensin? (misalnya antrian bensin sebegitu panjanganya seperti waktu itu)
oh noo..
oh noo..

Permisii
............................. 

