Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
satu lagi, drag juga racing. kalo mobil pake ban drag yang lebih empuk n lebar, konsekuensinya bahan bakar lebih boros. tapi bahaya juga kalo pake ban drag yang depan (kecil) yang cuma buat lurus, waktu berbelok tajam, kemampuannya jelas jauh berkurang.
kalo motor, lain lagi, di motor gede drag bike mengaplikasi ban besar n empuk. di negara kacau kita, pake ban lebih kecil. nah, pake ban drag ini bikin gesekan jauh berkurang. meski lebih kencang, buat manuver sangat berbahaya. apalagi jika kena lubang, bisa2 ban pecah.
masih banyak orang gila pake ban sepeda (kecil) di motornya, dengan swing arm dipendekin. logika mereka mati ya?
jelas2 drag butuh motor diam, gak standing, malah dipendekin swing armnya. jelas2 motor gampang wheelie. mungkin pikiran otak mati mereka, kalo motor digas dikit udah wheelie itu motornya kencang ya?
liat aja di drag bike indonesia. masih banyak yg pendekin swing arm. di jalan juga.
kalo motor, lain lagi, di motor gede drag bike mengaplikasi ban besar n empuk. di negara kacau kita, pake ban lebih kecil. nah, pake ban drag ini bikin gesekan jauh berkurang. meski lebih kencang, buat manuver sangat berbahaya. apalagi jika kena lubang, bisa2 ban pecah.
masih banyak orang gila pake ban sepeda (kecil) di motornya, dengan swing arm dipendekin. logika mereka mati ya?
jelas2 drag butuh motor diam, gak standing, malah dipendekin swing armnya. jelas2 motor gampang wheelie. mungkin pikiran otak mati mereka, kalo motor digas dikit udah wheelie itu motornya kencang ya?
liat aja di drag bike indonesia. masih banyak yg pendekin swing arm. di jalan juga.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
kalo gw biasanya ke kiri.. tp tetep digas biar dia ga bisa nyalip2...ddaru wrote:Soal slipstream ni, mungkin bagi yang melakukannya bisa bermanfaat, tapi harusnya dipikir dunk, orang yang diikutin / ditempel dari belakang tuh bakal ngrasa risih banget lho. Saya yakin, pengemudi mobil yang didepan tu bakal ngeri kalo mereka tiba-tiba harus ngerem mendadak karena ada mobil di belakang yang membuntuti dengan jarak yang sangat dekat.
Kalo ada orang yang ngekor saya, pasti saya isengin, misal di tol, lari kecepatan 120 & ada mobil ngekor mepet banget di belakang saya, sambil kaki kanan saya tetap di pedal gas mempertahankan kecepatan, kaki kiri saya sedikit menyentuh rem sekedar buat menyalakan lampu rem , pasti tuh orang yang ngekor di belakang kaget & ngerem rada kenceng waktu liat lampu rem saya nyala di kecepatan tinggi, hasilnya dia jadi ga terlalu deket sama buntut mobil saya lagi. Tapi ada juga orang yang diginiin ga kapok-kapok, tetep aja ngekor.


Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
sda, apalagi kalo ngasih dim, terus pas kita kekiri yg mo nyalip tadi kehalang mobil didepan, secara mobil depannya ga bisa kekiri karena ada gw biasanya yg td ngekor ikut ngekor lagi,
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
Kalo saya males pindah-pindah jalur segala, orang dah enak di jalur itu ngapain pindah jalur cuma gara-gara ada 'orang gila' dibelakang sayasatyr wrote:kalo gw biasanya ke kiri.. tp tetep digas biar dia ga bisa nyalip2...![]()

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
sangking penginnya gw ketemu berada di belakang bro ddaru, ...maka, gw double post aaah.....

andy1800 wrote:- setiap klinik safety driving pasti selalu mengajarkan untuk mengalah demi keselamatan: yg waras ngalah.ddaru wrote:Kalo saya males pindah-pindah jalur segala, orang dah enak di jalur itu ngapain pindah jalur cuma gara-gara ada 'orang gila' dibelakang saya. Mending diisengin kayak tadi aja, mainin lampu remnya biar tu orang kaget, hehe, ato tancap gas skalian, tapi ga usa pindah jalur sgala.
- sedangkan, gue awam samasekali dengan teknik balap... yg gw punya adalah teknik ugal2an.
- jadi, mohon bapak2 pada mengalah saja pada saya ya, kalau saya menempel di belakangnya...mohon minggir saja.
- saya nggak punya teknik balap kok...jadi saya tidak bermaksud slipstream... tapi saya cuma ingin mendahului bapak2.
- teknik ugal2an saya mengajarkan: menempel ketat adl cara yg lbh sopan dibanding kl saya dim2 atau klakson2 dg stebel nautilus saya, utk memberitahukan kl saya ingin mendahului.
- saya berharap semakin banyak bapak2 yg mengikuti kursus / klinik safety driving, sehingga makin banyak yg waspada thd pengemudi ugal2an spt saya.
- dan mohon ingat selalu motto di atas: yg waras ngalah, lbh baik jangan pergunakan lajur paling kanan.
- sehingga memberi saya kesempatan utk bisa lebih leluasa mempergunakan lajur plg kanan untuk mendahului bapak2... ... yah, yah, yah..![]()
...pliiiiiiiiiis...![]()
![]()
kalau gak minggir dan nggak tancap gas juga, ...cium pantat yarisnya dikit aaah.... gimana reaksinya yaa...
........................
..kekekekekek
tapi, serius, gw ingin tau, apa antisipasi bapak2 bila ketemu dg supir yg konyol suka nabrakin tanpa pikir pajang spt saya gini?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
Wakakak, kadang orang ngerti safety driving tapi sulit mraktekin di suasana lalulintas sebenernya.
Hehehe, senggol aja bro, dah diasuransi kok. Tapi tar tunggu kepala saya nongol dari jendela trus semua hewan di kebun binatang saya keluarin semua, hehehe....
Kayaknya ngisengin orang yang ugal-ugalan tu lebih menyenangkan daripada ugal-ugalan itu sendiri deh, hehehe...
Hehehe, senggol aja bro, dah diasuransi kok. Tapi tar tunggu kepala saya nongol dari jendela trus semua hewan di kebun binatang saya keluarin semua, hehehe....

Kayaknya ngisengin orang yang ugal-ugalan tu lebih menyenangkan daripada ugal-ugalan itu sendiri deh, hehehe...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
hayuuuuk......
wuah, aseeeeek...dpt lawan sepadan neh!
dan nampaknya cuma gw seorang diri neh, yg supir ugal2an, di SM ini.... yg laen pembalap semuah
di keroyok donk gue......
.....wakakakakak
wuah, aseeeeek...dpt lawan sepadan neh!
dan nampaknya cuma gw seorang diri neh, yg supir ugal2an, di SM ini.... yg laen pembalap semuah
di keroyok donk gue......

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
Termasuk penghuni penjara dan alam gaib juga dpanggilin semua tuh........ddaru wrote:Tapi tar tunggu kepala saya nongol dari jendela trus semua hewan di kebun binatang saya keluarin semua, hehehe....![]()

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
Back to topic lg dunk. Soal pemakaian ban drag di jalan raya jelas bikin stabil, namun otomatis bikin boros bbm. Hari gini, ngegas... bbm mahal omm... :p
Lanjut :
Aplikasi balap yg bisa dipakai di jalan, adalah GPS. Umumnya dipakai di event rally, seperti rally Dakkar. Untuk mencegah peserta rally nyasar di tengah gurun, mobil, truk dan motor biasanya dilengkapi peralatan GPS. Saat ini peralatan GPS sudah banyak dijual di pasaran. Namun sepertinya belum terlalu banyak yg pakai di Jakarta (sepenglihatan gw lho). Soalnya otak orang Jakarta jauh lebih canggih dibanding peta GPS. Untuk nembus jalan macet banyak sekali medan off-road (jalan tikus) yg ga tercatat di GPS. Blum lagi kalau ada galian. Mana ada di GPS?
Jadi, GPS sepertinya hanya dibutuhkan utk tracking kendaraan, seperti truk, taxi, mobil rental, atau untuk boss2 yg nyetir sendiri dan suka bingung cari alamat. Or orang dari luar jakarta yg takut nyasar. Or pedagang mobil biar ada alasan utk naekin harga mobilnya.. Hehehe...
Lanjut :
Aplikasi balap yg bisa dipakai di jalan, adalah GPS. Umumnya dipakai di event rally, seperti rally Dakkar. Untuk mencegah peserta rally nyasar di tengah gurun, mobil, truk dan motor biasanya dilengkapi peralatan GPS. Saat ini peralatan GPS sudah banyak dijual di pasaran. Namun sepertinya belum terlalu banyak yg pakai di Jakarta (sepenglihatan gw lho). Soalnya otak orang Jakarta jauh lebih canggih dibanding peta GPS. Untuk nembus jalan macet banyak sekali medan off-road (jalan tikus) yg ga tercatat di GPS. Blum lagi kalau ada galian. Mana ada di GPS?

Jadi, GPS sepertinya hanya dibutuhkan utk tracking kendaraan, seperti truk, taxi, mobil rental, atau untuk boss2 yg nyetir sendiri dan suka bingung cari alamat. Or orang dari luar jakarta yg takut nyasar. Or pedagang mobil biar ada alasan utk naekin harga mobilnya.. Hehehe...
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sun Aug 10, 2008 15:28
- Location: Cianjur deket Bandung
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
y_anjasrana wrote:Back to topic lg dunk. Soal pemakaian ban drag di jalan raya jelas bikin stabil, namun otomatis bikin boros bbm. Hari gini, ngegas... bbm mahal omm... :p
Lanjut :
Aplikasi balap yg bisa dipakai di jalan, adalah GPS. Umumnya dipakai di event rally, seperti rally Dakkar. Untuk mencegah peserta rally nyasar di tengah gurun, mobil, truk dan motor biasanya dilengkapi peralatan GPS. Saat ini peralatan GPS sudah banyak dijual di pasaran. Namun sepertinya belum terlalu banyak yg pakai di Jakarta (sepenglihatan gw lho). Soalnya otak orang Jakarta jauh lebih canggih dibanding peta GPS. Untuk nembus jalan macet banyak sekali medan off-road (jalan tikus) yg ga tercatat di GPS. Blum lagi kalau ada galian. Mana ada di GPS?
Jadi, GPS sepertinya hanya dibutuhkan utk tracking kendaraan, seperti truk, taxi, mobil rental, atau untuk boss2 yg nyetir sendiri dan suka bingung cari alamat. Or orang dari luar jakarta yg takut nyasar. Or pedagang mobil biar ada alasan utk naekin harga mobilnya.. Hehehe...
saya setuju dengan bro anjasnara

untuk motor saya lebih suka memakai ban yg lebih gede soalny enakk dan bisa stabil dalam berkendara apalagi pas saat hujan klo memakai yg kecil pasti suka selip

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
Yup, utk motor harian lebih stabil bila pakai ban bertapak lebar. Yg bikin bahaya ban motor drag <250cc yg tipis abis, justru dipakai
harian.
Sebaliknya pada mobil drag atau motor drag ber-cc besar umumnya memiliki tenaga sangat besar. Saking besarnya roda menjadi spin (jalan di tempat). Otomatis bila roda penggerak sampai spin, waktu tempuh menjadi besar. Oleh karena itu dipakai ban bertapak lebar utk menambah faktor gesekan supaya roda tidak sampai spin. Dengan demikian tenaga mesin tersalur dengan baik hingga ke permukaan jalan. Bahkan biasanya sebelum start, mobil atau motor drag harus melakukan burnout dahulu. Salah satu tujuannya adalah memanaskan ban. Ban yg panas relatif lebih "lengket".
Pemakaian ban lebar juga hanya pada ban penggerak saja. Ban non penggerak justru pakai yg tipis untuk mengurangi gesekan. Pada motor drag ber-cc besar, ban depan tipis, ban belakang super lebar. Begitu pula pada mobil drag.
Untuk manuver jelas tidak diperlukan. Soalnya jalannya cuma lurus doank khan? Justru umumnya mobil dan motor drag dibuat untuk sulit belok. Nah yg ini jelas ga mungkin diterapkan di harian. Ga mungkin kan utk harian pake mobil/motor yg susah belok?

harian.
Motor drag di Indo rata-rata pakai cc-kecil, 250cc ke bawah. Motor ber-cc kecil otomatis punya tenaga juga pas-pasan. Biar dikorek kyk apapun, tetap aja tidak mampu mendongkrak tenaga terlalu banyak. Makanya utk memperkecil waktu tempuh, faktor gesekan ban juga diperhitungkan. Makin kecil permukaan ban yg menempel otomatis gaya geseknya juga makin kecil. Contoh yg paling terlihat ada pada sepeda balap. Bannya sangat tipis bukan? Sengaja dibuat setipis mungkin untuk mengecilkan gaya gesek.kalo motor, lain lagi, di motor gede drag bike mengaplikasi ban besar n empuk. di negara kacau kita, pake ban lebih kecil. nah, pake ban drag ini bikin gesekan jauh berkurang. meski lebih kencang, buat manuver sangat berbahaya. apalagi jika kena lubang, bisa2 ban pecah.
Sebaliknya pada mobil drag atau motor drag ber-cc besar umumnya memiliki tenaga sangat besar. Saking besarnya roda menjadi spin (jalan di tempat). Otomatis bila roda penggerak sampai spin, waktu tempuh menjadi besar. Oleh karena itu dipakai ban bertapak lebar utk menambah faktor gesekan supaya roda tidak sampai spin. Dengan demikian tenaga mesin tersalur dengan baik hingga ke permukaan jalan. Bahkan biasanya sebelum start, mobil atau motor drag harus melakukan burnout dahulu. Salah satu tujuannya adalah memanaskan ban. Ban yg panas relatif lebih "lengket".
Pemakaian ban lebar juga hanya pada ban penggerak saja. Ban non penggerak justru pakai yg tipis untuk mengurangi gesekan. Pada motor drag ber-cc besar, ban depan tipis, ban belakang super lebar. Begitu pula pada mobil drag.
Untuk manuver jelas tidak diperlukan. Soalnya jalannya cuma lurus doank khan? Justru umumnya mobil dan motor drag dibuat untuk sulit belok. Nah yg ini jelas ga mungkin diterapkan di harian. Ga mungkin kan utk harian pake mobil/motor yg susah belok?

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sun Aug 10, 2008 15:28
- Location: Cianjur deket Bandung
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
wakakakakkak parah jg ya klo bisa sampe susah belok gt
hihi ngeri jd inget dulu waktu belajar motor niat hati pingin belok tp kaku akhirnya nabrak dinding rumah orang deh
hihi ngeri jd inget dulu waktu belajar motor niat hati pingin belok tp kaku akhirnya nabrak dinding rumah orang deh

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Fri Aug 08, 2008 8:38
- Location: bogor - semarang
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
hehe...
klo udah di jalur kanan em susah ch.. kdg ad orang yang nek mobil baru + kenceng gak sabar gitu...
trus aja pke lampu dim... nyebelind !!!
dy gak tau apa rasanya nek mobil tua nan lelet..apalagi klo rem nya udah dalem?
kan gw juga mau ikutan nyalip (nyalip truk ato bus..
)
segak nya sabar dikit toh....
tau deh yang mobil nya baguss...
jelek loh driver gak sabar..
kaburr,,
klo udah di jalur kanan em susah ch.. kdg ad orang yang nek mobil baru + kenceng gak sabar gitu...
trus aja pke lampu dim... nyebelind !!!


dy gak tau apa rasanya nek mobil tua nan lelet..apalagi klo rem nya udah dalem?
kan gw juga mau ikutan nyalip (nyalip truk ato bus..

segak nya sabar dikit toh....
tau deh yang mobil nya baguss...

jelek loh driver gak sabar..

kaburr,,

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
apa cukup pengaruh ato cuma buang2 duit aja?
apa cukup pengaruh ato cuma buang2 duit aja?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
busi racing.... adalah/disebut juga busi yg bertipe "dingin".
disebut begitu, krn tidak cepat panas.
untuk supaya bekerja dengan baik, mesin (dan busi) memerlukan utk mencapai suhu tertentu (mari kita sebut: suhu kerja optimal ).
dalam kondisi racing, mesin akan mencapai suhu yg lebih tinggi drpd suhu kerja mesin utk keperluan harian....
krn pada balapan, mesin berputar dg lbh kencang, RPM nya (jauh) lbh kencang drpd kerja mesin harian.
nah, businya, jg dirancang utk bekerja (paling baik) pada suhu yg lebih tinggi tersebut.
(demikian juga dg parts racing lainnya.... termasuk ban racing)
sehingga, kalau belum mencapai suhu mesin (pada balapan) tsb, maka businya belum akan bekerja dg baik.
padahal, mesin utk harian, hampir tidak mungkin mencapai suhu mesin spt pd balapan tsb.
sehingga, busi racing tsb tidak akan bekerja dg baik....
shg, kejadiannya: mesin malah akan mberebet2
sedangkan kabel-busi racing,
dirancang utk dapat melewatkan arus dan tegangan yg lbh besar drpd kabel-busi standar.
jadi, kalau dipasang pd motor/mobil harian, tidak terlalu banyak berguna.... meskipun, tidak ada juga kerugiannya, selain harga yg lbh mahal.
itu tadi ttg busi/kabel-busi racing yg beneran loh ya.... krn, ada juga busi biasa yg dilabel-i: "racing"
ada juga busi yg dilabel-i racing, krn dirancang sedikit lbh "dingin" drpd busi biasa... tp tidak se-dingin busi racing beneran.
mgkin lbh tepat kalau disebut busi agak-agak racing dikit..... hehe
analoginya, ini mirip dg Ban Potenza, atau rem Brembo
itu adalah nama2 yg besar di dunia balap....
tentu saja, meskipun utk pasar daily-use BS jg meluncurkan ban dg nama: Potenza...tp tentu saja spec nya tidak sama dg Potenza yg mereka bikin utk F1....
demikian jg Brembo... bikin jg rem (caliper & brake pads) dg spec utk aplikasi harian... meskipun brand/modelnya sama, dg yg racing punya.
mgkin, secara part number, yg utk racing akan dikasih PN: BM876543....& yg utk harian, dikasih part number BM876543D... sdkan bentuknya sama persis
nah, tp masalahnya, banyak jg yg mengaku (krn mmg taunya begitu), bahwa yg dia pasang utk motor/mobilnya itu adalah parts (benar2) racing...
pdhal, adalah parts dr Brand yg memang terkenal di racing.... namun yg dipakainya itu adalah parts yg utk daily-use (semi-racing)
nah, kalau yg diaplikasikannya di motor/mobil hariannya adalah yg spt itu, ..ya tidak apa2..
gitu....kali'.......
disebut begitu, krn tidak cepat panas.
untuk supaya bekerja dengan baik, mesin (dan busi) memerlukan utk mencapai suhu tertentu (mari kita sebut: suhu kerja optimal ).
dalam kondisi racing, mesin akan mencapai suhu yg lebih tinggi drpd suhu kerja mesin utk keperluan harian....
krn pada balapan, mesin berputar dg lbh kencang, RPM nya (jauh) lbh kencang drpd kerja mesin harian.
nah, businya, jg dirancang utk bekerja (paling baik) pada suhu yg lebih tinggi tersebut.
(demikian juga dg parts racing lainnya.... termasuk ban racing)
sehingga, kalau belum mencapai suhu mesin (pada balapan) tsb, maka businya belum akan bekerja dg baik.
padahal, mesin utk harian, hampir tidak mungkin mencapai suhu mesin spt pd balapan tsb.
sehingga, busi racing tsb tidak akan bekerja dg baik....
shg, kejadiannya: mesin malah akan mberebet2
sedangkan kabel-busi racing,
dirancang utk dapat melewatkan arus dan tegangan yg lbh besar drpd kabel-busi standar.
jadi, kalau dipasang pd motor/mobil harian, tidak terlalu banyak berguna.... meskipun, tidak ada juga kerugiannya, selain harga yg lbh mahal.
itu tadi ttg busi/kabel-busi racing yg beneran loh ya.... krn, ada juga busi biasa yg dilabel-i: "racing"
ada juga busi yg dilabel-i racing, krn dirancang sedikit lbh "dingin" drpd busi biasa... tp tidak se-dingin busi racing beneran.
mgkin lbh tepat kalau disebut busi agak-agak racing dikit..... hehe
analoginya, ini mirip dg Ban Potenza, atau rem Brembo
itu adalah nama2 yg besar di dunia balap....
tentu saja, meskipun utk pasar daily-use BS jg meluncurkan ban dg nama: Potenza...tp tentu saja spec nya tidak sama dg Potenza yg mereka bikin utk F1....
demikian jg Brembo... bikin jg rem (caliper & brake pads) dg spec utk aplikasi harian... meskipun brand/modelnya sama, dg yg racing punya.
mgkin, secara part number, yg utk racing akan dikasih PN: BM876543....& yg utk harian, dikasih part number BM876543D... sdkan bentuknya sama persis
nah, tp masalahnya, banyak jg yg mengaku (krn mmg taunya begitu), bahwa yg dia pasang utk motor/mobilnya itu adalah parts (benar2) racing...
pdhal, adalah parts dr Brand yg memang terkenal di racing.... namun yg dipakainya itu adalah parts yg utk daily-use (semi-racing)
nah, kalau yg diaplikasikannya di motor/mobil hariannya adalah yg spt itu, ..ya tidak apa2..
gitu....kali'.......

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
klo di mobil gw pengaruhnya cukup berasa..doq wrote:nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
apa cukup pengaruh ato cuma buang2 duit aja?
gw pantau dr pergerakan RPM gw yg enggak malu2 lg.. hehehe.. alias gerak cepat..
tp, some people say's ga ada efeknya di mobil mereka.. hmm.. gw ga ngerti..

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
oom nes pake yg mana? 2-2nya ato salah satu aja?nescafe wrote:klo di mobil gw pengaruhnya cukup berasa..doq wrote:nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
apa cukup pengaruh ato cuma buang2 duit aja?
gw pantau dr pergerakan RPM gw yg enggak malu2 lg.. hehehe.. alias gerak cepat..
tp, some people say's ga ada efeknya di mobil mereka.. hmm.. gw ga ngerti..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
k2nya, waktu itu pakai NGK iridium dengan kabel businya NGK..doq wrote:oom nes pake yg mana? 2-2nya ato salah satu aja?nescafe wrote:klo di mobil gw pengaruhnya cukup berasa..doq wrote:nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
apa cukup pengaruh ato cuma buang2 duit aja?
gw pantau dr pergerakan RPM gw yg enggak malu2 lg.. hehehe.. alias gerak cepat..
tp, some people say's ga ada efeknya di mobil mereka.. hmm.. gw ga ngerti..
Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
dan disinilah, "masalah" itu benar2 terjadi....andy1800 wrote:....nah, tp masalahnya, banyak jg yg mengaku (krn mmg taunya begitu), bahwa yg dia pasang utk motor/mobilnya itu adalah parts (benar2) racing...nescafe wrote:klo di mobil gw pengaruhnya cukup berasa..doq wrote:nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
gw pantau dr pergerakan RPM gw yg enggak malu2 lg.. hehehe.. alias gerak cepat..
k2nya, waktu itu pakai NGK iridium dengan kabel businya NGK..

ada yg taunya bahwa NGK Iridium adalah Racing Spark Plug....
padahal, oleh NGK sendiri, itu tidak dimaksdukan sbg racing spark plug.
NGK Iridium, digunakan jg sbg OE pd banyak mobil.... bahkan NGK Iridium IX pun disebutnya sbg high Performance...bukan Racing.
jadi, kalau menggunakan kelas2 busi yg (agak2 racing) spt itu, tentu saja biasanya akan cukup meningkatkan kinerja mesin...
dan "peningkatan" ini, akan semakin menjadi ter-rasa-kan oleh user, bila busi bawaannya (OE) yg diganti, adalah busi yg kelas "commercial service".
atau digantinya memang pas udah mulai melemah...
dg bhs lugasnya: sebenarnya bukan peningkatan, tapi menjadi standar (performa yg seharusnya)... sebab, busi sblmnya lah yg dibawah standar.
FYI:
pada websitenya, Iridium series, masuk dlm katagori Cars, Trucks & SUVs
>>>> http://www.ngksparkplugs.com/products/c ... country=US
sedangkan utk busi racing, yaitu serie: V-Powerâ„¢ Racing, EG TYPE, EV TYPE, dan EGV TYPE.....NGK wrote:NGK offers two choices of this precious metal plug:
-The Iridium - A high quality iridium plug installed as original equipment (OE) in the automotive industry since 1994, and
-the new Iridium IX® - The ultimate evolution of a performance spark plug.
mereka bukan menngunakan elektroda Iridium, tp menggunakan elektroda Gold Palladium atau Nickel atau Platinum.
>>>> http://www.ngksparkplugs.com/products/r ... country=US
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
wah.. kesalahan gw langsung terkoreksi oleh pak momod..
trimaksih pak momod
trimaksih pak momod

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
lain kali nggak boleh keliru lagi yaa....
itu kan jadi bikin momod-boss harus sibuk & repot,.... musti pidato puanjang luebar, demi momod-asisten ....
............. 



itu kan jadi bikin momod-boss harus sibuk & repot,.... musti pidato puanjang luebar, demi momod-asisten ....



-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
nescafe wrote:klo di mobil gw pengaruhnya cukup berasa..doq wrote:nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
apa cukup pengaruh ato cuma buang2 duit aja?
gw pantau dr pergerakan RPM gw yg enggak malu2 lg.. hehehe.. alias gerak cepat..
tp, some people say's ga ada efeknya di mobil mereka.. hmm.. gw ga ngerti..
Tapi serius itu ngaruh nes?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
gw udah coba 2 kali, pertama di mazda lantis, yg ke2 di terrano, tp di terrano lebih enak, karena dicombine pakai MSD sama coil quantum..
tp ngeliat harganya NGK iridium IX.. geleng2 dah gw..
tp ngeliat harganya NGK iridium IX.. geleng2 dah gw..

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
andy1800 wrote:lain kali nggak boleh keliru lagi yaa....![]()
![]()
![]()
itu kan jadi bikin momod-boss harus sibuk & repot,.... musti pidato puanjang luebar, demi momod-asisten ....![]()
.............


Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?
ok....berarti hasil maximal d dapat dg pemakaian busi/kabel busi high perform + coil after marketnescafe wrote:gw udah coba 2 kali, pertama di mazda lantis, yg ke2 di terrano, tp di terrano lebih enak, karena dicombine pakai MSD sama coil quantum..
tp ngeliat harganya NGK iridium IX.. geleng2 dah gw..

kira2 kena brapa tu oom?