Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sebenernya masyarakat tuh takut loh ama polisi, tp polisi sendiri yang membuat citranya buruk sehingga tidak ditakuti lg oleh masyarakat, penegak hukum tegas insyaallah negara ini maju.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
Wehh... Kalo angkot dikurangin sampe tinggal 20%, gimana ane bisa jalan. Motor ane 'kan kadang-kadang dikandangin. Naik angkot dari rumah aja yang jumlahnya segitu banyak aja masih sering nggak dapet. Berdiri pun udah gak bisa. Full abiess..
Sebenarnya ane setuju kalo semuanya harus dibenerin.
1. Penumpang harus disiplin, jangan males. Kalo naik kopaja ato metro, ada 1 penumpang ngetok buat brenti, tapi sopir blom brenti, penumpang 1 bis yang bakalan ngetok.
2. Sopir harus punya etika lalu lintas. Jangan ngetem sembarangan; jangan brenti saenak udel'e dewek; kalo brenti yang bener, jangan di tengah jalan; kalo jalan jangan kayak kura-kura, bikin macet; jangan ngebut, jadinya kalo ada yang mo turun nggak harus penumpang 1 bis yang ngetok.
3. Yang punya angkutan umum harus ngerawat yang bener. Asep (warna item ama warna putih) udah ngebul ngalahin lokomotif uap James Watt aja masih kagak dibenerin, bodi ma sasis udah reyot masih dipaksa buat narik.
4. Pemerintah harus bikin halte yang rada banyakan lagi. Bayangkan, di ciganjur, jarak halte bisa 4 s.d. 5 km. Mana mau kita jalan ke halte yang jauhnya amit-amit kayak gitu...
Kalo menurut saya, masalah transportasi di jkt tidak akan selesai kalo tata kota nya masih seperti ini. Setiap pagi jutaan orang bergerak dari luar kota menuju pusat kota. Kenapa bukan pusat bisnis nya disebarin ke luar kota.. ? Kenapa harus buka kantor di Kuningan-Thamrin-Sudirman..? "Usir" tuh sebagian perusahaan dari area KTS tsb. Usul gw, naikin pajak buat badan usaha di area tsb, dan turunkan pajak buat yg di TB Simatupang, BSD, Cakung dan area industri lain di pinggir JABOTABEK.
Yak tul...gak ada gunanya emang buka kantor di Thamrin/Sudirman/Kuningan melulu. Cuman buat prestige aja, emang mau deket apa...deket kantor pos? Usul saya sih dikasi insentif (keringanan pajak) buat perusahaan yg buka kantor di luar Jakarta pusat, dan disinsentif buat yg masih ngotot (pajaknya digedein).
prestige aja? coba ya kalau melihat permasalahan jgn dilihat dari sudut pandang sempit. Bagaimana dengan infrastruktur seperti broadband internet/komunikasi dgn harga reasonable dan service yg above average? coba diliat dulu daerah mana aja diluar jkt yg punya communcation infrastructure sebaik daerah thamrin/sudirman/kuningan?. Banyak perusahaan multinational yg memilih tempat di thamrin/sudirman/kuningan karena masalah ini termasuk perusahaan saya yg mempunyai client international.
Kalau mau ngomong soal prestise memang ada faktor itu kalo client saya berkunjung ke jkt saya lebih prefer untuk membawa mereka macet macetan dan sumpel sumpelan sama motor ke Sudirman daripada harus membawa mereka ke daerah tanggerang utk mencapai BSD yg juga kena macet dan melewati image unmannaged industrial area(bukan utk commerical) sori no offence buat yg tinggal di daerah BSD ya cuma mau kasih illustrasi saja. Juga untuk ex-pat dan tamu tamu international yg datang ke jkt buat berbisinis mobilitas utk mereka lebih mudah di daerah thamrin dan sekitarnya, ingat ya mereka datang dengan kepentingan bisnis yg memerlukan kemudahan akses bukan seperti laid back backpacker yg punya all the time in the world.
Jadi memang berkantor di daerah sudirman dan sekitarnya memang di perlukan bukan buat sekedar gagah gagahan. Mau di kasih keringanan pajak atau dikasih 0 pajak pun saya nggak mau pindahin kantor saya dari sudirman ke daerah yg belum jelas infrasrukturnya karena lebih mahal kehilangan client daripada dapat keringanan pajak yg nggak jelas. Pajak mau di besarkan di daerah pusat? silahkan coba dan lihat perusahaan2x melakukan "effisiensi" dengan mengurangi tenaga kerja dan kalau pajaknya ditinggikan lagi lihat perusahaan hengkang dr Indo dan pindah ke negara lain hasil akhirnya sama pengangguran formal dan informal meningkat, masih mau main pajak?.
Kalo menurut saya, masalah transportasi di jkt tidak akan selesai kalo tata kota nya masih seperti ini. Setiap pagi jutaan orang bergerak dari luar kota menuju pusat kota. Kenapa bukan pusat bisnis nya disebarin ke luar kota.. ? Kenapa harus buka kantor di Kuningan-Thamrin-Sudirman..? "Usir" tuh sebagian perusahaan dari area KTS tsb. Usul gw, naikin pajak buat badan usaha di area tsb, dan turunkan pajak buat yg di TB Simatupang, BSD, Cakung dan area industri lain di pinggir JABOTABEK.
Yak tul...gak ada gunanya emang buka kantor di Thamrin/Sudirman/Kuningan melulu. Cuman buat prestige aja, emang mau deket apa...deket kantor pos? Usul saya sih dikasi insentif (keringanan pajak) buat perusahaan yg buka kantor di luar Jakarta pusat, dan disinsentif buat yg masih ngotot (pajaknya digedein).
prestige aja? coba ya kalau melihat permasalahan jgn dilihat dari sudut pandang sempit. Bagaimana dengan infrastruktur seperti broadband internet/komunikasi dgn harga reasonable dan service yg above average? coba diliat dulu daerah mana aja diluar jkt yg punya communcation infrastructure sebaik daerah thamrin/sudirman/kuningan?. Banyak perusahaan multinational yg memilih tempat di thamrin/sudirman/kuningan karena masalah ini termasuk perusahaan saya yg mempunyai client international.
Kalau mau ngomong soal prestise memang ada faktor itu kalo client saya berkunjung ke jkt saya lebih prefer untuk membawa mereka macet macetan dan sumpel sumpelan sama motor ke Sudirman daripada harus membawa mereka ke daerah tanggerang utk mencapai BSD yg juga kena macet dan melewati image unmannaged industrial area(bukan utk commerical) sori no offence buat yg tinggal di daerah BSD ya cuma mau kasih illustrasi saja. Juga untuk ex-pat dan tamu tamu international yg datang ke jkt buat berbisinis mobilitas utk mereka lebih mudah di daerah thamrin dan sekitarnya, ingat ya mereka datang dengan kepentingan bisnis yg memerlukan kemudahan akses bukan seperti laid back backpacker yg punya all the time in the world.
Jadi memang berkantor di daerah sudirman dan sekitarnya memang di perlukan bukan buat sekedar gagah gagahan. Mau di kasih keringanan pajak atau dikasih 0 pajak pun saya nggak mau pindahin kantor saya dari sudirman ke daerah yg belum jelas infrasrukturnya karena lebih mahal kehilangan client daripada dapat keringanan pajak yg nggak jelas. Pajak mau di besarkan di daerah pusat? silahkan coba dan lihat perusahaan2x melakukan "effisiensi" dengan mengurangi tenaga kerja dan kalau pajaknya ditinggikan lagi lihat perusahaan hengkang dr Indo dan pindah ke negara lain hasil akhirnya sama pengangguran formal dan informal meningkat, masih mau main pajak?.
Tentu saja bisa.
Jangka pendek:
Coba hitung berapa perusahaan yg benar2 perlu fiber optic network (yg memang cuman ada di CBD) di sepanjang CBD. Kalo memang perlu, silahkan di CBD. Kalo tidak, beri mereka insentif buat keluar. Siapa sih yg gak mau dikasi keringanan pajak - si bule2/expat2 juga mau - mata duitan semua kok...
Jangka panjang:
Expand communication infrastructure ke daerah2 pinggiran. Unless ada reasonable explanation, beri insentif untuk keluar CBD.
Ini bukan hal yg aneh, sudah biasa markas besar perusahaan2 raksasa di Amerika letaknya di pinggiran kota (ExxonMobil, JCPenney, EDS, McDonalds, Microsoft, Apple, HP) Nggak di downtown San Francisco, downtown Seattle, downtown Dallas...tapi di suburbs
Jangka pendek:
Coba hitung berapa perusahaan yg benar2 perlu fiber optic network (yg memang cuman ada di CBD) di sepanjang CBD. Kalo memang perlu, silahkan di CBD. Kalo tidak, beri mereka insentif buat keluar. Siapa sih yg gak mau dikasi keringanan pajak - si bule2/expat2 juga mau - mata duitan semua kok...
Jangka panjang:
Expand communication infrastructure ke daerah2 pinggiran. Unless ada reasonable explanation, beri insentif untuk keluar CBD.
Ini bukan hal yg aneh, sudah biasa markas besar perusahaan2 raksasa di Amerika letaknya di pinggiran kota (ExxonMobil, JCPenney, EDS, McDonalds, Microsoft, Apple, HP) Nggak di downtown San Francisco, downtown Seattle, downtown Dallas...tapi di suburbs
Bro, your "jangka pendek" arguments don't hold the water ... first thing first nggak usah perusahaan raksasa di US banyak perusahaan kecil termasuk kayak office gw yg operation centernya+head office di Pineville, NC yg suburbnya Charlotte,NC kenapa kita bisa pilih disitu? sekali lagi Infrastruktur dan memang areanya untuk commerical(ever heard about zoning?). Comercial/office zone di US biasanya di kelilingi dengan business pendukungnya seperti hotel bintang 3-4 dan chain restaurant yg jelas status/pengunjungnya. Kalau di BSD atau diluar CBD dimana saya bisa temukan itu? dan dimana expat expat itu harus menginap dan dapat bermobilitas dengan mudah? apa mereka mau naik ojek melulu? Point saya simple bukan kita tidak willing to consider keluar/pindah dari sudirman tapi tidak bisa karena terbentur masalah infrastruktur dan hal hal lainnya.
Sekali lagi tolong point out atau mohon pencerahannya area mana lagi di luar CBD yg punya infrastruture bagus dan terletak di commercial zone yg representative? emang bro pikir mayoritas business di CBD bergerak di bidang apa? kebanyakan yg berhubungan dengan financial industry yg memerlukan infrastruktur tersebut. Memang betul tidak semua department/bagian dari financial industry harus berada di CBD operation center mereka bisa diluar CBD area yg mempunyai infrastructure bagus/buat sendiri dan areanya tidak terlalu harus bagus bagus sekali contohnya kl nggak salah bank permata yg mempunyai excellent operation center di daerah bintaro(kalo saya nggak salah) dan konsep ini saya setuju sekali. Tapi yg namanya representative office atau main headquarters untuk financial industry biasanya tetap harus di center city contoh Dean Witter/Morgan Stanley, Merril Lynch(sp?), Chase and etc masih punya representative office yg besar di Manhattan yg pajak dan uang sewanya selangit kenapa? sekali lagi prestige faktor sama easy access karena transportation choice dari airport ke city center lebih banyak daripada ke suburb. Jadi sekali lagi insentif pajak tidak ada artinya jika menghambat business/memberi ketidaknyamanan thd expat expat yg mata duitan(dan juga bawa duit kesini)
Jangka panjang? gini aja deh pemerintah willing/able nggak spend money buat membangun infrastructure tersebut? sebelum itu terjadi kayaknya susah ya mau compare dengan konsep di US like comparing apple/orange.
BTW back on topic gw lebih suka ngeliat angkot yg ada sekarang di manage dengan baik daripada ditambah/dikurangi kalo nggak ada angkot jg repot krn kasihan buat orng kantor gw yg memakai jasa mereka setiap hari. Idealnya sih angkot angkot ditata dan di replace sama yg baru supaya yg menggunakan mereka juga nggak merasa di rugiin kadang kadang gw jg kesel dengerin cerita org org di kantor yg complain karena mereka hrs dioper oper krn angkot mogok atau sepi. YLKI mana yah? kalo masalah kaya ginian aja baru diem diem.