Moda Transportasi: Angkot masih layakah di Jakarta?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36
Moda Transportasi: Angkot masih layakah di Jakarta?
Kalo dilihat... Angkot macam mikrolet dkk yang boleh berhenti dan mengetem sembarang tempat sudah tidak layak lagi digunakan sebagai moda transportasi di Jakarta, dengan alasan:
1. Ukuran kecil... daya muat sedikit dan butuh banyak supir yg tentu... tanpa seleksi.. pokonya asal punya SIM. Sehingga butuh jumlah yg lebih banyak sehingga potensi untuk kemacetan.
2. Ketentuan berhenti dan mengetem di mana saja sudah tidak bisa lagi di jakarta dimana jalan-jalan itu harus selalu berdenyut dengan lancar tanpa hambatan oleh angkot2 yg berhenti seenaknya, kalo nggak bisa strook lah ya... hehehe.
3. Pemberian ijin trayek dengan biaya yg tinggi seharusnya sudah ada alokasi pembebasan tanah di trayeknya sebagai terminal dan halte-halte pemberhentian.... nah ini nggak jelas... sehingga di trayek2 itu mobil hanya mentok berhenti nggak ada terminal dan kemudian ngetem dan bikin macet
4. Konsep angkot itu hanya untuk pedesaan yg jalannya masih lengang sehingga berhenti bebas dan bisa menunggu penumpang yg masih 500 meteran masih jalan kaki atau yg masih mandi juga boleh... namanya juga di desa.... angkutan jarang...
Kebayangkan.... di tanah abang... kota... palmerah... angkot bebas berhenti dan menunggu penumpang yg masih mandi dirumahnya....
Saran:
Ganti dengan moda transportasi lingkungan yg lebih besar seukuran metromini tetapi dengan desain keamanan yg baik dan aturan yg lebih tertib, berhenti di halte dan terminal yg memadai.... terus apa lagi... gelap deh hahahahaha
1. Ukuran kecil... daya muat sedikit dan butuh banyak supir yg tentu... tanpa seleksi.. pokonya asal punya SIM. Sehingga butuh jumlah yg lebih banyak sehingga potensi untuk kemacetan.
2. Ketentuan berhenti dan mengetem di mana saja sudah tidak bisa lagi di jakarta dimana jalan-jalan itu harus selalu berdenyut dengan lancar tanpa hambatan oleh angkot2 yg berhenti seenaknya, kalo nggak bisa strook lah ya... hehehe.
3. Pemberian ijin trayek dengan biaya yg tinggi seharusnya sudah ada alokasi pembebasan tanah di trayeknya sebagai terminal dan halte-halte pemberhentian.... nah ini nggak jelas... sehingga di trayek2 itu mobil hanya mentok berhenti nggak ada terminal dan kemudian ngetem dan bikin macet
4. Konsep angkot itu hanya untuk pedesaan yg jalannya masih lengang sehingga berhenti bebas dan bisa menunggu penumpang yg masih 500 meteran masih jalan kaki atau yg masih mandi juga boleh... namanya juga di desa.... angkutan jarang...
Kebayangkan.... di tanah abang... kota... palmerah... angkot bebas berhenti dan menunggu penumpang yg masih mandi dirumahnya....
Saran:
Ganti dengan moda transportasi lingkungan yg lebih besar seukuran metromini tetapi dengan desain keamanan yg baik dan aturan yg lebih tertib, berhenti di halte dan terminal yg memadai.... terus apa lagi... gelap deh hahahahaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
menurutku sih di beberapa tempat angkutan umum yg kecil2 masih layak n perlu, dikarenakan ukuran jalanan di jakarta itu masih banyak yg kecil2.
sekrang yg menjadi masalah adalah prakteknya yg sembarangan. berhenti sembarangan, tdk ada halte. jalan pelan2, ngetem, bikin macet.
sumber problem tuh di pemerintah. entah bagaimana ceritanya, kasih ijin ke mereka. tdk membuat halte yg jelas dan tindakan yg tegas ke pelanggar. untuk bis sama saja. angkotnya bobrok, bisnya bobrok juga. busway juga bobrok, gak terawat.
kadang2 dilihat pemerintah membangun halte juga sembarangan. terlalu dekat ke persimpangan. nurutku sih terlalu memanjakan budaya malas, gak mau jalan agak jauh. maunya turun dr angkot, langsung naik lagi ke angkot/bis yg lainnya. pdhal seharusnya tdk apa2 harus jalan kaki agak jauh, untuk menghindari kemacetan krn terlalu banyaknya titik singgungan.
salah satu contoh lagi, busway di persimpangan cengkareng. entah krn alasan uang atau apa, tdk dibuat jembatan penyeberangan, tp penumpang diasumsikan menyeberang di perempatan lampu merah. tp pd kenyataannya, pd nyeberang di jalan sembarangan. pdhal sudah tau budaya sini yg tdk disiplin, mustinya dibuat pagar sepanjang pintu halte sampe perempatan lampu merah, agar tdk nyebrang sembarangan.
eh koq jadi ngeluh disini sih....
sekrang yg menjadi masalah adalah prakteknya yg sembarangan. berhenti sembarangan, tdk ada halte. jalan pelan2, ngetem, bikin macet.
sumber problem tuh di pemerintah. entah bagaimana ceritanya, kasih ijin ke mereka. tdk membuat halte yg jelas dan tindakan yg tegas ke pelanggar. untuk bis sama saja. angkotnya bobrok, bisnya bobrok juga. busway juga bobrok, gak terawat.
kadang2 dilihat pemerintah membangun halte juga sembarangan. terlalu dekat ke persimpangan. nurutku sih terlalu memanjakan budaya malas, gak mau jalan agak jauh. maunya turun dr angkot, langsung naik lagi ke angkot/bis yg lainnya. pdhal seharusnya tdk apa2 harus jalan kaki agak jauh, untuk menghindari kemacetan krn terlalu banyaknya titik singgungan.
salah satu contoh lagi, busway di persimpangan cengkareng. entah krn alasan uang atau apa, tdk dibuat jembatan penyeberangan, tp penumpang diasumsikan menyeberang di perempatan lampu merah. tp pd kenyataannya, pd nyeberang di jalan sembarangan. pdhal sudah tau budaya sini yg tdk disiplin, mustinya dibuat pagar sepanjang pintu halte sampe perempatan lampu merah, agar tdk nyebrang sembarangan.
eh koq jadi ngeluh disini sih....

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Emang dari sononya sudah begitu loh mas... Pemimpin kita kurang tegas sih yah
ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
Sesuai judulnya, klo mnrt gw : ga layak....
Klo pun angkot dipertahankan, jumlahnya ga lebih dari 20% dari total yg ada sekarang. Angkot haruslah melayani rute2 jalan kecil or perumahan. Untuk jalan raya, dibutuhkan angkutan massal yg secara kuantitas mampu mengangkut lebih banyak penumpang. Trem gw rasa pilihan yg bijak dibanding bis, karena punya jalur khusus yg ga tumpang tindih. Bis pun sebenarnya tidak masalah, asalkan secara kuantitas maksimal 40% dari yg ada sekarang, dan secara kualitas benar2 bis yg "manusiawi" serta lolos uji emisi (bukan bis yg asapnya saingan sama kereta uap James Watt).
Busway gw rasa suatu terobosan yg sangat bagus, sudah saatnya laa...
Malu dong di kota segede Jakarta di jalan2 protokolnya masih menggunakan bis jaman Perang Dunia II.....
Klo skrg Busway ditentang sama pengusaha2 angkot atw bis, peduli amat. Demi angkutan massal yg layak dan aman, ga usah didengerin.
Gw pribadi sangat-sangat merasa tidak aman untuk naik angkutan umum yg ada sekarang. Kenapa? karena gw udah 3x nyaris kena copet, dan 1x udh kena.....So, naik angkutan umum? Engga lagi deh....
Klo pun angkot dipertahankan, jumlahnya ga lebih dari 20% dari total yg ada sekarang. Angkot haruslah melayani rute2 jalan kecil or perumahan. Untuk jalan raya, dibutuhkan angkutan massal yg secara kuantitas mampu mengangkut lebih banyak penumpang. Trem gw rasa pilihan yg bijak dibanding bis, karena punya jalur khusus yg ga tumpang tindih. Bis pun sebenarnya tidak masalah, asalkan secara kuantitas maksimal 40% dari yg ada sekarang, dan secara kualitas benar2 bis yg "manusiawi" serta lolos uji emisi (bukan bis yg asapnya saingan sama kereta uap James Watt).
Busway gw rasa suatu terobosan yg sangat bagus, sudah saatnya laa...
Malu dong di kota segede Jakarta di jalan2 protokolnya masih menggunakan bis jaman Perang Dunia II.....

Klo skrg Busway ditentang sama pengusaha2 angkot atw bis, peduli amat. Demi angkutan massal yg layak dan aman, ga usah didengerin.
Gw pribadi sangat-sangat merasa tidak aman untuk naik angkutan umum yg ada sekarang. Kenapa? karena gw udah 3x nyaris kena copet, dan 1x udh kena.....So, naik angkutan umum? Engga lagi deh....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kebetulan pernah "mengeluhkan" soal moral ini jg ama "supir" angkot lulusan ITB (serius). Tepatnya sih "pengusaha muda/lajang" dibidang angkot...dado wrote:klo selama blom ada yang bisa ganti, yah masih layak lah, cuman moral supir2nya yang harus diperbaiki.

Jawabannya kira2 kayak gini "supir angkot masih jauh lebih bermoral daripada moral pejabat dan pengusaha yg nyopirin mobil pribadi. Mental sopir angkot Indo masih seimbang ama Vietnam, Bangladesh, India bahkan Bangkok. Tapi susah nyari negara sekorup Indonesia di Asia ini. Saingan Indo soal korupsi, paling2 dari benua Afrika. Kalo ntar supir2 malakin dan nodong penumpang, nabrakin orang2 di jalanan baru deh moral pejabat dan pengusaha seimbang ama supir angkot. Sama2 melanggar pidana ".
Bujug dah, enak banget ngejawab nya. Tapi kalo dipikir2 ada benarnya jg sih. Profesi apa yg paling bermoral di Indonesia ini..? Polisi, dokter, hakim, jaksa, pejabat pemerintahan, pengusaha..??
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
moda transport di jakarta udah banyak yg gak layak, dan udah banyak yg mengganggu keselamatan pengguna jalan lainnya...
gw berharap bangat kearifan dari pemerintah, terutama dari gubernur yg akan terpilih nantinya...!
mendingan bus2 dan angkot2 yg sekarang dijual kedaerah, hasil penjualannya dipake lg buat kredit bus2 dan angkot2 berbahan bakar gas...
habis itu sopir2 dikasih training ato diplonco ama polisi militer biar lebih tertib kl lg kejar setoran...
gw berharap bangat kearifan dari pemerintah, terutama dari gubernur yg akan terpilih nantinya...!
mendingan bus2 dan angkot2 yg sekarang dijual kedaerah, hasil penjualannya dipake lg buat kredit bus2 dan angkot2 berbahan bakar gas...
habis itu sopir2 dikasih training ato diplonco ama polisi militer biar lebih tertib kl lg kejar setoran...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
justru sekarnag busway itu konsorsiumnya terdiri dr bis2 yg jelek2 itu. kayak steady safe, dll. cuman operasionalnya bukan mereka tapi suatu badan.. namanya apaan lupa... mangkanya masih tetep gak beres... hihihi. bisnya sih yg sediain konsorsium itu, tapi yg menentukan operasionalnya badan itu. konsorsiumnya gak beres, masa itu bis dr jumlah yg ditentukan paling2 cuman 50%nya yg tersedia. udah itu badan yg mengoperasikan juga gak bagus, masih berantakan. itu busway, konsorsium mendapatkan uang berdasarkan jumlah kilometer/bus-nya, bukan berdasarkan jumlah penumpang. kalo gak salah dapet 12500 rupiah per km/bis baca di detik.com.Hikoza wrote:Klo skrg Busway ditentang sama pengusaha2 angkot atw bis, peduli amat. Demi angkutan massal yg layak dan aman, ga usah didengerin.
nurutku sih pemerintah bukannya kekurangan duit, kalo mau full dijalankan pemerintah bisa aja. tinggal ada kemauan atau tidak.
ah ribet deh.. merambat kemana2... msalah utamanya balik2 ke pengangguran...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
Mnrt gw sih ga masalah klo toh ternyata bis2 bwt busway jg jelek, at least masih jauh lebih bagus dibanding yg lain. Gw sih prefer busway bwt dijadiin alat transportasi daripada bis2 ex Jepang, yg tulisannya sendiri gw ga bisa baca mksdnya apaan, yg di sono udh ga dipake di sini malah mondar-mandir di jln protokol (apa itu diimport jangan-jangan?....hunter wrote:justru sekarnag busway itu konsorsiumnya terdiri dr bis2 yg jelek2 itu. kayak steady safe, dll. cuman operasionalnya bukan mereka tapi suatu badan.....Hikoza wrote:Klo skrg Busway ditentang sama pengusaha2 angkot atw bis, peduli amat. Demi angkutan massal yg layak dan aman, ga usah didengerin.
.
.
.
ah ribet deh.. merambat kemana2... msalah utamanya balik2 ke pengangguran...

BTT, tentang angkot, cukup 20% aja dari jumlah yg ada sekarang. Sudah terlalu banyak angkot yg beroperasi. Ngetem sembarangan itu salah satu bukti klo angkot itu sbnrnya udh kekurangan penumpang. So, kick them off? Why not?....

20% dr sekarang? Yg bener aja mas, kalo ngasi solusi pikirin rakyat kecil yg nggak punya mobil dong - jangan mikirin situ yg naik sedan aja.
Soal dicopet di bus, ya bukan salah angkotnya...salah copetnya. Kalo gak punya mobil ya mau gak mau, amankan aja tuh dompet. Kalo angkot cuman 20% dr sekarang, saya mau langsung jualan motor, karena Jakarta akan PENUH dgn sepeda motor. Mendingan mana?
Jangan mikirin mengurangi dulu, pikirin dulu alternatifnya yg masuk akal. Saya sih gak terlalu masalah dgn angkot2 di jalanan - nggak terlalu merugikan negara. Mendingan kita mikirin gimana nasib oknum2 BLBI yg merugikan negara ratusan trilyun itu. Manusia Indonesia dr angkot sampe yg bermobil milyaran nggak ada bedanya kok - kemaren liat Touareg dgn santainya ngelibas lampu merah. Nggak ada bedanya sama angkot, hanya mobilnya milyaran.
Pemerintah ya memang korup, rakyatnya juga korup (emang siapa yg nyogok?). Pemilik angkot bisa nyogok polisi supaya mobil2nya "aman"...so easy. Itulah Indonesia, memang bobrok - bukan cuman angkotnya, tapi seluruh bangsanya. Jangan kira yg naik sedan itu ber"moral"...
Soal dicopet di bus, ya bukan salah angkotnya...salah copetnya. Kalo gak punya mobil ya mau gak mau, amankan aja tuh dompet. Kalo angkot cuman 20% dr sekarang, saya mau langsung jualan motor, karena Jakarta akan PENUH dgn sepeda motor. Mendingan mana?
Jangan mikirin mengurangi dulu, pikirin dulu alternatifnya yg masuk akal. Saya sih gak terlalu masalah dgn angkot2 di jalanan - nggak terlalu merugikan negara. Mendingan kita mikirin gimana nasib oknum2 BLBI yg merugikan negara ratusan trilyun itu. Manusia Indonesia dr angkot sampe yg bermobil milyaran nggak ada bedanya kok - kemaren liat Touareg dgn santainya ngelibas lampu merah. Nggak ada bedanya sama angkot, hanya mobilnya milyaran.
Pemerintah ya memang korup, rakyatnya juga korup (emang siapa yg nyogok?). Pemilik angkot bisa nyogok polisi supaya mobil2nya "aman"...so easy. Itulah Indonesia, memang bobrok - bukan cuman angkotnya, tapi seluruh bangsanya. Jangan kira yg naik sedan itu ber"moral"...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
Weeiittss...., santai Brur !!. Gw cuma ngasih pendapat.FortunerMan wrote:20% dr sekarang? Yg bener aja mas, kalo ngasi solusi pikirin rakyat kecil yg nggak punya mobil dong - jangan mikirin situ yg naik sedan aja.
Pikirin rakyat kecil? Lah emang dari tadi gw ngomong ttg public transport, kan? kemane aje, Brur?. Gw ga prnh nyinggung2 ttg sedan or whatever. Gw juga ga prnh nyinggung2 Fortuner ente, so baca dimana Brur ttg sedan?
Bwuahahaha...., ya iya laaa..... Masa' lo dicopet di bis nyalahin angkot.FortunerMan wrote:Soal dicopet di bus, ya bukan salah angkotnya...salah copetnya. Kalo gak punya mobil ya mau gak mau, amankan aja tuh dompet.
Ya terselah elu mo jualan apa.FortunerMan wrote:Kalo angkot cuman 20% dr sekarang, saya mau langsung jualan motor, karena Jakarta akan PENUH dgn sepeda motor. Mendingan mana?
Baca dulu boss sebelum ngasih comment.FortunerMan wrote:Jangan mikirin mengurangi dulu, pikirin dulu alternatifnya yg masuk akal.
Dan jangan kira yang punya Fortuner itu punya etika...FortunerMan wrote:Itulah Indonesia, memang bobrok - bukan cuman angkotnya, tapi seluruh bangsanya. Jangan kira yg naik sedan itu ber"moral"...

Mmh....mungkin yg kyk elu itu yg ber"moral". Yg klo ada org lain beda pendapat langsung sikat. Ngaca dong, Bung !
PS: Sorry Brur, ente duluan yg ngasih komentar ga sopan.
Gw rasa sekedar wacana sah-sah aja untuk dibahas, dan dari tadi gw ga nyerang siapapun.
Last edited by Hikoza on Tue Jul 17, 2007 10:45, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
Kl dipikirin sih banyak puyengnya, krn banyak kekurangan di bangsa ini, tp gini2 tetap bangsa dan negara kita jg...
krn ngemeng2 yg beginian, gw jd pingin nonton timnas indonesia ngelawan korsel, kl baca2 di kompas... lagu indonesia raya yg dinyanyikan +/- 80 ribu penonton dapat membuat menangis dan terharu... hehehehe... ada yg mo nraktir gak?
mungkin hal terkecil yg dapat dilakukan tetap langsung kerasa... hehehe.. ngelantur yah..?
yo wis, back to topic... moda transportasi yg cocok apaan donk di jakarta...?
mungkin kita butuh ketegasan dari pemerintah, baik itu dari pejabat, administrasi, hingga pelaksana dijalanan...
tiap tanggung jawab diberi tunjangan yg lebih baik!
kemudian, pemerintah mulailah mengsosialisasikan diharuskannya merubah mindset yg sekarang agar sistem transportasi dijakarta ini dapat berjalan jauh lbh baik.
kl udah, baru deh dibangun ato diadakan bermacam-macam infrastruktur dan media transportasi yg lainnya, secepatnya!
enaknya naek apaan yah kl buat jalan2, ngantor, ke sekolah ato ke kampus?
mungkin kita bs aja nyontoh ke eropa, ato yg paling dekat ke singapura!
dibuat aj model busway, kereta bawah tanah, transportasi air, mono rail..
semuanya dibuat senyaman dan sebersih mungkin, kl udah gitu...
kemana-mana enak jg naek transportasi umum, kendaraan pribadi cuman dipake sesekali, itu jg kl ada kegiatan keluarga yg mengharuskan berangkat bareng ato lg butuh waktu cepat...
kl gw sih, itu doank masukan buat paaamaaareeennntaaaahhhh yg baru nantinya...!
krn ngemeng2 yg beginian, gw jd pingin nonton timnas indonesia ngelawan korsel, kl baca2 di kompas... lagu indonesia raya yg dinyanyikan +/- 80 ribu penonton dapat membuat menangis dan terharu... hehehehe... ada yg mo nraktir gak?

mungkin hal terkecil yg dapat dilakukan tetap langsung kerasa... hehehe.. ngelantur yah..?
yo wis, back to topic... moda transportasi yg cocok apaan donk di jakarta...?
mungkin kita butuh ketegasan dari pemerintah, baik itu dari pejabat, administrasi, hingga pelaksana dijalanan...
tiap tanggung jawab diberi tunjangan yg lebih baik!
kemudian, pemerintah mulailah mengsosialisasikan diharuskannya merubah mindset yg sekarang agar sistem transportasi dijakarta ini dapat berjalan jauh lbh baik.
kl udah, baru deh dibangun ato diadakan bermacam-macam infrastruktur dan media transportasi yg lainnya, secepatnya!
enaknya naek apaan yah kl buat jalan2, ngantor, ke sekolah ato ke kampus?
mungkin kita bs aja nyontoh ke eropa, ato yg paling dekat ke singapura!
dibuat aj model busway, kereta bawah tanah, transportasi air, mono rail..
semuanya dibuat senyaman dan sebersih mungkin, kl udah gitu...
kemana-mana enak jg naek transportasi umum, kendaraan pribadi cuman dipake sesekali, itu jg kl ada kegiatan keluarga yg mengharuskan berangkat bareng ato lg butuh waktu cepat...

kl gw sih, itu doank masukan buat paaamaaareeennntaaaahhhh yg baru nantinya...!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
Mudah2an aja ekonomi kita terus membaik, dan permainan uangnya gak ganas kalopun sudah ada duit dr anggaran. Seperti kata supir angkot diatas, ini bangsa ngakunya doang beragama - tp korupsi udah lumrah. Dan juga mau dibikin sebersih mungkin, kayanya rada susah org Indonesia. Yg penting aman dan murah aja deh :p ....enaknya naek apaan yah kl buat jalan2, ngantor, ke sekolah ato ke kampus?
mungkin kita bs aja nyontoh ke eropa, ato yg paling dekat ke singapura!
dibuat aj model busway, kereta bawah tanah, transportasi air, mono rail..
Kaya yg diatas aja, kurangin angkot jadi 20% - cuekin aja org kecil. Yg penting mobil pribadi enak.
Kalo jangka pendek, mungkin budaya halte bisa diterapkan (baca:dipaksakan), seperti di jalan Fatmawati dan jalan2 sekelasnya. Kalo di jalan2 kecil susah kali ya.
Sementara pelan2 persiapkan lahan buat angkutan rel (pembebasan tanah, tempat parkir buat org yg mau parkir trus naik angkot. Pelan2 jalankan penertiban angkot yg sudah tidak layak jalan (ini petugas kir sih, yg biasanya gampang aja disogok)
Jangka panjang, baru deh pake rel. Emang udah ada sih rencananya, mudah2an aja berhentinya banyak. Dr Pondok Labu ke Sudirman, bikin 15-20an stasiun...santai deh, ngapain lagi naik mobil.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Wah2... Satu thread lagi bikin mbledug orang...
Ini tempat mengeluarkan pendapat yang enak...
Jangan dibikin tangki bensin donk... disundut dikit MBLEDUG... wakakakakakaka...
Bahaslah dengan santai... Kalo perlu sambil minum secangkir teh manis dan biskuit.. Ha3...
Lucu ya.. Kadang GW suka loh bisanya ngomong doank...
Trus udah ngomong sampe ngotot2, panjang lebar, sampe ribut eh ga ada yg dilakukan...
GW tuh pengen ga ngomong doank, tapi bisa melakukan sesuatu walaupun sangat kecil...
Sekedar sharing...
Ini tempat mengeluarkan pendapat yang enak...
Jangan dibikin tangki bensin donk... disundut dikit MBLEDUG... wakakakakakaka...
Bahaslah dengan santai... Kalo perlu sambil minum secangkir teh manis dan biskuit.. Ha3...
Lucu ya.. Kadang GW suka loh bisanya ngomong doank...
Trus udah ngomong sampe ngotot2, panjang lebar, sampe ribut eh ga ada yg dilakukan...
GW tuh pengen ga ngomong doank, tapi bisa melakukan sesuatu walaupun sangat kecil...
Sekedar sharing...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
Yg di atas yg mana maksud lu? Ngomong yg jelas, brur.... ck...ck...ck...FortunerMan wrote:Kaya yg diatas aja, kurangin angkot jadi 20% - cuekin aja org kecil. Yg penting mobil pribadi enak.

Arghh...., udahlah males gw ngebahas, bawaan pikiran lu jelek mlulu, Bung. Mgkn karena gw ga "mikirin rakyat kecil" kayak elu, although dari awal gw udh ngomong ttg public transport.
BTT, dilanjut ada deh discuss ttg thread ini. So, layak kah angkot di Jakarta?.......Peace....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Susah bahas layak nggak layak bro. Jangankan angkot, tinggal di jakarta aja udah nggak layak sebenarnya. Tapi seberapa banyak pilihan yg kita punya..?
Mengganti dgn mass transportasi kayak busway dan monorell pun bukan berarti selesai masalah. Kalo subsidi busway dicabut, ongkosnya bisa diatas Rp 10 ribu. Lha.. belum tentu semua nya mau bayar segitu, terutama yg jarak deket. Jalan kaki.. ? Berarti harus nyiapin fasilitas pedesterian. Itu jg bukan kerjaan yg mudah..
Kalo menurut saya, masalah transportasi di jkt tidak akan selesai kalo tata kota nya masih seperti ini. Setiap pagi jutaan orang bergerak dari luar kota menuju pusat kota. Kenapa bukan pusat bisnis nya disebarin ke luar kota.. ? Kenapa harus buka kantor di Kuningan-Thamrin-Sudirman..? "Usir" tuh sebagian perusahaan dari area KTS tsb. Usul gw, naikin pajak buat badan usaha di area tsb, dan turunkan pajak buat yg di TB Simatupang, BSD, Cakung dan area industri lain di pinggir JABOTABEK.
Mengganti dgn mass transportasi kayak busway dan monorell pun bukan berarti selesai masalah. Kalo subsidi busway dicabut, ongkosnya bisa diatas Rp 10 ribu. Lha.. belum tentu semua nya mau bayar segitu, terutama yg jarak deket. Jalan kaki.. ? Berarti harus nyiapin fasilitas pedesterian. Itu jg bukan kerjaan yg mudah..
Kalo menurut saya, masalah transportasi di jkt tidak akan selesai kalo tata kota nya masih seperti ini. Setiap pagi jutaan orang bergerak dari luar kota menuju pusat kota. Kenapa bukan pusat bisnis nya disebarin ke luar kota.. ? Kenapa harus buka kantor di Kuningan-Thamrin-Sudirman..? "Usir" tuh sebagian perusahaan dari area KTS tsb. Usul gw, naikin pajak buat badan usaha di area tsb, dan turunkan pajak buat yg di TB Simatupang, BSD, Cakung dan area industri lain di pinggir JABOTABEK.
Last edited by uch on Wed Jul 18, 2007 3:03, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
nurut saya ada 1 tugas/fungsi pemerintah yg jarang/gak pernah dilakukan pemerintah. spt yg disinggung di atas. yaitu sosialisasi/penyuluhan ttg disiplin, budaya dll. cara paling gampang nurut saya, tapi biaya gak kecil, bukan lewat kelurahan, kecamatan/hansip, satgas dll. paling simpel lewat media saja. baik koran, televisi, radio.
digemborin terus, minimum 1 bulan 1 kali. lama2 orang kayak dicuci otaknya akan sadar... tapi bukan berarti dr pemerintah/pejabatnya gak perlu beri contoh.
saya ingat dulu waktu kuliah di aussie, pagi2 itu yg acara/film anak2, ada tayangan penyuluhan pemerintah dlm bentuk kartun, dimana anak2 kalo nybrang itu haru tengok kiri dan kanan, dan nyebrang pada tempat penyeberangan.
soalnya media itu cukup ampuh nurut saya, bahkan bisa menjangkau jauh sampe ke pelosok. masalahnya skrang penyampaian iklan layanan masyarakat di sini, masih kuno nurut saya, kaku dan gak menarik. coba dibikin yg menarik sesuai segmen-nya.. kalo utk anak2, pake kartun, utk ABG/remaja bikin yg cool, fungky atau apa lah... nah utk yg tua2 baru bisa pake yg lebih serius. just my 2 cents.
jadi yg bener2 mepet nurut saya, ada iklan layanan masyarakat utk nyebrang pd tempatnya. disiplin lalu lintas dan semacamnya. bisa berdampak ga ya...?
digemborin terus, minimum 1 bulan 1 kali. lama2 orang kayak dicuci otaknya akan sadar... tapi bukan berarti dr pemerintah/pejabatnya gak perlu beri contoh.
saya ingat dulu waktu kuliah di aussie, pagi2 itu yg acara/film anak2, ada tayangan penyuluhan pemerintah dlm bentuk kartun, dimana anak2 kalo nybrang itu haru tengok kiri dan kanan, dan nyebrang pada tempat penyeberangan.
soalnya media itu cukup ampuh nurut saya, bahkan bisa menjangkau jauh sampe ke pelosok. masalahnya skrang penyampaian iklan layanan masyarakat di sini, masih kuno nurut saya, kaku dan gak menarik. coba dibikin yg menarik sesuai segmen-nya.. kalo utk anak2, pake kartun, utk ABG/remaja bikin yg cool, fungky atau apa lah... nah utk yg tua2 baru bisa pake yg lebih serius. just my 2 cents.
jadi yg bener2 mepet nurut saya, ada iklan layanan masyarakat utk nyebrang pd tempatnya. disiplin lalu lintas dan semacamnya. bisa berdampak ga ya...?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kalo disini masalahnya bukan cuman budaya bro. Mau nyebrang ditempat yg bener..? Tempet yg bener itu dimana..? Sepanjang Mampang Prapatan itu sekarang udah nggak ada Jembatan penyebrangan. Dulu ada sedikit, sekarang hilang gara2 perluas jalan buat busway. Zebra cross cuman di lampu merah. Liat pagi2, orang mo nyebrang Jl. Mampang itu bener2 menyabung nyawa. Apalagi motor2 kuenceng2 banget lewat jalur busway.
Angkot/minibus jgn berhenti sembarangan. Terus mau berhenti dimana..? Lha..halte aja belum tentu ada setiap 3 kilometer atau bahkan sepanjang ruas jalan.
Kalo kata sopir angkot/minibus.."Bisa digebukin penumpang satu angkot gw kalo berhenti hanya di halte. Kelewatan 50 meter aja atap angkot udah digetok keras-keras sambil teriak2 nyuruh berhenti. Kalo kelewatan 1 kilometer nyari halte, kepala gw yg digetok... "
Makin dibahas... makin pusssiiiinngg.....!! (gaya Peggy)
Angkot/minibus jgn berhenti sembarangan. Terus mau berhenti dimana..? Lha..halte aja belum tentu ada setiap 3 kilometer atau bahkan sepanjang ruas jalan.
Kalo kata sopir angkot/minibus.."Bisa digebukin penumpang satu angkot gw kalo berhenti hanya di halte. Kelewatan 50 meter aja atap angkot udah digetok keras-keras sambil teriak2 nyuruh berhenti. Kalo kelewatan 1 kilometer nyari halte, kepala gw yg digetok... "

Makin dibahas... makin pusssiiiinngg.....!! (gaya Peggy)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
huahaahaha. memang pemerintah harus menyediakan prasarana dulu....
ah soal penumpang yg marah2. apa iya.. itu mah bisa2 aja supir angkot kali... ketok2 n marah2 sih mungkin saja..namanya juga sudah biasa berhenti sembarang tempat. tp kalo supirnya ngotot, saya rasa gak bakal digebukin tuh. emang supirnya aja suka juga... alasan klisenya tuh bukan penumpang marah2, tp nguber/nunggu penumpang. kalo berhenti di halte doank, penumpang diangkut angkot lain yg kagak disiplin...
tapi gini loh, kalo nunggu semuanya beres, kaga beres2 deh. jd nurutku sambil jalan aja....
ah soal penumpang yg marah2. apa iya.. itu mah bisa2 aja supir angkot kali... ketok2 n marah2 sih mungkin saja..namanya juga sudah biasa berhenti sembarang tempat. tp kalo supirnya ngotot, saya rasa gak bakal digebukin tuh. emang supirnya aja suka juga... alasan klisenya tuh bukan penumpang marah2, tp nguber/nunggu penumpang. kalo berhenti di halte doank, penumpang diangkut angkot lain yg kagak disiplin...

tapi gini loh, kalo nunggu semuanya beres, kaga beres2 deh. jd nurutku sambil jalan aja....

Yak tul...gak ada gunanya emang buka kantor di Thamrin/Sudirman/Kuningan melulu. Cuman buat prestige aja, emang mau deket apa...deket kantor pos? Usul saya sih dikasi insentif (keringanan pajak) buat perusahaan yg buka kantor di luar Jakarta pusat, dan disinsentif buat yg masih ngotot (pajaknya digedein).Kalo menurut saya, masalah transportasi di jkt tidak akan selesai kalo tata kota nya masih seperti ini. Setiap pagi jutaan orang bergerak dari luar kota menuju pusat kota. Kenapa bukan pusat bisnis nya disebarin ke luar kota.. ? Kenapa harus buka kantor di Kuningan-Thamrin-Sudirman..? "Usir" tuh sebagian perusahaan dari area KTS tsb. Usul gw, naikin pajak buat badan usaha di area tsb, dan turunkan pajak buat yg di TB Simatupang, BSD, Cakung dan area industri lain di pinggir JABOTABEK.